Cara Live di TikTok

Cara Live di TikTok dan Syaratnya Lengkap

Cara Live di TikTok – Memang masih tidak banyak aplikasi sosial media yang mempunyai fitur live streaming di dalamnya. Namun untuk sekarang ini, baru aplikasi Facebook, Instagram, Youtube dan juga TikTok yang menghadirkan fitur tersebut.

Namun untuk pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan live streaming di TikTok. Nantinya live streaming tersebut bisa di tonton dan di komentari oleh viewers yang ada di akun TikTok kalian masing-masing.

Untuk saat ini, sebelum kalian memulai live streaming, ada beberapa catatan yang harus di pahami terlebih dahulu. Salah satunya itu iyalah syarat melakukan live streaming di TikTok.

Berikut akan saya jelaskan ke kalian secara lebih lengkap ya.

Syarat Live di TikTok Terbaru

Syarat live streaming di TikTok tentu tidak sama seperti aplikasi sosial media yang lainnya ya. Karena aplikasi TikTok mempunyai pandangan sendiri dalam menghadirkan fitur tersebut ke semua penggunanya.

Bagi kalian pengguna TikTok dan ingin melakukan live streaming, maka wajib memenuhi syaratnya terlebih dahulu. Setelah syarat tersebut sudah terpenuhi, maka nantinya fitur live akan muncul secara otomatis pada akun TikTok kalian.

Untuk syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Minimal usia harus lebih dari 16 tahun
    Syarat yang pertama agar bisa melakukan live streaming di TikTok adalah batas usia harus lebih dari 16 tahun. Jika usia kalian masih belum 16 tahun ke atas, maka fitur ini tidak akan bisa kalian gunakan.
  2. Mempunyai aplikasi TikTok versi terbaru
    Agar bisa melakukan live streaming dengan lancar di TikTok, tentu kalian juga di wajibkan menggunakan aplikasi versi terbarunya.
  3. Identitas di profil akun TikTok sudah lengkap
    Selanjutnya yang tidak kalah penting, identitas pada akun TikTok kalian juga harus lengkap. Seperti menambahkan nomor HP, Email dan informasi lainnya pada akun.
  4. Wajib memiliki 1000 followers pada akun
    Jumlah followers pada akun TikTok minimal harus mempunyai 1000 lebih agar bisa mengaktifkan fitur live streaming. Apabila kurang, biasanya fitur live tidak akan aktif pada akun.

Cara Mengaktifkan Fitur Live TikTok

Cara Mengaktifkan Fitur Live TikTok

Umumnya sih setelah memenuhi semua syarat yang di berikan oleh pihak TikTok tadi, fitur live streaming pada akun akan secara otomatis aktif dan kita bisa langsung menggunakannya.

Walaupun seperti itu, ternyata sebagian orang ada yang mengalami masalah seperti fitur live streaming pada akunnya belum aktif meski semua syarat sudah terpenuhi.

Biasanya masalah akun TikTok yang tidak bisa melakukan live streaming meski semua syarat sudah terpenuhi itu terjadi karena adanya masalah pada aplikasi atau akun itu sendiri. Sehingga untuk mengatasinya, kita bisa menginstall ulang aplikasinya atau menghubungi pihak TikTok.

Caranya seperti berikut:

  • Pertama buka aplikasi TikTok pada HP.
  • Kemudian kalian masuk ke menu Saya.
  • Jika sudah masuk, ketuk ikon Menu.
  • Setelah itu, geser ke bawah sampai menemukan kolom Dukungan.
  • Silakan pilih menu Laporkan Masalah.
  • Tap ikon Report yang ada di sebelah kanan atas.
  • Terakhir ketikan masalah yang sedang kalian hadapi saat ini.

Setelah selesai melaporkan masalah yang sedang kalian hadapi, maka sekarang tinggal menunggu balasan dari pihak TikTok.

Biasanya sih tidak membutuhkan waktu yang lama, pihak TikTok akan membalas pesan kalian. Nantinya pihak TikTok juga akan meninjau ulang akun kalian, apakah memang sudah sesuai syarat atau belum. Bila sudah memenuhi syarat, maka secara otomatis pihak TikTok akan langsung mengaktifkan fitur live di akun kalian.

