Solusi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Solusi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Aplikasi Tidak Terpasang di Android – Pada umumnya, ketika kita baru membeli sebuah ponsel Android merek apapun, pastinya sudah langsung tersedia beberapa aplikasi bawaan pabrik. Misalnya saja seperti aplikasi SMS, kamera, telepon dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi seiring berjalannya waktu dan kebutuhan seseorang, pastinya akan terasa semakin membosankan jika hanya memakai aplikasi itu-itu saja bukan. Nah, karena inilah yang juga membuat tersedianya Google Playstore pada HP.

Di dalam Google Playstore, kita bisa mencari aplikasi-aplikasi yang di inginkan. Seperti aplikasi game, sosial media, streaming film dan lain-lainnya.

Ketika ingin memasang sebuah aplikasi dari Google Playstore tidaklah sulit. Karena di sini kita hanya perlu mencari aplikasi yang di inginkan, lalu memasangkannya pada HP. Setelah berhasil terpasang, aplikasi tersebut sudah bisa langsung di gunakan.

Itu sih dalam keadaan normalnya, ya.

Lalu bagaimana jika ada sedikit masalah, seperti aplikasi tidak terpasang meski sudah menginstalnya? Pastinya merepotkan deh, apalagi kalau kita sedang perlu-perlunya dengan aplikasi tersebut.

Apa Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang?

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Penyebab yang paling sering terjadi ketika aplikasi tidak terpasang adalah adanya masalah dengan ruang penyimpanan serta versi aplikasinya yang juga tidak sesuai spesifikasi HP kita.

Namun terlepas dari itu, jelas masih ada faktor-faktor lain yang membuat timbulnya masalah ini. Diantaranya seperti berikut ini:

1. Memori Tidak Cukup

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau kemungkinan pertama yang bisa mengakibatkan aplikasi tidak dapat terpasang pada HP adalah kapasitas ruang penyimpanan yang tidak cukup.

Oleh karena itu, di sini kalian harus memastikan terlebih dahulu kalau HP yang di gunakan masih memiliki memori yang cukup. Di masing-masing HP Android juga mempunyai batas sisa memori internal yang berbeda-beda, ya.

Untuk masalah penyimpanan, biasanya ketika menginstal aplikasi akan muncul notifikasi pesan seperti “insufficient storage space“.


Baca Juga : Cara Mengubah Emoji Android Jadi iPhone


2. Proses Penginstalan Aplikasi yang Salah

Faktor yang satu ini biasanya lebih sering terjadi di ponsel Android yang sudah di root. Aplikasi harusnya terinstal di dalam direktori tertentu, namun ini tidak.

Nah, dari kondisi tersebutlah yang membuat munculnya pesan aplikasi tidak terpasang pada HP. Lebih seringnya sih muncul pesan “incorrect apk install location“.

3. Terjadi Error Pada Sistem

Tidak menutup kemungkinan kalau sistem Android bisa saja mengalami masalah, seperti error misalnya. Terutama pada saat HP di gunakan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu.

Dampaknya juga bisa bermacam-macam, tergantung dari apa yang di lakukan oleh penggunanya. Salah satunya juga bisa membuat terjadinya kesalahan di dalam proses instalasi sebuah aplikasi pada HP.

4. Aplikasi Tidak Mendukung

Entah itu dari segi versi ataupun sistem pada HP yang tidak mendukung. Kondisi seperti ini juga sangat sering terjadi dan saya sendiri sangat sering mengalaminya, hehe.

Misalnya saja ketika kita menginstal aplikasi yang hanya support sampai Android Jelly Bean di Android Oreo. Biasanya akan langsung muncul pesan yang bertuliskan “Aplikasi tidak kompatibel”.

5. Data Aplikasi Mengalami Kerusakan

Selain sistem HP yang tidak mendukung, masalah aplikasi tidak terpasang juga bisa di sebabkan oleh aplikasi itu sendiri. Bisa saja data-data yang berhubungan dengan aplikasi tersebut sudah rusak ketika di download.

Hal ini biasanya terjadi ketika kita mendownload aplikasinya tidak melalui Google Playstore yang ada pada ponsel.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Pada artikel ini saya akan berbagi sedikit pengalaman ketika mengalami masalah tidak bisa instal aplikasi tertentu pada HP Android. Selain berdasarkan dari pengalaman, solusi yang saya bagikan juga di ambil dari beberapa forum yang ada di internet.

Biasanya sih dengan hanya menggunakan tips berikut ini, masalah tersebut sudah bisa teratasi tanpa harus mengganti HP.

Solusi ini juga bisa kalian gunakan di semua tipe HP Android, seperti Samsung, Oppo, Asus, Realme, Vivo dan lainnya.

1. Nyalakan Ulang Ponsel

Solusi paling sederhana pertama yang sering saya lakukan ketika mengalami masalah aplikasi tidak dapat di instal adalah dengan cara reboot sistem.

