Cara Flash Oppo Joy R1001

Cara Flash Oppo Joy R1001 via SD Card & Flash Tool

Cara Flash Oppo Joy R1001 – Untuk kalian pengguna HP Oppo Joy R1001, mungkin pernah mendapati sebuah masalah dalam menggunakannya. Misalnya saja seperti performa HP yang menurun, sering macet, restart sendiri, cepat panas dan lainnya juga.

Dalam konteks masalah tersebut, sebenarnya masih bisa kalian atasi hanya dengan melakukan reset pabrik saja. Tapi jika HP Oppo Joy R1001 yang kita gunakan sering mati sendiri, bootloop, mentok di logo sampai mati total, maka cara mengatasinya akan berbeda.

Karena untuk masalah tersebut, konteks nya sudah berbeda dan bisa dikatakan itu sudah merupakan masalah yang serius. Satunya cara yang bisa kalian lakukan, mungkin hanya dengan melakukan flashing. Kenapa harus flashing? Karena hanya dengan flashing, seluruh masalah yang terjadi pada sistem akan di atasi sampai ke akar-akarnya.

Sehingga kondisi sistem yang tadinya bermasalah akan kembali normal seperti dulu. Nah, untuk melakukan proses flashing, kalian bisa memilih salah satu dari dua cara yang sudah saya siapkan di bawah ini.

Cara Flash Oppo Joy R1001 via Flash Tool

Untuk cara yang pertama, saya akan membagikan kalian tutorial flash HP Oppo Joy R1001 dengan menggunakan SP Flash Tool. Di sini saya sedikit menyarankan untuk kalian, jika kalian masih sangat pemula dalam masalah ini, maka ada baiknya untuk meminta bantuan dari orang yang lebih ahli.

Karena proses flash dengan SP Flash Tool itu sedikit sulit, serta bahan-bahan yang di perlukan juga sangat banyak. Atau kalian bisa mengikuti tutorial di saya yang ke dua, karena prosesnya lebih simpel dari yang pertama ini.

Bahan-bahan Untuk Flash Oppo Joy R1001 via Flash Tool

Sebelum kalian mulai melakukan flash pada HP Oppo Joy R1001 dengan memakai SP Flash Tool, maka persiapkan dulu beberapa bahan-bahan yang di butuhkan. Bahan-bahan ini meliputi:

Oh ya, kalian bisa melakukan backup data penting yang di simpan pada HP Oppo terlebih dahulu (jika memungkinkan). Karena saat proses flash, seluruh pengaturan dan data yang ada di HP Oppo Joy R1001 akan terhapus secara permanen.

Oleh sebab itu, agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan pada data penting yang tersimpan di HP Oppo Joy, kalian wajib mem-backup nya terlebih dahulu. Jika kalian belum tahu caranya, maka bisa membaca cara backup data penting di Android dengan mudah.

Langkah Flash Oppo Joy R1001 via Flash Tool

  1. Langkah pertama kalian dapat mendownload dan install driver MT65xx usb driver pada PC atau laptop.
  2. Berikutnya kalian bisa meng-extrak Stock Firmware Oppo R1001 yang sudah di download tadi.
  3. Sekarang kalian buka dulu software Flashtool.exe. Caranya klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  4. Pada software Flashtool, kalian pilih tombol Scatter Loading File, lalu cari folder file firmware yang sudah di download tadi. Jika sudah, pilih file scatter.Cara Flash Oppo Joy R1001
  5. Penting untuk kalian ingat kalau Preloader itu jangan sampai di centang.
  6. Setelah itu, klik Download pada SP flash tool.
  7. Jika sudah, sekarang saatnya kalian matikan HP Oppo R1001 dan sambungkan ke PC atau laptop dengan memakai kabel USB sambil menekan tombol volume UP.Langkah Flash Oppo Joy R1001
  8. Proses Flash Oppo Joy R1001 akan berlangsung secara otomatis, biasanya membutuhkan waktu selama beberapa menit. Jika berhasil, kalian akan melihat tampilan kotak dialog Download OK.
  9. Selamat, proses Flash Oppo Joy R1001 via SP Flash Tool telah selesai dan berjalan aman.

Proses di atas sebenarnya hampir sama seperti kita melakukan flash di Oppo R827 sebelumnya. Namun yang membedakannya mungkin di bagian firmware nya saja.

