Cara Mengatasi Kamera HP Android Terbalik

Cara Mengatasi Kamera HP Android Terbalik

Kamera HP Android Terbalik – Bagi beberapa orang, memotret merupakan salah satu hobi yang paling tidak bisa dilewatkan. Apalagi jika kita melihat kebutuhan akan sosial media yang terus meningkat setiap harinya. Seperti Facebook, Instagram dan Twitter yang kini  juga sudah di miliki oleh hampir semua kalangan pengguna ponsel Android.

Memotret atau mengambil gambar sudah bisa kita lakukan dengan mudah melalui kamera di HP Android. Yang mana kita hanya perlu membuka kamera pada HP, kemudian menekan tombol “ambil foto”, selesai deh. Maka nanti foto tersebut akan secara otomatis tersimpan pada ponsel.

Namun belakangan ini, terkadang saya sendiri pernah dan mungkin sering menjumpai masalah yang berhubungan dengan pengambilan foto menggunakan kamera HP.

Masalah yang saya maksud di sini itu, seperti gambar hasil kamera HP menjadi terbalik. Entah itu terbaliknya ke kanan, kiri atau mungkin kebawah.

Meski terlihat sepele, namun masalah tersebut pastinya mengganggu deh. Apalagi untuk orang yang memang sedang buru-buru atau yang sedang mengabadikan momen penting.

Apa Penyebab Kamera HP Android Bisa Terbalik?

Penyebab Kamera HP Android Bisa Terbalik

Seharusnya, pada saat gambar hasil dari foto kita buka, maka hasilnya biasanya terlihat normal. Namun yang menjadi pertanyaan, kok bisa terbalik ya?

Walaupun demikian, kalian tidak usah khawatir berlebihan untuk masalah ini. Penyebab kamera HP terbaik itu terjadi karena ada masalah didalam sistem yang ada pada ponsel. Misalnya saja seperti adanya bugerror atau memang pengaturan kamera yang berubah.

Karena sumber masalahnya dari sistem ataupun pengaturan, masalah seperti ini bisa kita perbaiki sendiri di rumah. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk membawanya ke tempat service.


Baca Juga : Solusi Aplikasi Tidak Terpasang di Android


Cara Mengatasi Kamera HP Android Terbalik Agar Normal Lagi

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kamera HP Android yang terbalik.

Solusi yang saya jelaskan di sini juga merupakan rangkuman dari pengalaman pribadi. Jadi kalian tidak perlu khawatir, jika tidak berhasil atau ada masalah lain yang muncul.

Tidak hanya itu saja, cara ini juga bisa kalian pakai di semua jenis HP Android. Seperti Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Xiaomi, Asus dan merek HP Android lainnya.

Berikut ini caranya:

1. Cek Pengaturan Kamera

Cara sederhana pertama yang bisa kalian lakukan saat mengalami masalah kamera HP Android terbalik adalah dengan memeriksa pengaturan dari kameranya.

Kenapa ini yang pertama? Karena yang paling sering terjadi, sebagian orang lupa pernah merubah pengaturan pada kamera HP-nya sendiri. Entah itu karena di sengaja, atau memang tidak di sengaja.

Apalagi di tambah kalau sebagian HP memang memiliki satu fitur, yaitu mirror (cermin). Fitur ini memungkinkan kamera untuk mengambil gambar secara terbalik.

Maka dari itu, agar kamera HP tidak terbalik lagi, kalian wajib untuk mengecek pengaturan ini. Caranya seperti ini:

  • Pertama buka dulu aplikasi Kamera pada HP.
  • Silakan tekan ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas layar.
  • Lalu pilih opsi Pengaturan.
  • Kemudian cari pengaturan Flip, Balik, Mirror (cermin) atau sejenisnya.
  • Lakukan setting untuk kamera belakang dan depan.

Apabila sudah, silakan coba kalian periksa kembali kameranya. Biasanya sih jika pengaturan tersebut sudah kalian hilangkan, maka kamera HP Android akan kembali normal lagi.

Jika pengaturannya ternyata tidak ketemu, maka kalian bisa mencoba mencarinya melalui pengaturan di HP. Begini caranya:

  • Buka menu Setelan pada HP.
  • Lalu masuk kedalam menu Aplikasi Sistem.
  • Geser kebagian bawah, pilih dan buka aplikasi Kamera.
  • Setelah itu, silakan nonaktifkan pengaturan Flip atau Balik.
  • Selesai.

