Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi

Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi

Keluar Mode Fastboot Xiaomi – Tentu untuk kalian yang mungkin sudah memahami tentang sistem pada HP Android, tentunya sudah tahu apa itu Fastboot pada HP Xiaomi. Sebab ini merupakan salah satu fitur yang paling dasar yang ada pada semua sistem HP Android, termasuk Xiaomi.

Sedikit penjelasan mengenai Fastboot. Dimana, Fastboot umumnya ada bersamaan dengan SDK (Software Development Kit) yang mempunyai fungsi hampir sama sebagai fitur Recovery.

Apa itu Recovery? Bagi kalian yang belum tahu, Recovery adalah sebuah sistem dasar yang memiliki fungsi untuk merubah Software di dalam smartphone. Contohnya saja seperti merubah partisi, melakukan flashing ulang pada sistem dan masih banyak lagi tentunya.

Jika di gali lebih jauh, tentu akan menjadi penjelasan yang sangat panjang, karena berkaitan lagi dengan sistem lainnya. Kalian juga tidak terlalu perlu untuk memaksakan diri agar memahami sistem tersebut. Karena untuk saat ini yang paling menjadi pertanyaan adalah, kenapa HP Xiaomi bisa masuk ke mode Fastboot?

Penyebab Xiaomi Fastboot

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab yang bisa membuat HP Xiaomi kalian mendadak masuk kedalam mode Fastboot. Namun, untuk saat ini sebenarnya ada 3 penyebab yang cukup sering, seperti:

  1. Menekan tombol volume down bersamaan ketika ponsel baru menyala.
  2. Sistem mengalami error (Firmware) yang tidak mampu dimuat dengan baik.
  3. Terjadi masalah saat pengisian daya baterai.

Pada dasarnya Fastboot itu bisa terjadi secara sengaja ataupun tidak di sengaja. Contohnya saja saat menggunakan kombinasi tombol. Biasa saja karena tertekan dengan tidak sengaja atau memang kalian sengaja untuk menekannya.

Kelebihan Mode Fastboot Xiaomi

Untuk orang yang masih awam, mungkin akan panik ketika mendapati HP Xiaomi yang di gunakan masuk ke mode Fastboot. Tapi lain lagi jika kalian memang dengan sengaja melakukannya, karena tentu kalian sudah mengetahui kelebihan yang ada di dalam mode tersebut.

Tentu ada banyak sekali kelebihan dari mode Fastboot, jika kalian mengerti cara kerjanya. Biasanya kelebihan masuk kedalam mode Fastboot seperti:

  • Kalian bisa mengubah file Image ROM dengan memakai koneksi USB dengan lebih cepat dari pada melakukan recover atau update melalui recovery mode.
  • Bisa dengan mudah melakukan flashing, update dan juga recovery image hanya dengan menghubungkan perangkat Android ke PC memakai kabel USB.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali manfaat atau kelebihan yang akan kalian dapatkan jika mengerti akan kerja mode Fastboot pada Xiaomi.

Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi

Bagi sebagian pengguna HP Xiaomi mungkin menganggap kalau ponsel yang berada dalam mode Fastboot itu terlihat error. Padahal sebenarnya itu tidak benar sama sekali. Sebab, Fastboot itu bukanlah sebuah kerusakan serius, karena HP masih bisa di gunakan, asalkan sistemnya itu memang masih normal.

Sebenarnya cara untuk keluar dari mode Fastboot Xiaomi tidaklah sulit untuk kalian lakukan, meski kalian adalah seorang pemula sekalipun. Karena cara yang bisa kalian pakai adalah seperti:

  1. Menekan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan
  2. Dengan menggunakan perintah CMD
  3. Melepaskan baterai HP.

Jika kalian saat ini masih bingung dengan langkah-langkah yang harus di lakukan, maka jangan khawatir. Kampung Gadget akan menjelaskan secara detail langkah-langkah yang bisa kalian lakukan dalam mengeluarkan HP Xiaomi dari Fastboot.

Penting, cara yang akan di jelaskan kali ini sebenarnya bisa kalian gunakan pada HP Xiomi 4a, 4x, 5a, 6a, 3 dan semua tipe ponsel Xiaomi terbaru.

1. Dengan Memakai Tombol Power + Volume Down

Sebenarnya hampir sama dengan produsen Smartphone Android lainnya, di mana Xiaomi juga mendesain agar penggunanya dapat masuk kedalam mode Fastboot dengan kombinasi tombol tertentu. Begitu juga dengan cara untuk keluar dari mode Fastboot.

Langkah-langkahnya bisa seperti ini:

  • Ketika HP Xiaomi kalian berada dalam mode Fastboot, maka tekan kombinasi tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.
  • Kemudian kalian dapat menunggunya sampai HP restart.
  • Pada saat logo MI sudah muncul, kalian bisa langsung melepaskan kombinasi tombol tadi.
  • Terakhir hanya perlu menunggu sampai loading sistem selesai.

Ada alternatif lain selain menggunakan tombol Power + Volume Down. Kalian juga bisa menambahkan volume atas (Power + Volume Down + Volume Up).

