Inilah 4 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Untuk Semua Tipe Terbaru

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo – Keamanan merupakan salah satu prioritas bagi setiap orang, begitu juga dengan keamanan yang ada didalam smartphone. Setiap orang pasti mempunyai hal-hal penting yang disimpan didalam ponsel, mulai dari aplikasi sosial media, bisnis sampai dengan aplikasi perbankan.

Karena kita sendiri juga tidak akan pernah tahu kapa dan dimana kejahatan itu datang kepada kita. Oleh sebab itu melindungi apa yang menjadi privasi kita sendiri adalah jalan yang terbaik untuk mencegah kejahatan itu datang kedalam hidup kita.

Kejahatan juga tidak datang di kehidupan nyata saja, tapi saat ini kejahatan juga bisa terjadi di dalam perangkat electronik seperti smartphone. Maka dari itu, melindungi seluruh data yang ada pada smartphone dengan cara menyembunyikannya adalah cara yang cukup baik untuk kalian lakukan.

Untuk menyembunyikan atau melindungi sebuah aplikasi di HP Oppo itu tidaklah sesulit, karena selain menggunakan aplikasi tambahan, kalian juga bisa memakai fitur keamanan yang ada didalam ponsel Oppo terbaru saat ini.

Dimana, Oppo kini sudah membekali hampir semua ponsel terbarunya itu dengan fitur keamanan yang cukup baik bagi penggunanya dan salah satunya itu adalah fitur keamanan aplikasi. Dengan fitur ini kalian bisa menyembunyikan aplikasi di HP Oppo yang kalian gunakan agar tidak diketahui oleh orang lain.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk memberikan keamanan pada setiap penggunanya, Oppo terus memperbaiki sistem keamanan di seluruh produk smartphone yang mereka rilis. Hingga saat ini, ponsel terbaru Oppo mempunyai 3 sistem keamanan yang bisa digunakan oleh penggunannya untuk melindungi data penting yang ada didalam aplikasi.

Kalian bisa memilih salah satu dari 3 sistem keamanan yang berfungsi untuk melindungi seluruh apliasi di Hp Oppo.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Dengan Enkripsi Aplikasi

Cara mengamankan aplikasi yang kalian miliki didalam ponsel Oppo yang pertama ini bisa dilakukan dengan memakai fitur Enkripsi aplikasi. Fitur ini memang terbilang baru didalam ponsel Oppo, jadi untuk masalah keamanannya kalian tidak perlu meragukannya.

Untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo dengan memakai fitur ini tidaklah sulit, karena kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1.1 Langkah Pertama

  • Pertama kalian buka menu “Pengaturan” jika memakai bahasa Indonesia atau “Settings” apabila memakai bahasa Inggris.
  • Untuk ColorOS 3.1 kalian dapat melalui menu “Pengelola Telepon” kemudian “Izin Privasi” lalu pilih “Enkripsi Aplikasi“.
  • Untuk ColorOS 3.0 kalian masuk melalui menu “Keamanan/Pusat Keamanan” kemudian “Izin Privasi” terakhir “Enkripsi Aplikasi“.

1.2 Langkah Kedua

  • Pada langkah kedua, kita akan memilih beberapa aplikasi yang ingin di “Enkripsi“.
  • Tentukan aplikasi yang kalian inginkan dan pilih menu “Aktifkan Enkripsi di X Apps“.
  • Kemudian kalian tetapkan kode akses untuk preferensi, bisa memakai sandi, pola ataupun alfanumerik.

1.3 Langkah Ketiga

  • Pada langkah ini kita akan masuk kedalam kunci aplikasi.
  • Jika kalian sudah selesai dengan langkah kedua, maka selanjutnya buka kembali menu “Pengaturan” kemudian pilih menu “Keamanan” lalu “Kunci Aplikasi” dan terakhir kalian masukan kode verifikasi untuk masuk ke fitur “Enkripsi Aplikasi“.

1.4 Langkah Keempat

  • Selanjutnya kita akan mengaktifkan fitur sembunyikan aplikasi di hp Oppo.
  • Caranya kalian tekan aplikasi kemudian aktifkan “Mulai Verifikasi Kode Sandi“.
  • Setelah itu kalian pilih menu “Sembunyikan Ikon Layar Utama“.

1.5 Langkah kelima

  • Langkah yang terakhir ini kita akan memasukan nomor akses untuk menyembunyikan aplikasi di HP Oppo.
  • Jika kalian sudah melakukan cara diatas dengan benar, maka pesan pup-op akan muncul dilayar utama dan memintamu untuk mengatur nomor akses.
  • Saat pesan pup-op itu muncul, maka pilih “Set Access Number” dan masukan nomor akses yang kalian inginkan.
  • Nomor Akses adalah # diikuti oleh angka dan diakhiri dengan tanda #, untuk contohnya “#010101#“.

Maka jika semua langkah-langkah diatas sudah kalian lakukan dengan benar, maka selamat aplikasi di HP Oppo yang kalian miliki sudah berhasi diamankan.

Untuk mengakses aplikasi yang kalian sembunyikan tadi sangatlah mudah, pertama kaluan buka aplikasi “Telepon” kemudian masukan kode akses yang sudah dibuat tadi.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Dengan Private Protection

Selain dengan fitur Enkripsi yang sudah dijelaskan diatas, kalian juga bisa mengamankan aplikasi di HP Oppo dengan memanfaatkan Private Protection. Dengan cara ini kita juga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lagi dan pastinya cara ini juga cukup aman untuk privasi kalian.

