Perbedaan WiFi ID dan IndiHome

Perbedaan WiFi ID dan IndiHome

Perbedaan WiFi ID dan IndiHome – Mungkin beberapa dari kalian pasti sudah tahu kalau WiFi ID dan Indihome itu merupakan dua layanan internet yang berasal dari satu perusahaan. Yup, kedua layanan internet itu merupakan anak perusahaan dari Telkom.

Keduanya juga sangat di kenal baik oleh semua kalangan masyarakat yang ada di Indonesia. Ini juga karena layanannya itu sudah banyak sekali digunakan di berbagai wilayah. Mulai dari perkotaan sampai di pedesaan pun sudah mulai menggunakan layanannya.

Bagi sebagian orang yang mungkin ingin memasang WiFi di rumahnya, ternyata tidak sedikit dari mereka yang belum tahu mengenai perbedaan antara WiFi ID dan Indihome.

Meski berasal dari satu perusahaan, namun kedua penyedia layanan internet tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar lebih jelas lagi, berikut akan saya jelaskan secara lengkap untuk kalian.

Perbedaan WiFi ID dan IndiHome Secara Umum

Perbedaan antara WiFi ID dan Indihome yang paling umum dan mendasar itu adalah tujuan dari pemakaiannya masing-masing.

Jika kita mendengar layanan WiFi ID, pastinya akan langsung terpikirkan ke sebuah layanan internet yang di pakai secara publik. Misalnya saja seperti di tempat-tempat wisata, cafe, sekolah dan lainnya.

Nah, sedangkan kalau layanan internet Indihome, pastinya akan lebih sering terdengar di sekitar kita. Kalau layanan internetnya itu hanya di gunakan untuk pemakaian pribadi saja, biasanya untuk perumahan atau perkantoran.

Tapi itu hanya sedikit gambaran secara singkatnya saja, karena masih ada banyak penjelasan yang wajib kalian tahu tentang perbedaan antara kedua layanan tersebut.

Berikut perbedaan-perbedaan lainnya:

1. Dari Segi Layanan

Yang pertama, kita bisa melihat perbedaannya dari segi layanan yang di sediakan. Di mana Indihome menyediakan beragam fitur yang dapat kita pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, seperti layanan internet, telepon rumah dan juga TV kabel.

Sedangkan untuk WiFi ID hanya menyediakan satu jenis layanan saja, yaitu layanan koneksi internet berbasis wireless saja.


Baca Juga : Cara Mengetahui Pengguna Indihome


2. Dari Segi Konektivitas

Perbedaan selanjutnya ada di bagian konektivitas. Yang mana di Indihome kita akan di sediakan sebuah modem yang dapat di sambungkan ke perangkat PC / laptop menggunakan kabel LAN.

Untuk WiFi ID tidak seperti itu, ya. Karena mereka hanya menyediakan koneksi wireless saja dan tidak ada yang lainnya. Hal ini juga yang menjadi satu alasan mengapa WiFi ID itu hanya khusus digunakan untuk layanan internet publik saja.

3. Dari Segi Kecepatan

Kecepatan minimal yang di miliki oleh Indihome ada di kisaran 10 MBps. Sedangkan untuk WiFi ID memiliki kecepatan minimal 2x lebih cepat, yaitu 20 MBps.

Alasan kenapa WiFi ID itu memiliki kecepatan minimal yang jauh lebih kencang, ialah untuk membuat koneksi internet menjadi lebih stabil. Walaupun sedang di gunakan oleh banyak perangkat sekalipun.

Sedangkan kalau untuk Indihome, karena umumnya di pakai untuk keperluan personal. Saya rasa 10 MBps tersebut masih terbilang cukup kencang untuk perumahan.

4. Modem yang Diberikan

Pada saat kita berlangganan Indihome ataupun WiFi ID, maka perangkat yang akan kita terima juga berbeda.

Untuk Indihome sendiri, kita akan memperoleh satu buah modem saja. Sedangkan WiFi ID, kita akan di berikan satu buah modem dan satu akses point yang berfungsi untuk memperluas jangkauan WiFi dan modemnya.

