3 Cara Screenshots Xiaomi Redmi 5A yang Paling Mudah

Cara Screenshots Xiaomi Redmi 5A Dengan Mudah

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A – Mungkin dari kalian sudah tahu kalau HP Xiaomi Redmi 5A itu merupakan salah satu ponsel kelas mainstream yang di keluarkan oleh Xiaomi. Selain itu, HP dari Xiaomi ini juga cukup menarik banyak perhatian publik sejak awal perilisannya.

Hal ini tentu bukan tanpa sebab, ya sobat Kampung Gadget. Ini karena Redmi 5A menawarkan spesifikasi yang di atas rata-rata serta di bandrol dengan harga yang terjangkau. Sehingga membuat banyak orang yang menjadi tertarik untuk memiliki HP ini.

Berdasarkan web resmi Xiaomi, ada dua jenis varian Redmi 5A yang di rilis ke pasar gadget Indonesia. Tipe tersebut meliputi, Redmi 5A dan Redmi Note 5A. Meski dari segi fisik terlihat sama, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan. Untuk perbedaan yang paling mencolok dapat di lihat dari segi chipset dan spesifikasi layarnya.

Nah, untuk pembahasan kali ini, saya tidak akan menjelaskan lebih lengkap antara keunggulan ataupun perbedaan dari kedua tipe HP Xiaomi tersebut. Melainkan saya akan menjelaskan cara screenshot Xiaomi Redmi 5A.

Selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini, ya.

Cara Screenshot Xiaomi Redmi 5A

Cara tangkap layar di HP Xiaomi Redmi 5A itu sebenarnya tidak sulit dan terbilang sama seperti HP Android lainnya. Yang mana kita bisa menggunakan kombinasi tombol tertentu untuk screenshot atau menangkap tampilan layar HP.

Namun seperti yang sudah kalian ketahui juga, kalau untuk tombol yang dapat di gunakan menangkap tampilan layar pada HP Android itu terkadang berbeda-beda. Misalnya seperti screenshot di HP Oppo atau screenshot di HP Vivo itu pastinya berbeda dengan HP Xiaomi.

Maka dari itulah, pada artikel ini saya ingin berbagi sedikit cara screenshot layar HP Xiaomi Redmi 5A. Nah, untuk caranya di sini saya bagi menjadi tiga jenis, ya. Antara lain sebagai berikut:

  • Memakai kombinasi tombol
  • Mengusap layar dengan tiga jari
  • Serta menggunakan bantuan aplikasi

Dari ketiga cara tersebut, kalian bisa memilih salah satunya yang mungkin di anggap mudah di terapkan.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Dengan Kombinasi Tombol

Cara screenshot HP Xiaomi Redmi 5A yang pertama dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol fisik pada HP. Ini juga merupakan cara yang paling sederhana dan mudah sekali untuk di terapkan oleh siapapun.

Berikut cara tangkap layar HP Xiaomi Redmi 5A dengan kombinasi tombol:

  • Pertama silakan kalian buka tampilan yang ingin di screenshot.
  • Jika sudah ketemu, tekan kombinasi tombil Power + Volume Down secara bersamaan.
  • Tunggu beberapa detik atau sampai keluar suara shuttercekrek“.
  • Apabila sudah, maka itu tandanya tampilan layar berhasil di ambil.
  • Selesai.

Untuk hasil tangkapan layar tadi itu bisa kalian lihat melalui preview yang muncul pada layar. Atau bisa juga lewat aplikasi Galeri yang ada di HP Xiaomi Redmi 5A. Lebih tepatnya itu ada di dalam folder screenshsot ya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Glance di HP Xiaomi

2. Dengan Mengusapkan Tiga Jari ke Layar

Memakai kombinasi tombol saat ingin menangkap tampilan layar memang cepat dan mudah sekali untuk di lakukan.

Akan tetapi, meski tidak selalu juga, terkadang tombol fisik pada HP itu lama-kelamaan dapat menjadi tidak responsif. Hal ini akan menyebabkan beberapa kendala, seperti proses tangkap layar HP menjadi gagal atau tidak bisa di lakukan.

Lalu solusinya bagaimana? Selain memperbaiki ataupun mengganti tombol tersebut, kalian juga bisa memakai cara simpel lainnya untuk menyimpan tampilan layar HP Xiaomi Redmi 5A. Caranya itu dengan mengusap layar HP menggunakan tiga jari saja.

