Cara Membuat Akun SSH Gratis

Cara Membuat Akun SSH Gratis Tahun ini

Cara Membuat Akun SSH Gratis – Pada tahun 2016 sampai 2017, akun SSH memang sepat ramai dan menjadi perbincangan di berbagai kalangan. Meski begitu, di tahun ini masih tetap banyak yang ingin menggunakan akun SSH.

Dalam membuat akun SSH, umumnya kita di haruskan membayar dengan jumlah tertentu. Serta penggunaan akun SSH juga bersifat langganan, mulai dari 1 hari, 7 hari sampai 30 hari.

Harganya juga beragam dan tergantung dari penyedia dan tingkat kecepatan pada akun SSH itu sendiri.

Nah, pernah gak sih kalian kepikiran tentang mendapatkan akun SSH secara gratis? Kalau saya pribadi, pastinya lah, hehe. Sekarang ini, siapa sih orang yang tidak ingin mendapatkan apa yang di inginkan secara gratis.

Jika kalian berminat, silakan simak penjelasan di bawah ini sampai akhir ya.

Apa Itu SSH?

SSH adalah singkatan dari Secure Shell Connection dan merupakan sebuah protokol administrasi yang memungkinkan user bisa mengakses serta memodifikasi berbagai macam pengaturan ataupun file di dalam server.

Mungkin dari kalian ada yang mengenal Telnet? Nah, SSH ini merupakan sebuah pengembangan dari Telnet tersebut. Yang dikarenakan Telnet di anggap memiliki kelemahan pada sistem keamanannya ketika melakukan enkripsi.

Tentu jauh berbeda dengan Telnet, karena koneksi yang terjadi di SSh di enkripsi memakai beberapa teknologi terbaik. Mulai dari enkripsi simetris, asimetris dan hashing.

Ketiga teknologi tersebut adalah teknik kriptografi yang menjamin koneksi terenkripsi dengan lebih baik. Oleh sebab itulah, SSH mulai terkenal dan di pakai oleh banyak kalangan masyarakat.


Baca Juga : Cara Perbaiki Konektor HP yang Rusak atau Longgar


Apa Saja Manfaat Menggunakan SSH?

Ada banyak sekali keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan saat menggunakan SSH. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Dapat Mengontrol Hosting Dengan Bebas

Dengan menggunakan SSH, mengontrol hosting secara jarak jauh bukan lagi hal yang mustahil untuk kita lakukan. Ibaratnya itu kalian mempunyai remote control untuk mengendalikan pesawat sesuai dengan keinginan kita.

SSH juga memungkinkan kita mempunyai hak penuh terhadap control hosting, tanpa harus mendatangi server fisiknya langsung. Selain itu kita juga dengan bebas memantau log server, menginstall atau menghapus aplikasi, transfer data dan masih banyak lagi.

2. Mampu Menghindari Cyber Crime

SSH mempunyai teknologi kriptografi kunci tertentu di dalamnya. Yang mana SSH akan secara otomatis memutus koneksi pada saat ada seorang hecker yang berusaha membajak koneksi kita.

Dengan begitu kita pun selamat dari berbagai serangan cyber crime, seperti spoofing IP, DNS, manipulasi data, pelacakan ilegal dan lainnya.

3. Memiliki Keamanan yang Ketat

Seorang hacker akan mengalami kesulitan ketika ingin mencuri data kita jika menggunakan SSH. Mengapa? Karena SSH memungkinkan enkripsi data, sehingga hacker akan kesulitan untuk dapat meretas password serta informasi begitu saja.

Cara Membuat Akun SSH Gratis

Cara Membuat Akun SSH Gratis

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau bertukar data menggunakan SSH itu sangatlah aman. Kenapa? Karena semua data yang lalu lalang tersebut akan di enkripsi, sehingga aman dari serangan virus ataupun malware.

Untuk sekarang ini, sebenarnya kita bisa membuat SSH secara gratis. Hanya saja akun SSH di sini mempunyai batasan tertentu dari pada akun yang berbayar.

Tapi jika hanya untuk belajar, saya rasa akun SSH gratis sudah cukup untuk kita gunakan. Berikut cara membuat akun SSH secara gratis:

1. Membuat Akun SSH Gratis di FastSSH

  • Pertama kunjungi situs Fastssh.com.
  • Kemudian di halaman utama, pilih saja negara yang kalian inginkan.
  • Jika ingin membuat akun SSH yang berlokasi di Singapura, maka pilih Select in Asia.
  • Lalu pilih Select in Singapore.
  • Di halaman ini, kalian akan melihat banyak pilihan server yang dapat di gunakan. Pilih saja server yang sesuai dengan keinginan kalian, sebagai contoh saya di sini memilih server SSH MCT dengan port dropbear : 443.
  • Pastikan pada kolom ACC Reamining masih tersedia slot bagi (kotak hijau) kita untuk membuat akun. Jika ternyata tulisannya full (kotak merah), maka itu artinya kita tidak bisa membuat akun pada server ini.
  • Selanjutnya kalian isi kolom username dan password sesuai dengan keinginan. Jangan lupa juga untuk centang verifikasi captcha I’m not a robot.
  • Apabila kalian mengalami kesulitan dalam melakukan verifikasi captcha, maka pilih login with FB to remoce Captcha. Lalu pilih Creat Account.
  • Tunggu beberapa saat, maka akun SSH kalian sudah berhasil di buat dan siap untuk di gunakan.
  • Selesai.

