7 Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Xiaomi Terhenti

Cara Mengatasi Sayangnya Kamera Xiaomi Terhenti

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Terhenti – Bagi beberapa pengguna ponsel Android, kamera merupakan salah satu fitur yang paling penting. Selain itu, kualitas foto atau video juga menjadi salah satu syarat bagi beberapa orang ketika membeli sebuah smartphone.

Untuk ponsel Xiaomi sendiri, memang tidak secara penuh mengutamakan keunggulan dari sektor kameranya seperti halnya brand HP Oppo maupun Vivo. Meski begitu, kualitas gambar yang di hasilkan oleh kamera HP Xiaomi juga sudah cukup baik.

Terlepas dari itu, belakangan ini beberapa pengguna Xiaomi sering mengeluhkan beberapa masalah yang terjadi pada ponselnya. Salah satunya itu ada pada sektor kameranya.

Yang mana saat di buka, sering muncul sebuah pesan error, aplikasi kamera keluar dengan sendirinya, tidak bisa di buka sampai terhenti secara tiba-tiba. Hal tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas kita ketika ingin mengambil gambar maupun video memakai kamera HP.

Selain itu, kondisi seperti ini juga pernah saya sendiri alami ketika membuka aplikasi kamera pada HP Xiaomi Redmi 5A. Oleh sebab itu juga, pada pembahasan kali ini saya ingin berbagi sedikit tips yang sudah pernah saya coba ketika kamera HP Xiaomi tiba-tiba terhenti.

Bagi yang berminat, silakan simak tips lengkapnya di artikel ini ya.

Penyebab Kamera HP Xiaomi Terhenti atau Error

Penyebab Kamera HP Xiaomi Terhenti atau Error

Sebelum lanjut ke cara mengatasi kamera Xiaomi tiba-tiba terhenti, ada bagusnya kita cari tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Secara umum, ada dua hal yang menjadi penyebab kamera depan atau belakang HP Xiaomi tidak berfungsi atau terhenti. Yaitu:

  1. Masalah Software
  2. Dan Hardware

Kedua masalah tersebut sangat umum sekali terjadi, baik itu pada HP Xiaomi baru maupun yang bekas. Hanya saja, untuk mengatasi kedua penyebab tersebut tidaklah sama ya Sobat Kampung Gadget.

Khusus masalah Hardware, di sini kalian hanya bisa melakukan perbaikan dengan cara mengganti komponen kamera yang terpasang pada HP. Untuk menggantinya bisa di lakukan sendiri di rumah atau membawanya ke tempat service HP yang sudah terpercaya.

Sedangkan jika penyebabnya adalah Software, maka kalian tidak perlu melakukan perbaikan dengan cara mengganti komponen kamera. Karena pada umumnya masalah software itu bisa di atasi sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service HP.

Baca Juga: Cara Screenshots Xiaomi Redmi 5A

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Terhenti

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab kamera HP Xiaomi tidak berfungsi. Nah, khusus di pembahasan ini, saya akan menjelaskan beberapa tips mengatasi kamera HP Xiaomi yang terhenti karena masalah pada software, ya.

Bagi kalian yang saat ini sedang mengalami masalah ini, sebaiknya tidak perlu khawatir ya. Karena secara umum, kamera Xiaomi yang tiba-tiba tidak bisa dibuka itu terjadi karena ada masalah pada sistem (Software). Serta sangat jarang juga terjadi karena masalah pada komponen (Hardware).

Oh ya, selain untuk pesan kamera Xiaomi terhenti, tips berikut ini juga cocok untuk masalah kamera lainnya lho. Misalnya saja seperti kamera muncul pesan gagal atau kamera Xiaomi yang tidak bisa dibuka.

Tapi dengan sebuah catatan, HP Xiaomi kalian buka bekas jatuh atau pernah terendam di dalam air ya.

Untuk caranya juga saya bagi menjadi 7, jadi kalian bisa coba memilih sesuai kendala yang di alami atau mencobanya satu-satu.

1. Nyalakan Ulang HP Xiaomi

Hal yang paling sederhana dan mudah ketika mengalami masalah kamera HP Xiaomi tidak berfungsi ialah dengan menyalakan ulang HP atau restart.

Kalau boleh jujur, saya sendiri juga pernah mengalami masalah ini. Ketika pertama kali mengalami masalah kamera terhenti pada HP Xiaomi yang saya gunakan, saya langsung me-restart HP Xiaomi tersebut.

