Cara Melepas Tempered Glass

Cara Melepas Tempered Glass yang Benar dan Aman

Cara Melepas Tempered Glass – Ada satu hal yang sangat di sarankan saat kalian membeli sebuah HP baru. Ialah memasangkan tempered glass pada layar HP.

Kenapa harus memasang tempered glass? Ini karena tempered glass mampu memberikan perlindungan pada layar utama HP kita dari goresan yang bisa saja muncul secara tidak sengaja.

Tidak sampai di situ saja, kalau HP tiba-tiba terjatuh, layar juga akan terjaga dengan aman. Sebab nantinya yang rusak karena terjatuh itu hanya bagian tempered glass saja. Tapi dengan catatan, tingkat dari jatuhnya ponsel tidak parah dan tinggi ya.

Pada dasarnya, tempered glass sendiri sifatnya itu tidak permanen. Sangat mirib sekali dengan anti gores yang biasanya. Sehingga di sini kita bisa melepas kapanpun yang kita mau.

Nah, bagi kalian yang saat ini mungkin masih bingung dengan cara melepas tempered glass yang aman dan benar. Silakan bisa menyimak langkah-langkahnya di sini.

Cara Melepas Tempered Glass

Ada sedikit catatan bagi kalian yang mungkin belum terbiasa, melepas tempered glass ini umumnya akan sedikit sulit dan butuh ketelitian. Karena hampir sebagian lem dari tempered glass bisa di bilang sangat keras.

Meski begitu, bukan berarti juga kalau tidak bisa kita lepaskan, ya. Nah, berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa kalian coba di rumah ketika ingin melepas pelindung layar HP.

1. Menggunakan Tangan

Pertama, di sini kita bisa juga melepas tempered glass menggunakan tangan namun tetap memakai alat bantu, seperti hair dryer.

Tempered glass umumnya di lengkapi dengan lem yang membuat lapisan pelindungnya bisa menempel dengan baik. Jadi, untuk melepaskan rekatannya ini, maka lapisan pelindung tersebut harus di hangatkan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah bisa kita lepas secara perlahan-lahan.

Caranya seperti ini:

  1. Silakan kalian matikan HP terlebih dahulu.
  2. Kemudian panaskan lapisan pelindung layar menggunakan hair dryer selama 15 detik saja.
  3. Lalu cari celah dengan mencongkel bagian sudut lapisan pelindung dengan kuku jari.
  4. Setelah dapat, silakan angkat lapisan pelindung secara perlahan-lahan dan hati-hati.
  5. Pada saat mengangkat lapisan, barengi dengan menggerakan tangan ke bawah lapisan dari permukaan pelindung. Ini bertujuan untuk menopang lapisan pelindung agar tidak pecah.
  6. Jika sudah, jangan lupa bersihkan bagian layar.
  7. Selesai.

2. Melepas Tempered Glass Dengan Kartu SIM

Melepas Tempered Glass Dengan Kartu SIM

  1. Pertama siapkan dulu kartu SIM.
  2. Kemudian lepas bagian ujung tempered glass HP dengan memakai kuku tangan.
  3. Jika sudah, silakan kalian selipkan kartu SIM ke bagian tempered glass yang berhasil terlepas tadi.
  4. Selanjutnya dorong atau gerakkan kartu SIM ke setiap sudut sisi HP. Ini agar perekat dari tempered glass terlepas secara merata.
  5. Selesai.

Kartu SIM sangat sering di gunakan untuk membuka suatu benda tipis. Misalnya seperti membuka casing HP sampai melepas tempered glass.

Sehingga di sini kalian bisa menggunakan bantuan kartu SIM untuk melepas tempered glass yang ada pada HP. Pada saat melepas, jangan lupa juga untuk memastikan perekat di setiap sisi tempered glass sudah hilang.

3. Menggunakan Kertas HVS

Apabila kalian tidak memiliki kartu SIM bekas, maka di sini kalian juga bisa memakai kertas HVS untuk melepas tempered glass pada HP.

