Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung Asli Terdaftar atau Tidak

Cara Cek IMEI Samsung – Bagi kalian yang belum tahu, IMEI merupakan nomor unik yang memiliki fungsi sebagai identitas suatu perangkat telekomunikasi, baik itu berupa handphone maupun tablet. Nomor IMEI yang terdapat didalam sebuah perangkat, tentunya tidak akan sama dengan perangkat telekomunikasi lainnya.

Secara umum, nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 sampai 16 angka dan semua angka tersebut bersifat unik. Kode IMEI juga memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah alat telekomunikasi seperti Handphone. Oleh karena itu, setiap pengguna smartphone wajib untuk melakukan pengecekan nomor IMEI sebelum membeli HP baru.

Lantas bagaimana cara cek IMEI Samsung?

Nah, jika saat ini kalian sedang kebingungan saat ingin mengecek keaslian nomor IMEI di HP Samsung, maka kalian sudah berada di tempat yang tepat. Karena hari ini Kampung Gadget akan merangkumkan kalian sebuah cara cek IMEI HP Samsung.

Cara Cek IMEI Samsung Terbaru

Jika dilihat lebih jauh, tentu ada banyak sekali fungsi dari nomor IMEI yang ada di dalam sebuah perangkat telekomunikasi. Selain berguna sebagai identitas sebuah perangkat, IMEI (International Mobile Equipment Identity) juga berfungsi untuk melacak keberadaan perangkat saat hilang.

Di samping ini, kalian juga bisa menggunakan IMEI untuk memastikan keaslian perangkat smartphone yang akan di beli. Bagi pengguna HP Samsung, ada 4 cara untuk mengecek IMEI yang bisa kalian lakukan. Diantaranya itu adalah sebagai berikut ini.

1. Lewat Kotak HP

Cara cek IMEI yang paling gampang adalah melalui kotak HP atau Dus Book HP Samsung. Kalian dapat melihat seluruh nomor IMEI yang dimiliki HP Samsung melalui bagian samping atau bawah kotak. Apabila HP Samsung yang kalian beli memang asli, maka seharusnya nomor IMEI akan tercamtum pada kotaknya.

Ciri-ciri kebaradaan nomor IMEI biasanya tersedia dalam bentuk ikon barcode. Umumnya akan tertera pada bagian bawah barcode yang tercantum di kotaknya. Cara ini juga sebenarnya dapat kalian gunakan untuk semua merek HP, seperti Oppo, Sony, Realme, Redmi dan juga termasuk Samsung.

Tapi, khusus untuk HP Samsung, biasanya kode IMEI akan di awali dengan angka 35 baru angka unik lainnya. Untuk mengecek keasliannya, kalian bisa mencocokan nomor IMEI yang tertera pada kotak dengan IMEI yang ada pada bagian belakang HP atau di baterai HP.

Jika sama, maka bisa dipastikan HP Samsung yang kalian beli merupakan produk asli. Namun apabila berbeda, maka itu bararti HP tersebut merupakan produk palsu atau bajakan.

2. Melalui Baterai HP

Cara selanjutnya yang dapat kalian lakukan ketika ingin mengecek nomor IMEI, bisa melalui bagian baterainya. Sebalum kalian beranjak membeli HP Samsung tersebut, maka sebaiknya sempatkan terlebih dahulu untuk memeriksa nomor IMEI di bagian baterainya.

Untuk caranya bisa seperti ini:

  1. Pastikan HP Samsung sudah dalam keadaan mati bukan terkunci, ya.
  2. Lalu kalian buka cashing dan lepaskan baterai (jika memungkinkan).
  3. Lihat di bagian belakangnya baterai, biasanya akan terlihat sebuah icon barcode.
  4. Dalam barcode inilah nomor IMEI HP Samsung tersimpan.
  5. Pastikan nomor IMEI tersebut di awali dengan angka 35.

3. Menggunakan Dial Phone

Itu untuk pengguna HP Samsung lama yang baterainya dapat di lepaskan, lalu bagaimana dengan ponsel Samsung baru? Tentu ada cara lain yang dapat kalian lakukan, sebab rata-rata HP Samsung baru saat ini sudah mengaplikasikan baterai tanam.

Caranya dapat melalui aplikasi Telepon atau Dial Phone yang ada pada HP Samsung. Caranya juga mudah, seperti ini:

  • Buka aplikasi Telepon atau Dial Phone pada HP Samsung.
  • Kemudian kalian ketikan kode rahasian Samsung *#06#.
  • Secara otomatis HP akan langsung melakukan pangecekan tanpa harus menekan menu Panggil.
  • Jika berhasil, kalian akan melihat sebuah pop up nomor IMEI pada layar.

Catatan: Cara ini sebenarnya juga bisa kalian gunakan untuk HP Android lainnya, seperti Xiaomi, Asus, Oppo, Realme dan lainnya.

