XL Tidak Bisa Konek Internet

Cara Mengatasi XL Tidak Bisa Konek Internet di Android

XL Tidak Bisa Konek Internet – Mungkin dari kalian sudah mengenal provider yang satu ini, karena sudah hadir di Indonesia sejak lama. Yup, XL merupakan salah satu provider yang mempunyai banyak layanan yang di butuhkan oleh masyarakat, salah satunya adalah layanan internet.

Namanya juga teknologi buatan manusia, meski XL terkenal dengan layanan internetnya yang super kencang, namun terkadang sering juga terkena masalah. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi, di mana kartu XL tidak bisa konek internet padahal kuota masih banyak.

Sebenarnya, masalah kartu yang kita gunakan di dalan ponsel tidak bisa konek dengan layanan internet itu adalah masalah yang sangat umum terjadi di semua provider, termasuk juga XL.

Tapi, berbeda dari kebanyakan masalah-masalah lainnya yang mungkin masih tergolong mudah kita atasi, karena masalah tidak bisa konek internet ini bisa saja menjadi cukup sulit dan rumit di selesaikan. Kenapa sulit? Ini karena penyebab dari masalah ini bukan hanya satu saja, melainkan banyak faktor penyebabnya.


Pastinya ketika kartu XL tidak bisa konek ke Internet, tentu akan membuat kebanyakan pengguna kerepotan. Apalagi ketika kita sedang butuh-butuhnya layanan internet tersebut untuk keperluan browsing ataupun kerja.


Sebagai orang yang menggunakan layanan dari XL, tentunya admin sendiri sudah pernah dan bisa di katakan sering mengalami masalah ini. Tentu karena hal tersebut, admin akan membagikan kalian sedikit tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Tips ini, tentu merupakan sebuah pengalaman dari admin sendiri ketika mengalami masalah kartu XL yang tidak bisa terhubung ke layanan internet.

Penyebab Kartu XL Tidak Bisa Konek Internet

Penyebab Kartu XL Tidak Bisa Konek Internet

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi XL tidak bisa konek internet, ada bagusnya kita lihat dulu penyebab masalah ini. Seperti yang sudah di jelaskan tadi, masalah yang satu ini tentu akan cukup sulit untuk kita atasi, karena ada banyak sekali faktor penyebabnya.

Untuk masalah ini, terjadinya gangguan pada layanan internet dari XL jelas dapat di picu oleh beberapa hal dan mungkin masih sedikit orang yang menyadarinya. Beberapa diantaranya itu seperti:

  1. Kartu belum di registrasi
  2. Lokasi kalian belum tercoper layanan provider XL
  3. Ada masalah pada pangaturan APN
  4. Jaringan yang digunakan tidak sesuai dengan lokasi
  5. Kuota internet yang sudah habis
  6. Menggunakan pengaturan jaringan otomatis
  7. HP yang digunakan belum support jaringan 4G
  8. Memang sedang gangguan dari pusatnya.

Selain beberapa penyebab yang sudah di sebutkan, mungkin masih ada hal lain yang membuat layanan internet di kartu XL kalian bermasalah. Tapi, secara umumnya, beberapa kondisi tersebutlah yang saat ini sering mengakibatkan kartu XL tidak dapat terhubung ke internet.

Cara Mengatasi XL Tidak Bisa Konek Internet

Nah, bagi kalian yang saat ini sedang memakai kartu XL dan sedang mengalami masalah gangguan layanan internet, maka jangan khawatir. Karena dalam artikel ini, Kampung Gadget akan menghadirkan kalian beberapa tips untuk mengatasi XL yang tidak bisa terhubung ke internet.

Tips kali ini berdasarkan dari pengalaman pribadi admin yang di sini sebagai penulis di blog Kampung Gadget. Agar tidak terlalu panjang, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Lihat Kualitas Sinyal XL

Masih sama dengan layanan dari provider lainnya, apabila kalian menggunakan kartu XL, maka kalian juga wajib memastikan sinyal yang didapatkan sudah memadai.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab ketika ingin terhubung ke layanan internet, tentu sinyal yang di peroleh harus cukup. Karena jika sinyal yang di tangkap oleh HP kosong, maka kemungkinan besar kalian akan sulit untuk bisa terhubung ke layanan internet dengan kartu XL. Selain itu, ketika kondisi ini terjadi, biasanya internet pada HP akan terdiam atau tidak dapat me-loading.

