Langkah Membuat Breakout Room di Zoom

Langkah Membuat Breakout Room di Zoom

Cara Membuat Breakout Room di Zoom – Beberapa dari kalian pastinya sudah tahu, kalau Zoom itu merupakan salah satu platform meeting yang mempunyai banyak fitur. Bisa di katakan juga kalau fitur-fitur yang ada di dalam Zoom itu sangat lengkap dan mudah di gunakan oleh semua kalangan. Salah satu fitur yang menarik dan wajib di pakai untuk keperluan meeting ialah breakout room.

Buat yang belum tahu, fitur breakout room di Zoom ini mempunyai fungsi dalam membantu panitia atau Host dalam membuat ruang khusus untuk peserta meeting dalam satu sesi. Sehingga akan lebih mudah dalam mengurutkan peserta dan materi di setiap sesinya.

Selain itu, fitur breakout room ini juga sangat cocok sekali untuk di pakai saat rapat atau pun ketika proses pembelajaran di mulai.

Namun yang menjadi masalahnya di sini, bagaimana cara menemukan fitur breakout room di Zoom?

Untuk kalian yang mengalami kesulitan dan ingin menggunakan fitur tersebut, maka silakan simak pembahasan lengkapnya di sini.

Apa itu Breakout Room di Zoom?

Apa itu Breakout Room di Zoom?

Sebelum kita lanjut ke topik utama dari pembahasan hari ini, ada bagusnya kita ketahui dulu sedikit tentang fitur breakout room di Zoom.

Breakout room di Zoom adalah salah satu jenis fitur yang mempunyai fungsi dalam membuat sebuah ruangan meeting tambahan dalam satu kelas di Zoom. Nantinya setiap ruangan meeting ini bisa di tambahkan peserta-peserta yang sudah join di satu sesi Zoom.

Setelah peserta sudah berhasil masuk, maka video serta audio mereka akan terpisah dan tidak akan muncul lagi di ruangan meeting utama dalam zoom. Jumlah maksimal ruang meeting yang bisa di buat ialah 50 room saja dalam satu sesinya.


Baca Juga : Cara Membuat dan Menambahkan Co Host di Zoom


Langkah Membuat Breakout Room di Zoom

Perlu kalian ketahui juga kalau fitur breakout room tidak akan muncul pada pengaturan bawaan dari Zoom, ya. Hal ini juga membuat beberapa orang mengalami kesulitan untuk menemukan fitur tersebut.

Lalu bagaimana solusinya? Sangat mudah, di sini kita hanya perlu memunculkan terlebih dahulu fitur tersebut sebelum bisa menggunakannya.

Di sini saya akan membagi langkah-langkahnya menjadi empat tahapan, ya. Jadi, silakan ikuti sesuai tahapan yang sudah saya urutkan.

1. Aktifkan Breakout Room Zoom

Langkah pertama yang sangat penting agar fitur breakout room bisa muncul di pengaturan Zoom ialah dengan mengaktifkannya terlebih dahulu. Karena seperti yang saya jelaskan tadi di atas, kalau fitur ini tidak akan muncul sebelum kita aktifkan terlebih dahulu.

Dalam mengaktifkannya, kalian bisa mengunjungi situs resmi Zoom terlebih dahulu. Ini karena pengaturan untuk mengaktifkan fitur ini hanya ada di halaman resminya saja.

Begini cara mengaktifkan fitur breakout room di Zoom:

  • Pertama buka dulu Browser dan kunjungi halaman resmi Zoom.
  • Setelah halamannya sudah terbuka, silakan login menggunakan akun Zoom yang di miliki.
  • Jika sudah berhasil log in, maka selanjutnya tekan menu Settings.
  • Langkah selanjutnya klik opsi In Meeting (Advanced).
  • Aktifkan Breakout Room dan jangan lupa centang opsi Allow Host to broadcast message to participants.
  • Maka fitur breakout room akan langsung muncul pada pengaturan di Zoom kalian.

Proses untuk mengaktifkannya sudah beres, sekarang saatnya untuk lanjut ke tahap berikutnya.

2. Membuat Breakout Room di Zoom

Ketika proses mengaktikan fitur breakout room sudah berhasil, maka untuk langkah selanjutnya kita akan membuat ruang di dalamnya. Pada tahap ini, kalian bisa membuat ruang dengan jumlah maksimalnya mencapai 50.

