Cara Cek HP Sudah Support MHL

Cara Cek HP Sudah Support MHL

Cek HP Sudah Support MHL – Kalau menurut pandangan saya pribadi, mengecek HP yang di gunakan sudah support MHL atau belum itu sangatlah penting. Kenapa? Karena kalau HP sudah support MHL, maka kita akan memperoleh banyak fitur menarik di dalamnya.

Salah satunya, seperti ketika bermain game di HP, kita juga bisa melihat tampilannya pada monitor. Selain itu, tentu masih ada banyak fitur-fitur keren pada HP yang sudah support MHL.

Tapi, apa sih MHL itu? Serta bagaimana cara kita mengetahui HP sudah support MHL atau belum?

Nah, bila kalian mempunyai pertanyaan seperti itu, maka tidak usah pusing-pusing mencari jawabannya. Sebab dalam pembahasan ini saya akan menjelaskannya secara lengkap. Silakan di simak sampai akhir, ya.

Apa yang Dimaksud Dengan MHL?

Apa itu MHL? MHL merupakan sebuah singkatan dari Mobile High Definition Link. MHL adalah salah satu fitur yang ada di dalam HP serta tablet yang memiliki fungsi untuk membawa sinyal video digital ke perangkat lain.

Pada umumnya, perangkat yang mampu menerima sinyal dari MHL ini iyalah monitor dan televisi. Singkatnya, nanti HP atau tablet yang kita gunakan mampu berbagi tampilan layar ke kedua perangkat tersebut.

Kebanyakan pengguna lebih sering memakai fitur MHL ini untuk bermain game HP ataupun streaming video. Tentu ini agar kita bisa melihatnya dengan layar yang lebih luas dan jelas.


Baca Juga : Cara Atasi HP Suka Mati Sendiri


Catatan:

Kalian juga wajib tahu, kalau MHL itu sudah di lengkapi dengan fitur ZLC (Zero Lag Connection). Sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya lag atau delay ketika kita menghubungkan HP ke monitor maupun TV.

Cara Cek HP Sudah Support MHL Atau Belum

Meski sudah sangat umum, namun fitur MHL ini masih belum support di semua HP, ya. Kebanyakannya sih pada HP-HP keluaran baru saja yang sudah support MHL, itupun umumnya tergolong pada ponsel kelas mid-end saja.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya juga kalau kita mencari tahu, apakah HP yang di gunakan sudah support MHL atau belum. Untuk mengetahuinya, kalian bisa memilih salah satu dari dua cara yang sudah saya siapkan di bawah ini.

1. Lewat Situs

Cara yang pertama, kita bisa cek HP sudah support MHL atau belum melalui sebuah situs resmi dari MHL. Nantinya pada situs tersebut, kita akan di minta untuk mengisikan nomor model dari HP atau tablet yang di gunakan.

Untuk mengetahui nomor model dari HP atau tablet yang di pakai, kalian bisa melakukannya melalui menu pengaturan.

Caranya buka dulu Pengaturan lalu Tentang Ponsel, nanti akan muncul informasi mengenai HP atau tablet yang di gunakan. Silakan lihat pada kolom nomor model, kemudian salin.

Cara cek HP sudah support MHL atau belum melalui situs website:

  1. Langkah pertama buka Browser terlebih dahulu.
  2. Kemudian kunjungi situs mhltech.org.
  3. Pada halaman MHL Devices, silakan pilih menu Mobile.
  4. Lalu masukkan nomor model HP yang sudah kalian salin tadi.
  5. Setelah itu, tap ikon Search.
  6. Jika tidak ada hasil, itu artinya HP kalian belum support MHL. Tapi jika muncul nomor model di bawahnya, itu artinya HP sudah support MHL.
  7. Selesai.

2. Cek HP Sudah Support MHL Lewat Aplikasi

Selain melalui situs website resminya, sebenarnya kita juga bisa mengecek HP sudah support MHL atau belum menggunakan aplikasi tambahan. Hanya saja, dalam aplikasi ini kita tidak perlu lagi untuk memasukkan nomor model HP seperti tadi.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengecek MHL pada HP maupun tablet. Namun salah satu aplikasi yang aman dan paling saya rekomendasikan adalah MHL Checker.

Kenapa menggunakan MHL Checker? Karena aplikasi tersebut memiliki hasil pengecekan yang cukup akurat dari pada aplikasi lainnya.

Cara mengecek HP sudah support MHL atau belum dengan aplikasi:

  • Pertama silakan kalian install terlebih dahulu aplikasi MHL Checker.
  • Install aplikasinya seperti biasa.
  • Apabila sudah, langsung buka aplikasi MHL Checker.
  • Pada halaman utamanya, silakan tekan tombol Check.
  • Jika muncul notifikasi pada kolom Result, itu tandanya HP belum support MHL.
  • Tapi apabila support, maka akan muncul notifikasi “This Devices Support MHL Connection“.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Suka Restart Sendiri


Cara Menggunakan Fitur MHL di HP

Untuk ponsel yang sudah mendukung fitur MHL, maka kalian bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Jika kalian ingin menyambungkan HP ke TV maka hanya perlu menyiapkan sebuah MHL adapter saja. Fungsinya sebagai konektor untuk menghubungkan ponsel ke TV.

Nah, penting juga untuk kalian ketahui kalau selain mengecek MHL di HP, TV yang akan di koneksikan juga harus sudah support fitur ini.

Karena jika TV kalian ternyata belum support MHL, tentu akan sulit untuk dapat menghubungkannya.

Penutup

Sampai di sini dulu pembahasan kali ini mengenai cara cek HP sudah support MHL atau belum. Silakan kalian bisa memilih salah satu dari dua cara di atas ketika ingin mengecek HP maupun tablet yang di gunakan.

Jika ada yang kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.