Apa itu Lose Streak di Game?

Pengertian Apa itu Lose Streak di Game

Arti Lose Streak di Game – Untuk kalian yang sering memainkan sebuah game kompetitif, misalnya MOBA dan Battle Royal pastinya sudah sering mendengar istilah-istilah asing. Salah satunya ialah istilah lose streak atau sering juga di sebut dengan kekalahan beruntun.

Pada dasarnya istilah lose streak ini lebih sering di pakai pada game-game yang berbasis online. Entah itu game FPS, MOBA, Battle Royal dan lainnya.

Nah, bagi kalian yang mungkin belum tahu atau penasaran dengan arti dari kata lose streak. Maka bisa menyimak pembahasan selengkapnya di sini.

Apa Itu Lose Streak di Game?

Lose Streak merupakan dua kata yang berasal dari bahasa Inggris yang mengartikan kekalahan secara beruntun dalam sebuah pertandingan atau macth pada game. Entah itu kalah dalam 3 kali match, 4 macth, 5 match atau bahkan lebih dari itu juga bisa di katakan lose streak.

Di dalam beberapa game, lose streak ini akan terlihat di history pertandingan sudah di lakukan sebelumnya. Selain itu, pada sebagian game juga terdapat sebuah win ratio untuk setiap pemain.

Semakin sering mengalami lose streak, maka win ratio akan mengalami penurunan.

Penyebab Terjadinya Lose Streak

Ada banyak hal tertentu yang menjadi penyebab seseorang itu mengalami lose streak saat memainkan sebuah game. Baik itu karena faktor jaringan atau bisa juga karena ada masalah-masalah lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak beberapa faktor penyebab terjadinya lose streak:

1. Kondisi Jaringan yang Buruk

Penyebab terjadinya lose streak yang pertama ialah memaksakan melakukan pertandingan dalam mode rank ketika jaringan internet yang di pakai tidak stabil atau buruk.

Ketika jaringan tidak stabil, jelas akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran dalam sebuah permainan. Karena semua game online itu membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk bisa bekerja sesuai fungsinya.

2. Tidak Kompak

Dalam sebuah pertandingan dengan tim, tentu kekompakkan merupakan sebuah kunci agar bisa memenangkan sebuah pertandingan (match). Ketika kerja sama sebuah tim itu kurang, maka terjadinya lose streak tidak akan bisa di hindari.

3. Tidak Menguasai Hero yang Digunakan

Menggunakan hero yang tidak kuasai juga menjadi faktor utama seseorang itu mengalami lose streak dalam sebuah match. Ini karena masing-masing hero di dalam sebuah game pastinya mempunyai skill dan build item berbeda-beda.

Baca Juga: Arti Buff dan Nerf di Dalam Game

4. Ada Anggota yang AFK

Seperti yang saya singgung tadi, kalau kekompakkan sebuah tim adalah kunci untuk memperoleh kemenangan dalam match. Nah, jika ada salah satu anggota tim yang AFK, jelas ini akan sangat berpengaruh pada strategi permainan yang sudah di buat.

Nah, hal seperti ini juga menjadi salah satu penyebab kita mengalami lose streak.

5. Terlalu Mementingkan Ego

Faktor terjadinya lose streak yang terakhir juga bisa terjadi karena ada salah satu anggota yang lebih mementingkan egonya sendiri. Misalnya egois ketika memilih ero, dalam mengambil buff, mengeliminasi musuh atau lainnya.

Tips Mencegah Agar Tidak Mengalami Lose Streak

Pastinya tidak ada orang yang mau kalau setiap match itu mengalami kekalahan yang berturut-turut (lose streak) bukan?

Maka dari itu, berikut ada beberapa tips yang bisa kalian coba lakukan agar terhindar dari lose streak. Diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Berhenti Main Saat 3 Kali Lose Streak

Banyak sekali yang menyarankan, kalau ketika sudah mengalami kekalahan sebanyak tiga kali secara berturut-turut. Maka berhenti adalah salah satu kunci yang wajib untuk di lakukan oleh setiap pemain.