Atau kalian juga bisa melakukannya dengan cara ini:

  1. Tekan pada tombol Power selama 10 detik ketika HP Xiaomi kalian berada dalam mode Fastboot.
  2. Tunggu saja beberapa saat atau sampai HP mati.
  3. Setelah itu kalian dapat menyalakannya kembali seperti biasa lagi.
  4. Biasanya Fastboot akan hilang.

Kedua cara itu sebenarnya bisa kalian pakai dan saat ini masih Work untuk semua tipe HP Xiaomi terbaru yang masuk kedalam mode Fastboot. Cara ini juga sudah pernah admin tes pada HP Xiaomi 6a dan hasilnya sesuai dengan harapan.

2. Memakai Perintah CMD

Berikutnya ini sebenarnya sesuai jika kalian mencari cara keluar dari Fastboot Xiaomi tanpa tombol power, karena kalian hanya perlu menggunakan perintah pada CMD (Command Prompt) saja.

Cara yang satu ini juga bisa kita katakan sangat aman dan ampuh. Tapi, sebelum memulai, kalian harus menyiapkan beberapa alat seperti:

  1. Kabel data USB (gunakan yang ori).
  2. PC atau Laptop yang terinstal Windows 7.
  3. Pastikan HP Xiaomi sudah diaktifkan USB Debugging (asumsikan sudah).

Selanjutnya pada Laptop/pc, kalian pastikan  sudah memiliki data Driver ADB Fastboot. Jika kalian belum punya, maka dapat menginstall-nya terlebih dahulu.

Jika sudah siap semuanya, langkah-langkahnya seperti ini:

  • Pertama klik kanan File ADB Fastboot, kemudian Extract Here.
  • Lalu masuk dulu ke Folder Fastboot.
  • Hubungkan HP Xiaomi yang macet di mode Fastboot tadi menggunakan kabel USB.
  • Pada Folder ADB Fastboot, kalian klik Kanan lalu tekan Open Command Windows Here.
  • Maka akan muncul Command Prompt lalu ketikan fastboot devices dan Enter.
  • Berikutnya kalian ketikan perintah fastboot reboot dan Enter.
  • Terakhir tinggal menunggu sampai HP Xiaomi restart seperti biasanya.

Bagi yang belum tahu, perintah fastboot reboot itu memiliki fungsi untuk mengeluarkan HP dari mode Fastboot menuju kembali ke sistem.

3. Copot Baterai HP

Untuk sekarang ini, memang hampir semua HP Xiaomi memang sudah menggunakan baterai tanam. Tapi untuk HP Xiaomi tipe yang paling lama, tentu ada yang memakai baterai yang dapat di lepas.

Nah, jika saat ini kalian memang sedang memakai tipe HP Xiaomi dengan baterai yang dapat di lepas, maka cobalah untuk melepaskan baterai ketika ponsel berada dalam mode Fastboot.

Setelah sudah kalian pasang kembali dan bisa langsung menekan tombol power untuk kembali menyalakan HP Xiaomi. Dengan begitu, biasanya Fastboot akan hilang dan HP kalian akan masuk kedalam sistem seperti biasa lagi.

Namun sebenarnya, cara ini juga bisa kalian lakukan pada HP Xiaomi dengan baterai tanam. Tapi kalian harus melepas casing HP terlebih dahulu dan ini juga tidak di sarankan bagi kalian yang belum terbiasa, apalagi belum pernah melakukannya.

Solusi lain yang mungkin bisa kalian lakukan adalah dengan menunggu sampai baterai HP Xiaomi habis terlebih dahulu, setelah itu menyalakan kembali setelah selesai di cas.

Solusi Fastboot HP Xiaomi Berulang-ulang

Nah, bagaimana jika mode Fastboot pada HP Xiaomi terjadi berulang-ulang?

Untuk kondisi seperti ini, sebenarnya dapat kita katakan sebagai salah satu dari jenis HP Xiaomi yang mengalami Bootloop. Ciri-cirinya seperti saat kalian mencoba keluar dari mode Fastboot, HP kalian malah kembali lagi ke mode Fastboot tersebut.

Dalam masalah ini sebenarnya di sebabkan oleh sistem yang sedang mengalami errorError ini bisa membuat ponsel kalian tidak bisa lagi memuat sistem dan pada akhirnya malah justru secara terus-menerus membuka mode Fastboot sebagai alternatifnya.

Cara yang paling terbaik yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan Flashing Ulang. Jika kalian ingin melakukannya, bisa membacanya di sini.

Penutup

Jadi, begitulah cara keluar mode Fastboot HP Xiaomi. Sangat gampang dan mudah bukan?

Kalian tidak usah khawatir saat HP Xiaomi masuk kedalam mode Fastboot jika sebelumnya kalian merasa sistem tidak mengalami masalah. Namun, jika memang sistemnya mengalami error, maka barulah kalian wajib untuk mengambil langkah-langkah Flashing ulang.

Semua tips di atas sebenarnya sudah admin coba pada HP Xiaomi dan hasilnya ponsel bisa keluar dengan mudah dari mode Fastboot. Apabila ada pertanyaan, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.