4. Lewat Menu Pengaturan

Selain menggunakan kode rahasian Samsung, kalian juga bisa mengecek keaslian nomor IMEI melalui menu pengaturan yang ada pada HP. Untuk caranya juga tidak terlalu sulit, berikut tutorialnya:

  • Pertama buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP Samsung kalian.
  • Lalu kalian cari lagi menu About Device atau Tentang Telepon.
  • Terakhir cari lagi menu Status.
  • Maka kalian akan melihat tampilan mengenai informasi HP Samsung secara lengkap dan di sana juga terdapat nomor IMEI.

Untuk HP yang menggunakan teknologi GSM, informasi IMEI biasanya akan di tuliskan dengan nama ‘IMEI’. Sedangkan untuk ponsel CDMA, biasanya informasi IMEI akan tersimpan pada opsi ‘MEID’.


Cara Cek IMEI Samsung Online

Cara Cek IMEI Samsung Online

Cara mengecek IMEI Samsung di atas tadi tentunya sangat mudah dan gampang untuk kalian lakukan bukan? Setelah sudah mengetahui nomor IMEI pada kotak dan didalam HP-nya, maka selanjutnya kalian dapat mengecek informasi IMEI lebih terperinci secara online.

Melakukan pengecekan nomor IMEI secara online juga sangat penting, karena akan memudahkan kalian untuk memeriksa keaslian HP Samsung yang akan di beli. Untuk langkah-langkah pengecekannya, kalian bisa menyimaknya di bawah ini.

  1. Buka dulu situs resmi IMEI yang bernama imei.info.
  2. Lalu kalian masukan nomor IMEI yang ada di bagian kotaknya.
  3. Setelah itu kalian wajib untuk mengisi Captcha dan klik menu Check.
  4. Tunggu beberapa saat, maka akan muncul sebuah informasi lengkap tentang HP Samsung kalian.
  5. Terakhir kalian hanya perlu mencocokan nomor IMEI tadi dengan IMEI yang muncul pada situs imei.info.

Nah, jika nomor IMEI yang di tampilkan berbeda atau muncul pesan tidak ada yang cocok, maka bisa di pastikan HP Samsung tersebut palsu. Tapi jika sama, itu tandanya ponsel Samsung yang kalian beli merupakan produk asli dari Samsung.

Cara Cek IMEI Samsung Asli

Cara Cek IMEI Samsung Asli

Untuk memastikan produk Samsung yang kalian beli itu benar-benar asli atau palsu sebenarnya sudah dapat kalian lakukan dengan cara di atas tadi. Namun jika kalian masih belum yakin dengan langkah-langkah di atas tadi, maka bisa mencoba cara cek IMEI Samsung Asli atau palsu berikut ini.

Sebelum mulai, kalian wajib menyiapkan beberapa alat seperti:

  1. Sebuah catatan, entah itu buku atau catatan di dalam HP. Ini berguna untuk mencatat nomor IMEI yang tercamtum pada DusBook atau di belakang baterai HP.
  2. Siapkan sebuah Browser ( bisa melalui Laptop, PC atau ponsel ).

Setalah siap, caranya adalah seperti ini:

  • Buka situs resmi IMEI, bisa di imei.info atau imei.kemenperin.go.id.
  • Lalu masukan nomor IMEI yang sudah kalian catat tadi.
  • Isikan captcha terlebih dahulu, kemudian pilih Check.
  • Tunggu beberapa saat, maka kalian akan di tampilan informasi mengenai HP Samsung yang kalian pakai.

Apabila terdaftar, kalian juga bisa melihat informasi tentang kapan HP Samsung tersebut di produksi, perusahaan yang memproduksi, tipe HP, spesifikasi HP dan masih banyak lagi.

Selain itu, semua informasi yang di tampilkan pada halaman tersebut biasanya sama dengan kondisi HP Samsung yang kalian terima. Apabila tidak, maka bisa jadi HP yang kalian terima itu merupakan produk palsu atau Black Market.

Apa Fungsi Kode IMEI?

Bagi orang yang sudah memahami teknologi telekomunikasi secara lengkap, pasti sudah paham tentang fungsi nomor IMEI yang ada pada smartphone. Tapi, untuk pemula, tentu belum banyak yang paham akan fungsi-fungsi penting dari nomor IMEI.

Untuk kalian yang belum tahu, IMEI yang kalian lihat pada Dus Book dan di dalam HP sebenarnya berguna untuk mengecek keaslian produk itu sendiri. Selain itu, nomor IMEI ini juga berguna sebagai identitas setiap brand dan produk yang mereka rilis, begitu juga dengan Samsung.

Hal ini tentu juga untuk mengantisipasi beberapa oknum nakal yang biasanya menjual HP palsu, namun menggunakan Dus Book produk asli. Terlepas dari itu, nomor IMEI juga bisa kalian pakai untuk mengindentifikasi smartphone yang sudah hilang.

Penutup

Bagaimana, sangat gampang dan mudah bukan cara mengecek nomor IMEI Samsung? Kalian juga bisa menggunakan semua cara di atas untuk memeriksa keaslian HP yang di beli, namun hanya langkah-langkahnya yang mungkin tidak sama.

Mungkin itu saja informasi yang bisa Kampung Gadget hadirkan untuk kalian tentang cara cek IMEI Samsung. Apabila ada pertanyaan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.