Kenapa? Hal ini tentu bukan tanpa alasan, ya. Ini karena ketika sudah mengalami kekalahan sebanyak 3 kali berturut-turut, pastinya ketenangan dan konsentrasi saat bermain akan berkurang. Sehingga bisa membuat kalian akan terus mengalami kekalahan.

2. Rubah Waktu Main

Selain berhenti ketika sudah kalah 3 kali berturut-turut, merubah waktu main juga bisa menjadi salah satu tips agar tidak terus lose streak di game.

Sebagai contoh, semisal kalian biasa main pagi, namun sering mengalami lose streak. Maka sekarang cobalah untuk mengubah waktu mainnya. Misalnya sore atau saat malam hari.

Hal ini di tunjukkan untuk mencegah bertemu lawan yang memang sudah jago atau MMR-nya tinggi. Karena musuh yang jago dan MMR tinggi itu sering di temui pada waktu-waktu tertentu.

3. Coba Gunakan Hero Meta

Di dalam sebuah game, terdapat istilah Meta. Meski tidak semua game ada Meta, tapi untuk beberapa game populer pastinya terdapat istilah Meta di dalamnya.

Buat yang belum tahu, Meta ini maksudnya strategi, item atau hero yang memang sedang populer serta efektif di pakai dalam pertandingan. Jadi, memakai Meta dapat mengurangi presentase kemungkinan kita mengalami kekalahan berturut-turut.

Mengapa? Karena menggunakan Meta, permainan yang kita lakukan akan jauh lebih efisien dari sebelumnya.

Meski begitu, tetap saja kalian harus mengimbanginya dengan strategi serta latihan dalam memakai Metanya.

Baca Juga: Arti Meta Dalam Game

4. Lakukan Pemanasan Sebelum Ranked

Hampir kebanyakan dari pemain yang tidak pernah melakukan pemanasan ketika ingin main di dalam mode ranked. Hal tersebut tentu bisa mengurangi presentase kemenangan saat match.

Sebab ketika belum melakukan pemanasan, kita nantinya akan menjadi belum 100% terbiasa dengan permainan dari game-nya. Selain itu, reflek juga belum bisa efektif. Sehingga presentase kemenangan akan jauh menjadi berkurang.

Meski sepele, tapi menurut saya melakukan pemanasan sebelum main itu sangatlah penting dan wajib untuk di lakukan. Untuk pemanasannya, kalian bisa main dalam mode classic, unrated atau mungkin mode khusus yang tersedia di dalam game.

4. Ajak Mabar Teman yang Sudah Jago

Tips yang terakhir agar tidak lose streak ketika main, di sini kalian bisa coba mengajak mabar (main bareng) teman yang memang sudah jago. Atau istilah yang sering di katakan oleh pemain, ialah smurfing.

Untuk ini tidak harus satu tim terisi teman-teman yang jago main juga kok. Karena kalian bisa mengajak satu atau dua teman yang jago untuk mabar. Cara ini terbilang sangat efektif dalam mengatasi masalah lose streak dalam game.

Apalagi kalau teman yang kalian ajak mabar itu mempunyai statistik game yang baik, maka presentase kemenangan saat match akan meningkat.

Penutup

Oh ya, istilah lose streak ini dapat kalian jumpai di hampir semua game dengan berbagai macam genre. Mulai dari PUBG, Firee Fire. Valorant, Mobile Legends, COD dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mungkin sampai di sini dulu tips mengatasi lose streak di game yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang masih kurang di mengerti, silakan tuliskan pada kolom komentar.

Beberapa tips di atas tadi juga merupakan rangkuman dari pengalaman pribadi admin sendiri saat mengalami lose streak. Semoga dengan tips di atas bisa membantu kalian agar tidak mengalami lose streak, ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.