Mengenal Aplikasi Spotify

Mengenal Aplikasi Spotify dan Kelebihannya

Mengenal Aplikasi Spotify – Selain Youtube, saat ini juga sudah mulai banyak orang yang menggemari aplikasi streaming musik. Mungkin kalian salah satu orangnya? Nah, salah satu aplikasi streaming musik yang cukup populer saat ini adalah Spotify.

Untuk alasannya sih beragam dan tergantung dari orang yang menggunakannya. Namun satu alasannya sih karena aplikasi Spotify itu tidak hanya menyediakan fitur streaming musik saja, melainkan juga memiliki fitur keren lainnya. Salah satu contoh fitur yang sangat menarik adalah Podcast di Spotify.

Namun tidak itu saja sih saya rasa, karena masih ada banyak hal menarik lainnya lagi di Spotify. Jika kalian ingin tahu lebih jauh mengenai apa itu Spotify? Berikut akan saya jelaskan secara lengkap untuk kalian.

Apa Itu Spotify?

Apa Itu Spotify

Spotify adalah salah satu aplikasi layanan streaming musik secara digital, mulai dari lagu lokal sampai dengan lagi internasional pun ada di dalamnya. Bisa kita katakan kalau Spotify itu memiliki daftar lagu yang sangat lengkap.

Tapi di dalam aplikasi ini, sebenarnya kita tidak hanya bisa mendengarkan musik saja, loh. Karena di dalamnya kita juga bisa menampilkan lirik lagu di aplikasi Spotify yang sedang di dengarkan. Sehingga kita akan menjadi lebih mudah dalam mengikuti musiknya tanpa takut salah lirik, hehe.

Buka hanya musik saja, di Spotify juga menyediakan sebuah fitur podcast yang dapat kita gunakan. Dengan fitur tersebut kita nantinya bisa mendengarkan diskusi ataupun obrolan dari orang-orang yang terkenal.

Sejarah Awal Aplikasi Spotify Dirilis

Bagi kalian yang masih belum tahu, pada mulanya Spotify ini di kembangkan oleh orang yang bernama Daniel EK dan Martin Lorentzon. Mereka berdua mengembangkan aplikasi ini sejak tahun 2006 di daerah Stockholm, Swedia.

Mereka mengambil nama Spotify ini dari kata “Spot” dan “Identify”. Proses pengembangan aplikasi ini memang berjalan cukup lama dan pada tahun 2008, Spotify resmi di publikasikan ke publik. Pada awal di rilisnya, pengguna masih di sediakan akun gratis sebagai promosi awal.

Seiring berjalannya waktu, Spotify mulai memiliki banyak pengguna dan cukup populer di negara penciptanya. Karena hal tersebutlah, pada akhirnya spotify mulai memperluas layanannya ke Inggris pada tahun 2009.

Lalu kapan Spotify masuk Indonesia?

Di Indonesia, Spotify secara resmi di luncurkan pada tahun 2016. Tepatnya pada tanggal 30 maret 2016 lalu dan sudah mendukung pilihan bahasa Indonesia. Di awal peluncurannya, Spotify sudah mendapatkan sambutan hangat oleh orang-orang Indonesia sampai sekarang.

Perbedaan Aplikasi Spotify Premium dan Gratis

Memang secara umumnya, semua musik dan podcast yang ada di Spotify itu dapat kita dengarkan secara gratis dan sepuasnya. Namun jika kalian ingin mendapatkan dukungan dan fitur-fitur tambahan di dalamnya, maka di kalian harus melakukan upgrade akun ke versi premiumnya.

Sebelum itu, ada baiknya kalian lihat dulu beberapa perbedaan akun Spotify gratis dan premium berikut ini.

1. Spotify Premium

  • Tidak mempunyai batas waktu untuk streaming lagu saat bepergian ke luar negeri.
  • Bebas memilih serta memutar lagu yang di inginkan.
  • Tidak akan ada iklan yang tampil saat melakukan streaming musik.
  • Bisa mendengarkan musik tanpa harus terhubung ke jaringan internet.
  • Dapat mengatur kualitas streaming pada lagu ke tertinggi (very high).

