Arti Mikro dan Makro di Mobile Legends

Arti Mikro dan Makro di Mobile Legends

Arti Mikro dan Makro di Mobile Legends – Apakah kalian merupakan penggemar game Mobile Legends? Pastinya sering atau pernah mendengar istilah makro dan mikro saat bermain Mobile Legends, terutama di rank.

Kata mikro dan makro memang sudah sering terdengar ketika kita bermain game Mobile Legends dalam mode rank dan squad. Namun ternyata, masih banyak yang belum tahu dan paham tentang arti dari istilah tersebut.

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan mencoba untuk menjelaskan ke kalian tentang arti dari kata Mikro dan Makro pada Mobile Legends. Silakan simak penjelasannya sampai akhir ya, agar kalian tidak salah dalam memahami maksud dari penjelasan saya nantinya.

Apa Itu Makro di Mobile Legends?

Makro adalah sebuah istilah lain dari gamesense. Yang mana mengartikan sebuah kecerdasan di dalam mengambil sebuah keputusan saat bermain game Mobile Legends.

Selain itu, kata Makro juga bisa mempunyai arti tentang pengetahuan mengenai hal-hal yang harus di lakukan. Serta hal apa yang juga tidak boleh di lakukan saat mengalami keadaan tertentu dalam sebuah permainan.

Masih bingung? Tenang, saya akan coba jelaskan contoh-contohnya di bawah ini.

1. Penguasaan Map

Yang pertama adalah penguasaan map atau sering juga di sebut dengan awareness. Ini juga termasuk ke dalam istilah makro tadi, ya.

Dengan menguasai map pada game, tentu nantinya kita akan menjadi lebih mudah dalam menentukan lokasi-lokasi strategis. Seperti lokasi untuk farming, menyerang maupun lokasi dalam bertahan.

Untuk penguasaan map ini harus di lakukan dengan cara mapping. Semakin sering kita mamainkan game, maka secara otomatis pemahaman map biasanya akan ikut meningkat.


Baca Juga : Apa Itu Offlaner di Mobile Legends


2. Tahu Kapan Harus Maju

Selanjutnya keputusan kapan harus maju dalam pertempuran juga termasuk ke dalam istilah Makro. Misalnya ketika ingin menyerang musuh, menghacurkan turret atau memulai war.

Dengan keputusan yang tepat, maka kita nantinya akan jauh lebih mudah saat ingin push dan tidak mudah terkena gank.

3. Kapan Harus Mundur

Tentu tidak hanya maju saja, dalam sebuah permainan kita juga wajib tahu kapan harus mundur dari pertempuran. Nah, pengetahuan tentang kapan harus mundur juga masuk ke dalam Makro.

Dengan mengetahui kapan harus mundur dengan tepat juga wajib di miliki oleh seorang gamer Mobile Legends. Karena dengan begitu pemain akan bisa meminimalisir sampai menghindari kekalahan saat push.

Contohnya saja ketika kita sedang push, ternyata lawan yang di lawan lebih jago dari kita.

4. Kapan Harus Melakukan Split

Sudah tahu arti Split? Split yang saya maksud di sini adalah bertukar posisi saat di dalam permainan. Misalnya saja awalnya kalian berada di role bawah kemudian ingin pindah ke atas.

Pengetahuan kapan harus split dan kapan harus bisa backup teman di role tertentu adalah bagian dari istilah makro.

Apa Itu Mikro Pada Mobile Legends?

Apa Itu Mikro Pada Mobile Legends

Mikro adalah istilah yang ada di dalam game Mobile Legends yang masuk ke dalam kategori game sense. Namun kata mikro di Mobile Legends lebih cenderung ke mekanik dari gamenya sendiri.

Misalnya saja seperti penguasaan hero, pemahaman skill combo dan juga build item. Pemahaman mikro umumnya akan menyesuaikan dari jam terbang pemain itu sendiri dalam memainkan Mobile Legends.

Agar kalian lebih paham, silakan lihat contoh-contohnya berikut ini.

1. Penguasaan Hero yang Digunakan

Pada setiap game MOBA, termasuk juga Mobile Legends, memilih hero yang tepat dapat menjadi kunci kesuksesan dalam pertandingan.

Entah itu untuk hero yang sudah di kuasai ataupun hero meta (sedang overpower). Penguasaan hero ini masuk kedalam istilah dari kata mikro.

2. Memahami Skill Combo Antar Hero

Sama seperti game MOBA lainnya, di Mobile Legends setiap hero mempunyai beberapa skill yang berbeda-beda. Nah, penguasaan skill ini masuk ke dalam istilah mikro.

Sebagai contoh, kapan kita harus memakai skill tersebut untuk menyerang maupun bertahan. Selain itu juga termasuk penggunaan skill combo dengan rekan satu tim saat pertempuran berlangsung.


Baca Juga : Pengertian Buff dan Nerf


3. Build Item Pada Hero

Yang terakhir, pada game Mobile Legends sudah menyediakan tiga build item rekomendasi yang dapat di pilih secara otomatis. Misalnya saja item yang di pilih untuk DPS atau lainnya.

Penguasaan build item ini juga termasuk dalam istilah dari kata mikro, ya. Karena lewat build item yang tepat, maka nantinya akan bisa mempermudah pemain saat match.

Penutup

Jadi itulah sedikit penjelasan mengenai arti kata mikro dan makro dalam game Mobile Legends.

Sedikit kesimpulan untuk kalian, di mana kata makro ini adalah gamesense. Dapat berupa pengambilan keputusan dan bisa juga map awareness.

Makro sendiri sebenarnya bisa kita latih dengan cara menonton langsung pemain pro player atau streamer yang sudah jago bermain Mobile Legends.

Untuk mikro dapat di simpulkan adalah sebuah skill individual yang di miliki oleh pemain. Baik itu dalam menguasai skill pada hero, build item sampai penguasaan hero tertentu.

Sedangkan mikro ini dapat kalian latih dengan cara menambah jam terbang dalam bermain serta lebih giat untuk berlatih.

Jika ada yang masih kurang jelas atau ada pertanyaan yang ingin di tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah. Nanti akan saya bantu dengan senang hati.

Sampai bertemu di pembahasan berikutnya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.