Cara Mengatasi Subtitle Film Tidak Pas

Cara Mengatasi Subtitle Film Tidak Pas

Cara Mengatasi Subtitle Film Tidak Pas – Pastinya tidak sedikit dari kalian yang pernah mengalami subtitle film yang berjalan lebih lambat atau lebih cepat dari film yang di tonton. Tentunya kondisi ini sangat menyebalkan bukan? Karena dengan subtitle film yang tidak pas, maka kita pasti akan kesulitan untuk memahami alur dari cerita film yang di tonton.

Sebenarnya cara sederhana untuk mengatasi subtitle film yang tidak pas adalah dengan mencari subtitle lain yang sesuai. Namun, bagaimana kalau cerita dari film yang ingin kita tonton itu masih tergolong baru? Maka sudah pasti kalian akan sulit untuk menemukan subtitle lainnya.

Selain mengganggu, kita juga akan di buat tidak nyaman saat menonton film tersebut. Tapi tenang saja, karena sebenarnya masalah ini bisa kalian perbaiki dengan mudah.

Berikut akan Kampung Gadget jelaskan secara lengkap untuk kalian.

Cara Mengatasi Subtitle Video yang Tidak Pas Di Android

Pada dasarnya yang menjadi penyebab subtitle yang tidak pas ini, ialah dikarenakan ada data pada subtitle tersebut yang memiliki timing tidak sesuai. Selain itu, dari pengalaman admin sendiri, hal ini juga bisa terjadi karena adanya masalah pada player video yang di gunakan.

Dalam memperbaikinya, kalian bisa mengatur ulang kecepatan dari subtitle-nya atau dengan melakukan sinkronisasi ulang dengan mengeditnya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut cara membuat pas kembali subtitle (sync) pada HP Android.

1. Memakai MXPlayer Untuk Android

Dalam tutorial kali ini, admin memakai aplikasi yang bernama MXPlayer. Alasan admin menggunakan aplikasi ini karena memiliki cukup banyak fitur yang bisa membantu mengedit subtitle yang tidak pas di Android.

Misalnya saja seperti mengatur kecepatan dari munculnya subtitle dan film yang akan di tonton.

Untuk langkah-langkahnya bisa seperti ini:

  1. Pertama-tama, kalian bisa terlebih dahulu mengunduh aplikasi MXPlayer di Google Play Store.
  2. Jika aplikasi sudah berhasil kalian instal, maka silakan kalian buka aplikasi MXPlayer tersebut.
  3. Kemudian kalian cari film yang ingin di edit subtitle-nya.
  4. Apabila sudah menemukannya, maka klik icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas layar.
  5. Setelah sudah, klik menu Subtitle.
  6. Lalu klik lagi menu Kecepatan.
  7. Saat kotak dialog kecepatan sudah muncul, kalian bisa langsung menyesuaikan sendiri dialog dari file dan subtitle sampai pas.
  8. Simpan dan selesai.

Catatan:

Perlu untuk kalian ketahui kalau semakin kecil nilai persentase subtitle, maka akan lebih cepat teksnya keluar. Begitu juga sebaliknya, semakin besar nilai persentase maka semakin lambat teksnya keluar.

Sebenarnya kalian tidak hanya bisa memperbaiki subtitle yang tidak pas saja, tapi pada aplikasi MXPlayer ini kalian juga dapat melakukan konfigurasi video atau tampilan film.

Cara Mengatasi Subtitle Film yang Tidak Pas di Komputer

Setiap orang pasti memiliki keinginan yang berbeda-beda, begitu juga tempat ketika ingin menonton sebuah film. Bagi kalian yang mungkin lebih suka menonton film di PC atau laptop, tentu ada banyak sekali jenis player yang dapat kalian gunakan.

Meski ada banyak, namun admin hanya akan menjelaskan beberapa player yang dapat kalian gunakan untuk melakukan sync ulang pada subtitle yang tidak pas. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Cara Mengatasi Subtitle Film Tidak Pas di VLC

 

Player pertama yang bisa kalian gunakan untuk memperbaiki subtitle film yang tidak pas di PC atau laptop adalah dengan VLC.

Kenapa menggunakan player VLC? Karena VLC sendiri memiliki fitur yang cukup lengkap dan ada beberapa fitur edit yang bisa kalian gunakan. Nah, untuk cara mengatasi subtitle film tidak pas di VLC adalah begini:

  1. Pertama kalian cari video yang ingin di atur kecepatan subtitle-nya agar sesuai.
  2. Berikutnya kalian langsung saja klik kanan pada video tersebut.
  3. Lalu kalian pilih Open With dan pilih gunakan VLC Media Player.
  4. Saat film sudah terbuka, kalian bisa langsung klik tab Tools.
  5. Setelah itu pilih menu Effects and Filters.
  6. Maka kalian akan melihat kotak dialog Adjusments and Effects.
  7. Di sini kalian bisa langsung mengatur kecepatan subtitle pada opsi Subtitle Track Syncronization.
  8. Selesai.