Untuk cara yang satu ini tergolong lebih mudah dan simpel dibandingkan dengan tutorial diatas. Yuk, langsung saja kita lihat langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Langkah pertama kalian buka dulu menu “Pusat Keamanan” atau “Security Center“.
  • Selanjutnya cari menu “Privacy Permision” kemudian pilih lagi menu “Privacy Protection“.
  • Berikutnya kalian akan disuruh untuk memberikan pasword dan isi sesuai keinginan kalian.
  • Jika sudah maka akan muncul menu “Privacy Protection” dan pilih lagi “Private Application“.
  • Didalam menu ini kalian pilih aplikasi yang ingin di sembunyikan, jika sudah maka tekan menu “Advance Hiding“.
  • Terakhir biasanya akan muncul notifikasi permision, pilih “Izinkan” atau “OK“.

Maka selamat, kini aplikasi panting yang kalian miliki sudah terlindungi dan tidak akan ada orang lain yang bisa membukanya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Dengan Aplikasi Tambahan

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Dengan Aplikasi Tambahan

Jika diatas tadi kita sudah melihat 2 cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo tanpa memakai aplikasi tambahan lagi, maka untuk selanjutnya admin juga akan membagikan sebuah cara hide aplikasi di HP Oppo dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Nah, dalam cara yang berikut ini admin merekomndasikan 2 jenis aplikasi pihak ketiga untuk melindungi data penting yang kalian miliki didalam ponsel. Apa saja itu? Mari kita lihat aplikasi tersebut dibawah ini.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Dengan Microsoft Launcher

Pertama kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bernama Microsoft Launcher dalam melindungi privasi kalian didalam ponsel Oppo. Untuk aplikasi yang satu ini kalian tidak perlu meragukannya lagi, karena sampai saat ini Microsoft Launcher sudah digunakan lebih dari 3,4 juta orang.

Selain tingkat keamanan yang diberikan aplikasi ini sangat baik, kalian juga bisa mendapatkan Microsoft Launcher secara gratis di Google Play Store.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo dengan menggunakan Microsoft Launcher tidaklah sulit dan cenderung simpel dan mudah untuk dilakukan.

  • Pertama kalian wajib mengunduh aplikasi “Microsoft Launcher” yang ada di Play Store.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, maka buka dan jalankan aplikasi “Microsoft Launcher” tadi.
  • Pada menu utama aplikasi, kalian pilih icon “Titik tiga” yang ada di atas.
  • Kemudian pilih lagi menu “Hidden Apps“.
  • Selanjutkan kalian pilih opsi “Hide Apps” yang ada di bawahnya.
  • Didalam menu ini kalian dapat memilih aplikasi yang ingin di sembunyikan, jika sudah tekan menu “Hide“.

Maka saat ini aplikasi yang sudah kalian pilih akan tersembunyi dan diamankan oleh aplikasi Microsoft Launcher dan jika kalian ingin mengembalikannya bisa mengikuti cara tadi dan terakhir tinggal pilih “Unhide”.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Dengan App Lock

Bagi kalian yang mungkin kurang suka dengan aplikasi Microsoft Launcher, maka bisa mencoba untuk memakai aplikasi App Lock. App Lock juga merupakan salah satu aplikasi yang membantu kita untuk mengamankan seluruh data termasuk aplikasi yang ada didalam ponsel.

Kalin juga bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Play Store dan masalah ukuran, tentu App Lock ini tidak akan menghabiskan banyak ruang di ponsel kalian.

Cara menggunakan App Lock untuk melindungi aplikasi di HP Oppo sangatlah mudah, karena kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Langkah pertama tentu kalian harus mendownload terlebih dahulu aplikasi “App Lock” yang ada di Play Store.
  • Setelah proses download selesai, maka buka dan jalankan aplikasi “App Lock” tersebut.
  • Pada menu utama aplikasi, kalian bisa langsung memilih menu “Add App“.
  • Lalu kalian bisa memilih beberapa aplikasi yang ingin di sembunyikan.
  • Pilih dan tahan lalu geser ke menu “Create Shortcuts“.

Nah, secara otomatis shortcuts dari aplikasi yang kalian pilih tadi akan berada di halan depan, namun untuk aplikasi aslinya tetap terlindungi didalam aplikasi App Lock.

Jadi orang yang mungkin meminjam ponsel kalian hanya akan menemukan aplikasi duplikastnya saja yang tidak ada isinya. Sedangkan jika kalian ingin membuka aplikasi yang sebenarnya bisa langsung melalui App Lock.

Bagaimana, apakah kalian ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk melindungi data panting yang ada didalam ponsel atau tidak? Untuk masalah keamanan, semua cara diatas tergolong mempunyai keamanan yang baik sampai saat ini, jadi kalian tidak perlu meragukannya.

Jika ada pertanyaan prihal masalah diatas, maka jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Mungkin sekian informasi yang bisa admin hadirkan mengenai cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo terbaru, semoga bermanfaat dan semoga hasilnya bisa sesuai dengan keinginan kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.