Cara Merekam Layar HP Xiaomi

Cara Merekam Layar HP Xiaomi Dengan Aplikasi Bawaan

Ternyata masih banyak orang yang belum tahu tentang cara merekam layar HP Xiaomi, terutama bagi mereka yang baru pertama kali memakai HP Xiaomi. Selain pengguna baru, HP Xiaomi tipe terbaru juga mempunyai tampilan yang berbeda dari versi lamanya, sehingga membuat sebagian dari kita bingung menemukan aplikasi screen recording sebelumnya.

Nah, berbicara mengenai merekam layar, mungkin kegiatan ini sudah menjadi salah satu kegiatan yang tidak bisa kita pisahkan lagi dari pengguna Android. Terutama untuk mereka yang mempunyai aktivitas sebagai creator, seperti membagikan tutorial tentang Android, tips Android dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, kebutuhan merekam layar di HP Android juga sering di gunakan oleh mereka yang ingin memamerkan keahlian nya dalam bermain game Android.

Melihat hal tersebut, produsen di masing-masing merek smartphone Android akhirnya menghadirkan sebuah aplikasi bawaan. Aplikasi tersebut akan memenuhi semua kebutuhan pengguna untuk merekam layar HP-nya dengan lebih mudah. Sehingga penggunanya tidak lagi perlu menginstall aplikasi lain saat ingin merekam layar ponsel Android nya.

Cara Merekam Layar HP Xiaomi Dengan Aplikasi Bawaan

Pada HP Xiaomi, lebih tepatnya setelah MIUI 8 ini dirilis, muncul sebuah aplikasi yang bernama Screen Recording. Di mana aplikasi tersebut akan memungkinkan penggunanya untuk bisa merekam layar HP Xiaomi yang di gunakan, bahkan sekarang sudah bisa di lakukan sekaligus dengan suaranya.

Untuk hasilnya rekaman layar dari HP Xiaomi juga tergolong bagus seperti halnya dengan aplikasi perekam layar HP Android lainnya. Jadi, kalian tidak usah meragukan aplikasi perekam layar bawaan dari Xiaomi ini, karena pastinya sangat memuaskan.

Meski terkesan mudah, namun sayangnya itu masih banyak dari pengguna HP Xiaomi yang tidak tahu cara menggunakan aplikasi tersebut. Padahal, aplikasi dapat di katakan juga kalau sangat mudah untuk dioperasikan oleh semua orang, meski pemula sekalipun.

Nah, bagi kalian yang ingin tahu, berikut cara merekam layar HP Xiaomi dengan aplikasi bawaan:

1. Buka Aplikasi Screen Recorder (Rekam Layar)

Langkah pertama, silakan kalian bisa membuka aplikasi bawaan Xiaomi yang bernama Screen Recorder (rekam layar).

Biasanya aplikasi tersebut terletak di dalam folder Tools (alat), yang mana terdapat di kumpulan beberapa aplikasi bawaan Xiaomi lainnya. Ini jika kalian memang belum pernah memindahkannya sebelumnya ya.

2. Pilih Menu Rekam Layar

Pada halaman ini, biasanya kalian akan menemukan 3 hal utama lainnya. Mulai dari pengaturan, Pesan rekam layar, dan juga tombol rekam.

Untuk di sini, kalian bisa ketuk tombol Rekam.

3. Tekan Tombol Start

Apabila kalian sudah menekan menu rekam tadi di atas, maka sekarang aplikasi perekam biasanya akan menutup dengan sendirinya. Namun di sini kalian akan melihat tombol Start yang ada di bawah kanan layar HP Xiaomi.

Jika kalian ingin memulai proses merekam, maka langsung saja tap tombol Start tersebut. Maka secara otomatis proses merekam layar HP Xiaomi akan di mulai.

Tombol yang tadinya bernama Start akan berubah menjadi tombol Stop dengan di ikuti hitungan waktu.

4. Ketuk Tombol Stop

Setelah proses merekam layar HP Xiaomi kalian sudah selesai, maka untuk menghentikannya bisa tekan tombol Stop yang ada pada layar.

Dengan begitu, tombol Stop akan menghilang dari tampilan layar HP Xiaomi kalian.

5. Mencari Hasil Rekaman

Sekarang saatnya kita menemukan hasil rekaman layar yang sudah di buat tadi. Biasanya hasil rekaman layar HP Xiaomi akan secara otomatis tersimpan pada galeri.

