Cara Menambahkan Teman di Line

Cara Menambahkan Teman di Line Dengan Cepat

Sebenarnya aplikasi Line sudah ada sejak lama dan merupakan salah satu aplikasi chatting yang cukup populer selain WhatsApp. Sama seperti halnya di aplikasi chatting lainnya, di mana untuk bisa mengirim sebuah pesan ataupun melakukan panggilan, tentu kita harus menambahkan teman di Line.

Karena jika tidak menambahkan teman di Line, maka pastinya kalian tidak akan dapat melakukan obrolan atapun panggilan. Oleh sebab itu, jika kalian merupakan pengguna baru dari aplikasi Line, maka cobalah untuk menambahkan beberapa teman baru ke akun Line kalian terlebih dahulu.

Meski menambahkan teman terdengar mudah, namun bukan berarti semua orang sudah mengetahui caranya. Karena sampai sekarang, masih banyak pengguna Line yang belum tahu bagaimana cara menambahkan teman baru di Line, terutama bagi pengguna baru.

Nah, jika memang seperti itu adanya. Maka di sini saya akan menjelaskannya secara lengkap untuk kalian.

Cara Menambahkan Teman Baru di Line

Bagi kalian yang ingin menambahkan teman di Line sendiri, maka ada beberapa cara yang bisa kalian coba lakukan. Cara ini juga terbilang mudah, karena sangat cocok untuk kalian yang baru mulai menggunakan aplikasi Line. Selain itu kalian juga dapat memilih cara mana yang paling cocok.

Untuk tutorial kali ini saya melakukannya langsung melalui HP Android. Tapi jika kalian memakai akun Line di perangkat komputer atau PC, maka akan ada sedikit perbedaan. Namun untuk keseluruhan prosesnya tetap saja sama, ya.

Penasaran? Yuk, simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

1. Menambahkan Teman di Line Dengan Cara Mengirim Undangan

Menambahkan Teman di Line Dengan Cara Mengirim Undangan

Cara yang paling sederhana dan juga cukup populer di kalangan pengguna Line, kalian bisa menambahkan teman baru di Line melalui fitur invite atau mengirimkan sebuah undangan. Kenapa saya bilang mudah? Karena kalian hanya perlu membuat undangan sekali saja dan mengirimkannya ke semua teman di media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram dan lainnya.

Nantinya teman kalian bisa langsung meng-klik link tautan tersebut dan akan langsung mengarahkan mereka ke ID akun Line kalian.

Caranya kurang lebih seperti ini:

  1. Buka dulu aplikasi Line kalian di HP,
  2. Lalu di halaman beranda, kalian tap ikon add friends yang ada di kanan atas layar.
  3. Berikutnya kalian tap menu Undangan.
  4. Dalam tampilan ini kalian bisa memilih opsi Bagikan.
  5. Maka akan muncul platform Sosial Media, pilih salah satu yang kalian inginkan.
  6. Selesai.

Sekarang tinggal menunggu teman di sosial media kalian meng-klik tautan link yang sudah di kirim tadi. Biasanya jika ada, maka secara otomatis teman tersebut akan terlihat di daftar teman pada akun Line kalian.

Catatan:

  • Jika kalian membagikan undangan tadi lewat SMS atau email, maka kalian harus mempunyai kontak temannya terlebih dahulu.
  • Sedangkan jika melalui sosial media, maka undangan tadi akan tampil seperti postingan pada akun sosial media kalian. Nantinya postingan tersebut akan berisikan sebuah link aktif yang mengarah langsung ke akun Line kalian.

2. Dengan Scan Kode QR Line

Cara yang selanjutnya ini memang tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Jadi nantinya semua teman kalian hanya perlu melakukan scanning barcode-nya untuk menambahkan teman secara otomatis ke akun Line kalian.

Jika kalian belum tahu, begini caranya:

  1. Buka aplikasi Line di HP kalian.
  2. Lalu di halaman utama kalian klik ikon Add Friends.
  3. Kemudian lanjut pilih menu Kode QR.
  4. Maka kalian akan di alihkan ke fitur scanning QR Code.
  5. Lanjut untuk membuka menu Kode QR Saya yang ada di bagian bawah.
  6. Hasilnya Kode QR kalian akan tampil pada layar.
  7. Selesai.

Dengan kode QR tersebut, kalian bisa juga membagikannya ke sosial media dengan cara screenshot layar HP atau tap icon download. Kemudian mengirimkannya ke akun sosial media, atau bisa juga untuk menyuruh teman kalian langsung men-scan kode QR tersebut.

3. Mencari Teman di Line Secara Manual

Jika dibandingkan dengan cara yang ada di atas, jelas ini merupakan cara yang paling umum bagi pengguna aplikasi Line. Di mana kalian dapat menambahkan teman, namun dengan catatan kalian harus menyimpan ID Line atau nomor Telepon dari teman yang ingin di tambahkan.

Nah, jika kalian ingin mencobanya, maka berikut cara lengkapnya:

  1. Pertama buka Aplikasi Line di HP kalian.
  2. Kemudian kalian pilih menu Add Friends.
  3. Dalam menu ini, tap opsi Cari yang ada di sebelah kode QR.
  4. Selanjutnya kalian pilih Opsi untuk menambahkan teman.
  5. Di sana ada dua pilihan, menambahkan teman dengan ID Line atau dengan nomor Telepon.
  6. Pilih sesuai kebutuhan kalian.
  7. Setelah di tambahkan, maka klik ikon search di sebelahnya.
  8. Selesai.