Memang bisa? Tentu saja bisa kok. Selain itu, mengusap tiga jari untuk screenshot layar HP Xiaomi Redmi 5A juga bisa kita lakukan sebelum menunggu tombol fisik HP rusak. Lebih dari itu, cara seperti ini juga cenderung lebih nyaman di lakukan.

Karena di sini kita hanya perlu mengusap bagian layar HP menggunakan jari saja tanpa harus mengeluarkan tenaga untuk menekan tombol.

Jika berminat, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka dulu Setelan pada HP Xiaomi Redmi 5A.
  • Kemudian pilih menu Setelan Tambahan.
  • Lalu pilih opsi Screenshots.
  • Jika tidak ada, silakan buka Setelan Tambahan lalu Pintasan Tombol dan pilih Ambil Screenshot.
  • Agar lebih mudah, kalian dapat memakai menu pencarian yang ada di atas layar.
  • Lanjut pilih opsi Geser ke Bawah dengan 3 Jari.
  • Sekarang kalian tinggal mencari tampilan layar yang ingin di screenshot saja.
  • Setelah ketemu, usap layar kebawah memakai 3 jari.
  • Nanti akan muncul bunyi shutter yang menandakan tangkapan layar berhasil
  • Selesai deh.

Sama seperti sebelumnya, untuk hasil screenshot bisa kalian lihat pada aplikasi Galeri yang ada di HP.

Catatan:

Oh ya, pada halaman tadi kalian juga bisa kok memilih pintasan lainnya. Misalnya seperti menekan lama tombol Beranda, menekan lama tombol Menu atau yang lainnya. Silakan kalian bisa menyesuaikannya dengan keinginan masing-masing.

3. Screenshot Xiaomi Redmi 5A Dengan Aplikasi

Screenshot Xiaomi Redmi 5A Dengan Aplikasi

Cara mengambil screenshot Xiaomi Redmi 5A yang terakhir juga bisa di lakukan dengan bantuan aplikasi tambahan. Untuk jenis aplikasinya sih ada banyak, tapi khusus aplikasi screenshot ya.

Masing-masing aplikasi screenshot mempunyai beragam fitur yang berbeda-beda, meski fungsinya sama.

Jadi, jika kalian ingin menggunakan cara ini, silakan install terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Playstore yang ada pada HP. Silakan pilih saja aplikasi mana yang mau kalian gunakan, karena pilihannya ada banyak, pilih saja yang sesuai dengan keinginan.

Nanti penggunaannya bisa kalian sesuaikan dengan instruksi yang muncul saat pertama kali membuka aplikasinya. Biasanya sih tidak ada pengaturan khusus untuk memakai setiap aplikasi screenshot dan kita hanya di minta untuk memberi akses ke ponsel saja.

Hasil gambar dari aplikasinya dapat kita lihat di dalam galeri HP. Umumnya sih di dalam folder dengan nama aplikasi yang kalian pasang.

Kalau menurut saya pribadi, menggunakan aplikasi ini sebenarnya opsional saja. Karena dua cara sebelumnya itu pun sudah cukup dan simpel saat ingin melakukan screenshot Xiaomi Redmi 5A. Kenapa? Karena pada dasarnya masing-masing HP itu sudah mempunyai fitur screenshot bawaan sendiri.

Namun cara ini sengaja saya tulis karena untuk berjaga-jaga saja, hehe. Karena siapa tahu dari kalian itu ada yang mengalami masalah ketika mengikuti langkah-langkah di atas.

Baca Juga: Cara Cek Keaslian HP Xiaomi

Penutup

Mungkin itu saja beberapa cara screenshot Xiaomi Redmi 5A dengan mudah dan simpel.

Oh ya, untuk tutorial di atas tadi itu saya memakai ponsel Xiaomi Redmi 5A dengan spesifikasi RAM 2 GB dan pastinya sudah saya coba tes ya.

Selain HP Xiaomi Redmi 5A, cara-cara di atas juga bisa kalian terapkan di ponsel Xiaomi lainnya. Karena pada dasarnya caranya itu tidak jauh berbeda, kecuali kalian menerapkannya di ponsel merek lain.

Jika mengalami kendala atau masalah, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

Selamat mencoba sobat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.