Cara Hapus Riwayat Tontonan Video di Facebook

Cara Hapus Riwayat Tontonan Video di Facebook

Cara Hapus Riwayat Tontonan Video di Facebook – Sekarang ini siapa sih yang tidak memiliki akun Facebook pribadi? Pastinya hampir semua kalangan masyarakat dunia memiliki satu atau beberapa akun Facebook.

Di dalam Facebook, kita dapat melihat berbagai macam konten-konten yang menarik. Mulai dari konten video, status, foto, live streaming dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, berbicara mengenai video, ketika kita menonton video tertentu di Facebook, maka secara otomatis video tersebut akan masuk ke dalam riwayat tontonan. Misalnya seperti video status ataupun video streaming yang ada di Facebook.

Jika kita hendak ingin menghapus riwayat video yang sudah pernah di tonton, maka hal ini dapat di lakukan dengan mudah. Hanya saja, fitur untuk menghapus riwayat tontonan di Facebook itu tidak langsung ada di halaman utama. Karena fitur tersebut berada di dalam menu, sehingga agak sulit untuk menemukannya.

Bagi kalian yang mengalami kesulitan ketika ingin menghapus riwayat tontonan video di Facebook, bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya di sini.

Cara Hapus Riwayat Tontonan Video di Facebook Web

Untuk proses penghapusan riwayat video yang pernah kita tonton di Facebook dapat di bagi menjadi dua. Yaitu melalui perangkat PC / laptop dan melalui ponsel Android.


Baca Juga : Cara Melihat Kata Sandi FB Sendiri


Untuk cara yang pertama ini, kita akan menghapus riwayat tontonan melalui Facebook Web menggunakan perangkat PC atau laptop. Caranya seperti ini:

1. Buka Akun Facebook

Pertama-tama kalian bisa membuka browser yang ada pada PC atau laptop yang akan di gunakan.

Kemudian silakan kunjungi situs Facebook dengan cara mengetikan www.facebook.com. Setelah terbuka, silakan masuk ke akun FB pribadi kalian.

2. Masuk ke Pengaturan Log Aktivitas

Jika sudah masuk ke dalam akun Facebook, kalian dapat langsung membuka fitur Log Aktivitas. Untuk fitur ini dapat kalian akses melalui menu Pengaturan yang ada di Facebook.

Begini caranya:

  • Ketuk ikon More Option.
  • Lalu pilih Pengaturan & Privasi.
  • Kemudian klik Log Aktivitas.

3. Cari Video yang Anda Tonton

Apabila sudah, maka sekarang kalian akan di arahkan ke halaman Log Aktivitas. Pada halaman ini, kalian dapat melihat beberapa jenis riwayat dari aktivitas yang pernah di lakukan sebelumnya. Mulai dari riwayat pencarian video, riwayat video yang pernah di tonton, grup, cerita dan lain-lain.

Karena di sini kita akan menghapus riwayat video, maka kalian dapat memilih menu Video yang Anda tonton.

4. Ketuk Hapus Riwayat Tontonan

Pada tahap ini, semua video yang pernah kalian tonton akan muncul. Di langkah ini kalian hanya perlu menghapusnya saja kok.

Cara menghapus riwayat tontonan video di Facebook seperti ini:

  1. Ketuk Bersihkan Riwayat Tontonan Video.
  2. Maka nanti akan muncul kotak dialog notifikasi. Silakan kalian klik Clear Video Watch History untuk melakukan konfirmasi penghapusan riwayat tontonan.
  3. Selesai deh.

Cara Hapus Riwayat Tontonan Video di Facebook Android

Pada dasarnya untuk cara hapus riwayat tontonan video di Facebook Android itu tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Hanya saja di sini kita menggunakan aplikasi Facebook.

Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Buka Aplikasi Facebook di Android

Langkah pertama, kalian bisa membuka aplikasi Facebook di ponsel Android terlebih dahulu. Pastikan akun FB kalian sudah login di dalam aplikasinya, ya.

2. Cari Pengaturan Log Aktivitas

Selanjutnya kalian bisa masuk ke pengaturan Log Aktivitas di Facebook. Untuk masuk ke pengaturan tersebut caranya agak sedikit berbeda dari sebelumnya.

Seperti ini caranya:

  1. Pertama ketuk ikon More Option.
  2. Lalu pilih menu Pengaturan.
  3. Terakhir ketuk Log Aktivitas.

3. Filter Log Aktivitas

Jika sudah, kalian harus melakukan filter Log Aktivitas terlebih dahulu. Sebab jika tidak di lakukan filter, maka semua log aktivitas kita di FB akan di tampilkan. Sehingga sulit untuk menemukan riwayat video yang hendak di hapus.


Baca Juga : Cara Video Call Lewat Facebook


Cara filter Log Aktivitas di Facebook Android seperti ini:

  • Silakan ketuk dulu menu Filter.
  • Maka akan muncul sebuah menu pop-up, silakan tap Kategori.
  • Berikutnya kalian ketuk Tindakan dan Aktivitas lain yang Dicatat agar opsi lainnya terbuka.
  • Di sini kalian bisa pilih Video yang di tonton.

4. Ketuk Hapus Riwayat Video Tontonan

Setelah sudah selesai melakukan filter Log Aktivitas, langkah terakhir kita hanya perlu menghapus riwayat video-nya saja.

Kekurangan menghapus riwayat tontonan video di Facebook Android, ialah tidak adanya fitur hapus sekaligus seperti di FB web-nya. Maka dari itu, di sini kalian harus menghapus satu-satu video-nya.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama ketuk dulu ikon Titik Tiga yang ada di samping video.
  2. Nanti akan muncul pop-up Hapus.
  3. Silakan ketuk opsi Hapus.
  4. Maka riwayat video tersebut akan hilang.
  5. Selesai.

Apakah Bisa Riwayat Tontonan Video yang Sudah Dihapus itu Dikembalikan Lagi?

Tentu saja tidak bisa, karena ketika riwayat tontonan video sudah kita hapus maka secara otomatis sistem Facebook akan menghapusnya secara permanen. Sehingga sangat sulit dan bisa di katakan mustahil untuk bisa kita kembalikan lagi.

Maka dari itu, sebaiknya kalian menggunakan fitur hapus riwayat tontonan video di Facebook ini seperlunya saja. Jangan lupa juga untuk memastikan kalau riwayat tersebut tidak ada yang penting sebelum di hapus.

Atau kalian juga bisa mencatat URL video secara manual jika sekiranya itu penting untuk di lakukan.

Penutup

Mungkin itu saja panduan tentang cara hapus riwayat tontonan video di Facebook Web dan Android yang dapat saya rangkumkan. Jika menurut saya pribadi, lebih mudah menggunakan cara yang pertama atau melalui Facebook Web-nya. Karena kita bisa menghapus riwayat video yang pernah di tonton sekaligus.

Jika ada penjelasan yang masih kurang jelas atau tidak kalian pahami, silakan untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.