Cara membuat breakout room di Zoom seperti ini:

  • Langkah pertama kalian buka dulu aplikasi Zoom pada PC.
  • Kemudian log in dengan akun Zoom yang di miliki.
  • Jika sudah, klik menu New Meeting.
  • Lalu pilih menu Breakout Rooms.
  • Sekarang masukkan jumlah Breakout Room sesuai dengan keinginan kalian.
  • Jangan lupa juga untuk memilih opsi Assign Manually agar nanti bisa mengatur peserta yang akan masuk ke dalam ruangan secara manual.
  • Terakhir klik opsi Create.

Catatan:

Ketika kalian membuka breakout room tadi, biasanya kita akan menemukan 3 jenis opsi yang memiliki fungsi berbeda-beda di setiap opsinya. Untuk penjelasan masing-masing opsi tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Assign Automatically
    Opsi ini memiliki fungsi untuk menambahkan peserta ke dalam breakout room secara otomatis dan biasanya akan di pilih secara random.
  2. Assign Manually
    Sedangkan opsi ini kebalikan dari yang pertama, di mana opsi ini berfungsi untuk menambahkan peserta ke dalam breakout room secara manual. Di sini host bisa memilih peserta sesuai dengan keinginannya.
  3. Let Participant Choose Room
    Untuk opsi ini memungkinkan peserta bisa memilih sendiri ingin masuk kedalam breakout room sesuai dengan keinginannya sendiri.

Baca Juga : Cara Melihat Hasil Record di Zoom


3. Cara Menambah Peserta

Jika kalian mengikuti langkah-langkah di atas tadi dengan memilih opsi Assign Manually, maka langkah selanjutnya yang akan kita lakukan ialah mulai menambahkan peserta.

Untuk cara menambahkan peserta ke breakout room adalah sebagai berikut:

  • Buka salah satu Room yang sudah kalian buat.
  • Lalu pilih menu Assign.
  • Setelah menekan menu Assign, maka nanti akan muncul daftar nama peserta. Silakan bisa kalian centang.
  • Jika proses memilih peserta sudah selesai, maka selanjutnya tekan menu Open All Rooms.
  • Maka proses menambahkan peserta telah selesai.

4. Join Breakout Room Untuk Peserta

Pada tahap ini, peserta yang sudah kalian masukkan ke dalam room akan langsung mendapatkan notifikasi untuk join. Nah, di sini para peserta nantinya hanya perlu menekan tombol join saja agar bisa bergabung ke dalam breakout room yang kita buat.

Setelah menekan tombol Join tadi, maka secara otomatis para peserta akan langsung di arahkan ke dalam room yang sesuai dengan perintah kalian atau host.

Penting:

Oh ya, untuk fitur breakout room ini hanya akan tersedia untuk Zoom versi PC atau desktop saja, ya. Karena untuk Zoom versi mobile hanya akan bisa di pakai untuk join breakout room saja dan tidak bisa di pakai untuk membuat breakout room.

Breakout Room Zoom Bisa Berapa?

Breakout Room Zoom Bisa Berapa?

Jumlah ruangan yang bisa di buat di dalam breakout room Zoom ialah 50 ruangan saja. Sedangkan untuk jumlah peserta yang bisa di masukkan ke dalam satu ruangan breakout room bisa mencapai 200 sampai dengan 500 participant. Tapi ini juga tergantung dari jumlah breakout room yang ada, ya.

Untuk rincian lengkapnya seperti ini:

Jumlah Breakout RoomMaksimal Jumlah Participant Setiap Breakout Room
20 Breakout RoomMencapai 500 participant
30 Breakout RoomMencapai 400 participant
50 Breakout RoomMencapai 200 participant

Kenapa Zoom Saya Tidak Ada Breakout Room?

Ini karena fitur breakout room di Zoom tidak akan muncul secara otomatis sebelum fiturnya di aktifkan terlebih dahulu. Selain itu, fitur breakout room juga tidak akan muncul pada aplikasi Zoom versi HP. Jadi, untuk mengaktifkan fitur ini, kita harus membuka halaman Zoom versi desktop.

Nanti setelah fitur breakout room sudah berhasil di aktifkan, maka secara otomatis akan langsung muncul pada akun Zoom yang di miliki.

Penutup

Bagaimana, tidak sulit sama sekali bukan cara membuat breakout room di Zoom? Dengan panduan di atas, saya berharap bisa berguna untuk kalian yang memang sedang membutuhkan.

Jika ada yang masih kurang di mengerti atau memiliki sebuah pertanyaan yang ingin di sampaikan, tuliskan saja pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman atau keluarga yang membutuhkan, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.