Masuk Mode Fastboot Xiaomi

Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi Dengan Aman

Sebenarnya untuk masuk ke mode fastboot itu tidaklah sulit untuk di lakukan, tapi itu untuk yang sudah paham. Lalu bagi mereka yang tidak paham dengan hal ini, tentu akan merasa bingung tentang cara masuk mode fastboot Xiaomi yang benar.

Maka dari itu, di sini saya akan membagikan kalian cara yang aman untuk masuk kedalam mode fastboot Xiaomi. Namun sebelum itu, saya ingin jelaskan sedikit tentang fastboot yang ada di semua HP Android. Fastboot ini umumnya hadir dengan Software Development Kit (SDK) yang memiliki fungsi untuk recovery.

Belum tahu recoveryRecovery ini merupakan salah satu sistem dasar yang berfungsi untuk merubah software yang ada di HP Android. Contohnya seperti ini:

  • Mengubah partisi
  • Melakukan flashing sistem
  • Dan masih banyak yang lainnya

Memang kalau di pikir akan sangat mumet, tapi kalian juga tidak perlu memaksakan diri untuk memahaminya. Karena di sini saya akan berbagi tips tentang cara masuk ke mode fastboot Xiaomi dengan aman dan benar.

Cara Masuk Mode Fastboot Xiaomi

Untuk kalian yang ingin masuk kedalam mode fastboot Xiaomi, sebenarnya ada dua pilihan yang bisa kalian coba. Misalnya saja:

  • Melalui tombol fisik pada HP Xiaomi
  • Menggunakan Command pada PC

Agar kalian bisa memahaminya dengan lebih baik, maka berikut ulasan lengkapnya.

1. Menggunakan Tombol Fisik

Cara yang pertama ini sebenarnya merupakan sebuah cara yang paling mudah untuk kita lakukan. Karena kita hanya perlu menekan beberapa tombol fisik pada HP Xiaomi untuk masuk ke mode fastboot. Jika kalian masih bingung, maka berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan HP Xiaomi kalian dalam keadaan mati.
  2. Lalu tekan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan.
  3. Jika sudah muncul sebuah gambar dengan tulisan fastboot, maka lepaskan tombol fisik tadi.
  4. Maka di sini kalian sudah berhasil masuk ke mode fastboot.
  5. Beberapa tipe HP Xiaomi yang lainnya ada juga yang hanya bisa masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Power + Volume UP.
  6. Maka akan muncul pilihan menu, kalian tinggal pilih Fastboot.
  7. HP Xiaomi kalian restart dan masuk ke mode fastboot secara otomatis.

Kedua cara tadi memang hanya prosesnya saja berbeda, tapi fungsi nya itu tetap saja sama, ya. Sehingga jika cara pertama belum bisa, maka kalian dapat menggunakan cara yang kedua.

2. Masuk Mode Fastboot Xiaomi Via Command

Cara yang kedua ini sebenarnya agak rumit dari pada yang pertama, di mana kalian menggunakan Command. Bagi kalian yang tidak terlalu sering mengoprek PC atau laptop, kemungkinan akan sedikit sulit untuk melakukan cara ini.

Selain itu, dengan menggunakan Command juga sangat cocok untuk kalian yang tombol fisik pada HP Xiaomi nya rusak. Karena jika tombol fisik mengalami kerusakan, tentu akan sulit jika kita menggunakan cara yang pertama tadi. Namun sebelum mulai, kalian juga wajib menyiapkan beberapa bahan yang meliputi:

Jika semua bahan tadi sudah di siapkan tanpa ada yang kurang, maka kalian siap untuk mulai tahap selanjutnya.

Cara masuk mode fastboot Xiaomi via Command:

  1. Pertama kalian hubungkan HP ke PC dengan kabel USB.
  2. Lalu pergi ke folder c:\adb.
  3. Tekan SHIF + Klik Kanan di bagian kosong pada folder tadi, lalu pilih Open command window here.
  4. Maka akan muncul sebuah jendela seperti gambar di bawah.
  5. Kemudian kalian dapat mengetikkan adb device.
  6. Perintah itu mempunyai fungsi untuk memastikan apakah device terkoneksi di mode ADB atau tidak. Jika sudah, kalian akan melihat tampilan seperti di bawah.
  7. Jika ternyata belum, maka pastikan kalian sudah mengaktifkan USB Debugging dan driver nya sudah tersambung dengan benar.
  8. Apabila yang keluar adalah tulisan unauthorized seperti di bawah.
  9. Maka kalian harus membuka kembali perangkat HP Xiaomi, biasanya akan muncul notifikasi minta ijin (permision) seperti gambar yang ada di bawah ini.
  10. Setelah kalian menekan OK, maka kembali lagi ke perintah adb devices seperti tadi.
  11. Lakukan saja dengan benar, sampai muncul tulisan attached.
  12. Jika sudah, masukkan perintah adb reboot bootloader.
  13. Maka secara otomatis HP kalian akan masuk ke mode fastboot.
  14. Selesai, deh.

Nah, sekarang jika kalian ingin keluar dari mode fastboot Xiaomi, maka dapat menyimak tutorialnya di artikel sebelumnya. Karena di sana saya sudah menjelaskan secara lengkap tentang penyebab, bahaya dan cara keluar mode fastboot Xiaomi dengan aman.

Penutup

Dalam beberapa kasus, mode fastboot bisa saja terjadi secara berulang-ulang. Ini juga bisa terjadi karena HP Xiaomi kalian mengalami bootloop. Biasanya ciri-cirinya seperti saat kalian hendak keluar dari mode fastboot, maka secara otomatis HP kembali lagi masuk ke mode fastboot.

Penyebab hal itu sangatlah banyak, namun kemungkinan besar terjadi karena ada error sehingga ponsel tidak bisa memuat sistem secara sempurna dan alternatifnya akan membuka halaman fastboot.

Nah, mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya sampaikan untuk kalian tentang cara masuk mode fastboot Xiaomi dengan aman dan benar. Seperti biasa, jika kalian memiliki pertanyaan yang ingin diutarakan, maka dapat menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.