Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi

Apakah smartphone kalian saat ini sering mengalami masalah, seperti obtaining IP Address? Apabila itu iya, maka kalian sudah berada di tempat yang tepat, karena saya hari ini akan menjelaskan cara mengatasi obtaining IP address pada WiFi.

Memang sudah jauh berbeda dari dulu, karena saat ini kita sudah bisa dengan mudah mengakses WiFi menggunakan ponsel. Hal ini tentu juga karena jangkauan jaringan WiFi sudah semakin luas dan mudah kita temukan di hampir semua tempat.

Bagi kalian yang sudah sangat lama menggunakan WiFi, pastinya sudah tidak asing lagi dengan kalimat “obtaining IP address” kan?

Obtaining IP Address ini adalah sebuah proses pengambilan alamat IP (dalam artian sebagai identitas HP untuk WiFi) yang berjalan ketika kita menghubungkan HP ke jaringan WiFi.

Bagaimana Proses Obtaining IP Address Pada WiFi?

Proses Obtaining IP Address Pada WiFi

Nah, mungkin dari kalian ada yang masih penasaran dan bertanya-tanya tentang proses obtaining IP Address pada WiFi. Prosesnya sebenarnya cuku simpel dan sederhana, jika kita rangkumkan alurnya mungkin akan nampak seperti ini:

  • Kita mengaktifkan WiFi pada HP.
  • Lalu kita mengetuk nama jaringan WiFi yang akan di gunakan.
  • Kemudian memasukkan kata sandi untuk WiFi tersebut (jika itu ada).
  • Setelah itu kita pasti akan menekan connect dan proses penyambungan akan berjalan.
  • HP kita akan mengambil IP Address yang tersedia pada perangkat WiFi.
  • Terakhir HP akan tersambung dengan WiFi.

Apabila berjalan dengan normal (tanpa masalah) prosesnya akan seperti itu.

Namanya juga teknologi buatan manusia pasti pernah mengalami sebuah masalah, begitu juga saat proses mengambilan IP Address pada HP. Karena bisa saja pada saat itu ada sebuah masalah-masalah tertentu yang muncul.

Misalnya saja seperti failed to obtain IP Address, yang mana ini akan berdampak pada HP kita dan membuatnya tidak bisa terhubung dengan jaringan WiFi, alis gagal konek. Ini juga merupakan sebuah masalah yang umum, karena hampir sebagian pengguna WiFi pernah dan mungkin sering mengalaminya.

Penyebab Obtaining IP Andress Pada WiFi Mengalami Kegagalan

Apa sih, sebenarnya yang menjadi penyebab masalah obtaining IP Address itu? Secara umum dan menurut informasi yang saya dapatkan di sebuah forum internet, masalah ini di picu oleh beberapa hal yang sederhana. Namun yang paling sering terjadi dan dialami oleh sebagian orang itu adalah:

  1. Konfigurasi pada router WiFi yang salah.
  2. Sistem sedang mengalami error (bisa pada HP atau pada router).
  3. Jaringan atau sinyal pada WiFi kurang bagus (gangguan).
  4. Pengguna yang di batasi pada router.
  5. Terlalu banyak pengguna.
  6. Dan lainnya lagi.

Tentu masih ada banyak penyebab lainnya lagi, ini karena seperti yang sudah saya jelaskan tadi, kalau ada banyak sekali faktor pemicunya. Bisa saja dari router, ponsel yang kita gunakan, pemilik WiFi sampai provider penyedia layanan WiFi itu sendiri.

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi di Android

Bisa dikatakan kalau masalah ini sudah sangat umum dan saya pribadi tergolong sering mengalaminya. Karena saya sendiri memang sebagai pengguna ponsel Android dan jaringan WiFi.

Maka dari itu, di sini saya akan berbagi sedikit tips dalam mengatasi masalah obtaining IP Address WiFi yang pernah saya lakukan. Hasilnya tentu tidak perlu kalian ragukan lagi, karena saya sendiri sudah pernah mencobanya dan hasilnya pun sesuai dengan harapan.

Berikut beberapa cara mengatasi obtaining IP Address WiFi yang benar:

1. Cek Sinyal Pada WiFi

Cara yang paling sederhana pertama ini merupakan sebuah pengalaman pribadi saya. Di mana saat sinyal WiFi melemah, secara umum jaringan WiFi berpotensi akan mengalami masalah, seperti error misalnya.