Cara Live di TikTok

Seperti yang sudah saya katakan tadi, jika sudah memenuhi syarat maka kita bisa langsung melakukan live streaming. Sedangkan untuk live-nya sendiri bisa di lakukan dengan berbagai macam konten yang sesuai tema kalian inginkan.

Misalnya saja live streaming bermain game, challenge maupun hanya sekedar mengobrol saja. Selain itu, pastikan juga jaringan internet yang di gunakan stabil ya. Ini agar proses live streaming yang kalian lakukan tidak mengalami masalah.

Untuk caranya juga tidak sulit kok.

1. Buka Menu Add Video

Langkah pertama kalian bisa membuka aplikasi TikTok pada HP terlebih dahulu. Di sini pastikan kalian sudah menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru ya.

Jika sudah berada di halaman utama akun TikTok, kalian bisa mengetuk ikon tambah atau menu Add Video yang ada di bagian bawah.

2. Pilih Menu Live

Pada tahap ini biasanya kalian akan langsung di arahkan ke sebuah halaman recording video TikTok. Di dalam halaman tersebut, kalian cek lagi di bagian bawahnya.

Berikutnya geser saja sampai kalian menemukan fitur Live di dalamnya. Jika sudah menemukannya, kalian bisa langsung mengetuk opsi Live tersebut.

3. Masukkan Judul Live

Untuk proses yang selanjutnya, silakan kalian masukkan dulu judul dan caption yang berhubungan dengan live streaming di akun kalian.

Sebagai contohnya, jika kalian ingin membuat konten live streaming tentang sebuah game. Maka kalian hanya perlu menuliskan sebuah judul dan caption terkait game tersebut. Misalnya saja seperti “Cara bermain game Free Fire untuk pemula” dan sebagainya.

Selain memasukan sebuah judul dan caption, di sini kalian juga bisa menambahkan efek atau filter sebelum memulai melakukan live streaming.

4. Mulai Live

Apabila semua persiapan sudah selesai kalian lakukan, maka untuk sekarang kita hanya perlu memulai live streaming saja. Caranya tinggal menekan menu Go Live saja kok.

Nantinya live streaming akan berlangsung secara otomatis pada akun kalian.


Ingin konten kalian populer dan mendapatkan banyak like? Pastikan kalian sudah mengikuti Jadwal FYP TikTok yang benar ya.


Cara Live di TikTok Tanpa 1000 Followers

Bila saat ini akun TikTok kalian belum mempunyai jumlah followers 1000 lebih dan merasa mengumpulkan followers segitu sangat sulit untuk di lakukan, maka jangan khawatir. Karena masih ada cara lain yang dapat kita lakukan agar akun TikTok kita bisa melakukan live streaming.

Meski belum tentu berhasil, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan? Berikut ini langkah-langkahnya untuk kalian:

  1. Buka dulu aplikasi TikTok di HP.
  2. Masuk kedalam halaman profil TikTok.
  3. Lalu ketuk ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  4. Kemudian masuk kedalam halaman pengaturan.
  5. Gulir ke bawah dan pilih menu report a problem.
  6. Nanti kita akan di arahkan ke menu live/payments dan reward.
  7. Kalian pilih saja menu live host.
  8. Terakhir tap opsi I can started live.

Nantinya kalian akan di kirimkan sebuah pesan yang berisi panduan untuk melakukan live streaming.

Penutup

Umumnya sih fitur live streaming ini biasanya sering di gunakan oleh content creator atau akun TikTok populer untuk berkomunikasi dengan para followers-nya.

Tidak sedikit juga orang yang memanfaatkan konten streaming yang menarik untuk bisa menambah jumlah followers dan like pada akunnya. Sehingga kalian yang mungkin masih baru, bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat akun TikTok kalian menjadi populer.

Mungkin cukup sampai di sini dulu pembahasan tentang cara live di TikTok, apabila ada kendala atau ada hal yang ingin di tanyakan, maka bisa tulis di kolom komentar ya.

Selamat melakukan live streaming.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.