Mengenal Gorilla Glass

Mengenal Gorilla Glass dan Fungsinya Untuk HP

Mengenal Gorilla Glass di HP – Pastinya sudah sangat umum, yang mana pada saat kita memilih sebuah HP, maka akan di berikan informasi spesifikasi mengenai setiap komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya itu adalah layar.

Pada informasi di bagian layar, kita akan melihat informasi tentang jenis layar, ukuran dan resolusinya. Sebagian merek HP juga sering menampilkan informasi tentang fitur yang di miliki oleh layar.

Nah, salah satu fitur yang paling sering dan umum di jumpai adalah Gorilla Glass. Untuk kalian yang mungkin sudah sering mendengar kata Gorilla Glass, namun masih belum tahu arti dan kegunaanya. Maka bisa cek pembahasan yang ada di bawah ini, ya.

Apa yang Dimaksud Dengan Gorilla Glass?

Gorilla Glass adalah salah satu fitur tambahan yang di berikan pada layar HP bagian atas maupun belakang. Yang mana mempunyai fungsi untuk membuat layar HP menjadi tetap kokoh dan terhindari dari kerusakan karena adanya benturan.

Kokoh yang saya maksudkan di sini itu ialah untuk mencegah layar HP lebih mudah tergores oleh benda-benda tajam. Namun tetap tidak sedikitpun mengurangi fungsi dari layar HP itu sendiri.

Selain itu, Gorilla Glass sendiri juga mempunyai tingkat ketebalan yang tipis. Sehingga tidak mempengaruhi pemakaian HP secara langsung, alias aman.


Baca Juga : Cara Memilih Anti Gores HP Android Terbaik


Apa Kelebihan Gorilla Glass?

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau Corning Gorilla Glass itu mempunyai banyak manfaat dan juga memiliki kelebihan tersendiri.

Ada beberapa kelebihan yang bisa kita lihat secara langsung saat menggunakan Gorilla Glass, seperti:

  1. Mampu meminimalisir kerusakan pada layar ketika terjatuh.
  2. Dapat mengurangi resiko goresan yang dapat memicu kerusakan pada layar.
  3. Terdapat fitur oleophobic yang dapat melindungi layar dari minyak, sidik jari dan lainnya.
  4. Bisa memperpanjang masa pakai sebuah HP.
  5. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Versi Gorilla Glass

Sejak dari dulu sampai perkembangan sekarang ini, Gorilla Glass sudah mempunyai 6 versi yang juga sudah umum di pakai pada HP.

Seperti halnya sebuah smartphone, di masing-masing versi Gorilla Glass itu memiliki kelebihan dan perkembangannya tersendiri.

Penasaran? Berikut akan saya jelaskan secara terperinci untuk kalian.

1. Versi Pertama ( V1 )

Untuk Gorilla Glass yang pertama ini di kembangkan serta pertama kali di pasang pada perangkat iPhone. Ketika itu juga masih dikembangkan oleh Apple Inc sendiri pada tahun 2006.

Alasan Apple menggunakan Gorilla Glass untuk melindungi layar ponselnya itu adalah karena mereka tertarik dengan fitur yang di tawarkan. Di mana ketebalan lapisannya hanya 1.5 mm dan juga sudah di lengkapi dengan oleophobic.

Oleophobic ini mempunyai fungsi untuk melindungi layar dari minyak, noda dan juga bekas sidik jari.

2. Versi Kedua (V2)

Versi Gorilla Glass yang kedua ini di rilis pada tahun 2012 dan di lengkapi dengan beberapa fitur tambahan pada layarnya.

Pada versi yang kedua, ada beberapa peningkatan yang di berikan. Salah satunya itu ialah membuat layar Gorilla Glass 20% lebih tipis dari versi yang pertama.

Selain tingkat ketebalannya yang berkurang, di versi 2 ini Gorilla Glass juga mempunyai sensitivitas yang lebih baik serta transparan dari cahaya.

3. Versi Ketiga (V3)

Selang satu tahun, tepatnya pada tahun 2013, Gorilla Glass versi 3 resmi di rilis kembali. Dan ketika itu, pihak Corning mempublikasikannya secara khusus ke media.

Dalam versi ketiga ini, ada beberapa peningkatan fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya. Salah satunya itu dengan adanya teknologi NDR ( Native Damage Resistance ).

Fitur NDR ini mempunyai fungsi untuk memungkinkan layar HP menahan goresan yang jauh lebih baik 35% dari versi sebelumnya.

4. Versi Keempat (V4)

Pada tahun 2014, versi 4 dari Gorilla Glass kembali di rilis. Dalam versi ini terdapat fitur baru di dalamnya, yang mana mampu untuk menahan benturan ketika HP terjatuh dari ketinggian 0,8 ,eter di permukaan kasar.

Oleh sebab itu, dapat kita simpulkan juga kalau versi ini mempunyai ketahanan benturan yang labih baik dari versi sebelumnya.

5. Versi Lima (V5)

Sama seperti produk lainnya, di mana Gorilla Glass versi 5 ini di kembangkan untuk menyempurnakan versi yang sebelumnya. Yang mana pada versi ke lima ini sudah mempunyai ketahanan yang lebih baik, sekitar empat kali lebih kuat dari sebelumnya.

Seperti mampu melindungi layar saat terjatuh dari ketinggian 1.6 meter, dapat meminimalisir 80% retakan saat HP terjatuh dari ketinggian 1 meter. Serta masih banyak lagi keunggulan lainnya.

6. Versi Keenam (V6)

Ketika awal perilisannya, Gorilla Glass versi 6 ini sudah banyak di gunakan oleh produsen HP flagship. Mulai dari Sony Xperia 1, Samsung Galaxy 10 dan produsen smartphone lainnya.

Dalam versi yang ke enam ini, Gorilla Glass memiliki ketahanan dua kali lebih kuat dari pada versi sebelumnya. Serta juga mampu untuk melindungi layar ketika terjatuh dari ketinggian 1 meter sebanyak 15 kali.


Baca Juga : Cara Mengecek Touchscreen Android


Perlu Gak Sebuah HP Menggunakan Gorilla Glass?

Bagi kalian yang mungkin saat ini sedang berencana membeli sebuah ponsel, tentu perlu atau tidaknya Gorilla Glass ini tergantung dari pemakaian dan kebutuhan masing-masing.

Misalkan jika HP kalian di rasa sering di bawah ke luar rumah, maka tentu dengan adanya fitur Gorilla Glass ini dapat membantu dalam menjaga HP dari benturan dan juga jadi lebih awet. Baik itu secara langsung ataupun tidak.

Jadi, pada dasarnya kembali lagi ke kebutuhan kalian masing-masing, ya. Jika di rasa perlu, bisa langsung mencari ponsel yang sudah menggunakan Gorilla Glass. Hanya saja, harganya biasanya akan lumayan mahal di bandingkan dengan yang tidak di bekali Gorilla Glass.

Penutup

Baik, mungkin itu saja pembahasan yang bisa saya rangkumkan untuk kalian mengenai apa itu Gorilla Glass dan fungsinya di HP.

Jika kalian mempunyai sebuah pertanyaan atau ada pembahasan yang masih kurang jelas, bisa langsung menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.