Jadi, kalian bisa langsung membuka Galeri -> folder Rekam Layar atau Screen Record. Di sini kalian bisa menemukan semua video hasil rekaman layar.

Kalau kalian ingin membuka hasil rekaman lewat File Manager juga bisa kok. Barangkali hasil rekaman video tadi ingin kalian salin ke perangkat lain. Buka File Manager -> Memori Internal -> DCIM -> ScreenRecorder. Nanti hasilnya bisa kalian salin ataupun kirim ke perangkat Android lainnya.

Penting:

  • Cara itu bisa kalian gunakan di semua HP Xiaomi, seperti Redmi 5A, Redmi Note 7, Redmi 4X dan lainnya.
  • Akan tetapi HP Xiaomi kalian wajib sudah menggunakan versi MIUI 8 ke atas.
  • Jika belum, maka coba update dulu versi MIUI di HP Xiaomi kalian dengan membuka Pengaturan -> Sistem dan perbarui versi MIUI di sana.

Cara Merekam Layar HP Xiaomi Dengan Suara

Untuk kalian yang mungkin ingin menyertakan rekaman layar dengan audio internal, maka tidak usah khawatir. Karena di sini saya juga akan membagikan sebuah cara untuk mengaktifkan fitur audio pada aplikasi screen recording di HP Xiaomi.

Caranya seperti ini:

  1. Buka aplikasi Screen Recording pada HP Xiaomi.
  2. Jika sudah terbuka, maka pilih ikon gear yang ada di pojok kanan atas.
  3. Maka akan muncul beberapa pengaturan untuk aplikasi Screen Recording.
  4. Kalian dapat merubah Orientation ke mode Auto dan Sound Source ke internal Audio/system.
  5. Selesai, kini kalian bisa langsung mulai merekam layar.

Nah, jika kalian menggunakan setelan seperti gambar di atas, maka seluruh hasil rekaman layar akan memiliki suara internal audio.

Umumnya rekaman layar seperti ini sangat cocok untuk kalian yang ingin merekam video game untuk di upload ke Youtube atau sosial media.

Jenis Pengaturan Pada Screen Recorder Xiaomi

Perlu kalian ketahui kalau penjelasan di atas tadi itu khusus untuk kalian pengguna HP Xiaomi saja, ya. Selain itu, kalau juga wajib tahu kalau aplikasi Screen Recorder ini mempunyai beberapa pengaturan yang dapat kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, untuk penjelasan dari pengaturan tersebut ada di bawah ini.

1. Resolusi

Ini merupakan pengaturan besar layar dari hasil rekaman. Sehingga semakin besar nilainya maka akan semakin bagus, namun ukuran video nya juga akan semakin tinggi.

2. Kualitas Video

Untuk ini ada beberapa pengaturan lain lagi di dalamnya. Namun semakin tinggi akan semakin baik hasilnya. Minimal kalian mengaturnya ke nilai default.

3. Sumber Suara

Pengaturan ini mempunyai dua jenis, untuk Mikrofon dan Speaker.

Jika mengaktifkannya ke Mikrofon, maka hasil rekaman layar akan mengambil suara dari Mic saja. Sedangkan jika di aktifkannya Speaker, maka sumber suara yang akan ikut terekam adalah suara yang keluar dari speaker HP Xiaomi kalian.

4. Laju Bingkai

Jika ingin memperluas gerakan dan mengurangi efek blur di hasil rekaman, maka semakin tinggi akan semakin baik bila kalian mengaturnya.

Untuk nilai maksimalnya itu ada di 30FPS dan beberapa HP Xiaomi yang memiliki dapur pacu terbaik bisa mencapai 60FPS.

Penutup

Saat ini pengguna HP Xiaomi terus mengalami peningkatan yang cukup banyak dari tahun sebelumnya. Hal ini mungkin dikarenakan konsumen sudah mulai percaya dengan kualitas produk dari HP Xiaomi. Selain itu, jika berbicara harga, hampir semua produk ponsel dari Xiaomi mempunyai harga yang bersahabat.

Dari peningkatannya ini, produsen Xiaomi terus memperbaiki kualitas produknya dan menambahkan beberapa fitur terbaru yang bisa memenuhi semua kebutuhan penggunanya di dalam ponsel, seperti aplikasi perekam layar bawaan tadi.

Nah, mungkin sampai di sini dulu pembahasan tentang cara merekam layar HP Xiaomi dengan aplikasi bawaan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.