Biasanya dengan hanya reboot sistem, semua aplikasi yang berjalan pada HP akan berhenti. Kurang lebih sih seperti menyegarkan (refresh) sistem yang ada di dalam HP Android.

Caranya juga sangat simpel:

  • Tekan dan tahan tombol Power pada HP.
  • Lalu pilih opsi Reboot atau Restart.
  • Kemudian tunggu sampai ponsel menyala kembali.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Perbaiki Konektor HP Rusak Atau Longgar


2. Aktifkan Unknown Resource

Khusus untuk masalah aplikasi yang tidak terpasang, terutama jika kalian menginstal aplikasi dalam bentuk APK. Atau mendownload aplikasi melalui situs penyedia APK yang tidak resmi.

Solusinya, kalian bisa coba mengaktifkan terlebih dahulu fitur sumber tidak dikenal pada HP. Fitur ini terdapat di dalam pengaturan pada ponsel Android dan secara default tidak akan aktif tanpa kita aktifkan sendiri.

Caranya seperti ini:

  • Buka dulu Pengaturan pada HP.
  • Kemudian pergi kedalam menu Keamanan.
  • Lalu cari dan centang pengaturan sumber tidak dikenalUnknown Resource ).
  • Setelah itu, nyalakan ulang ponsel kalian.
  • Selesai.

Jika ponsel sudah menyala, coba kalian instal kembali APK yang tidak bisa terpasang tadi. Apabila sudah bisa, jangan lupa untuk menonaktifkan kembali pengaturan sumber tidak dikenal tadi.

3. Berikan Izin Memori Internal

Hampir semua ponsel Android itu ketika ada sebuah aplikasi yang baru di instal, maka akan secara otomatis datanya masuk ke penyimpanan internal.

Untuk ponsel Android dengan versi 5.0 ke atas, sudah ada sebuah fitur yang bisa mencegah aplikasi apapun untuk mengakses memori tersebut. Sehingga kita harus memberikan izin terlebih dahulu agar aplikasinya dapat mengakses penyimpanan internal pada ponsel.

Oleh karena itu, coba deh kalian periksa dulu pengaturan izin dari aplikasi tersebut. Bisa saja, masalah aplikasi tidak dapat terpasang karena belum ada izin akses ke penyimpanan internal.

Cara memberikan izin akses itu seperti ini:

  • Silakan buka dulu Pengaturan pada HP.
  • Kemudian cari menu Aplikasi atau APL.
  • Lalu cari dan buka aplikasi Google Playstore di sana.
  • Selanjutnya masuk ke dalam menu Izin.
  • Berikutnya aktifkan izin Penyimpanan.
  • Selesai.

Oh ya, itu jika kalian memasang aplikasi melalui Google Playstore. Kalau kalian memasangnya dalam bentuk APK, maka cara memberikan izinnya begini:

  • Buka Pengaturan pada HP.
  • Kemudian buka menu Aplikasi.
  • Lalu cari aplikasi Pemasangan Paket.
  • Setelah itu buka menu Izin.
  • Terakhir aktifkan izin Penyimpanan.

Jika sudah, silakan nyalahkan ulang dulu ponsel kalian. Setelah itu, coba pasang kembali aplikasi tadi yang bermasalah.

4. Bersihkan Cache Google Playstore

Solusi mengatasi aplikasi yang tidak dapat terpasang pada HP Android yang selanjutnya ini bisa kalian coba. Di sini kalian hanya perlu menghapus file cache yang ada di dalam aplikasi Google Playstore.

Biasanya cara ini juga cukup ampuh, terutama untuk kalian yang memang sedang mengalami masalah ketika memasang aplikasi lewat Google Playstore.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Pertama buka dulu Pengaturan pada HP.
  • Kemudian cari Daftar Aplikasi.
  • Lanjut pilih Aplikasi.
  • Sekarang cari dan buka aplikasi Playstore.
  • Lalu masuk kedalam menu Penyimpanan.
  • Berikutnya ketuk tombol Hapus Cache.
  • Selesai.

Selain dengan menghapus cache, kalian juga bisa sekalian coba klik Uninstall Pembaharuan. Kalau dari pengalaman saya sendiri, cara ini sih jauh lebih efektif.

5. Periksa Sisa Memori Internal

Perlu kalian ketahui juga kalau ukuran setiap aplikasi itu berbeda-beda. Ada yang ukurannya hanya MB saja dan ada juga yang mencapai ukuran sampai sekian GB.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, ada satu hal yang perlu kalian perhatikan dan di garis bawahi. Ialah pentingnya untuk memastikan terlebih dahulu, apakah ruang penyimpanan internal di HP sudah mencukupi atau belum untuk ukuran aplikasi tersebut.

Kondisi seperti ini sangat sering terjadi, di mana ada banyak sekali pengguna yang tidak sadar dengan sisa ruang penyimpanan pada HP-nya.

