Lengkap 4 Cara Merekam Layar HP Realme Untuk Semua Tipe Terbaru 2020

Cara Merekan Layar HP Realme Terbaru 2020

Cara Merekam Layar HP Realme – Realme adalah salah satu produsen smartphone yang cukup populer di pasar gadget Indonesia. Hal ini dikarenakan Realme selalu menghadirkan berbagai jenis ponsel dengan teknologi terbaru namun dengan harga yang jauh lebih murah dari pesaing lainnya.

Hingga saat ini, Realme juga sudah mengeluarkan banyak produk smartphone yang mempunyai fitur serta teknologi yang tidak kalah baik dari produsen smartphone lainnya. Bagi kalian yang mungkin ingin melihat beberapa produk terbaru dari Realme, bisa mengintipnya disini.

Saat ini mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan fitur screen recording atau sering juga disebut dengan perekam layar ini yang biasanya sering digunakan oleh seseorang yang ingin membagikan tutorial seputar smartphone atau mungkin mereka yang senang memamerkan kehaliannya bermain game android.

Jika di tahun sebelumnya, saat ingin merekam layar ponsel itu kita membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga yang ada di Google Play Store, tapi ternyata di tahun ini kita sudah tidak lagi membutuhkan aplikasi pihak ketiga tadi untuk merekam seluruh aktivitas kita didalam layar ponsel.

Ini dikarenakan ponsel terbaru Realme sudah dibekali dengan fitur tersebut, jadi kalian tidak perlu menambahkan aplikasi lain lagi saat ingin merekam layar. Tapi sebelum menggunakan fitur tersebut, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Sebab jika tidak diaktifkan, maka kalian tidak akan bisa memakai fitur tersebut.

Cara Memunculkan Screen Recording di HP Realme

Cara Memunculkan Screen Recording di HP Realme

Sebelum kita lanjut kedalam pembahasan mengenai cara merekam layar HP Realme terbaru, kita harus memunculkan menu screen recording terlebih dahulu. Cara memunculkan menu screen recording di HP Raelme itu tidaklah sulit untuk kalian lakukan di rumah.

Penasaran bagaimana caranya? Mari kita lihat langkah-langkah memunculkan fitur screen recording pada HP Realme dibawah ini:

  • Pada halaman home screen HP Realme, open menu “Quick menu” yang ada didalam “Notification Bar“. Caranya dengan menyapu atau swipe pada layar, dari atas ke bawah dengan menggunakan jari.
  • Pada halaman ini kalian akan melihat banyak pintasan pengaturan yang dapat kita akses lebih cepat. Tapi untuk saat ini fitur “Screen Recording” belum muncul, jadi kita akan memunculkannya terlebih dahulu.
  • Masih pada halaman tadi, kalian pilih menu “Arrange icon” yang biasanya dilambangkan dengan titik yang ada dibagian atas.
  • Setelah itu kalian cari menu “Screen Recording” dan pilih pindahkan ke halaman utama “Qiuck Menu” pada “Notification Bar“.
  • Terakhir kalian tekan menu “Done” untuk menyimpan perubahan tadi.

Maka sekarang fitur screen recording sudah ada didalam menu notification bar dan ini juga akan memudahkan kalian saat ingin menggunakan fitur tersebut.

Tapi jika proses tadi tidak berhasil kalian lakukan, maka cobalah untuk mengganti beberapa menu yang ada pada notification bar sebelumnya dan menggantinya dengan menu screen recording. Karena hanya 12 menu saja yang bisa muncul didalam Quick menu, sehinggan kalian harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

2. Cara Mengatifkan Screen Recording Dengan Suara

Cara Mengatifkan Screen Recording Dengan Suara

Setelah kita sudah berhasil dalam memunculkan menu screen recording, maka untuk langkah selanjutnya kita akan menyetting agar fitur tersebut dapat berfungsi dengan lebih baik lagi. Dalam hal ini kita akan menyetingnya agar nanti pas ingin merekam layar bisa langsung bersamaan dengan suara atau audio yang kita buat.

