Ukuran Banner Shopee yang Pas

Ukuran Banner Shopee yang Pas

Apakah kalian seorang penjual di aplikasi Shopee dan bingung menentukan ukuran banner Shopee yang pas? Jangan khawatir, karena pada pembahasan ini saya akan membagikan ukurannya dan cara membuat banner yang menarik dan keren.

Memang saat ini hampir semua ecommerce sudah menyediakan fitur banner untuk semua reseler-nya. Fitur banner ini memang sengaja di sediakan agar bisa mempercantik tampilan dari toko seller (penjual). Nah, salah satunya itu ada di Shopee.

Hampir sama memang, di Shopee itu banner mempunyai fungsi mulai dari keperluan promosi barang atau produk agar terlihat lebih menarik, sampai memberikan informasi produk yang sedang diskon dan lainnya. Intinya sih, banner ini berguna untuk keperluan dari seller itu sendiri.

Karena tidak tertulis secara pasti, maka di pembahasan kali ini saya ingin membagikan sebuah informasi, mengenai ukuran banner Shopee. Selengkapnya silakan kalian simak di bawah ini.

Ukuran Banner Shopee yang Benar

Pada dasarnya ada tiga jenis ukuran banner Shopee yang bisa kalian gunakan untuk keperluan apapun. Dari ketiga jenis ini bisa kalian tentukan sendiri, untuk menggunakan yang mana. Intinya sih sesuaikan saja dengan keperluan atau kebutuhan kalian masing-masing saat ini.

Sebagai contohnya, kalian bisa melihat gambar yang sudah saya tampilkan di atas itu.

Untuk rincian ukurannya, kalian bisa melihat tabel di bawah ini.

Ukuran Banner (px) Ukuran Banner (cm) Ratio
2000 x 1000 px 52,92 x 26,46 cm 2:1
2000 x 1125 px 52,92 x 29,76 cm 16:9
2000 x 2000 px 52,92 x 52,92 cm 1:1

Perlu kalian ketahui juga, kalau masing-masing ukuran banner tersebut memiliki fungsi dan daya tarik yang berbeda-beda.

Selain dengan ukuran banner, pihak Shopee sebenarnya juga menetapkan format khusus untuk file gambar yang ingin di upload. Seperti:

  • PNG
  • JPG
  • JPEG

Serta untuk ukuran file gambarnya sekitar 2 MB dan tidak boleh lebih besar.

Tips Membuat Banner Shopee Agar Lebih Menarik

Jika kalian baru mulai jadi seller dan baru juga memasang banner di Shoppe, maka ada hal yang wajib untuk di ketahui. Hal-hal ini akan membuat banner yang kalian pasang bisa sesuai standar dan memiliki daya tarik yang lebih baik.

Penasaran dengan tipsnya? Berikut akan saya jelaskan.

1. Banner Harus Mencerminkan Toko

Hal terpenting yang pertama, banner yang kalian pasang harus mewakili toko serta ciri khas toko kalian sendiri. Misalnya saja kalian memiliki toko di Shoppe tentang HP, maka objek yang ada di banner harus bisa memuat gambar yang berhubungan dengan HP.

Tidak hanya itu, di sini kalian juga bisa membuat banner berdasarkan barang yang sedang ingin di promosikan. Misalnya saja seperti produk utama atau bisa juga produk yang paling laris di toko kalian.

2. Gambar Untuk Banner Tidak Pecah

Selanjutnya, gambar yang ingin kalian tambahkan kedalam banner usahakan tidak pecah atau buram. Karena hal tersebut akan membuat pelanggan tidak tertarik dengan promosi pada banner yang kalian pasang.

Untuk itu, coba gunakan objek gambar dengan format SVG atau PNG agar warnanya bisa terlihat lebih jelas. Lalu untuk editnya, silakan gunakan aplikasi Photoshop atau lainnya yang bisa kalian operasikan dengan lancar.

3. Isikan Promo Toko Pada Banner

Tips yang terakhir, kalian juga bisa menambahkan beberapa informasi penting yang sekiranya perlu di tambahkan ke dalam banner. Usahakan penyajian informasinya lebih simpel, berbeda dan pastinya lengkap.

Dari banyaknya banner yang pernah saya temui, informasi yang tercantum lebih mengarah ke promo toko. Seperti diskon, produk baru, produk paling laris dan informasi barang lainnya.


Selain Shopee, yuk coba juga Lazada. Cek cara daftar akun Lazada.


Cara Upload Banner Dengan Benar di Shopee

Setelah kalian sudah selesai menyiapkan banner dengan ukuran yang sesuai dan sudah mengikuti tips seperti arahan di atas. Maka langkah selanjutnya adalah upload banner ke Shopee.

Caranya dengan login ke akun Shopee, lalu lanjut ubah dekorasi toko, kemudian buka halaman template dan terakhir tinggal masukan banner yang sudah kalian buat.

Namun jika kalian masih bingung, maka bisa simak tutorialnya di bawah ini.

1. Login ke Akun Shopee

Langkah pertama, silakan kalian login terlebih dahulu ke akun Shopee yang akan di gunakan. Masukan saja email dan password, jika sudah klik saja menu Login.

2. Ubah Dekorasi Toko

Jika sudah, silakan lanjut untuk membuka fitur Dekorasi Toko yang ada di dalam akun.

Silakan pilih saja Ubah Dekorasi jika sebelumnya kalian sudah pernah melakukan modifikasi layout Shopee.

Setelah itu, kalian nanti akan di arahkan ke sebuah halaman Toko Aplikasi Shopee.

3. Buka Menu Tamplate

Untuk mengubah layout pada toko, klik saja menu Template. Kemudian klik tombol Pakai Template untuk memasangkan template-nya pada layout akun Shopee kalian.

Kalau sudah selesai memasang template, silakan lanjut klik menu Komponen.

4. Atur Banner Pada Toko

Bila langkah-langkah sebelumnya sudah selesai, maka sekarang kalian bisa drag and drop banner toko kedalam layout toko Shoppe kalian masing-masing.

Sekarang tentukan ukuran dari banner yang kalian inginkan, jika sudah klik Upload Foto.

5. Pilih Gambar Banner

Sekarang silakan kalian pilih gambar banner yang ingin di upload ke toko Shoppe. Kalau ingin menyesuaikan ukurannya lagi, silakan pilih crop lalu klik menu Konfirmasi.

Langkah terakhir, silakan ketuk menu Simpan agar bisa menetapkan banner tersebut sebagai banner utama untuk toko online Shopee kalian.

Selesai, deh.

Penutup

Mungkin sekian dulu pembahasan dari saya mengenai ukuran banner Shopee yang pas serta tips membuat banner agar lebih menarik.

Seperti biasanya, jika kalian mengalami kendala, ada penjelasan yang masih kurang di mengerti atau ada hal lain yang ingin di tanyakan. Silakan tuliskan saja semuanya di kolom komentar yang ada di bawah.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.