Masalah lainnya yang bisa terjadi ketika kita ingin terhubung dengan WiFi menggunakan HP Android adalah proses obtaining IP Address mengalami kegagalan. Yang mana bisa muncul masalah koneksi yang mengakibatkan HP tidak bisa terhubung ketika sedang berada dalam proses obtaining IP Address.

Mungkin tidak banyak orang yang percaya dengan hal ini, karena mungkin terlihat sepele. Tapi coba saja dulu dan lihat hasilnya.

Jadi, solusinya itu kalian harus memperkuat sinyal WiFi yang lemah. Caranya kalian bisa coba memindahkan tempat router atau dekatkan jarak ponsel dengan pusat WiFi. Hal ini akan bisa memperkuat sinyal WiFi yang bisa di tangkap oleh HP kita, sehingga bisa meminimalisir terjadinya masalah.

2. Gunakan Fitur Airplane Mode

Airplane mode atau lebih sering di kenal dengan nama mode pesawat ini juga bisa kalian coba gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Karena saat mode pesawat kalian aktifkan, maka semua layanan jaringan yang ada di HP akan di refresh seperti data seluler dan WiFi.

Jika memang terjadi error pada sistem jaringan di HP kita, maka dengan mengaktifkan fitur ini kalian sebenarnya sudah bisa mengatasinya. Caranya seperti ini:

  1. Tarik bila status bar notifikasi ke bawah.
  2. Lalu cari dan tap opsi Mode Pesawat.
  3. Biasanya berlogo pesawat.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Kemudian nonaktifkan kembali mode pesawat.

Apabila sudah, kalian bisa mencoba menghubungkan kembali ponsel dengan jaringan WiFi.

3. Disconnect Jaringan WiFi

Solusi lainnya yang tidak kalau mudahnya untuk kalian lakukan saat mengalami masalah obtaining IP Address adalah dengan melakukan disconnect jaringan WiFi itu sendiri. Biasanya cara ini cukup ampun untuk mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi.

Caranya itu seperti ini:

  1. Pertama kalian tekan dulu WiFi pada HP.
  2. Lalu tap menu Lupakan WiFi atau Forget jika kalian memakai bahasa Inggris.
  3. Jika sudah, kalian coba kembali hubungan HP ke WiFi tadi.
  4. Masukkan password (jika ada).

Dengan begitu, masalah obtaining IP address WiFi akan teratasi dengan mudah.

4. Reboot HP yang Digunakan

Jika masih belum bisa, kalian dapat me-reboot ponsel yang di gunakan untuk terhubung ke jaringan WiFi. Karena mungkin saja ada sebuah error yang terjadi pada sistem di dalam HP yang memicu malah obtaining IP address saat ingin terhubung ke WiFi. Jadi tidak ada salahnya juga untuk melakukan reboot, ya kan?

Caranya sangat mudah:

  1. Matikan HP seperti biasanya dengan menekan tombol Power.
  2. Lepas baterai (jika memungkinkan).
  3. Tunggu beberapa saat.
  4. Lalu hidupkan kembali HP kalian dengan menekan tombol Power.

Setelah HP berhasil menyala seperti semula, maka kalian bisa mencoba untuk menghubungkan kembali HP ke jaringan WiFi.

5. Cek Filter MAC Pada Router

Bagi yang sudah lama menggunakan WiFi, pasti sudah tahu dengan fitur Filter MAC yang ada di dalam halaman admin. Jika belum tahu, filter MAC ini merupakan sebuah opsi yang berguna untuk menentukan pengguna mana saja yang bisa terhubung ke jaringan WiFi.

Mungkin saja masalah yang kalian alami saat terhubung ke jaringan WiFi itu karena memang IP HP kalian tidak di izinkan untuk terhubung ke router. Apabila memungkinkan, coba kalian periksa dulu opsi filter MAC yang ada di dalam router.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Buka browser pada perangkat yang sudah terhubung ke jaringan WiFi.
  • Lalu masukkan IP 192.168.1.1 dan tap search.
  • Lakukan login dengan menggunakan username dan password dari router.
  • Jika sudah berhasil login, kalian cari opsi Wireless Settings.
  • Berikutnya tap menu Wireless MAC Filtering.
  • Setelah itu pastikan sebelah MAC Address Filter dalam posisi Disable.
  • Terakhir klik Simpan.