Khusus jika kalian menambahkan teman dengan nomor telepon, maka hanya bisa aktif jika teman kalian mendaftar Line menggunakan nomor HP. Jika tidak, maka kalian akan sulit untuk menemukan teman menggunakan nomor HP tersebut.

4. Cara Menambahkan Teman di Line Dengan Fitur Goyangkan

Cara Menambahkan Teman di Line Dengan Fitur Goyangkan

Ini sebenarnya merupakan salah satu fitur unik yang di sediakan oleh aplikasi Line untuk membantu penggunanya menambahkan teman. Tapi untuk cara ini, kalian hanya bisa menambahkan teman satu-persatu saja dan teman kalian juga harus berada di sampingmu.

Jika kalian berminat, begini cara menggunakannya:

  1. Pertama buka aplikasi Line pada HP kalian.
  2. Kemudian pilih icon titik Tiga dan tap menu Tambah Teman.
  3. Maka akan muncul beberapa menu pilihan lainnya, di sini kalian pilih menu “Goyangkan!“.
  4. Lalu kalian akan melihat sebuah tampilan simulasi.
  5. Setelah itu, goyangkan HP kalian berdekatan dengan teman yang ingin di tambahkan.
  6. Secara otomatis teman tersebut akan di tambahkan ke daftar teman di akun Line kalian.
  7. Selesai.

Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Teman di Line?

Tidak Bisa Menambahkan Teman di Line

Mungkin dari kalian ada yang bertanya, kenapa tidak bisa menambahkan teman baru di Line? Jawabannya tentu ada banyak dan tergantung kalian menambahkan teman menggunakan cara yang mana. Apakah dengan menggunakan Kode QR, fitur pencarian ID atau  yang lainnya.

Selain itu, ada tiga kemungkinan yang juga membuat kalian tidak bisa menambahkan teman kedalam akun Line. Mulai dari teman yang ingin kalian tambahkan sudah pernah memblokir kalian di Line, atau dia telah mengaktifkan Mode Privasi dan kemungkinan juga nomor HP kalian tidak di simpan di dalam kontaknya.

Untuk mengatasinya, kalian bisa menemuinya langsung dan menanyakan, apakah dia memblokir akun kalian di Line atau dia memang mengaktifkan mode Privasi. Dengan begitu, masalah tidak bisa menambahkan teman di Line akan teratasi tanpa repot otak atik aplikasi Line lagi.

Tapi jika masih belum bisa teratasi, maka kalian bisa simak penjelasannya berikut ini.

1. Tidak bisa menambahkan teman di Line dan muncul pesan “Maaf, Anda tidak bisa menambahkan teman”

Seperti yang tertulis di situs resminya Line, kalau ada batasan jumlah teman yang bisa di tambahkan oleh pengguna  maupun jumlah pengguna yang bisa menambahkan kalian sebagai temannya.

Nah, jika saat kalian menambahkan teman dan muncul pesan “Maaf, Anda tidak bisa menambahkan teman“, maka kemungkinan besarnya kalau teman yang ingin kalian tambahkan itu sudah mencapai batas jumlah teman yang bisa di tambahkan olehnya.

Ini juga berlaku buat kalian sendiri, kemungkinan besar jumlah teman yang ada di akun Line kalian sudah mencapai batasnya. Sehingga kalian harus menghapus salah satu teman yang ada sebelumnya di daftar dan menambahkan teman baru tersebut.

2. Tidak bisa menambahkan teman menggunakan fitur pencarian ID pada Line

Untuk masalah ini biasanya ada di pengaturan penambahan teman dengan ID yang ada di akun Line masing-masing. Dalam mengatasi masalah ini, kalian bisa memilih caranya sesuai dengan masalah yang dihadapi.

1. Jika teman tidak bisa menemukan ID kita

  • Buka aplikasi Line.
  • Tapi ikon titik tiga dan cari menu Pengaturan.
  • Lalu buka menu Profil, jika tidak ketemu maka tekan di sini.
  • Terakhir tinggal nyalakan fitur Izinkan Tambahkan Teman dengan ID.

2. Apabila kamu tidak bisa mencari ID teman

Maka kemungkinan teman kalian tidak mengaktifkan fitur Izinkan Tambah Dengan ID di akun Line nya. Jadi silakan kalian minta kepadanya untuk mengaktifkan fitur tersebut dengan mengikuti caranya seperti di atas.

3. Tidak bisa menambahkan teman dengan kode QR

Apabila kalian ingin menambahkan teman di line dengan kode QR namun tidak terbaca meski sudah di ulang berkali-kali. Maka coba perbaharui terlebih dahulu kode QR tadi dan lakukan scan ulang dengan temanmu. Caranya begini:

  • Buka aplikasi Line.
  • Lalu cari menu Tambahkan Teman.
  • Tekan ikon Kode QR yang ada di sebelah kolom pencarian.
  • Tap lagi Kode QR Saya.
  • Setelah itu tekan ikon tanda panah melingkar.
  • Terakhir pilih OK.

Penutup

Untuk penjelasan yang saya sampaikan di sini khusus untuk kalian yang ingin menambahkan teman pada Line dan juga untuk yang sering mengalami masalah tidak bisa menambahkan teman. Semoga saja penjelasan di atas bisa dengan mudah kalian pahami dan mampu membantu menyelesaikan masalah yang sedang di hadapi.

Seperti biasa, jika ada penjelasan yang kurang kalian mengerti atau ada hal yang ingin di tanyakan, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Saya akan dengan senang hati membantu kalian untuk menyelesaikan masalah yang sedang di alami.

Baik, itu saja ulasan tentang cara menambahkan teman di Line dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga sesuai dengan harapan kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.