2 Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi

Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi – Sama seperti di semua HP Android lainnya, yang mana Xiaomi juga memungkinkan penggunanya untuk dapat melihat status daya baterai yang tersisa. Untuk status daya baterai yang masih tersisa, kita bisa melihatnya melalui indikator pada status bar.

Meski sudah terbilang canggih, namun indikator baterai di HP Xiaomi juga bisa mengalami masalah, seperti error misalnya. Salah satunya itu, seperti persentase baterai yang tampil tidak sesuai dengan daya yang tersisa di dalam baterai HP.

Penyebabnya tentu beragam, namun lebih cenderung ke dalam masalah pada sistem di dalam HP. Nah, dalam mengatasi masalah seperti ini, sebenarnya tidak sulit kok. Karena kita bisa melakukan kalibrasi baterai pada HP Xiaomi.

Memang bisa? Tentu saja bisa, sebab melakukan kalibrasi baterai dapat mengatasi beberapa masalah. Misalnya saja seperti masalah dicas tidak mengisi, cepat penuh namun ketika digunakan langsung habis atau sampai HP mati sendiri.

Buat yang penasaran dan ingin mencobanya, maka bisa simak pembahasannya di sini.

Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi Dengan Mudah

Buat kalian yang belum tahu, sebenarnya hampir semua tipe dan merek HP Android itu bisa kita lakukan kalibrasi pada baterainya. Ini juga termasuk HP Xiaomi yang akan kita bahas di sini, ya.

Bagi kalian pengguna HP Xiaomi yang sedang mengalami masalah pada indikator baterai dan ingin melakukan kalibrasi. Maka bisa menyimak panduan kalibrasi baterai HP Xiaomi di artikel ini. Untuk panduan kalibrasi setidaknya dapat di bagi menjadi dua cara, yaitu:

  1. Cara kalibrasi baterai HP Xiaomi menggunakan bantuan aplikasi.
  2. Kemudian kalibrasi baterai HP Xiaomi tanpa aplikasi atau manual.

Dari kedua cara kalibrasi baterai tersebut, sebenarnya fungsinya sama saja, hanya saja yang membedakan itu prosesnya.

Jadi, silakan kalian bisa memilih salah satu cara kalibrasi baterai pada HP yang sesuai dengan keinginan.

1. Menggunakan Aplikasi

Untuk yang pertama, saya akan menjelaskan cara mengkalibrasi baterai HP Xiaomi menggunakan aplikasi tambahan.

Aplikasi yang bisa di gunakan juga cukup banyak, maka dari itu kalian bisa coba mencari aplikasi yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, beberapa dari aplikasi kalibrasi baterai tersebut juga mampu berjalan tanpa akses root sama sekali.

Saya sendiri juga sudah pernah mencobanya pada HP Xiaomi Redmi 5A dan hasilnya juga cukup memuaskan. Lalu aplikasi yang saya pakai itu bernama “Battery Calibration Pro“. Aplikasi ini dibuat khusus oleh Dalton Brothers Apps.

Apabila kalian berminat dan ingin mencobanya, maka berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama silakan kalian pasang terlebih dahulu aplikasi Battery Calibration Pro lewat Playstore.
  • Jika sudah terpasang, silakan buka aplikasinya.
  • Apabila di minta, beri izin yang dibutuhkan oleh aplikasi.
  • Sekarang kalian bisa cas HP Xiaomi sampai baterainya terisi 100%.
  • Setelah baterai terisi penuh, jangan buru-buru di cabut ya. Di sini kalian bisa tap menu Calibrate yang ada di dalam aplikasi.
  • Maka proses kalibrasi akan di mulai secara otomatis.
  • Selanjutnya tinggal menunggu sampai proses kalibrasi baterai selesai.
  • Terakhir restart HP Xiaomi seperti biasa.

Catatan:

Secara umum, aplikasi kalibrasi baterai yang ada di dalam Google Playstore itu bersifat universal. Sehingga bisa kalian pasang dan terapkan di semua ponsel Android, termasuk di HP Xiaomi juga.