Untuk mengecek sisa penyimpanan pada HP tidaklah sulit, karena kalian hanya perlu membuka aplikasi File Manager saja. Nanti di sana kalian akan melihat rincian informasi mengenai kapasitas, berapa memori yang sudah terpakai dan berapa sisa memori yang bisa di gunakan.

Jikalau kalian menanyakan solusinya, sebenarnya saya sudah pernah membahas tentang solusi memori internal penuh sebelumnya. Jadi, kalian bisa langsung menyimak solusinya dengan lengkap di sana ya.

6. Periksa Kompatibilitas Aplikasi

Kinerja dari sebuah aplikasi itu sangatlah dipengaruhi oleh kompatibilitas sistem yang ada pada HP. Apakah aplikasi tersebut bisa berjalan dengan baik atau tidak itu tergantung dari sistem yang ada didalam ponsel.

Contohnya seperti yang sudah saya jelaskan tadi di atas, ya. Misalnya memasang aplikasi versi terbaru di sistem Android versi lama dan begitu juga sebaliknya. Maka di sini sudah pasti aplikasi tidak akan bisa berfungsi dengan baik, bahkan bisa membuatnya tidak dapat di instal.

Solusinya bagaimana? Ya, kalian harus memeriksa terlebih dahulu versi aplikasi yang ingin di pasang serta jangan lupa juga memastikan kompatibilitasnya.


Baca Juga : HP Suka Mati Sendiri


7. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Lama kelamaan sebuah aplikasi yang jarang di gunakan dan sering mendapatkan update, bisa membuat memori internal pada HP cepat penuh. Entah itu RAM yang penuh duluan atau bisa memori internalnya.

Meski terdengar sederhana, namun kondisi seperti itu bisa membuat sistem yang ada pada HP terganggu kinerjanya.

Salah satu efek yang sering muncul, yaitu aplikasi baru tidak bisa di instal pada HP deh.

Lalu bagaimana solusinya? Ialah, kalian hanya perlu mencari aplikasi mana yang jarang di pakai atau tidak pernah digunakan, kemudian menghapusnya.

Tutorial lengkapnya begini:

  1. Pergi kedalam menu Pengaturan.
  2. Kemudian masuk kedalam menu Aplikasi.
  3. Lalu cari aplikasi yang jarang kalian gunakan.
  4. Pilih dan buka aplikasi tersebut, kemudian tekan Uninstal.
  5. Selesai.

Setelah selesai menghapus aplikasi, jangan lupa untuk menyalakan ulang kembali HP kalian ya.

8. Reset Pabrik

Reset HP kembali ke pabrik, memang tidak wajib untuk di lakukan. Tapi jika setelah mengikuti semua solusi di atas, masalah aplikasi tidak terpasang pada HP masih belum teratasi, maka solusi ini wajib di coba.

Melalui reset pabrik ini, nantinya semua data, pengaturan dan hal lainnya pada HP akan di bersihkan secara permanen. Sehingga nanti keadaan ponsel kalian akan kembali seperti awal lagi, deh.

Namun sebelum itu, jika ada data penting yang kalian miliki didalam HP, sebaiknya kalian backup dulu data-data tersebut. Agar nanti setelah proses reset selesai, kalian bisa memulihkan kembali data penting itu lagi deh. Untuk cara bakup data penting di Android, kalian bisa menyimaknya di pembahasan saya sebelumnya.

Kemudian cara reset-nya sendiri seperti ini:

  • Pertama-tama buka dulu Pengaturan di HP kalian.
  • Kemudian pergi ke menu Pengaturan Tambahan.
  • Lalu cari opsi Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Silakan lakukan reset di sana.
  • Terakhir tinggal menunggu sampai HP menyala kembali.
  • Selesai.

9. Instal Custom ROM Baru

Bagi kalian yang belum tahu, kalau Custom ROM pada HP itu bukan sepenuhnya bawaan dari sistem Android. Karena pengguna bisa menggantinya dengan sistem ROM lain sesuai dengan keinginan.

Nah, ini juga bisa menjadi solusi terakhir yang bisa kalian lakukan. Kenapa? Karena di sini proses pemasangan custom ROM tidaklah mudah untuk dilakukan, apalagi kalian masih tergolong pemula dalam hal ini.

Namun secara garis besarnya, masalah apl tidak terpasang pada HP seharusnya akan hilang ketika sudah selesai melakukan custom ROM.

Tapi saya tidak akan menjelaskan caranya di sini ya, karena akan sangat panjang. Sebab masing-masing HP Android itu mempunyai cara dan jenis ROM yang berbeda-beda. Namun kalian bisa mencari caranya di Google, dengan mengetikkan kata kunci Custom ROM sesuai tipe HP dan jenis yang di inginkan.

Penutup

Jadi begitulah pembahasan mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android yang bisa saya jelaskan hari ini. Semoga bisa membantu kalian semuanya yang memang sedang mengalami masalah tersebut.

Apabila ada yang masih kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.