Hasilnya? Tentu di luar dugaan, karena setelah restart, kamera Xiaomi yang tadinya tidak bisa dibuka, langsung kembali normal seperti sediakala.

Nah, dari pengalaman ini, dapat saya ambil sebuah kesimpulan kalau cara sederhana ini cukup efektif. Yang mana dengan melalui restart tadi itu, sistem yang tadinya error dapat di segarkan (refresh) kembali.

Caranya seperti ini:

  • Tekan dan tahan tombol Power HP.
  • Kemudian pilih opsi Nyalakan Ulang.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Terakhir coba periksa kembali kameranya.
  • Selesai.

2. Atur Ulang Pengaturan Kamera

Selain dipengaruhi oleh sistem HP yang error, masalah kamera HP Xiaomi yang tiba-tiba tidak berfungsi juga bisa terjadi karena adanya kesalahan pengaturan oleh penggunanya sendiri. Entah itu karena sengaja atau mungkin tidak di sengaja.

Mungkin saja sebelumnya kalian pernah melakukan beberapa pengaturan pada kamera HP Xiaomi dan setiap perubahan konfigurasi tersebut secara otomatis akan tersimpan. Sehingga membuat fungsi kamera menjadi berubah dan bisa saja error ketika di gunakan.

Oleh sebab itu, karena lupa atau sebagainya, kita pasti akan kesulitan untuk menemukan pengaturan yang pernah di rubah sebelumnya. Jadi, di sini kalian bisa coba untuk mengatur ulang kamera HP Xiaomi ke default saja.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Buka Pengaturan pada HP Xiaomi.
  • Lalu pilih menu Aplikasi Sistem.
  • Kemudian pilih Aplikasi Kamera.
  • Terakhir tekan opsi Pulihkan Setelan Bawaan.
  • Selesai.

Apabila sudah selesai, kalian bisa coba restart terlebih dahulu HP-nya. Setelah kembali menyala, silakan coba buka aplikasi kamera HP Xiaomi seperti biasa.

Penting:

Cara ini akan me-restore seluruh pengaturan yang pernah kalian buat di dalam aplikasi kamera ke pengaturan bawaan. Selain itu, ini juga bisa kalian lakukan di semua HP Xiaomi tipe apa saja, mulai dari yang versi baru maupun lama.

3. Coba Aktifkan Izin Kamera

Biasanya untuk HP Xiaomi dengan versi MIUI 10 ke atas, kita akan di minta untuk memberikan beberapa izin pada aplikasi kamera. Izin ini bertujuan agar proses merekam maupun mengambil gambar menggunakan kamera bisa berjalan normal.

Izin untuk kamera ini dapat kalian jumpai pada menu Pengaturan yang ada di dalam ponsel Xiaomi. Nah, untuk panduannya sebagai berikut:

  • Pertama-tama buka Pengaturan pada HP Xiaomi.
  • Kemudian buka menu Aplikasi Sistem.
  • Lalu cari Aplikasi Kamera.
  • Jika sudah ketemu, silakan ketuk untuk membukanya.
  • Pada halaman ini, ketuk menu Izin.
  • Terakhir aktifkan izin kamera.
  • Selesai.

Jika semua izin yang di butuhkan oleh aplikasi kamera sudah terpenuhi, silakan restart terlebih dahulu HP kalian. Apabila sudah, coba tes kembali aplikasi kameranya.

4. Clear Cache Aplikasi Kamera HP Xiaomi

Seperti yang pernah saya jelaskan di pembahasan sebelumnya, kalau clear cache bisa dibilang cukup membantu beberapa masalah. Salah satunya masalah error yang terjadi pada aplikasi kamera maupun HP.

Menghapus cache bisa kita lakukan di dua tempat yang berbeda, yaitu di dalam aplikasi kamera dan cache di HP Xiaomi itu sendiri. Panduan lengkapnya bisa kalian cek di bawah ini:

  • Cara Menghapus Cache Aplikasi Kamera:
    Buka dulu PengaturanKelola Aplikasi – pilih Aplikasi Kamera – terakhir pilih Hapus Data.
  • Cara Menghapus Cache HP Xiaomi:
    Pertama silakan masuk kedalam Mode Recovery HP Xiaomi – lalu pilih menu Clear Dalvik Cache dan juga Partition.

