Cara Screenshot HP Oppo Terbaru

Cara Screenshot HP Oppo Dengan Mudah dan Praktis

Cara Screenshot HP Oppo – Hampir semua pengguna smartphone sering melakukan screenshot atau mengambil gambar tampilan layar yang sedang di buka.  Untuk manfaatnya jelas banyak dan tentunya masing-masing orang memiliki keperluannya tersendiri saat melakukan screenshot.

Tapi, ternyata tidak semua pengguna smarthone tahu cara melakukan screenshot. Hal ini tentu karena setiap merek smartphone itu memiliki cara yang berbeda-beda saat ingin melakukan screenshot, begitu juga pada HP Oppo.

Nah, oleh sebab itu, kali ini Kampung Gadget akan menghadirkan kalian sebuah informasi tentang cara screenshot HP Oppo.

Catatan, cara yang akan admin bagikan di sini itu dapat kalian gunakan pada semua HP Oppo seperti Oppo A5s, A31, A12, A3s, A92, A37 dan tipe ponsel Oppo lainnya.

Cara Screenshot HP Oppo Dengan Mudah dan Praktis

Cara Screenshot HP Oppo

Sebenarnya untuk melakukan screenshot pada HP Oppo, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan. Yang paling mudah dan praktis adalah dengan memanfaatkan kombinasi tombol fisik atau dengan mengusap layar memakai 3 jari.

Saat ini, screenshot di HP Oppo yang paling banyak diminati oleh pengguna adalah screenshot panjang dan tanpa menggunakan tombol fisik. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Dengan Kombinasi Tombol Power + Volume Down

Cara yang paling umum dan mudah ketika ingin melakukan screenshot di HP Oppo adalah dengan memakai kombinasi tombol power dan volume down. Ini juga merupakan cara yang paling banyak di gunakan oleh pengguna ponsel Android Oppo.

Untuk caranya adalah seperti ini:

  1. Cari dulu halaman atau tampilan aplikasi yang ingin kalian screenshot.
  2. Jika sudah mendapatkannya, tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan.
  3. Apabila berhasil, layar HP Oppo akan berkedip atau terdengar suara kamera.
  4. Hasil dari screenshot tadi akan tersimpan otomatis pada galeri HP.

Meski merek HP sama-sama Oppo, namun untuk yang lama dan HP yang baru biasanya letak tombol fisik bisa berbeda-beda. Walaupun letaknya berbeda, namun caranya masih tetap sama seperti yang sudah di jelaskan tadi.

2. Memakai Tombol Power + Volume Up

Berikutnya ini sebenarnya caranya tidak jauh berbeda dengan di atas tadi, namun yang membedakannya hanya penggunaan tombol volume saja. Untuk cara yang kedua ini, kalian tidak lagi menekan volume down melainkan memakai volume UP.

Selain itu, kombinasi tombol power + volume UP juga memiliki fitur yang lebih lengkap, seperti screenshot area dan screenshot next page. Masing-masing fitur tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda dan kalian bisa memilih salah satu dari kedua fitur tersebut sesuai kebutuhan.

  • Screenshot area

Fitur yang pertama ini sebenarnya mempunyai fungsi untuk melakukan screenshot di bagian mana saja yang kalian inginkan. Karena kalian dapat mengarahkan bulatan putih yang muncul pada layar untuk melakukan screenshot di area tertentu.

Caranya begini:

  1. Pertama kalian tekan dulu tombol Power + Volume UP secara bersamaan.
  2. Setelah itu kalian akan melihat sebuah tampilan fitur di tengah kanan layar.
  3. Lalu kalian dapat memilih fitur screenshot area.
  4. Maka bulatan putih akan muncul pada layar.
  5. Kalian bisa mengarahkan bulatan putih pada area yang ingin di screenshot.
  6. Terakhir tinggal tekan Save untuk menyimpan hasil screenshot.
  • Screenshot Next page

Fungsi dari fitur yang kedua ini adalah memudahkan kalian yang ingin melakukan screenshot panjang pada tampilan layar. Dengan fitur screenshot next page, kalian tidak akan lagi men-screenshot tampilan layar satu persatu lagi seperti dulu,

Cara screenshot panjang HP Oppo adalah seperti ini:

  1. Kalian tekan dulu tombol Power + Volume UP bersamaan.
  2. Lalu kalian akan melihat tampilan menu melayang di tengah kanan layar.
  3. Berikutnya tinggal pilih fitur Next Page.
  4. Maka otomatis akan mengambil screenshot sampai bagian bawah (vertikal) secara keseluruhan tampilan layar atau aplikasi.
  5. Jika sudah, tinggal pilih menu Save.

Namun, untuk screenshot dengan cara ini, kalian bisa melakukannya hanya sampai batas maksimal di 8 kali captured saja. Jika ingin melihat hasilnya, kalian hanya perlu mencarinya di dalam galeri HP Oppo.

3. Cara Screenshot Hp Oppo dengan 3 Jari

Cara Screenshot Hp Oppo dengan 3 Jari

Bagi kalian yang mungkin tidak ingin menggunakan tombol fisik pada HP Oppo untuk melakukan screenshot, maka bisa menggunakan cara yang satu ini. Yup, dengan memanfaatkan fitur Quick Gesture Oppo.

Jadi ini juga merupakan cara screenshot HP Oppo tanpa tombol fisik karena kalian hanya perlu mengusap layar menggunakan jari saja. Selain itu, cara ini juga baik untuk mengatasi screenshot yang gagal karena kurang saat menekan tombol power dan volume.