Selain itu, akses point ini juga memiliki fungsi untuk memperkuat sinyal yang di tangkap. Sehingga pengguna masih akan tetap bisa memperoleh jaringan internet yang lancar meskipun ada halangan seperti dinding.

5. Peraturan FUP yang Disediakan

Khusus untuk kalian yang mungkin belum tahu kalau FUP itu merupakan singkatan dari fair usage policy. Di mana artinya adalah aturan yang akan menurunkan kecepatan internet pada saat penggunanya sudah melewati batas pemakaian yang telah di tentukan.

Di layanan Indihome juga tersedia FUP, namun batas FUP di setiap layanannya berbeda-beda. Biasanya sih tergantung dari paket yang kita pilih saat pertama kali mendaftar sebagai pengguna Indihome.

Sedangkan untuk WiFi ID tidak memiliki FUP, alias penggunanya bisa menggunakan layanan internet sepuasnya tanpa ada batasan / Unlimited.

6. SSID

Perbedaan yang selanjutnya ada pada SSID yang di sediakan. Di mana untuk Indihome hanya menyediakan 1 SSID saja dan saya rasa cukup karena di pakai secara personal saja. Sedangkan WiFi ID, terdapat beberapa SSID yang di sediakan.

Umumnya SSID di WiFi ID itu di tentukan oleh voucher yang kita beli. Karena di setiap voucher itu biasanya memiliki ID dan password yang berbeda-beda.

7. Kecepatan Download dan Upload

Jika berbicara tentang kecepatan, jelas WiFi ID mempunyai kecepatan yang jauh lebih stabil. Sebagai contoh, misalnya kecepatan WiFi ID ada di 20 MBps, maka kalian bisa mendapatkan kecepatan download dan upload di angka tersebut.

Sedangkan untuk Indihome sendiri menggunakan sistem up to. Misalnya kecepatan minimalnya 10 MBps, bisa saja kecepatan real yang di dapat ada di kisaran 2 MBps saja.


Baca Juga : Cara Mengatasi Indihome LOS Merah


Kelebihan dan Kekurangan WiFi ID dan Indihome

WiFi ID dan Indihome bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Biasanya sih tergantung dari di mana dan seperti apa layanan internet yang diinginkan.

Agar dapat lebih memperjelas pembahasan di atas tadi, maka berikut ini saya juga akan memaparkan secara singkat mengenai kelebihan dan kekurangannya.

  1. Indihome memiliki banyak fitur layanan, seperti TV kabel, telepon rumah dan internet. Sedangkan WiFi ID hanya mempunyai layanan internet saja.
  2. Indihome dapat kita gunakan secara nirkabel ataupun kabel LAN. Sedangkan WiFi ID hanya bisa di gunakan secara wireless saja.
  3. Kecepatan minimal WiFi ID 2x lebih cepat, yaitu 20 MBps dan untuk Indihome hanya 10 MBps saja.
  4. Untuk pelanggannya, Indihome akan menyediakan 1 buah modem saja. Sedangkan untuk WiFi ID akan memberikan pelanggannya 1 buah modem dan 1 akses point.
  5. Di Indihome memiliki sistem FUP untuk sebagian layanannya, sedangkan di WiFi ID tidak ada FUP atau batasan penggunaan kuota internet.
  6. Kecepatan download dan upload di WiFi ID umumnya stabil, sedangkan di Indihome biasanya sering tidak sesuai.
  7. WiFi ID sangat cocok sekali di pakai secara publik, sedangkan Indihome cocok untuk pemakaian pribadi saja.
  8. Harga berlangganan WiFi ID biasanya jauh lebih murah, karena layanan yang di sediakan hanya sebatas internet saja. Sedangkan di Indihome, harga langganannya jauh lebih mahal, apalagi kita membeli paket dengan fitur selain internet.

Penutup

Bagi kalian yang mungkin saat ini sedang bingung memilih ingin menggunakan layanan WiFi ID atau Indihome, saya berharap dengan penjelasan di atas tadi bisa membantu.

Sampai di sini dulu pembahasan seputar perbedaan WiFi ID dan Indihome yang dapat saya jelaskan. Jika ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.