Cara Private Number

Cara Private Number di HP Android

Cara Private Number – Mungkin dari kalian sudah tahu atau mungkin sering melihat, di mana pada saat kita menerima sebuah panggilan masuk. Maka secara otomatis kita juga akan melihat tampilan nomor telepon pemanggil pada layar HP.

Sebenarnya hal tersebut tentu sudah sangat umum, karena dengan terlihatnya nomor telepon pemanggil, kita akan lebih mudah tahu siapa yang sedang menelepon. Serta jika terjadi masalah, kita bisa dengan mudah menghubungi nomor telepon itu lagi.

Tapi bagaimana jika kita ingin menelepon seseorang, namun tidak ingin nomor telepon kita terlihat? Sebenarnya bisa kok, karena saat ini rata-rata ponsel Android sudah di bekali dengan satu fitur yang tergolong canggih. Fitur ini bernama private number.

Apabila kalian sudah mengaktifkan fitur private number yang ada di dalam ponsel, maka nomor telepon kalian tidak akan muncul pada layar penerima nantinya.

Ingin mencobanya? Berikut akan saya jelaskan cara mengaktifkan private number di HP Android.

Apa Alasan Menggunakan Private Number?

Jika dari kalian ada yang bertanya mengenai alasan menggunakan private number, tentu ini kembali ke diri kalian masing-masing. Sebab, setiap orang pasti mempunyai alasan tersendiri saat ingin menggunakan private number untuk menelepon seseorang.

Nah, ada satu alasan yang mungkin cukup umum di miliki oleh orang-orang ketika ingin mengaktifkan private number. Yaitu ketika ingin menghubungi seseorang yang tidak di kenal.

Kenapa? Ini karena pada saat kita menggunakan private number, maka orang yang kita hubungi tidak akan pernah bisa melihat nomor yang kita gunakan. Umumnya ini juga sering di pakai untuk urusan pekerjaan atau hal lain sejenisnya.


Baca Juga : Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi


Cara Private Number di Android

Untuk saat ini, hanya ada tiga buah cara yang bisa saya temukan agar nomor telepon kita tidak di ketahui oleh penerima telepon. Yaitu melalui pengaturan yang ada pada HP, kemudian menggunakan kode dial dan melalui CS provider.

Silakan kalian bisa memilih salah satu cara tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing, ya.

1. Melalui Pengaturan

Cara yang pertama ini saya rasa cukup mudah untuk kalian semua lakukan, karena kita bisa langsung mengaktifkannya melalui menu pengaturan telepon. Di mana dengan cara ini, private number juga akan aktif secara permanen.

Namun jika nanti kalian ingin mengembalikannya seperti semula, kalian hanya perlu menonaktifkannya kembali melalui pengaturan. Selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini, ya.

Cara private number melalui pengaturan telepon:

  1. Langkah pertama kalian buka menu Telepon yang ada pada HP.
  2. Kemudian lanjut tekan ikon garis tiga.
  3. Lalu pilih menu Pengaturan.
  4. Tahap selanjutnya, silakan kalian nonaktifkan fitur ID Pemanggil dan Proteksi Spam.
  5. Sekarang coba geser ke bagian bawah sampai kalian menemukan menu Layanan Tambahan.
  6. Tekan Tampilkan ID Pemanggil pada kartu SIM yang akan di gunakan menelepon nantinya.
  7. Langkah terakhir, ganti ke opsi Sembunyikan Nomor.
  8. Selesai, deh.

Catatan:

Kemungkinan besar di masing-masing HP mempunyai tata letak dan nama menu yang berbeda-beda di pengaturannya. Oleh karena itu, kalian bisa menyesuaikannya sendiri dengan HP yang di gunakan.

Namun saya rasa kurang lebihnya sih mirip-mirip saja kok, hehe.

2. Dengan Kode Dial

Apabila kalian ingin nomor telepon tidak terlihat oleh penerima hanya sekali saja, maka bisa menggunakan cara yang satu ini. Yang mana kalian dapat mengaktifkan private number melalui kode dial.

Kode dial yang saya maksud di sini itu berbeda dengan kode untuk mengecek touchscreen Android maupun mengatasi sinyal hilang di HP Android, ya. Karena kode ini khusus untuk mengaktifkan private number ketika melakukan panggilan.

Selain itu, kode dial ini juga sudah tersedia di semua operator seluler yang ada di Indonesia. Mulai dari Telkomsel, XL, Axis, Tri, Indosat, Smartfren dan lainnya. Jika berminat, bisa langsung menyimak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara mengaktifkan private number menggunakan kode dial:

  • Pertama-tama silakan buka menu Telepon pada HP kalian.
  • Kemudian pada keyboard, ketik #31#.
  • Lanjutkan dengan masukan nomor telepon yang ingin di hubungi.
  • Setelah itu, tekan Panggil.
  • Selesai, nomor telepon kalian tidak akan terlihat oleh penerima.

Catatan:

Sebagai contoh penulisannya seperti ini, #31#081299998889 dan jangan sampai ke balik untuk menempatkan kode dialnya.


Baca juga : Cara Menggunakan Kuota Streaming Tri


3. Lewat Customer Service

Yang terakhir ini sebenarnya hanya menjadi alternatif apabila kedua cara di atas tidak berfungsi atau tidak bekerja ketika di gunakan. Di mana kita bisa mengaktifkan fitur private number dengan cara menghubungi customer service.

Prosesnya sih kurang lebih kalian hanya perlu menelepon customer service saja, lalu tanyakan ke CS mengenai hal apa saja yang harus di siapkan agar bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Untuk nomor customer service masing-masing operator itu berbeda-beda, jadi jangan sampai salah menelepon, ya. Agar tidak terjadi, berikut akan saya lampirkan daftarnya untuk kalian.

  • Telkomsel : 188 / 0807 1811 811
  • Indosat : 186 / (021) 30003000
  • Axis : 838 / 0838 8000 838
  • XL Axiata : 817 / (021) 579 59817
  • Tri : 132 / 0896 4400 123
  • Smartfren : (021) 50100000

Penutup

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya rangkumkan untuk kalian mengenai cara mengaktifkan private number di HP Android. Perlu saya tekankan lagi, kaai cara itu bisa kalian gunakan di semua ponsel Android maupun seluruh provider yang ada di Indonesia.

Sekali lagi, karena caranya ada tiga jenis, kalian bisa memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan saja. Entah itu melalui pengaturan, kode dial maupun bisa juga dengan menghubungi CS.

Apabila masih ada yang kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskannya saja di kolom komentar yang ada di bawah ini. Nanti saya sendiri akan coba membantu mengatasinya.

Semoga bermanfaat, ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.