2. Hapus Data Aplikasi Kamera

Perlu kalian ketahui kalau semua data yang ada pada aplikasi kamera, baik itu pengaturan dan yang lainnya akan tersimpan kedalam memori. Semua data tersebut akan tersimpan kedalam sebuah file yang bernama File Cache.

Dalam beberapa kasus, file cache ini juga bisa mengakibatkan masalah pada HP ataupun aplikasi itu sendiri. Maka dari itu, di sini kita bisa mencoba untuk menghapus file cache ini.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Silakan buka dulu menu Pengaturan di HP.
  • Kemudian pilih menu Aplikasi.
  • Lalu cari dan pilih aplikasi Kamera.
  • Berikutnya tekan opsi Hapus Data.
  • Selesai.

Ini juga bisa menjadi salah satu solusi buat kalian yang masih bingung dan tidak menemukan pengaturan Flip, Balik atau Mirror tadi.

Dengan cara hapus data ini, seharusnya kamera sudah bisa kembali normal lagi. Untuk memastikannya, kalian bisa langsung membuka aplikasi kamera pada HP.


Baca Juga : Cara Masuk Recovery Android


3. Gunakan Aplikasi Kamera HP Lain

Masih banyak orang yang berfikir, kalau untuk mengambil sebuah gambar menggunakan ponsel, kita hanya bisa melakukannya dengan aplikasi kamera bawaan saja. Padahal itu tidak benar, lho.

Karena pada dasarnya kita masih bisa mengambil sebuah foto atau gambar menggunakan aplikasi kamera lain di HP. Apalagi sekarang ini juga sudah ada aplikasi kamera yang bisa memaksimalkan hasil foto dari sebuah HP, lho.

Silakan coba menggunakan aplikasi kamera lain untuk mengambil gambar. Aplikasinya ada banyak, kalian bisa memilih sesuai keinginan masing-masing.

Nanti untuk cara menggunakannya, kalian hanya tinggal memasang aplikasi kamera seperti biasa. Setelah itu, tinggal membuka aplikasi tersebut untuk mengambil gambar. Hasilnya bisa langsung di cek pada penyimpanan HP atau melalui aplikasi media.

4. Coba Reset HP

Masih belum bisa juga? Kalian bisa mencoba solusi yang selanjutnya ini untuk mengatasi kamera HP yang terbalik. Caranya dengan melakukan reset sistem pada HP Android.

Nanti melalui proses reset ini, semua pengaturan yang pernah kalian buat akan di hapus dan kembali ke pengaturan awal lagi. Ini juga termasuk pengaturan dari aplikasi kamera bawaan yang ada pada HP.

Cara reset masing-masing HP Android berbeda-beda, namun umumnya seperti ini:

  1. Pertama-tama buka dulu menu Pengaturan di HP.
  2. Kemudian pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Geser kebawah, cari dan pilih menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  4. Lalu tekan tombol Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  5. Silakan ikuti panduan reset yang muncul pada layar.
  6. Selesai.

Catatan:

Sebaiknya, sebelum mulai melakukan reset pabrik, kalian bisa mem-backup terlebih dahulu data penting yang di miliki. Ini agar semua data penting yang kalian simpan pada HP tidak hilang saat proses reset berlangsung.

Untuk melakukan backup, kalian dapat membaca informasi di artikel saya sebelumnya tentang cara backup data penting di Android.

Nanti setelah proses reset berhasil, kalian juga harus mengatur kembali pengaturan yang ada di HP. Karena semua pengaturan yang kalian buat sebelumnya akan di kembalikan lagi ke awal.

5. Bawa ke Service Center

Reset HP kembali ke pabrik sudah di lakukan, tapi masalah kamera HP android yang terbalik masih belum teratasi. Maka kemungkinan besar, masalah ini disebabkan adanya kerusakan di bagian komponen kamera HP.

Solusinya, kalian bisa membawanya ke tempat service center terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan komponen yang mengalami kerusakan. Untuk harga perbaikannya sih beragam, tergantung dari tingkat kerusakan dan jenis HP yang kalian gunakan.

Tapi rata-rata biaya perbaikannya ada di kisaran 200 sampai 500 ribu.


Baca Juga : Kamera HP Android Error tidak bisa dibuka


Penutup

Mungkin demikian saja informasi yang bisa saya rangkumkan hari ini tentang cara mengatur kamera HP Android yang terbalik. Semoga dengan beberapa solusi di atas bisa membantu kalian yang memang sedang mengalami masalah ini.

Seperti biasa, jika ada yang masih kurang jelas atau ada hal lain yang mau kalian tanyakan, tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.