Perlu juga untuk kalian ketahui kalau jika kalian kurangi nilainya, maka subtitle akan hastened atau menjadi lebih cepat keluar di bandingkan filmnya. Sedangkan apabila kalian menambahkan, maka akan menjadi delayed atau subtitle munculnya menjadi lebih lama dari film.

Saran admin, sebaiknya jika sudah diatur, maka kalian dapat cek filmnya sambil dengan melakukan konfigurasi kecepatannya sampai cocok.

2. Cara Mengatasi Subtitle Film Tidak Pas di MPC

MPC juga salah satu player yang memiliki banyak sekali fitur dan pastinya tidak kalah dengan VLC. Jika saat ini kalian menggunakan MPC sebagai player pada PC atau Laptop dan mengalami masalah pada subtitle film yang tidak pas, maka jangan khawatir.

Karena cara mengatasi subtitle film yang tidak pas di MPC bisa kalian lakukan dengan cara ini:

  • Pertama tentu kalian cari dulu film yang akan di tonton.
  • Berikutnya kalian klik kanan pada film dan pilih Open With lalu tinggal pilih gunakan MPC media Player.
  • Jika film sudah di putar dengan MPC maka kalian dapat memanfaatkan tombol yang ada pada keyboard.
  • Kalian bisa memakai tombol F1 dan F2 pada keyboard untuk mempercepat dan memperlambat.
  • Untuk F1 ini berguna untuk memperlambat subtitle yang muncul, sedangkan F2 untuk mempercepat.

Nah, disini kalian bisa menyesuaikan tampilan subtitle pada film yang di putar agar pas.

3. Cara Mengatasi Subtitle Film Tidak Pas di GOM Player

Cara Mengatasi Subtitle Film Tidak Pas di GOM Player

Player terakhir yang cukup populer adalah GOM Player. Di mana GOM Player juga mempunyai fitur-fitur yang menarik serta lengkap, salah satunya bisa digunakan untuk mengedit subtitle film yang tidak pas.

Sebenarnya cara mengatasi subtitle film tidak pas di GOM player tidaklah begitu sulit untuk kalian lakukan, caranya seperti ini:

  1. Kalian dapat mencari film yang ingin di tonton dan pastikan subtitle nya sudah ada.
  2. Klik kanan pada film tersebut, lalu pilih Open With dan pilih GOM Player.
  3. Ketika film sudah berjalan, kalian bisa menggunakan tombol < atau > pada keyboard komputer.
  4. Untuk tombol > berguna mempercepat tampilan subtitle pada film dan tombol < akan memperlambat subtitle tampil.

Silakan kalian bisa menyesuaikannya dengan tombol tersebut sampai menemukan kecepatan yang sama dengan film yang sedang kalian tonton.

Cara Mengedit Kembali Subtitle yang Tidak Pas

Terakhir, kalian sebenarnya juga bisa mengedit kembali file subtitle dari film yang sedang di tonton. Lebih pasnya adalah mengatur timing agar yang tadinya tidak pas bisa menjadi pas.

Namun, dengan catatan kalau cara ini hanya bisa berlaku untuk softsub saja. Sebab jika subtitle yang kalian download adalah hardsub maka sulit untuk di edit, karena sudah menyatu dengan file film-nya.

Untuk caranya bisa seperti ini:

  • Pertama-tama kalian cari dulu file subtitle yang umumnya tersimpan dengan format .srt.
  • Biasanya file ini mempunyai nama dan letak folder yang hampir sama dengan film tersebut.
  • Lalu kalian bisa langsung klik kanan pada file subtitle tersebut.
  • Kemudian klik Open With dan pilih Notpad.

  • Berikutnya ubah waktu muncul dan hilangnya teks pada subtitle.
  • Jika waktunya sudah di sesuaikan dengan Film, maka jangan lupa save file.

Catatan:

Waktu yang terlihat pada bagian kiri subtitle itu sebenarnya berguna untuk mangatur munculnya teks. Sedangkan untuk waktu yang terdapat di sebelah kanannya itu untuk mengatur hilangnya teks subtitle. Jadi jangan sampai kalian tertukar saat mengeditnya, ya.

Sedikit saran dari admin, ketika kalian mengedit subtitle ada baiknya dilakukan sambil memutar film yang akan di tonton. Hal ini agar kalian dapat mendapatkan waktu yang tepat untuk muncul dan hilangnya teks subtitle pada film.

Penutup

Jadi, saat kalian mendapati kalau film yang ingin di tonton menampilkan subtitle yang tidak pas, maka jangan panik ataupun khawatir, karena kalian bisa menggunakan cara di atas untuk membuat subtitle film kembali pas.

Kesimpulannya, dalam mengatasi masalah subtitle yang tidak pas, maka kalian bisa menggunakan aplikasi MXPlayer untuk HP Android dan VLC, MPC, GOM Player untuk komputer.

Jika kalian memiliki pertanyaan atau ada penjelasan yang mungkin kurang jelas, bisa menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini. Admin akan dengan senang hati membantu kalian untuk mencari solusinya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.