Penting:

Cara ini bisa kalian coba lakukan, jika cara sebelumnya belum bisa mengembalikan kamera HP Xiaomi yang error.

5. Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Secara default, hampir semua ponsel Android termasuk Xiaomi itu sudah mempunyai aplikasi kamera bawaan. Aplikasi kamera bawaan di HP Xiaomi dapat di pakai langsung tanpa perlu memasangnya terlebih dahulu.

Hanya saja, meski termasuk aplikasi bawaan, sebenarnya kita bisa juga kok menggantinya dengan aplikasi kamera lain. Opsi ini juga bisa kalian gunakan ketika aplikasi kamera di HP Xiaomi tidak bisa di buka atau terhenti tiba-tiba.

Saya sendiri juga sudah pernah mengganti aplikasi kamera bawaan Xiaomi dengan aplikasi lain yang ada di Google Playstore. Cara ini juga sangat membantu dan kamera Xiaomi yang tadinya error bisa berfungsi kembali.

Di sini caranya sangat simpel, kalian hanya perlu mencari aplikasi kamera lain yang di inginkan dan memasangnya pada HP Xiaomi. Karena aplikasinya ada banyak, silakan kalian bisa memilih sesuai dengan kebutuhan ya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Game Turbo di Xiaomi

6. Perbaharui MIUI Pada HP Xiaomi

Berikutnya, kalian juga perlu melakukan beberapa pembaharuan pada HP Xiaomi, salah satunya itu ialah update sistem MIUI. Dengan melakukan update MIUI, kalian tidak perlu lagi merasa khawatir dengan adanya error di dalam sistem.

Kenapa? Karena dalam pembaharuan MIUI itu ada banyak sekali perbaikan yang akan kita dapatkan. Mulai dari perbaikan bug, sistem yang error, penambahan fitur baru sampai dengan masalah pada kamera HP Xiaomi yang error.

Untuk melakukan update juga tidak sulit sama sekali, karena kita hanya perlu melakukannya lewat pengaturan yang ada di dalam HP.

Caranya seperti ini:

  • Pertama buka Pengaturan pada HP Xiaomi.
  • Kemudian cari menu Tentang Telepon.
  • Lanjut pilih opsi Pembaharuan.
  • Tunggu beberapa saat, jika muncul pembaharuan, silakan pilih Update.
  • Terakhir tinggal menunggu sampai proses update selesai.

Catatan:

Dengan melakukan pembaharuan MIUI, di sini kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan flashing ulang HP Xiaomi. Selain rumit, melakukan flashing juga membutuhkan keahlian khusus.

7. Reset Pabrik HP Xiaomi

Terakhir, jika masih belum bisa juga, maka opsi yang dapat saya rekomendasikan ialah melakukan reset HP Xiaomi.

Tapi, sebelum kalian melakukan reset, ada baiknya untuk melakukan backup data-data penting yang tersimpan di dalam HP. Misalnya seperti foto, video, dokumen, kontak telepon, pesan dan data penting lainnya.

Untuk melakukan backup, kalian bisa coba baca di artikel saya sebelumnya. Di sana saya menjelaskan cara backup data penting di Android dengan aman dan mudah.

Jika sudah, berikut panduan cara reset HP Xiaomi ke pabrik:

  • Buka dulu Pengaturan pada HP Xiaomi.
  • Lalu pilih opsi Setelan Tambahan.
  • Lanjut pilih menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Terakhir tap opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Selesai.

Penting:

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau dengan melakukan reset itu, maka semua data penting yang ada di dalam HP akan secara otomatis terhapus. Selain data penting, semua pengaturan yang pernah kita lakukan juga akan di setel ulang ke pabrik lagi.

Tapi jika kalian sudah melakukan backup, maka semua data penting tersebut akan aman dan bisa kalian pulihkan kembali nantinya. Hanya saja, untuk semua pengaturan yang ada di dalam HP harus kalian atur kembali ya.

Penutup

Itulah beberapa tips cara perbaiki kamera HP Xiaomi terhenti atau error saat di buka. Silakan kalian dapat memilih salah satu cara di atas atau bisa juga mengikuti sesuai urutan yang sudah saya paparkan.

Sekali lagi, semua cara di atas itu merupakan sebuah rangkuman dari pengalaman saya sendiri ketika mengalami masalah pada kamera HP Xiaomi. Jadi, jika hanya sekedar error atau bug, pastinya sudah dapat teratasi hanya dengan beberapa tips di atas.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.