Cara Mengecek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Cara Mengecek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Cara Mengecek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum – Sangat penting sebenarnya kita untuk tahu apakah kartu Telkomsel yang sedang kita gunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Ini karena mengingat jaringan 4G mempunyai kecepatan akses internet yang lebih baik dari pada jaringan 3G.

Meski saat ini kartu Telkomsel sudah mendukung jaringan 4G, namun bukan berarti semuanya juga, ya. Karena tidak menutup kemungkinan ada pengguna lama yang masih menggunakan kartu Telkomsel tahun 2010 kebelakang atau sebelum adanya layanan 4G.

Oleh sebab itulah, di sini saya akan membagikan sebuah ulasan mengenai cara mengecek kartu Telkomsel sudah 4G atau masih 3G. Jika kalian berminat, silakan simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengecek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Mengecek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum itu bisa di lakukan dengan tiga cara sederhana. Mulai dari mengecek fisik kartu Telkomsel, menggunakan kode Dial khusus dan melalui aplikasi resminya.

Silakan pilih salah satu cara mana yang ingin kalian gunakan.

1. Melalui Fisik Kartu Telkomsel

Cara yang paling mudah pertama saat ingin memastikan kartu Telkomsel sudah 4G atau belum adalah dengan mengecek fisik kartunya langsung. Karena umumnya semua kartu Telkomsel yang sudah mendukung jaringan 4G akan ada sebuah label di bagian fisik kartunya.

Silakan kalian dapat bisa mengeluarkan kartu Telkomsel dari ponsel agar bisa melihat label 4G. Nah, jika ternyata label 4G tidak tertera pada kartu Telkomsel yang kalian gunakan, maka itu tandanya kartu belum mendukung jaringan 4G.

Sedikit tambahan, biasanya jika kalian sudah menggunakan Nano SIM Card dari Telkomsel, maka itu tandanya kartu tersebut sudah mendukung 4G.

Solusinya, tentu kalian harus melakukan upgrade kartu SIM tersebut ke 4G agar bisa menikmati layanan internet yang lebih cepat. Untuk caranya, nanti akan saya jelaskan di akhir pembahasan, ya.


Baca Juga : Apa Itu Paket Sweet Chat Telkomsel?


2. Mengecek Kartu Telkomsel Sudah 4G Menggunakan Kode Dial

Mengecek Kartu Telkomsel Sudah 4G Menggunakan Kode Dial

Apabila kalian ingin memastikan kembali kartu Telkomsel yang di gunakan sudah mendukung 4G atau belum, mungkin bisa mencoba memakai kode dial berikut.

Namun kode dial yang akan kita gunakan di sini itu bukan yang untuk daftar TM Telkomsel, ya. Tapi khusus untuk mengecek informasi status kartu sudah 4G atau masih 3G.

Cara juga tidak sulit, kok:

  • Pertama buka dulu aplikasi Telepon.
  • Kemudian ketikan kode *888*47#.
  • Lalu pilih Panggil dengan SIM Telkomsel.
  • Silakan pilih Cek kartu dengan cara mengetikan nomor Telkomsel kalian.
  • Berikutnya pilih nomor 1 untuk Cek 4G.
  • Selesai.

Nanti pihak Telkomsel akan mengirimkan kalian sebuah notifikasi mengenai status kartu sudah support 4G atau masih 3G.

3. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Selain bisa tukar poin Telkomsel, melalui aplikasi resminya kita juga bisa mengetahui status kartu yang di gunakan. Namun sebelum itu, pastikan di sini kalian sudah memiliki aplikasi MyTelkomsel dan juga sudah login menggunakan nomor Telkomsel.

Tapi jika belum, kalian bisa men-download terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Playstore yang ada pada ponsel. Jangan lupa juga membuat akun menggunakan nomor Telkomsel yang akan kalian cek statusnya.

Apabila sudah, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Silakan buka aplikasi MyTelkomsel.
  2. Setelah terbuka, kalian akan di suguhkan berbagai informasi.
  3. Untuk mengecek kartu sudah support 4G, silakan lihat simbol “4G Ready” di halaman utama paling atas.
  4. Jika simbol 4G Ready terdapat di halaman utama, maka ini tandanya kartu Telkomsel kalian sudah mendukung jaringan 4G.
  5. Namun apabila tidak ada, maka kemungkinan kartu belum mendukung jaringan 4G dari Telkomsel.
  6. Selesai.

Solusinya tentu kalian harus upgrade kartu Telkomsel tersebut terlebih dahulu agar bisa menikmati layanan 4G.


Baca Juga : Mengenal Kuota OMG Dari Telkomsel


Cara Upgrade Kartu 3G Telkomsel ke 4G

Apakah bisa kita mengubah kartu Telkomsel 3G ke 4G? Tentu saja bisa, sekarang kita dapat melakukan upgrade kartu 3G ke 4G tanpa harus mengganti nomor lama.

Untuk caranya, hanya perlu datang langsung ke Gerai Telkomsel yang tersedia di dekat tempat tinggal kalian masing-masing. Nanti di sana kalian hanya perlu melampirkan informasi identitas yang di pakai saat pertama kali mendaftar pada kartu Telkomsel.

Nah, jika di rasa sulit atau Galeri Telkomsel terlalu jauh dari tempat tinggal, maka masih ada satu cara yang bisa kalian coba lakukan. Yaitu dengan cara membeli kartu Telkomsel kosong, biasanya sering di jual di toko-toko online. Nanti kartu kosong tersebut tinggal di daftarkan menggunakan nomor dari kartu Telkomsel lama.

Penutup

Itulah beberapa cara mengecek kartu Telkomsel sudah 4G atau masih 3G yang dapat saya rangkumkan hari ini. Silakan kalian bisa memilih cara mana yang termudah untuk di lakukan dalam mengecek kartu Telkomsel.

Jika ada pertanyaan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.