Caranya juga tidak terlalu sulit, berikut tutorial lengkapnya:

  • Langkah pertama kalian bisa membuka menu “Pengaturan” yang ada didalam ponsel Realme.
  • Pada menu ini kalian cari lagi menu “Aplikasi Sistem“, biasanya ada di paling bawah.
  • Jika sudah terbuka, kalian cukup mencari menu “Perekam Layar“.
  • Dalam menu ini kalian akan ditampilkan beberapa menu lagi dan pilih “Rekam Layar“.
  • Terakhir kalian tinggal memilih “Izinkan Perekam Suara“.

Maka mengaktifkan fitur screen recording dengan suara sudah berhasil untuk kita lakukan, jadi tidak sesulit yang sudah kalian bayangkan bukan?

3. Cara Merekan Layar Realme Dengan Suara

Cara Merekan Layar Realme Dengan Suara

Setelah kedua proses tadi sudah berjalan sesuai dengan intruksi, maka untuk selanjutnya admin akan menujukkan bagaimana cara menggunakan fitur screen recording yang ada pada ponsel Realme. Kalian bisa melihat cara penggunaanya dibawah ini:

  • Langkah pertama kita buka dulu menu “Quick Menu” yang ada di “Notification Bar” dengan cara swipe layar dari atas ke bawah.
  • Lalu kalian pilih menu “Screen recording” yang sudah dibuat tadi.
  • Jika diminta izi akses, maka pilih “Izinkan“.
  • Maka fitur “Screen Recording” akan aktif pada HP Realme kalian.
  • Selain itu, kalian juga akan melihat sebuah icon melayang yang biasanya ada di samping layar.
  • Beberapa menu yang ada pada icon tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, mulai dari “icon bulat” yang berwarna merah itu memiliki fungsi untuk memulai proses merekam layar, sedangkan “icon persegi” memiliki fungsi untuk menampilkan beberapa pengaturan lain, terakhir “icon X” ini berfungsi untuk membatalkan proses merekam layar.

Jadi kalian sekarang sudah bisa langsung memulai merekam layar ponsel Realme yang digunakan.

4. Cara Setting Resolusi Video di Screen Recording HP Realme

Cara Setting Resolusi Video di Screen Recording HP Realme

Jika diatas kita sudah tahu bagaimana cara merekam layar HP Realme, maka yang terakhir ini admin akan memberikan kalian cara untuk mengatur resolusi video yang dihasilkan oleh fitur screen recording pada hp Realme.

Sebeb dalam beberapa kejadian saat menggunakan fitur screen recording secara default, resolusi video yang dihasilkan kurang memuaskan atau tidak sesuai yang kita inginkan. Maka dari itu, dengan melakukan beberapa perubahan, kalian akan bisa mendapatkan resulisi video yang labih baik.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, kita lihat dibawah ini.

  • Pertama kalian buka dulu menu “Pengaturan” yang ada di HP Realme.
  • Setelah itu kalian cari lagi menu “Aplikasi Sistem“.
  • Lalu kalian cari menu “Rekam Layar“.
  • Dalam menu ini kalian akan ditampilkan beberapa menu pengaturan lainnya.
  • Terakhir kalian cari lagi menu “Resolusi Video” dan pilih resolusi yang kalian inginkan.

Sedikit catatan yang harus kalian ketahui juga, kalau semakin tinggi resolusi video yang kalian pilih maka semakin besar pula ukuran memori yang dihabiskan. Maka sebelum itu, kalian pastikan dulu kalau ruang penyimpanan didalam ponsel kalian masih tersisa banyak.

Bagaimana, apakah cara merekam layar HP Realme yang dijelaskan diatas tadi cukup sulit untuk dilakukan? Pastinya mudah sekali bukan? Selain cara mengaktifknya yang sangat mudah, untuk menggunakan fitur ini juga terbilang simpel dan tidak serumit memakai aplikasi pihak ketiga.

Nah, mungkin untuk saat ini sampai disini dulu cara merekam layar HP Realme dengan suara yang bisa admin rangkumkan. Semoga penjelasan diatas bisa kalian pahami dengan baik dan jika menemukan masalah saat mengikuti tutorial diatas, maka jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.