Oleh sebab itu, kalian bisa memastikan kalau sinyal yang di tangkap oleh HP lebih dari 3 garis dan tidak boleh kurang atau kosong. Untuk mengatasinya, kalian bisa coba untuk pindah ke tempat yang lebih terbuka agar bisa memperoleh sinyal yang cukup.

“Apabila sinyal yang di peroleh sudah cukup, biasanya internet akan kembali berfungi dengan baik seperti semula”

2. Usahakan Kuota Internet XL Masih Tersedia

Masalah kartu XL yang tidak bisa konek ke Internet, bisa saja terjadi karena jumlah kuota yang kalian miliki memang sudah habis. Karena seperti yang pernah di jelaskan, apabila kuota internet telah habis, secara otomatis layanan internet akan ikut berhenti berfungsi.

Maka dari itu, di sini kalian juga wajib untuk memastikannya juga, kalau kuota yang dimiliki masih mencukupi. Selain itu, pastikan juga kalau kuota yang kalian miliki tidak terbagi-bagi, seperti kuota khusus 3G, 4G atau kuota lokal misalnya.

Karena jika salah satu dari kuota khusus itu habis, maka kalian pasti tidak akan bisa terhubung lagi ke layanan internet di bagian tersebut.

Jika kalian ingin memeriksa jumlah kuota yang dimiliki, sebenarnya ada dua cara yang dapat kalian gunakan, seperti:

  1. Memakai aplikasi MyXL.
  2. Menggunakan kode dial *123#.

3. Coba Ganti Jenis Jaringan XL yang Dipakai

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini memang masih tidak terlalu di perhatikan. Padahal, membiarkan pengaturan jaringan otomatis juga bisa mempengaruhi kecepatan internet pada HP. Hal ini tentu karena sistem pada HP akan mencari prioritas jaringan yang di anggap paling baik, entah itu 2G, 3G atau 4G.

Jika kondisi ini kalian biarkan, jelas dapat mempengaruhi layanan internet yang dapat di tangkap oleh smartphone. Oleh sebab itu, di sini kalian dapat mencoba untuk mengatur jaringan tersebut secara manual saja.

Contohnya, saat menggunakan jaringan 4G dan ternyata di tempat kalian mengalami masalah, maka kalian dapat menggantinya ke jaringan 3G secara manual. Begitu juga dengan sebaliknya.

Untuk mengubahnya menjadi manual, langkah-langkahnya adalah seperti ini:

  • Buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP.
  • Lalu kalian cari lagi menu Jaringan Seluler.
  • Pilih SIM yang kalian gunakan, SIM 1 atau SIM 2.
  • Terakhir ubah jenis sinyal di sana.

Alternatif lain yang bisa kalian gunakan, seperti:

  • Buka aplikasi Telepon atau Dial Phone.
  • Lalu pada keyboard kalian ketikan kode *#*#4636#*#*.
  • Terakhir pilih Panggil.
  • Dan kalian dapat mengubah pangaturannya di sana.

Kenapa harus ganti mode jaringan secara manual?

  1. Karena jika sinyal yang di tangkap oleh HP bagus, tentu ini tidak akan menjadi masalah, tapi lain lagi jika sinyal di lokasi kalian sedang bermasalah atau susah sinyal.
  2. Biasanya, pada jam tertentu, jenis jaringan XL yang kalian pakai bisa saja lebih sibuk dari kondisi normal lainnya. Kondisi ini biasanya akan membuat sinyal yang di peroleh HP menjadi lebih kecil atau bisa saja tidak ada sinyal sama sekali.
  3. Kalian akan lebih mudah untuk menentukan sinyal yang bagus di tempat atau lokasi berada saat ini, seperti 2G, 3G ataupun 4G.
  4. HP tidak akan cepat panas, karena terus menerus mencari dan mengubah jaringan yang menurut sistem terbaik.