Namun untuk tingkat keberhasilan dari masing-masing aplikasi jelas berbeda-beda, ya. Jadi, pastikan memilih aplikasi yang mempunyai ranting dan komen yang positif dari penggunanya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Glance di HP Xiaomi

2. Tanpa Aplikasi

Pada dasarnya proses kalibrasi baterai di HP Xiaomi juga bisa kita lakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Atau bisa di katakan, proses kalibrasi dilakukan secara manual.

Khusus untuk HP Xiaomi, tutorial kalibrasi baterai ini saya dapatkan langsung dari forum resmi Xiaomi sendiri. Di dalam forum tersebut juga sudah tersedia beberapa panduan kalibrasi manual yang dapat kita coba sendiri.

Begini cara kalibrasi baterai HP Xiaomi tanpa aplikasi:

  • Pertama silakan isi baterai sampai 100% dengan keadaan HP hidup.
  • Agar bisa mempercepat proses pengisian daya, silakan gunakan fitur hemat daya atau mode pesawat. Hal ini akan menghentikan aktivitas beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  • Jika baterai sudah terisi penuh 100%, maka matikan HP seperti biasa.
  • Ketika HP Xiaomi sudah mati, silakan lakukan proses charger kembali sampai 100%.
  • Apabila sudah, silakan nyalakan HP dan gunakan ponsel sampai daya baterainya habis atau sampai HP mati dengan sendirinya.
  • Kalian bisa memakainya untuk menonton, mendengarkan musik atau bermain game sampai daya baterai menandakan 0%.
  • Setelah daya baterainya habis dan HP Xiaomi sudah dalam keadaan mati, maka diamkan dulu selama 15 menit.
  • Bila sudah 15 menit, silakan lanjut proses pengisian daya baterai sampai penuh (100%) lagi.
  • Terakhir jika sudah, kalian bisa langsung menyalakan HP Xiaomi dan memakainya seperti biasa lagi.
  • Selesai.

Catatan:

Agar hasilnya lebih maksimal, kalian dapat mengulangi langkah-langkah di atas sebanyak 3 kali (opsional).

Dengan cara ini, status baterai akan secara otomatis di refresh. Hal ini akan membuat tampilan persentase baterai yang tadinya error menjadi normal seperti sedia kala.

Oh ya, tutorial ini juga dapat kalian terapkan di semua tipe HP Xiaomi, mulai dari yang terbaru sampai yang versi lama juga bisa.

Apa Fungsi Kalibrasi Pada Baterai HP Xiaomi?

Fungsi kalibrasi pada baterai HP Xiaomi ialah untuk mencocokkan kembali status baterai yang sebelumnya error atau tidak sesuai menjadi normal kembali. Sehingga presentase daya baterai yang muncul di status bar bisa menjadi akurat.

Sehingga dalam beberapa kondisi, melakukan kalibrasi akan sangat efektif. Misalnya ketika ada masalah pada pembacaan sisa daya baterai HP, seperti dicas lama, HP tiba-tiba mati dengan sendirinya atau sejenisnya.

Tapi dengan catatan, jika setelah melakukan kalibrasi ternyata masalah tersebut masih belum teratasi. Maka kemungkinan besar masalah ini terjadi karena kondisi baterai yang sudah rusak atau masalah komponen lainnya.

Karena secara umum, proses kalibrasi itu hanya bertujuan untuk melakukan perbaikan pada sistem yang error. Sistem yang di maksud itu ialah sistem yang membaca status daya pada baterai ya.

Sehingga jika penyebabnya adalah komponen, maka cara kalibrasi tidak akan bekerja. Jadi, di sini kalian di haruskan untuk mengganti komponen yang mengalami kerusakan tersebut.

Baca Juga: Data Seluler Tidak Muncul di Xiaomi

Penutup

Mungkin itu sedikit penjelasan mengenai cara kalibrasi baterai HP Xiaomi tanpa aplikasi atau dengan aplikasi. Silakan kalian bisa memilih cara mana yang mau di gunakan, karena secara umum fungsinya tetap saja sama.

Jika masih ada yang kurang jelas atau memiliki sebuah pertanyaan, tuliskan saja pada kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.