2. Spotify Gratis

  • Adanya batasan waktu selama 14 hari untuk streaming lagu saat melakukan perjalanan ke luar negeri.
  • Hanya bisa memilih dan memutar lagu pada playlist tertentu saja.
  • Iklan akan muncul setiap kali kita mendengarkan lagu.
  • Hanya bisa mendengarkan lagu saat perangkat terhubung ke internet.
  • Kualitas lagu yang bisa di dengarkan hanya sampai High saja.

Setelah melihat perbedaan tersebut, saya rasa akun spotify gratis masih cukup baik kok di gunakan untuk mendengarkan musik saja. Tapi jika ingin yang lebih baik, kalian bisa juga menggunakan akun Spotify versi premiumnya.

Kelebihan Aplikasi Spotify

Kelebihan Aplikasi Spotify

Sehingga menjadi salah satu aplikasi layanan streaming musik yang populer di hampir semua negara, tentunya Spotify mempunyai banyak kelebihan. Karena tanpa adanya kelebihan ini, sudah pasti Spotify tidak akan menjadi populer seperti sekarang.

Berikut ini beberapa kelebihan Spotify:

  1. Spotify mempunyai tampilan aplikasi yang interface atau mudah di gunakan.
  2. Menyediakan banyak daftar musik lokal dan internasional secara lengkap.
  3. Membuat akun Spotify terbilang sangat mudah.
  4. Terdapat beragam kualitas suara musik yang bisa di dengar.
  5. Mempunyai fitur sinkronisasi antar perangkat.
  6. Sudah mendukung banyak jenis perangkat, seperti Mac, Windows, iOS, Android dan lainnya.
  7. Tersedia secara gratis maupun berbayar.

Selain beberapa kelebihan tersebut, mungkin saja masih ada yang lainnya. Jika dari kalian ingin menambahkan kelebihan Spotify, bisa menuliskannya nanti di kolom komentar ya.

Apakah Aplikasi Spotify Bikin Kuota Cepat Habis?

Masih banyak sekali pertanyaan yang sering saya dengar, apakah mendengarkan musik di Spotify bisa membuat kuota cepat habis? Tentu saja tidak, karena Spotify hanya menjalankan suara musik saja. Selain itu kita juga bisa mengkonfirgurasi pengaturannya sesuai dengan pemakaian menggunakan opsi streaming quality.

Nah, agar kalian lebih mudah paham, saya akan menjelaskan sedikit gambarannya. Untuk kualitas very high atau kualitas musik yang paling tinggi dalam streaming di Spotify, rata-rata kuota yang akan di habiskan hanya sekitar 150 MB dalam satu jam.

Sedangkan untuk kualitas tinggi (High) saja, kalian hanya akan menghabiskan kuota rata-rata 70 MB dalam satu jam nonstop. Lalu untuk kualitas normalnya, Spotify hanya akan menghabiskan kuota sebesar 40 MB saja dalam waktu satu jam.

Cara Melihat History Spotify

Untuk melihat history lagu yang pernah kita putar di Spotify sebenarnya sangat mudah kok. Hanya saja fitur ini ada pada akun Premium Spotify saja. Jadi, jika kalian menggunakan akun gratis, fitur history atau riwayat tidak akan muncul pada akun.

Dengan melihat riwayat musik yang pernah kita dengarkan sebelumnya, kita akan di mudahkan untuk mencari lagu dan tidak ingat judulnya.

Bagi kalian yang menggunakan perangkat desktop maupun ponsel bisa melihat daftar 50 lagu terakhir yang pernah di putar melalui menu Riwayat yang ada di sebelah Antrean Putar. Umumnya menu tersebut ada di pojok kanan bawah layar.

Penutup

Saat ini memang sudah ada banyak aplikasi streaming lagu yang dapat di pilih dan di gunakan secara gratis. Nah, salah satunya yang paling saya rekomendasikan adalah Spotify.

Hal tersebut karena Spotify mempunyai daftar lagu yang lengkap, mulai dari lagu yang populer, lokal sampai internasional pun ada di dalamnya.

Ada yang ingin kalian tanyakan seputar aplikasi Spotify? Jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.