Cara ini cocok jika kalian mempunyai beberapa perangkat yang terhubung dengan satu jaringan WiFi.

6. Coba Pakai IP Static

Secara umum, WiFi yang ada di HP Android itu menggunakan IP DHCP sebagai default pengaturannya. Nah, berhubungan dengan masalah obtaining IP address yang saat ini sedang kita bahas, maka kalian bisa mencoba cara ini.

Di mana kalian hanya perlu untuk mengubah pengaturan dari IP default-nya menjadi static. Karena bisa saja pengaturan ini cukup berpengaruh terhadap masalah yang sedang kita alami saat ini.

Untuk caranya sangat mudah:

  1. Pertama-tama buka Pengaturan pada HP.
  2. Lalu kalian bisa cari menu WiFi.
  3. Kemudian kalian cari nama WiFi yang ingin di sambungkan.
  4. Jika sudah ketemu, ketuk menu Pengaturan yang ada pada WiFi (Modify Network).
  5. Ganti pengaturan WiFi dari DHCP menjadi static.

Sekarang kalian bisa menyimpan pengaturannya, dan prosesnya selesai.

Jika kalian tidak menemukan pengaturan seperti di atas, kemungkinan ponsel yang kalian pakai menggunakan Android versi lama. Tapi tenang, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka dulu Setelan pada HP.
  2. Berikutnya cari WiFi yang ingin di hubungkan.
  3. Lalu pilih menu Advance.
  4. Setelah itu ubah pengaturan WiFi menjadi static.
  5. Terakhir atur pengaturan IP sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  6. Selesai.

7. Mengatasi Obtaining IP Address WiFi Dengan Factory Reset

Mengatasi Obtaining IP Address WiFi Dengan Factory Reset

Jika dengan semua langkah-langkah di atas belum juga berhasil untuk mengatasi masalah obtaining IP address WiFi, maka kalian mungkin bisa mencoba melakukan factory reset pada HP.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka Pengaturan pada HP Android kalian.
  2. Lalu kalian cari menu Pengaturan Tambahan.
  3. Berikutnya pilih Cadangkan dan Reset.
  4. Setelah itu pilih lagi Reset ke Setelan Pabrik.
  5. Terakhir Hapus Semua Data.

Di sini saya menggunakan HP Android merek Realme dan jika kalian memakai ponsel android lain, mungkin caranya akan berbeda. Jika belum tahu, mungkin kalian bisa membacanya di cara reset HP Android.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membackup data penting yang ada di HP kalian, ya. Karena melakukan cara ini akan membuat semua data penting yang ada di HP kalian akan terhapus secara permanen. Apabila kalian belum tahu caranya, maka bisa membaca cara backup data penting di Android pada artikel saya sebelumnya.

8. (Tambahan) Reset Router yang Digunakan

Saya sendiri memang tidak tahu secara pasti, apakah kalian sedang menggunakan WiFi dari router, MiFi atau perangkat lainnya. Namun, kalian juga bisa mencoba untuk menerapkan cara ini sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. Iya, dengan cara me-reset router yang kalian gunakan saat ini.

Caranya sangat mudah, kalian tinggal menekan tombol reset yang sudah tersedia pada router WiFi yang kalian gunakan. Tekan dan tahan selama beberapa detik atau sampai router menyala kembali. Jika tidak tersedia, mungkin kalian dapat melakukannya melalui pengaturan yang tersedia didalam WiFi.

Karena masing-masing WiFi memiliki proses yang berbeda-beda, maka kalian dapat mencarinya di Google dengan menambahkan tipe WiFi yang kalian gunakan.

Penutup

Mungkin itu saja sedikit tips tentang cara mengatasi Obtaining IP Address WiFi yang bisa saya rangkumkan untuk kalian. Beberapa tutorial diatas merupakan rangkuman dari pengalaman saya pribadi ketika mengalami masalah tersebut.

Perlu kalian ketahui juga kalau masalah muncul pesan obtaining IP address saat menghubungkan WiFi itu bukanlah masalah yang akan kalian alami sendiri. Karena masalah ini sudah sangat umum dan hampir semua pengguna WiFi lama pernah mengalaminya.

Sekian artikel dari saya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.