Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast di Spotify – Jika sebelumnya kita lebih sering mendengarkan sebuah radio, maka untuk era sekarang sudah jauh berbeda. Karena di era sekarang ini kita bisa menemukan podcast sebagai media hiburan dan pembelajaran di beberapa aplikasi.

Sebenarnya podcast itu sama seperti radio, namun bisa kita katakan lebih kekinian dan modern. Karena selain ada banyak topik pembahasan di dalamnya, podcast juga bisa di katakan lebih berkualitas.

Ada banyak sekali aplikasi yang sudah menyediakan fitur podcast yang bisa kita gunakan dan salah satunya adalah Spotify. Di dalam aplikasi Spotify, kita akan menemukan banyak jenis atau tema podcast yang berkualitas.

Selain sebagai penonton, sebenarnya kita juga bisa membuat podcast sendiri di Spotify. Apalagi saat ini kita bisa menghasilkan uang hanya dengan membuat sebuah podcast di dalam aplikasi Spotify.

Bagaimana cara membuatnya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Mengenal Spotify

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utama, ada bagusnya kita ketahui dulu sedikit tentang aplikasi Spotify. Ini agar nantinya kalian tidak salah dalam menilai aplikasi yang satu ini hehe.

Spotify adalah aplikasi yang menyediakan layanan streaming musik dari berbagai negara. Di mana Spotify memiliki jutaan musik yang bisa di dengarkan melalui berbagai perangkat dengan hanya mendownload aplikasinya.

Namun seiring berjalannya waktu, Spotify mulai menghadirkan fitur podcast untuk penggunanya. Tidak hanya untuk di dengarkan saja, namun pengguna Spotify juga bisa membuat sebuah podcast sendiri.

Bahan-bahan yang Perlu Dipersiapkan

Nah, agar kalian bisa membuat podcast sendiri di Spotify, maka wajib menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu.

Hal ini tentu bertujuan agar podcast yang kalian buat itu bisa menjadi terlihat lebih profesional dan berkualitas.

Berikut beberapa hal yang mesti kalian siapkan terlebih dahulu:

1. Tema Podcast

Hal yang paling penting pertama dalam membuat sebuah podcast adalah menentukan tema yang akan di bahas nantinya. Ada baiknya kalian memilih tema yang sesuai dengan hobi, pengetahuan serta wawasan yang sudah di pahami sepenuhnya.

Kenapa harus seperti itu? Karena agar podcast yang kalian buat nantinya bisa di sampaikan dengan lebih baik, berkualitas dan juga lebih profesional tentunya.

2. Narasi Podcast

Jika tema sudah kalian siapkan dengan matang, maka langkah selanjutnya adalah merancang narasi yang baik. Karena narasi ini akan menjadi alur pembicaraan kalian agar nantinya bisa terlihat rapih dan terstruktur dengan baik.

Oh iya, meski kalian sudah memiliki sebuah tema atau ide podcast, namun kalau tidak memiliki alur narasi yang baik, maka biasanya akan membuat kalian merasa kesulitan nantinya. Kalau di paksakan juga akan kurang enak saat di dengar oleh penonton.

3. Mic

Lanjut ke bagian hardware, agar bisa membuat sebuah podcast kalian akan memerlukan sebuah mikrofon. Jika kalian ingin suara yang di hasilkan bisa lebih baik lagi, maka ada bagusnya untuk mencari mikrofon yang berkualitas.

Untuk mendapatkan mikrofon yang berkualitas, tentu kalian harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Karena ada harga maka ada juga kualitas yang akan kita dapatkan.

Selain itu, jika kalian menggunakan sebuah mikrofon yang berkualitas, maka suara yang di hasilkan akan lebih jernih dan tanpa noise. Tapi di sini kalian juga wajib di bantu dengan editing lagi ya.

4. Cover Gambar

Hal yang tidak kalah penting selanjutnya adalah menyiapkan sebuah cover gambar untuk podcast yang kalian buat. Kalau menurut saya pribadi sih, cover gambar itu cukup penting.

Karena jika cover gambar yang kita buat kurang menarik atau tidak menyatu dengan topik podcast, maka minat pengguna yang ingin mendengarkannya pun akan jauh berkurang dan mungkin tidak ada sama sekali.

Jadi, pastikan cover gambar yang kalian buat itu menarik dan sesuai dengan topik podcast yang di bahas ya.

5. Webcam

Selain hanya audio, beberapa podcast juga terkadang ada yang menampilkan visual dalam kontennya. Bila dari kalian ingin membuat podcastnya seperti itu, tentunya wajib menyiapkan sebuah webcam.

Jika boleh saya sarankan untuk kalian, cobalah untuk menggunakan webcam yang eksternal saja. Ini agar kualitas visual yang di hasilkan bisa terlihat lebih bagus.

6. Laptop atau Komputer

Dalam membuat podcast, sudah pasti kalian juga wajib mempunyai sebuah laptop atau komputer dengan prosesor tertentu. Karena tanpa adanya laptop maupun komputer, kita tidak akan bisa mengedit audio atau visual yang ada di dalam podcast.