Penting:

Pastikan kalian sudah mencatat mengenai informasi akun SSH yang sudah di buat tadi. Selain itu, akun SSH yang kalian buat tadi itu mempunyai masa aktif selama 3 hari saja. Setelah lewat dari 3 hari, akun SSH tidak bisa di gunakan lagi kecuali kalian berlangganan akun premium-nya.

2. Membuat Akun SSH Gratis di Speedssh

  1. Pertama-tama silakan kalian kunjungi situs speedssh.com.
  2. Kemudian kalian pilih lokasi server sesuai dengan keinginan. Di sini saya akan memilih SSH Server Asia, lalu klik Select.
  3. Sekarang kalian pilih opsi negara yang di inginkan, di sini saya memilih Singapore.
  4. Pilih server berapa yang kalian inginkan, sebagai contoh di sini saya memilih SSH Server SIngapore 1.
  5. Lalu klik Select.
  6. Masukan username dan password untuk membuat akun SSH kalian. Jika sudah silakan kalian klik menu Create Account.
  7. Jangan lupa mencatat detail akun yang sudah kalian buat tadi, seperti usernamepasswordhost IP, di buat pada tanggal berapa dan berakhir di tanggal berapa.
  8. Tunggu beberapa saat dan akun SSH gratis berhasil di buat serta siap untuk kalian gunakan.
  9. Selesai.

Bagaimana Cara Kerja SSH?

Cara kerja SSH adalah dengan menggunakan model client server, sehingga membuat koneksi yang terjadi melalui SSH client terlebih dahulu kemudian baru ke SSH server.

SSH client akan melakukan proses koneksi dan memakai kunci kriptografi untuk melakukan verifikasi dan mengidentifikasi SSH server. Nanti apabila kunci yang di pakai oleh SSH client tidak sama dengan SSH server, maka secara otomatis koneksi tidak akan bisa tersambung.

Maka dari itulah, banyak kalangan masyarakat yang menggunakan SSH untuk beberapa keperluan. Jadi, bagaimana dengan kalian?

Silakan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggunakan SSH, karena biayanya tidak sedikit juga, hehe. Meski ada yang gratis, namun itu ada batasannya. Mulai dari masa aktif akun SSH yang pendek, sampai fitur-fitur di dalamnya yang juga terbatas.


Baca Juga : Cara Cek HP Sudah Support MHL atau Belum


Kelebihan dan Kekurangan Dari SSH

1. Kelebihan Menggunakan SSH

Jika melihat penjelasan yang sudah saya tulis di atas, tentu ada banyak kelebihan yang di miliki oleh SSH. Seperti:

  • SSH mempunyai fungsi DNS spoofing. Di mana data yang di tempa akan di tempatkan pada cache server.
  • Menggunakan SSH juga memungkinkan kita untuk mengakses internet secara gratis dan unlimited.
  • Kita bisa dengan mudah membuka berbagai macam situs yang sebelumnya tidak dapat di akses atau terblokir oleh internet positif.
  • Kecepatan koneksi yang jauh lebih cepat (tergantung dari server yang kita gunakan).
  • Jauh lebih terjangkau dari pada membeli akses internet dari provider seluler.

2. Kekurangan Menggunakan SSH

Selain kelebihan, tentu SSH juga memiliki kekurangan yang tidak bisa kita lewatkan. Berikut kekurangan dari SSH:

  • Kita di haruskan memperbaharui secara berkala. Jadi dengan kata lain, SSH tidak dapat kita gunakan selamanya.
  • Tidak semua operator seluler dapat menggunakan SSH, biasanya sih tergantung daru bug yang ada.
  • Dalam akun SSH gratis, akses download akan jauh lebih lambat.
  • Bandwith untuk server lokal itu jauh lebih sedikit di bandingkan dengan badwidth untuk server luar.

Daftar Situs Penyedia Akun SSH Gratis Saat Ini

Dulu memang sangat sedikit sekali ada penyedia akun SSH secara gratis, tapi sekarang sudah jauh berbeda. Yang mana sekarang ini sudah ada banyak situs penyedia akun SSH secara gratis selain yang sudah saya sebutkan tadi.

Berikut beberapa situs penyedia SSH gratis terbaik di tahun ini:

  1. sshkit.com
  2. tcpvpn.com
  3. fullssh.com
  4. skyssh.com
  5. portssh.com
  6. jetssh.com
  7. vpnjantit.com
  8. mytunneling.com

Meski masih ada yang lainnya, namun untuk saat ini hanya itu saja yang saya rasa terpercaya dan cukup banyak mempunyai user. Silakan kalian pilih saja salah satu dari beberapa situs penyedia SSH tersebut.

Penutup

Begitulah cara membuat akun SSH gratis yang dapat saya jelaskan hari ini dan semoga bisa membantu kalian semuanya.

Seperti biasa, jika ada yang kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.