Ukuran Feed Instagram Terbaru

Ukuran Feed Instagram Ideal Terbaru

Ukuran Feed Instagram – Mungkin bagi beberapa orang, hal yang satu ini tidak terlalu penting untuk di perhatikan. Tapi untuk mereka yang sering memposting foto atau video di Instagram, jelas mengetahui ukuran feed yang ideal sangatlah penting.

Kenapa? Karena dengan memperhatikan ukuran feed yang sesuai dan pas, maka foto maupun video yang kita upload tidak akan menjadi blur (buram). Selain itu, hal ini juga akan membuat foto dan video yang ada di postingan menjadi terlihat lebih menarik.

Nah, bagi kalian yang saat ini mungkin masih bingung dengan ukuran feed yang pas di Instagram. Bisa langsung menyimak informasi lengkapnya di artikel ini, ya.

Mengapa Harus Menggunakan Ukuran Feed Instagram yang Tepat?

Mengapa Harus Menggunakan Ukuran Feed Instagram yang Tepat

Seperti yang saya katakan di awal, untuk membuat sebuah konten yang menarik dan sangat mengutamakan visual seperti di Instagram, maka memperhatikan ukuran adalah hal terpenting.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Wikipedia, memakai ukuran feed yang tepat akan membuat konten Instagram menjadi lebih bagus. Karena konten tersebut akan tampil dengan kualitas yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk foto yang terlalu kecil, biasanya akan membuatnya terlihat pecah, buram atau pixelated. Konten di sosial media seperti ini malah akan lebih cenderung di nilai negatif oleh beberapa orang.

Selain itu, ukuran konten yang sesuai juga mampu meningkatkan engagement dan memastikan audiens bisa melihat kontennya secara menyeluruh tanpa ada yang terpotong. Oleh sebab itu, sebelum membuat sebuah konten, sebaiknya perhatikan ukuran yang ideal sesuai postingan yang akan di buat.


Baca Juga : Cara Dapat Centang Biru di Instagram


Ukuran Feed Instagram Paling Optimal

Untuk contoh foto yang bagus dan menarik, biasanya dapat kita lihat pada Selegram. Karena mereka itu menggunakan foto maupun video yang sudah sesuai dengan pedoman yang di berikan oleh pihak Instagram.

Berikut ini beberapa ukuran feed yang ideal di Instagram foto, video dalam satuan pixel dan cm. Silakan pilih sesuai kebutuhan kalian saat ini, ya.

1. Ukuran Feed Untuk Foto

Secara umumnya, untuk ukuran paling ideal dalam membuat postingan foto di Instagram terbagi menjadi 3 jenis.

  1. Square (persegi)
  2. Landscape
  3. Potrait

Jadi, sebelum kalian mulai membuat sebuah postingan, sebaiknya pilih dulu jenis foto yang akan di pakai. Ini agar ukuran feed di Instagram sesuai dan foto bisa terlihat rapih.

Selain konsisten pada ukuran foto yang di posting, kalian juga bisa merapihkan feed dengan cara membuat grid dari gambar tersebut menjadi tiga sampai enam kotak.

Untuk ukurannya sendiri nanti tergantung dari jenisnya, ya. Yaitu:

Jenis FeedResolusiSatuan CMRasio
Square (persegi)1080 x 1080 px28,5 x 28,5 cm1:1
Landscape1080 x 608 px28,5 x 16,1 cm1.91:1
Potrait1080 x 1350 px28,5 x 35,7 cm4:5

Kesimpulannya, ukuran feed yang ideal dan paling di rekomendasikan di Instagram ialah 1080 x 608 pixels (rasio 1:91:1) untuk gaya gambar umum dengan jenis landscape.

Nah, apabila kalian memiliki sebuah gambar yang ingin di posting tapi ukurannya masih belum sesuai, maka bisa di resize terlebih dahulu.

2. Ukuran Feed Untuk Video

Tidak hanya gambar, jika kalian sering memposting video juga di wajibkan untuk mematuhi pedoman dari ukuran yang pas pada Instagram. Jadi, di sini tidak hanya foto saja yang memiliki ukuran idealnya ya.

Tujuannya sih sama saja, agar video lebih enak di lihat dan yang paling terpenting tidak blur. Nah, berikut ini ada beberapa ukuran ideal untuk video yang bisa kalian contoh.

Jenis FeedResolusiSatuan CMRasio
Square (persegi)600x 600 px15,8 x 15,8 cm1:1
Landscape600 x 315 px15,8 x 8,3 cm1.91:1
Potrait600 x 750 px15,8 x 19,8 cm4:5

Untuk ukuran feed video di atas, saya ambil dari halaman resmi Instagram. Secara umum, ukuran paling ideal video biasanya memiliki resolusi yang lebih kecil dari pada foto.

Kalian bisa memakai bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur ukuran resolusi dari video yang mau di upload ke Instagram.

3. Ukuran Video di IGTV

Jika di sini ukuran feed di pakai untuk unggah video kurang dari 1 menit, maka pada IGTV berbeda. Yang mana di IGTV ini berguna untuk mereka yang ingin mengunggah video dengan durasi lebih dari 1 menit.

Ukuran dari IGTV ini direkomendasikan untuk di buat dalam mode landscape. Di mana ukuran yang paling pas ialah 1920 x 1080 pixels dengan rasio 16:9.

Jadi, dengan ukuran tersebut, orang yang menonton video kita di IGTV akan merasa jauh lebih nyaman. Namun apabila kalian ingin membuat video IGTV dalam format potrait, maka ukuran yang pas ialah 1080 x 1920 pixels dengan rasio 9:16.

Kedua jenis resolusi tersebut sudah sangat pas dan tidak akan membuat video kita di IGTV pecah, deh.


Baca Juga : Cara Upload Banyak Foto di Instagram


4. Ukuran Video Untuk Live di Instagram

Saya rasa sebagian dari kalian pastinya sudah tahu bedanya, ya. Di mana Instagram Live ini khusus untuk video yang di ambil dalam siaran langsung.

Sudah pasti live streaming akan jauh lebih baik lagi, apabila siaran langsung kalian lakukan dalam resolusi video paling terbaik.

Untuk pengaturan video terbaik dalam live di Instagram ialah 720 x 1080 pixels dengan 30 FPS. Dengan seperti itu, selain bisa membuat videonya memiliki kualitas yang baik, proses rekaman juga akan menjadi lebih lancar.

Tapi yang tidak kalah penting juga, pastikan koneksi internet yang di gunakan stabil, ya.

Manfaat Mengikuti Pedoman Ukuran Ideal Feed Instagram

Pada penjelasan di awal tadi, sebenarnya saya sudah menyinggung sedikit tentang keuntungan jika mengikuti pedoman ukuran feed di Instagram. Tapi di sini saya akan memaparkan beberapa poin-poin pentingnya.

  • Foto dan video yang kita posting akan terlihat lebih profesional.
  • Feed pada akun Instagram kita akan terlihat lebih rapi serta menarik pastinya.
  • Akan berdampak pada meningkatnya jumlah followers.
  • Berkemungkinan bisa berdampak pada meningkatnya jasa iklan di akun kita, seperti endorse.

Yang tidak kalah pentingnya, kalian harus upload postingan secara rutin dengan ukuran yang mematuhi pedoman dari Instagram.

Penutup

Sampai di sini dulu pembahasan tentang ukuran feed Instagram yang ideal untuk foto dan video. Semoga informasi di atas bisa berguna bagi kalian yang memang sedang membutuhkannya, ya.

Jika ada yang masih kurang jelas atau memiliki pertanyaan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.