4. Restat HP yang Kalian Gunakan

Mungkin tidak banyak orang yang sadar kalau banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang tidak hanya membuat daya baterai cepat habis, namun juga membuat koneksi data terbagi-bagi. Tentu hal ini akan mengakibatkan koneksi internet XL yang di pakai akan berjalan lambat, lemot atau bisa juga tidak dapat terhubung sama sekali.

Nah, biasanya dengan melakukan restat HP, kalian juga bisa mengatasi masalah yang sedang di hadapi saat ini. Kenapa bisa begitu? Karena dengan me-restat HP, aplikasi yang berjalan di latar belakang akan berhenti secara otomatis. Ini tentu akan membuat koneksi internet XL akan kembali normal, karena aplikasi yang menggunakan internet diam-diam sudah di nonaktifkan.

Penting:

  • Di sini kalian dapat melakukan restat secara rutin, ya. Tidak hanya saat koneksi internet lemot saja, gangguan pada HP lainnya juga bisa kalian atasi dengan melakukan restat.
  • Tips tersebut juga sudah di rekomendasikan langsung pada situs resmi XL, jika ingin lebih jelas, kalian dapat membacanya di sini.

5. Pindah Ketempat Lain

Mungkin ini merupakan hal yang umum terjadi di setiap operator, termasuk juga dengan operator XL. Di mana, meski XL merupakan provider yang cukup besar, namun tidak semua lokasi atau daerah yang tercover layanan dari XL dengan baik.

Bisa saja, salah satunya adalah tempat atau lokasi kalian berada saat ini. Jika sudah begitu, tentu kalian tidak akan bisa menggunakan layanan yang di sediakan oleh provider XL dengan baik.

Cara mengatasi masalah ini, tentu kalian harus pergi ke tempat yang sudah tercoper layanan dari operator XL yang lebih baik. Selain itu, pastikan juga jaringan yang di gunakan sesuai dengan layanan yang tersedia di lokasi tempat kalian berada.

6. Gunakan Fitur Air Plane

Mungkin terdengar sangat sepele, memperbaiki masalah kartu XL yang tidak bisa konek internet dengan mengaktifkan fitur airplane mode. Emangnya bisa, ya?

Tentunya sangat bisa. Karena dengan mengaktifkan fitur airplane mode ini, maka secara otomatis jaringan pada HP akan di refresh. Dengan begitu, ketika sebelumnya mengalami masalah pada jaringan, maka akan di atur ulang kembali saat fitur ini kalian nonaktifkan.

Caranya juga sangat mudah, kok:

  • Geser Bilah Notifikasi dari atas ke bawah untuk memunculkan fitur ini.
  • Lalu kalian tinggal tekan icon pesawat atau Airplane Mode.
  • Selanjutnya, tunggu selama 30 atau 60 detik (lebih juga bagus).
  • Jika sudah, nonaktifkan kembali fitur tersebut.

Penting:

  1. Ketika kalian mengaktifkan fitur ini, jaringan pada HP yang sebelumnya tidak bisa terhubung, di harapkan bisa kembali normal. Dengan begini, layanan internet biasanya akan kembali berfungsi seperti sebelumnya.
  2. Untuk proses kerjanya, koneksi pada HP akan mengalami disconnect dan membuat kalian tidak bisa terhubung ke internet sementara.
  3. Proses ini juga akan merubah IP sebelumnya yang di gunakan oleh HP untuk menandai lokasi kalian terhubung dengan layanan internet.

7. Pastikan Kartu XL Sudah Diregistrasi

Di tahun ini, semua kartu SIM yang kita gunakan termasuk juga XL wajib diregistrasi kembali. Hal ini jelas sangat penting untuk kalian lakukan, karena jika tidak, SIM yang kalian pakai tidak akan bisa di gunakan untuk mengakses internet.

Cara registrasi kartu XL juga tidak sulit, begini caranya:

  1. Buka aplikasi SMS pada HP.
  2. Lalu buat sebuah Pesan Baru.
  3. Isikan pesan dengan format ULANG#NomorNIK#NomorKK (untuk kartu lama) atau DAFTAR#NomorNIK#NomorKK jika kartu baru.
  4. Terakhir tinggal kirim ke nomor 4444.

