Cara Share Lokasi WhatsApp

Cara Share Lokasi WhatsApp Dengan Mudah dan Akurat

Cara Share Lokasi WhatsApp – Mungkin sudah banyak dari kalian yang tahu kalau share location adalah salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi WhatsApp. Di mana fitur yang ada di dalam WhatsApp ini dapat kita gunakan untuk berbagi lokasi dengan teman atau keluarga.

Meski terdengar mudah, namun masih ada sebagian pengguna aplikasi WhatsApp yang belum tahu caranya. Oleh karena itu, saya di sini akan mencoba untuk menjelaskan ke kalian mengenai cara share lokasi di WhatsApp dengan akurat.

Sebelum itu, pastikan kalau smartphone yang kalian gunakan mempunyai fitur GPS di dalamnya. Karena tanpa adanya fitur tersebut, kalian tidak akan pernah bisa untuk berbagi lokasi tempat kalian berada ke orang lain melalui WhatsApp. Karena seperti yang kita ketahui juga, kalau peranan GPS itu sangatlah penting bila ingin berbagi lokasi ataupun mencari lokasi.

Cara Share Lokasi WhatsApp Dengan Akurat

Tidak sedikit dari orang yang masih bertanya-tanya, bagaimana sih cara share lokasi atau sharelock di WA? Caranya sebenarnya mudah, dan saat ini juga sudah tersedia beberapa cara yang bisa di gunakan. Seperti langsung melalui aplikasi WhatsApp atau menggunakan bantuan aplikasi Google lainnya.

Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Langsung Dari Aplikasi WhatsApp

Kalian bisa membagikan lokasi secara langsung dari dalam aplikasi WhatsApp yang sedang di gunakan. Selain itu, kalian juga bisa mengatur berapa lama waktu lokasi yang sudah kalian bagikan itu.

Caranya begini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada HP.
  2. Lalu aktifkan GPS terlebih dahulu.
  3. Berikutnya cari group atau chat orang yang ingin kalian bagikan lokasi.
  4. Setelah itu, tap ikon klip kertas yang ada di sebelah ikon kamera.
  5. Jika sudah, pilih saja opsi Lokasi.
  6. Sekarang tekan menu Berbagi Lokasi terkini.
  7. Di halaman ini, kalian pilih batas waktu berlakunya lokasi yang di buat.
  8. Terakhir tap menu Kirim.

Selesai, kini kalian sudah berhasil berbagi lokasi dari aplikasi WhatsApp. Pastikan lokasi yang di buat sudah benar-benar sesuai dengan yang di inginkan, agar nanti orang yang mengikutinya tidak ke sasar.

2. Share Lokasi ke WhatsApp Via Google Maps

Share Lokasi ke WhatsApp Via Google Maps

Selain kalian bisa berbagi lokasi langsung dari aplikasi WhatsApp, sebenarnya masih ada cara lain yang bisa kalian coba. Di mana kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps untuk membagikan lokasi yang lebih cepat ke WhatsApp. Nah, Agar lebih akurat, nanti kalian juga bisa menambahkan lokasi di Google Maps sebelum membagikannya.

Jika berminat, berikut langkah-langkahnya untuk kalian:

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Lalu kalian aktifkan GPS pada HP.
  3. Tekan dan tahan di lokasi tempat kalian berada sampai muncul pin merah.
  4. Setelah itu, pilih opsi Bagikan Tempat.
  5. Pilih aplikasi WhatsApp.
  6. Sekarang cari grup atau chat di wa yang ingin kalian bagikan lokasi.
  7. Maka pada kolom chat, kalian akan langsung melihat link lokasi yang di buat.
  8. Terakhir tekan saja tombol Kirim.

Dengan begitu, lokasi akan terkirim ke orang yang ingin kalian bagikan dan iya bisa langsung menekan link tersebut lalu mengikuti petunjuk arah yang muncul.

Cara Share Lokasi Terdekat di WA

Selain bisa membagikan lokasi secara real time di wa, sebenarnya kita juga masih bisa share lokasi terdekat yang ada di tempat kita. Jadi, kita bisa berbagi semua lokasi terdekat, seperti rumah makan, SPBU, tempat menginap, tempat olah raga dan lainnya.

Caranya juga tidak sulit untuk kita lakukan, karena prosesnya hampir sama seperti yang pertama tadi. Namun jika kalian masih belum yakin, maka berikut cara lengkapnya:

  • Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp di HP.
  • Lalu jangan lupa aktifkan GPS.
  • Sekarang kalian cari teman wa yang ingin di bagikan lokasi.
  • Setelah itu tap ikon klip kertas yang ada di bawah.
  • Berikutnya pilih menu Lokasi.
  • Di halaman ini kalian akan melihat beberapa pilihan lokasi terdekat.
  • Cari lokasi yang ingin kalian bagikan.
  • Atur durasi waktu yang di inginkan.
  • Terakhir klik menu Kirim.

Dengan begitu, kalian sudah berhasil berbagi lokasi terdekat dari tempat kalian berada saat ini. Selain itu kalian juga tidak perlu lagi pergi ke tempat itu hanya untuk membagikan lokasinya.