Jadi, jangan lupa ya untuk menyiapkan laptop maupun komputer yang sudah memiliki prosesor memumpuni agar proses edit bisa berjalan lancar.


Ingin membuat podcast, tapi belum tahu podcast itu apa? Yuk, kita cari tahu dulu tentang apa itu podcast sebelum membuatnya.


Cara Membuat Podcast di Spotify Untuk Pemula

Jika semua hal penting di atas sudah kalian siapkan, maka sekarang kalian sudah bisa memulai membuat podcast di Spotify. Berikut panduan cara buat dan upload podcast di Spotify:

1. Buka Halaman Spotify for Podcaster

Agar kita bisa upload podcast ke Spotify, maka wajib mengunjungi situs resmi Spotify. Caranya tidak sulit kok, karena kalian hanya perlu:

  • Buka browser pada perangkat.
  • Ketuk ikon pencarian di atas browser.
  • Kemudian kunjungi situs Spotify For Podcast.
  • Lalu klik login untuk melanjutkan proses berikutnya.

2. Login Memakai Akun Spotify

Sekarang kalian wajib masuk dengan akun yang di miliki.

Jadi, silakan kalian pilih cara login yang di gunakan saat mendaftar akun Spotify sebelumnya. Misalnya kalian sebelumnya mendaftar dengan Google, maka pilih saja menu Lanjut Dengan Google.

3. Submit Podcast

Jika kalian sudah berhasil login dengan akun yang di daftarkan, maka jangan lupa juga untuk mencetang kotak dialog Tems and Conditions di Spotify. Bila sudah, lanjutkan dengan menekan menu I Accept.

Nah, jika langkah tersebut sudah di lakukan, maka sekarang akun Spotify kalian sudah bisa membuat podcast. Di sini kalian bisa langsung menekan menu Get Started atau Submit.

4. Tambahkan RSS Feed

Sebelum membuat sebuah podcast, di tahap ini kalian perlu menambahkan RSS Feed di Spotify. Nah, untuk membuat RSS Feed ini, kalian bisa membuat beberapa situs, seperti Catbox, Buzzprout, Anchor atau situs lainnya terserah kalian.

Apabila sudah berhasil membuat RSS Feed, maka nantinya kalian akan mendapatkan sebuah link. Di mana link inilah yang akan kita masukan ke Spotify for Podcast tadi.

Jika sudah berhasil, maka kalian akan melihat notice hijau yang seperti gambar di atas tadi. Biasanya gambar RSS Feed kalian juga akan muncul saat link ditambahkan. Setelah itu jangan lupa untuk menekan menu Next ya.

5. Lakukan Verifikasi Podcast ke Gmail

Tahap selanjutnya setelah berhasil menambahkan RSS Feed adalah melakukan verifikasi via Email yang sudah kalian daftarkan sebelumnya di Spotify.

Caranya juga sangat mudah sekali, kalian hanya perlu menekan menu Send Code saja kok. Setelah itu periksa kotak masuk email yang sudah kalian daftarkan tadi.

Pada kotak masuk email, periksa email dari Spotify dan copy code verifikasi yang ada di dalamnya. Berikutnya masukan saja code verifikasi tersebut ke dalam situs Spotify for Podcaster yang tadi.

Nanti jika code sudah kalian masukan, tekan menu Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

6. Masukan Informasi Tentang Podcast

Di tahap ini, kalian wajib memasukan semua informasi yang di butuhkan dengan lengkap dan benar.

Informasi ini meliputi:

  • Negara asal
  • Bahasa yang digunakan
  • Hosting Provider
  • Tema podcast
  • Sub Tema Podcast

Pastikan informasi yang kalian masukan sesuai ya. Nanti jika sudah selesai, tekan saja menu Next yang ada di bawah layar untuk lanjut ke tahapan yang berikutnya.

7. Review Terlebih Dahulu Podcast yang Dibuat

Setelah menekan menu Next tadi, maka sekarang kita akan di arahkan ke dalam halaman review dari podcast yang di buat tadi.

Jika boleh saya sarankan sih, ada baiknya kalian melakukan pengecekan kembali untuk podcast yang di buat. Misalnya mengecek cover image, judul podcast, topik, deskripsi dan informasi lainnya.

Bila semuanya sudah sesuai dengan keinginan kalian, maka tekan menu Finish.

8. Upload Podcast

Apabila semua cara di atas tadi sudah kalian lakukan dengan benar tanpa ada kesalahan, maka selamat podcast kalian sudah berhasil di buat.

Untuk tampilan podcast Spotify yang sudah berhasil di buat, maka tampilannya akan seperti gambar di atas.

Nanti di akhir, kalian hanya perlu melakukan promosi lainnya agar podcast yang di buat bisa di tonton oleh banyak orang.

Penutup

Baiklah, mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya sampaikan ke kalian pengunjung setia Kampung Gadget tentang cara membuat podcast di Spotify.

Setelah berhasil, kalian tinggal membuat karya-karya podcast lainnya yang lebih menarik serta bermanfaat bagi banyak orang.

Jika mengalami kendala atau ada hal yang ingin di tanyakan, bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.