Keterangan:

  • Nomor NIK: Merupakan nomor identitas KTP yang kalian miliki.
  • Nomor KK: Adalah sebuah nomor yang tertera pada kartu keluarga kalian.

Kalian dapat menunggu sampai proses pengiriman SMS tadi selesai. Jika berhasil, kalian biasanya akan mendapatkan sebuah pesan yang bertuliskan “Nomor Berhasil di Daftarkan”.

Setelah itu, coba tes kembali internet menggunakan kartu tersebut. Biasanya jika sudah didaftarkan, koneksi internet akan kembali muncul pada ponsel.

8. Usahakan Tempat Kalian Sudah Tercoper Layanan dari XL

Masih sama sebenarnya dengan cara yang sudah di sebutkan di atas tadi, di mana lokasi sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan layanan yang kita dapat dari operator SIM. Maka dari itu, kalian tentu wajib untuk memastikan lokasi kalian berada memang sudah tercoper secara penuh dari provider XL.

Apabila belum, jelas kalian tidak akan pernah bisa menggunakan layanan internet yang di sediakan oleh operator XL. Untuk mengatasi kondisi ini, tentu kalian harus mengganti kartu XL yang di pakai dengan kartu SIM lainnya. Dengan begitu, masalah kartu XL yang tidak bisa konek internet akan teratasi secara mudah dan aman.

9. Atur Ulang APN

APN sendiri merupakan pengaturan akses poin internet pada HP. Secara umumnya, masing-masing provider mempunyai setting APN yang berbeda-beda, termasuk juga XL. Sebenarnya, setting APN pada smartphone itu akan menyesuaikan secara otomatis dengan format APN dari kartu SIM yang di gunakan.

Meski begitu, bukan berarti kalau APN pada HP tidak bisa berubah tanpa di sengaja atau bahkan bisa juga terhapus dengan sendirinya.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mencoba atur APN pada HP secara manual. Caranya begini:

  • Pertama buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP.
  • Lalu pergi ke menu Jaringan Seluler.
  • Pilih SIM yang kalian gunakan.
  • Lanjut cari menu pengaturan APN.
  • Kemudian kalian buat APN baru di sana.
  • Kalian dapat mengatur nama APN ‘Internet’ dan untuk username serta password bisa di biarkan kosong saja.

10. Hubungi Costemer Service XL

Cara Mengatasi XL Tidak Bisa Konek Internet Dengan Menghubungi Costemer Service XL

Terakhir, apabila semua cara di atas sudah kalian lakukan dan hasilnya masih tetap belum bisa mengatasi masalah XL tidak bisa konek internet, maka dapat di pastikan kalau ini terjadi memang dari pusatnya. Bisa saja provider sedang memperbaiki layanan yang mereka hadirkan, sehinggan membuat beberapa pelanggan mengalami gangguan.

Biasanya kondisi seperti ini hanya berlangsung selama 15 sampai 30 menit saja, tapi terkadang juga pernah sampai berjam-jam. Untuk memastikannya, kalian dapat menghubungi costemer service XL dan menjelaskan semua permasalahan yang sedang kalian hadapi.

Kalian bisa menghubungi Customer Service XL melalui beberapa cara ini:

  1. Melalui Twitter dengan nama @myXLCare.
  2. Lewat Facebook Fanpage @myXL.
  3. Live Chat pada situs resminya di xl.co.id.
  4. Melalui aplikasi myXL.
  5. Menghubungi Call Center 817 (aktif selama 24 jam).

Penutup

Semua pembahasan di atas tadi sebenarnya admin jelaskan berdasarkan pengalaman yang pernah di lalui ketika menggunakan layanan dari provider XL. Dengan begini, admin sangat berharap sekali kalau artikel tersebut dapat membantu kalian yang saat ini mungkin sedang mengalami  masalah layanan XL tidak bisa terhubung ke internet.

Selain itu, jika kalian mempunyai sebuah pertanyaan atau ada hal yang kurang di mengerti seputar pembahasan di atas, maka dapat menuliskannya di kolom komentar.

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara mengatasi kartu XL tidak bisa konek internet walaupun kuota masih banyak.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.