Sebelum itu, kita aktifkan terlebih dahulu fitur Quick Gesture pada HP Oppo dan langkah-langkahnya seperti ini:

  • Pertama kita buka dulu menu Pengaturan pada HP Oppo.
  • Setelah itu kalian cari menu Gesture and Motion.
  • Lalu kalian cari lagi opsi Quick Gesture.
  • Berikutnya pilih Gesture Screenshot untuk mengatifkan fitur screenshot tanpa tombol.

Cara screenshot-nya begini:

  • Kalian bisa cari halaman atau tampilan aplikasi yang ingin di screenshot.
  • Setelah ketemu, kalian hanya perlu menempelkan 3 jari pada layar dan mengusapnya secara bersamaan dari atas ke bawah dengan cepat.
  • Jika berhasil, layar HP Oppo kalian akan berkedip dan terdengar suara shutter kamera.
  • Hasilnya bisa kalian lihat pada Galeri.

Teknik ini juga sangat admin sarankan, karena sangat mudah dan simpel ketika ingin melakukan screenshot dari pada memakai tombol power dan volume.

Cara Screenshot HP OPPO Menggunakan Aplikasi

Alternatif lain yang bisa kalian gunakan ketika mengalami kesulitan saat ingin menangkap tampilan layar memakai tombol, maka bisa menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi ini dapat kalian temukan di Google Playe Store yang ada pada HP Oppo kalian.

Di sana ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian unduh secara gratis. Meski begitu, admin tidak akan menjelaskan semuanya satu persatu. Namun, kali ini admin hanya menghadirkan 3 buah aplikasi tambahan yang saat ini cukup populer.

1. Dengan Aplikasi Screenshot and Screen Recorder

Salah satu aplikasi screenshot Android yang dapat kalian gunakan adalah Screenshot and Screen Recorder. Di mana aplikasi ini akan memudahkan kalian untuk mengambil berbagai macam screenshot pada HP Oppo dan pastinya tanpa perlu menggunakan kombinasi tombol fisik lagi.

Cara menggunakan aplikasi Screenshot and Screen Recorder adalah begini:

  1. Pastikan kalian sudah menginstal aplikasi Screenshot and Screen Recorder di Play Store.
  2. Jika berhasil terinstal, buka aplikasi Screenshot and Screen Recorder tersebut.
  3. Lalu ikuti beberapa petunjuk yang tampil pada aplikasi tersebut.
  4. Apabila sudah, kalian bisa melakukan screenshot hanya dengan satu ketukan saja.

Fitur yang paling keren dari aplikasi Screenshot and Screen Recorder, yaitu kalian juga bisa melakukan screenshot hanya dengan menggoyangkan HP Oppo saja. Makan proses pengambilan gambar akan berjalan secara otomatis tanpa harus susah payah menekan tombol pada HP.

2. Dengan Aplikasi Screenshot Touch

Screenshot Touch juga merupakan salah satu aplikasi yang bisa membantu kalian untuk melakukan screenshot pada HP Oppo dengan lebih mudah. Masih sama seperti aplikasi yang pertama tadi, kalian bisa mendapatkan Screenshot Touch secara gratis di Play Store.

Cara penggunaanya seperti berikut:

  • Tentu yang pertama itu kalian wajib menginstal aplikasi Screenshot Touch terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka aplikasi tersebut.
  • Jika baru pertama kali, kalian akan diperlihatkan beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi ini.
  • Untuk mengaktifkan fitur screenshot dengan menggoyangkan HP, maka checklist pada opsi shaking and delay a capture by shaking.
  • Apabila sudah, pilih opsi start capture monitoring service.

Selesai dan kini kalian dapat melakukan screenshot pada HP Oppo hanya dengan menggoyangkan ponsel saja. Untuk tanda jika kalian berhasil melakukan screenshot, maka ponsel biasanya akan bergetar dan hasilnya akan tersimpan pada galeri.

3. Dengan Aplikasi Screenshot Grabber 5.0

Agar lebih mudah dan simpel, kalian juga bisa menggunakan aplikasi Screenshot Grabber 5.0. Untuk fiturnya, memang tidak jauh berbeda dengan aplikasi tadi dan fungsinya juga sama-sama untuk memudahkan penggunanya saat ingin menangkap tampilan layar HP.

Apabila kalian berminat, maka bisa mengikuti langkah-langkah pemakaiannya di bawah ini:

  1. Masih sama seperti tadi, kalian perlu menginstal aplikasi Screenshot Grabber 5.0 di Play Store.
  2. Setelah berhasil, maka buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  3. Di halaman utama, kalian hanya perlu memilih menu Start Now.
  4. Maka otomatis kalian akan melihat bulatan biru pada layar.
  5. Kalian dapat menekan bulatan biru tersebut ketika ingin melakukan screenshot.
  6. Jika berhasil, HP kalian akan meresponnya dengan getaran.

Masih sama saja dengan sebelumnya, kalian dapat melihat hasilnya di galeri ponsel Oppo.

Penutup

Mungkin bagi sebagian orang, untuk melakukan screenshot hanya bisa di lakukan dengan menekan kombinasi tombol saja, padahal tidak hanya itu saja. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, ada banyak sekali cara screenshot HP Oppo yang dapat kalian pilih dan pastinya lebih mudah serta lebih simpel.

Mungkin itu saja sedikit pembahasan yang bisa admin jelaskan hari ini tentang cara screenshot HP Oppo dengan mudah dan praktis. Jika ada pertanyaan, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.