Solusi dan Arti Panggilan Dialihkan

Pahami Arti Panggilan Dialihkan dan Solusi Mengatasinya

Memang bukan merupakan masalah yang baru lagi, namun masih banyak yang ternyata mengalaminya. Di mana setiap kali melakukan panggilan, nomor telepon yang di hubungi selalu memunculkan pesan yang berbunyi ‘panggilan sedang dialihkan’.

Bagi kalian yang mungkin belum tahu, kalau pengalihan panggilan ini merupakan salah satu fitur yang ada di HP canggih saat ini. Meski sudah ada sejak lama, namun masih banyak pengguna yang tidak tahu tentang fitur tersebut. Sehingga saat mendengar pesan “Dialihkan” sering dianggap kalau nomor yang mereka hubungi sedang sibuk atau tidak aktif.

Padahal sebenarnya tidak selamanya seperti itu, lho. Lalu gimana? Nah, untuk pembahasan lebih lengkapnya, kalian bisa simak artikel di bawah ini.

Mengapa Panggilan Dialihkan?

Mengapa Panggilan Dialihkan

Pada dasarnya, panggilan yang sedang dialihkan itu merupakan sebuah pesan dari pengaturan yang dibuat oleh pengguna nomor dituju. Pesan “panggilan dialihkan” ini bakalan muncul ketika pemilik nomor yang kita hubungi tidak menjawab telepon atau sedang sibuk misalnya.

Hampir sebagian orang lebih sering menutup telepon ketika muncul sebuah pesan panggilan sedang dialihkan. Padahal sebenarnya tidak harus seperti itu, kok. Karena jika kita sabar menunggu, kemungkinan saja pemilik nomor yang dituju itu akan mengangkat teleponnya.

Sehingga ketika kalian mendengar pesan dialihkan, sebaiknya untuk menunggu sedikit sampai panggilan menutup dengan sendirinya. Hal tersebut karena bergantung dari pemilik nomor yang kita hubungi, bisa saja dia memang sedang sibuk atau mungkin lainnya.

Penyebab Panggilan Dialihkan

Penyebab Panggilan Dialihkan

Jika berbicara mengenai penyebabnya, sudah pasti bakalan ada banyak hal yang mempengaruhinya. Selain faktor jaringan pada HP, pesan ‘dialihkan’ ini bisa muncul karena pemilik nomor memang sedang mengaktifkannya.

Meski ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, namun ada beberapa hal mendasar yang mempengaruhinya. Misalnya saja seperti:

  1. Pemilik nomor yang di tuju mengatur pesan di alihkan terus menerus.
  2. Pengguna nomor yang kita tuju memang sedang sibuk.
  3. Pengguna nomor yang di tuju memang sedang menerima panggilan dari nomor lain.
  4. Pesan di alihkan muncul saat panggilan masuk tidak di angkat dalam waktu tertentu.
  5. Di alihkan ketika nomor yang kita tuju itu tidak terjangkau (umumnya terjadi saat mengalami gangguan jaringan).
  6. Dan lainnya.

Contoh Panggilan Sedang Dialihkan

Agar kalian bisa lebih mudah untuk memahami, maka di sini saya juga akan menjelaskan sedikit gambarannya, ya.

Sebagai contoh, saat kalian ingin menelepon teman di nomor 082334455667. Namun teman kalian sudah mengatur panggilan dialihkan ke nomor tidak terjawab. Misalnya saja ke nomor 081238776889.

Maka saat kalian menelpon ke nomor teman yang pertama, maka nanti jika ia tidak menjawab panggilan kalian dalam waktu tertentu. Secara otomatis panggilan akan di alihkan ke nomor yang keduanya.

Selain panggilan yang sedang sibuk, pesan di alihkan ini juga bisa muncul ketika nomor HP yang kita tuju sedang tidak mendapatkan sinyal. Atau bisa juga terjadi ketika ia memang sedang menerima panggilan lain saat kalian menelepon.

Cara Mengatasi Panggilan Dialihkan

Apabila posisi kalian saat ini ingin menelepon seseorang, maka satu-satunya solusi agar panggilan yang dialihkan dapat menjawab ialah dengan menunggunya. Kenapa harus menunggu? Karena masih tidak ada cara lain yang dapat kita lakukan selain hanya menunggu saja.

Ini juga karena fitur di alihkan memang di aktifkan oleh pemilik nomor yang kita tuju. Jadi, kita harus menunggu sampai pemilik nomor tersebut tidak sedang sibuk lagi. Berapa lama kita harus menunggu? Lama tidaknya kita harus menunggu tentu tergantung dari pemilik nomor itu sendiri.

Berbeda lagi jika kalian pernah mengaktifkan fitur panggilan ini dan sekarang ingin menonaktifkannya agar telepon menjadi normal. Caranya sebenarnya mudah, kok.

Cara membatalkan pemindahan panggilan

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Telepon atau Panggilan.
  • Selanjutnya tekan ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Berikutnya pilih menu Pengaturan.
  • Jika sudah masuk ke pengaturan panggilan, maka tap menu Layanan Tambahan.
  • Lalu pilih kembali menu Pemindahan Panggilan.
  • Apabila sudah, lanjutkan dengan memilih menu Panggilan Suara.
  • Langkah berikutnya pilih saja opsi Panggilan Dialihkan. Kalian dapat menekan opsi yang sudah di konfigurasi, misalnya saja seperti mengaturnya ke Teruskan Saat Sibuk.
  • Maka nantinya akan muncul sebuah popup menu. Kalian pilih saja menu Tidak Aktif.
  • Selesai, kini fitur pengalihan panggilan sudah tidak aktif lagi.

Perlu kalian ketahui lagi, kalau langkah-langkah di atas tadi itu merupakan proses untuk menonaktifkan fitur pengalihan panggilan, ya. Cara itu juga berlaku untuk semua HP canggih yang ada saat ini, namun hanya saja posisi menu di setiap merk HP berbeda-beda.

Namun, jika dari kalian ingin mengaktifkan pengalihan panggilan pada HP, maka caranya tidak jauh berbeda. Atau agar lebih jelas lagi, kalian bisa simak cara mengalihkan panggilan dengan aman di pembahasan saya sebelumnya.

Penutup

Bagi beberapa pengguna, fitur pengalihan panggilan ini terkadang di rasa cukup penting untuk diaktifkan. Tentu saja saat kita sedang sibuk atau sedang tidak bisa menerima sebuah panggilan masuk. Maka dengan fitur ini, kita dapat mengalihkan panggilan tersebut ke nomor lain.

Selain sangat penting dalam pekerjaan, fitur yang satu ini juga bisa kalian gunakan untuk mengantisipasi sebuah keadaan penting tertentu. Untuk hal tertentu ini mungkin tergantung pada masing-masing orang yang mengalami saja.

Selain itu, jika dari kalian ada yang pernah ataupun sering menemui pesan panggilan dialihkan dan bingung dengan penyebabnya, maka saya berharap artikel ini bisa membantu.

Jika kalian mempunyai sebuah pertanyaan atau ada hal yang kurang jelas, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Saya akan dengan senang hati membantu mencarikan solusi dari masalah yang sedang kalian hadapi.

Sekian informasi dari saya dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.