Kenapa harus kertas HVS? Alasannya penggunaan kertas HVS di sini tentu agar layar utama HP tidak tergores.

Seperti yang kalian ketahui juga, kalau kertas HVS ini mempunyai karakteristik yang lembut, tipis dan kuat. Sehingga sangat cocok untuk di gunakan saat ingin melepas tempered glass pada HP.

Caranya seperti ini:

  • Langkah pertama, silakan kalian lepas dulu bagian ujung dari tempered glass yang masih terpasang pada HP memakai kuku jari.
  • Setelah terangkat, silakan selipkan kertas HVS ke bagian tempered glass.
  • Kemudian dorong secara perlahan-lahan sampai tempered glass berhasil terlepas.
  • Terakhir periksa dan bersihkan sisa-sisa perekat tempered glass pada layar.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Memilih Antigores Terbaik Untuk HP


4. Melepas Tempered Glass Menggunakan Jarum

Jika kalian merasa kalau tempered glass sangat lengket sehingga sulit untuk di lepas, maka di sini kalian bisa mencoba memakai jarum pentul.

Tapi dengan satu catatan, ya. Kalau kalian memakai cara ini, lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores bagian layar utama HP. Terutama untuk kalian yang menggunakan HP dengan desain full screen atau tanpa bezel.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Pertama-tama kalian bisa menyiapkan jarum pentul.
  • Berikutnya lepas bagian ujung tempered glass memakai jarum pentul tersebut.
  • Terus masukkan jarum sampai bagian ujung dari tempered glass terlepas. Ini juga akan memudahkan kita untuk memegang bagian tempered glass tersebut.
  • Jika sudah berhasil memegang bagian tempered glass dengan cukup baik, maka sekarang silakan tarik secara perlahan-lahan untuk melepaskannya dari layar.
  • Selesai.

Tips Ketika Melepas Tempered Glass

Selain cara melepas, di sini saya juga akan berbagi sedikit tips ketika melepas tempered glass. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian coba simak sebelum mulai melepas tempered glass.

1. Lakukan Secara Perlahan

Tips yang pertama, di sini kalian bisa melepaskan tempered glass dengan cara perlahan-lahan. Sebab jika kalian melepaskannya secara kasar, di khawatirkan akan membuat layar HP tergores atau rusak.

Tidak hanya itu, mencopot tempered glass secara terburu-buru juga bisa membuat tempered glass tersebut pecah. Sehingga akan lebih sulit lagi untuk melepaskannya dari layar HP.

2. Pastikan Lem Sudah Terlepas Semuanya

Pada waktu kalian melepas tempered glass dari layar HP, terkadang sisa-sisa lemnya masih saja menempel pada layar. Terutama sih untuk kualitas dari tempered glass yang kurang bagus atau murah.

Jadi, pastikan sisa-sisa perekat dari tempered glass benar-benar sudah hilang. Atau kalian juga bisa membersihkan sisa lem menggunakan tisu yang sudah di basahi dengan air. Lalu lap bagian layar HP secara perlahan-lahan sampai bersih.

3. Tempered Glass yang Dilepas Tidak Dapat Terpasang Lagi

Tips yang terakhir, kalian juga wajib tahu kalau tempered glass yang sudah di lepas tidak akan bisa di pasang kembali.

Hal ini tentu karena lem yang ada pada tempered glass tersebut sifatnya sekali pakai saja. Maka dari itu, sebelum mulai melepasnya, pastikan kalian sudah menyiapkan tempered glass baru sebagai penggantinya.

Nanti setelah tempered glass lama sudah terlepas dan kotoran lem sudah benar-benar bersih, maka kalian tinggal memasang yang baru saja.

Penutup

Mungkin itu saja beberapa cara melepas tempered glass yang benar dan aman. Meski beberapa orang menganggapnya sulit, namun mengganti tempered glass sendiri di rumah bisa di bilang mudah kok. Asalkan kita sudah tahu caranya dengan benar.

Jika ada yang masih kurang jelas atau ada pertanyaan yang kalian miliki, silakan tuliskan saja pada kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.