Cara Share Lokasi Palsu di WhatsApp

Mungkin ada kalanya kalian menginginkan suasana sendiri dan tidak ingin ada seorang pun yang tahu lokasi atau di mana tempat kalian berada. Tapi, terkadang hal itu sering membuat beberapa pasangan atau orang terdekat merasa kesal dan marah.

Alasannya mungkin saja berbeda-beda, namun nyatanya saat ini kita bisa membagikan lokasi secara nyata, sehingga tidak bisa mengelak ketika sedang di tanya lokasi tempat kalian berada. Mungkin bagi sebagian orang tidak pernah terpikirkan, karena sebenarnya kita bisa mengelabui orang yang kita kirimkan lokasi.

Jadi, kita tetap mengirimkan lokasi ke dia, namun bukan lokasi tempat kita berada saat ini tapi lokasi lain (palsu). Sehingga kalian bisa tetap berada di tempat yang di inginkan bersama kesendirian yang memang kalian harapkan.

Ingin mencobanya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Install Aplikasi Fake GPS Location

Langkah pertama, pastikan kalian sudah mendownload sebuah aplikasi Fake GPS Location di Google Play Store yang ada di ponsel Android.

Di mana kalian hanya perlu mengetikan ‘Fake GPS Location‘ di kolom pencarian Google Play Store. Setelah muncul, kalian bisa langsung menginstallnya seperti biasa.

2. Buka Pengaturan Pada HP

Selanjutnya kalian buka pengaturan pada HP, kemudian cari menu GPS yang biasanya ada di deretan tengah menu lainnya.

Aktifkan saja langsung fitur GPS pada HP, lalu kalian cari menu Mode dan pilih lagi khusus perangkat/GPS only. Jika sudah, jangan lupa pilih Allow Mock Location (Izinkan Lokasi Contoh) dan centang untuk mengaktifkanya.

3. Buka Aplikasi Fake GPS

Jika proses pengaturan GPS pada HP sudah selesai, maka kini saatnya kita membuka aplikasi yang sudah di install sebelumnya.

Langsung saja buka aplikasi Fake GPS Location dan ketikan nama alamat lokasi yang ingin kalian bagikan.

4. Kirim Lokasi Palsu di WhatsApp

Apabila lokasi sudah kalian tentukan, maka selanjutnya kita buka aplikasi WhatsApp. Kalian cari seseorang yang ingin dibagikan lokasi tersebut.

Untuk membagikannya sebenarnya saja seperti membagikan lokasi biasa, di mana dengan hanya mengetuk Attchment. Selesai deh, lokasi palsu yang kalian buat sudah terkirim.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Share Location

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Share Location

Meski terdengar mudah, namun tidak sedikit dari orang yang mengalami masalah, misalnya seperti WhatsApp tidak bisa share location. Kondisi seperti ini tentu akan membuat kalian tidak akan pernah bisa membagikan lokasi ke orang lain melalui aplikasi WhatsApp.

Lalu apa sih, penyebab WhatsApp tidak bisa share location?

Secara umum, ada tiga hal yang kemungkinan besar menjadi penyebab WhatsApp tidak bisa share location. Mulai dari masalah pengaturan pada WhatsApp, Map belum pernah di update dan yang terakhir GPS pada HP yang memang sedang bermasalah.

Jadi, untuk mengatasi masalah aplikasi WhatsApp tidak bisa share location itu, sebenarnya bisa kalian lakukan dengan cara berikut:

  • Perbaiki pengaturan WhatsApp : Kalian dapat membuka menu setelan pada HP, lalu cari aplikasi atau daftar aplikasi. Jika sudah, cari aplikasi WhatsApp dan langsung tap menu perijinan. Berikutnya nyalakan lokasi dengan menggeser tombolnya saja.
  • Update Map pada HP : Agar masalah WhatsApp tidak bisa share location teratasi, maka kalian juga wajib melakukan update map pada aplikasi Google Maps. Ini juga akan membuat lokasi yang kalian bagikan lebih akurat.
  • Perbaiki GPS : Cara yang terakhir, kalian bisa mencoba untuk memperbaiki fitur GPS yang ada pada HP. Karena bisa saja, masalah ini timbul karena fitur GPS mengalami masalah atau error saat digunakan.

Dengan melakukan beberapa cara tersebut, tentunya masalah aplikasi WhatsApp tidak bisa share location sudah dapat teratasi.

Penutup

Perlu kalian ketahui juga, kalau pada saat share lokasi WhatsApp secara real time, maka kalian wajib memperhatikan durasi waktu yang di buat. Karena jika kalian mengatur waktu saat share lokasi di WhatsApp hanya 1 jam, maka lokasi tersebut hanya bisa di gunakan selama 1 jam saja.

Jika sudah lewat dari 1 jam, maka secara otomatis lokasi kalian akan kadaluarsa atau tidak bisa di gunakan kembali. Jadi, sebelum share lokasi ke teman di WhatsApp, maka ada baiknya memperhatikan durasi waktu yang di buat.

Baik, mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa saya sampaikan hari ini untuk kalian tentang cara share lokasi WhatsApp yang akurat dan cepat.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.