Penyebab Flash Oppo Joy R1001 Mengalami Kegagalan

Meski kalian seorang yang sudah ahli sekalipun, ketika melakukan flashing pada HP, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kegagalan. Hal ini biasanya akan menyebabkan beberapa error, karena proses flashing tidak berjalan semestinya.

Dari pengalaman saya, ada beberapa penyebab yang mungkin memicu terjadi kegagalan saat kalian melakukan flashing. Diantaranya itu adalah sebagai berikut:

  1. Kesalahan biasanya sering terjadi ketika kita menekan menu Download dan biasanya membuat proses flash tidak berjalan. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mengisi file UBOOT dengan uboot.bin dan juga pada USER DATA ganti dengan userdata_nvram_only.ext4.
  2. Apabila proses flash masih tidak bisa kalian jalankan, maka coba ganti lagi pada kolom Download Only menjadi Firmware Update atau bisa juga Format ALL + Download. Setelah itu kalian coba klik menu Download untuk memulai proses flash pada Oppo.
  3. Saat kalian menyalakan HP Oppo setelah selesai melakukan flashing, namun muncul tulisan Encryption unsuccessful maka coba tekan menu Reset phone dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Untuk saat ini, mungkin baru itu saja kendala yang pernah saya alami saat melakukan flash pada HP Oppo Joy R1001. Jika kalian ada masalah lain yang dialami, maka bisa menuliskannya di kolom komentar.

Cara Flash Oppo Joy R1001 via SD Card

Selain dengan menggunakan SP Flash Tool, di sini saya juga akan membagikan kalian tutorial mengenai cara flash HP Oppo Joy R1001 dengan menggunakan SD Card.

Cara ini sangat cocok untuk kalian yang tidak memiliki banyak alat seperti di atas tadi. Karena di sini kita hanya memerlukan sedikit alat saja dan itu juga sebenarnya sudah kalian miliki saat ini.

Bahan-bahan Untuk Flash Oppo Joy R1001 via SD Card

Jauh berbeda dengan bahan-bahan yang ada di tutorial pertama tadi, sebab di sini kalian hanya perlu menyiapkan 2 jenis bahan saja.

  • SD Card (usahakan masih ada ruang kosong)
  • Firmware Oppo Joy R1001 ( download di atas)

Sebelum mulai, saya juga menyarankan untuk mem-backup terlebih dahulu data seperti foto, video, dokumen, akun Google, kontak dan lainnya. Ini untuk mencegah data tersebut hilang saat proses flashing berlangsung, karena jika sudah hilang, sangat sulit untuk bisa dipulihkan lagi.

Langkah Flash Oppo Joy R1001 via SD Card

  1. Langkah pertama, kalian bisa menyimpan file firmware yang sudah di download tadi pada kartu SD.
  2. Pastikan kalian sudah menyimpannya di luar folder, ya. Ini agar kita mudah menemukannya nanti.
  3. Sekarang matikan terlebih dahulu HP kalian, kemudian masuk ke mode recovery.
  4. Caranya dengan menekan tombol Power + Volume Down.
  5. Selanjutnya kalian pilih menu Bahasa English.
  6. Berikutnya pilih dulu menu Wipe Data Cache, setelah itu pilih lagi Wipe Data and Cache.
  7. Jika sudah selesai, kalian bisa pilih Install From SD.
  8. Sekarang proses flash akan berlangsung, biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit saja.
  9. Apabila proses flash sudah selesai, kalian pilih menu Reboot.
  10. Selesai, kini HP Oppo Joy R1001 kalian sudah berhasil di flash via SD Card.

Penutup

Dari kedua cara yang sudah saya sebutkan, kalian lebih suka yang mana? Apakah cara yang pertama dengan memakai SP Flash Tool atau cara kedua hanya memakai SD Card saja?

Jika saya rasa, sebenarnya hasilnya tidak terlalu jauh berbeda antara kedua cara di atas. Tapi jika kalian sudah sedikit paham mengoperasikan software SP Flash Tool, maka ada bagusnya memakai cara tersebut. Namun jika terbatas, maka dengan cara yang kedua saja sudah lebih dari cukup kok, bila hanya ingin melakukan flash ulang saja.

Seperti biasa, jika kalian memiliki sebuah pertanyaan seputar informasi di atas, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya. Saya akan mencoba membantu kalian untuk mengatasi masalah yang sedang di hadapi.

Baik, itu saja tutorial kali ini tentang cara flash Oppo Joy R1001 via SD Card dan SP Flash Tool yang dapat saya rangkumkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.