Apa itu MMR di Game? Ini Penjelasannya

Pengertian Apa itu MMR di Game

Pengertian MMR di Game – Di dalam sebuah game, terutama untuk game dengan genre MOBA, pastinya terdapat sebuah mode khusus. Mode khusus ini biasanya di pakai dalam menentukan sejauh mana kemampuan dari seorang pemain. Nama dari mode khusus ini ialah Ranked.

Pada umumnya, mode ranked ini juga mempunyai poin tertentu yang sering di sebut dengan istilah MMR. Semakin sering kalian menang dalam sebuah pertandingan, maka ini akan membuat poin MMR kalian bertambah banyak.

Nah, itu merupakan sedikit gambaran singkat mengenai istilah MMR di dalam game. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, kalian bisa simak di bawah ini ya.

Apa itu MMR di Game?

MMR adalah sebuah singkatan dari Match Making Rate di dalam game dan merupakan sebuah poin yang akan di dapatkan ketika pemain memenangkan sebuah pertandingan di mode ranked.

Poin MMR dapat terus bertambah banyak jika kalian sering memenangkan sebuah pertandingan. Namun semakin tinggi poin MMR kalian, maka musuh yang di temui juga akan semakin berat dan sulit pastinya.

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau sistem poin MMR itu hanya ada di beberapa game yang memang sudah mengusung mode ranked. Misalnya seperti DOTA 2, Mobile Legends, Volorant dan masih banyak lagi game lainnya.

Apa Fungsi MMR?

MMR mempunyai fungsi sebagai penentu utama dalam menentukan sejauh mana kemampuan seseorang dalam berkembang dan memenangkan sebuah pertandingan. Selain itu, MMR juga berfungsi sebagai salah satu faktor kepercayaan untuk teman satu tim dalam melakukan push rank.

Ini karena semakin besar poin MMR yang di miliki, maka presentase kemenangan dalam sebuah pertandingan akan ikut meningkat.

Baca Juga: Pengertian Push Rank di Dalam Game

Mengapa MMR Harus Ada?

Alasan diadakannya MMR dalam sebuah game itu bertujuan agar bisa mengelompokkan pemain berdasarkan kemampuan yang mereka miliki. Sehingga matchmaking di dalam mode ranked pada game bisa menjadi lebih seimbang.

Sebagai contoh dasarnya, ketika ada seorang pemain yang baru mulai main suatu game, MMR kecil. Maka iya akan dipertemukan dengan deretan pemain baru juga saat matchmaking. Sedangkan jika sudah lama main dan MMR poin tinggi, maka sudah pasti akan dipertemukan dengan pemain jago juga.

Contoh Game yang Menerapkan MMR

Seperti yang sudah di sebutkan tadi, kalau sistem poin MMR ini hanya bisa di temukan pada game yang mengusung mode ranked. Untuk deretan game yang mengusung mode ranked juga cukup banyak, misalnya Mobile Legends, Dota 2 dan Valorant.

Penjelasan lebih lengkapnya sebagai berikut.

1. DOTA 2

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau istilah MMR itu sangat erat kaitannya dengan DOTA 2. Dapat di katakan juga kalau game inilah yang pertama kali membuat istilah “MMR” menjadi terkenal di kalangan para gamers.

Pada game DOTA 2, kita bisa memperoleh poin MMR dengan cara memenangkan sebuah pertandingan. Lalu poin ini nantinya juga akan berdasarkan role.

Sebagai contoh, semisal kita biasa menggunakan role Midlaner, maka saat matchmaking berlangsung, kita akan dipertemukan dengan pemain midlaner juga dengan poin MMR setara.

2. Mobile Legends

Pada game Mobile Legends juga mengusung poin MMR untuk semua pemain. Sistem MMR di Mobile Legeds di pakai untuk menilai skill dari setiap pemain yang bermain di mode ranked.

Mobile Legends mempunyai perhitungan sendiri dalam menilai poin MMR. Yang mana jika poin MMR kita rendah, maka bertambahnya akan jauh lebih cepat. Sebaliknya, jika poin MMR tinggi, maka bertambahnya akan semakin lama.

Game ini juga mempunyai delapan tingkatan Rank berdasarkan poin MMR yang di miliki oleh setiap pemain. Mulai dari tingkat Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend, Mythic dan rank tertinggi Mythical Glory.

Baca Juga: Daftar Rank Mobile Legends Terbaru

3. Valorant

Valorant merupakan salah satu game dengan genre FPS yang menerapkan sistem poin MMR di dalamnya. Bedanya dari game sebelumnya, di Valorant kita tidak akan dapat melihat MMR dari pemainnya.

Ini karena sistem poin MMR di Valorant hanya berfungsi untuk mengatur matchmaking pemain menurut skill di mode ranked ataupun di mode unraked. Selain itu poin MMR juga tidak ada pengaruh dengan rank yang di miliki oleh pemain.

Misalnya saja rank Valorant kalian itu Platinum, namun skill yang di miliki jago, maka di sini kalian akan dipertemukan dengan pemain dengan rank Diamond sampai Immortal.

Cara Meningkatkan Poin MMR di Game

Mungkin hanya ada satu cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan poin MMR di game yang di mainkan. Yaitu dengan mengembangkan skill yang kita miliki. Baik itu secara individual maupun dari segi kerjasama dengan tim.

Walaupun seperti itu, masih ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk meningkatkan poin MMR. Yaitu sebagai berikut:

  1. Perbanyak latihan, entah itu latihan dalam mode ranked maupun unranked.
  2. Coba pahami gameplay dengan lebih mendalam, misalnya seperti menghapal mapskill hero, build item dan lainnya.
  3. Belajar dari pemain yang sudah jago, entah itu lewat streaming di Twitch, Facebook ataupun Youtube juga bisa.
  4. Jangan lupa juga untuk selalu memastikan kalau koneksi internet yang di pakai stabil.
  5. Terakhir, jangan terlalu mementingkan ego sendiri dalam pertandingan.

Penutup

Istilah MMR memang sudah banyak di gunakan oleh game-game yang populer saat ini. Terutama untuk game yang memang sudah mengusung mode ranked di dalamnya.

Sampai sekarang masih banyak orang yang sering mendengar istilah ranked namun belum tahu arti yang sebenarnya. Nah, dengan adanya penjelasan di atas, diharapkan bisa memberikan kalian sebuah jawaban.

Jika ada yang ingin di tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar yang ada di bawah ini, ya.

Semoga bermanfaat sobat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.