Mengenal Apa Itu Podcast

Mengenal Apa Itu Podcast

Mengenal Apa Itu Podcast – Untuk saat ini, memang sudah banyak sekali jenis konten-konten yang ada di dunia internet. Mulai dari konten berupa tulisan seperti web Kampung Gadget, konten video dan lainnya, termasuk juga podcast.

Setiap konten yang ada di internet memang mempunyai masa populernya masing-masing, seperti halnya dengan podcast. Di mana sekarang ini podcast sudah memiliki banyak peminat di hampir seluruh dunia. Apalagi sekarang juga sudah mulai banyak content creator yang mulai membuat podcast sendiri.

Meski sudah populer dan banyak di gunakan oleh orang-orang, namun tidak sedikit dari mereka yang masih belum tahu apa itu podcast. Di mana bisa mendengarkan podcast? Bagaimana membuat podcast?

Jika pertanyaan kalian seperti itu, maka tandanya kalian sudah berada di tempat yang tepat. Karena hari ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang mengenal lebih jauh tentang podcast di sini.

Apa Itu Podcast?

Sebelum lanjut ke pembahasan utama hari ini, ada baiknya kita mengenal apa itu podcast terlebih dahulu. Karena saya rasa informasi itu penting untuk kalian ketahui.

Podcast (Play on Demand and Broadcast) adalah sebuah konten yang berupa audio yang hanya dapat di dengarkan saja. Konsep dari podcast sendiri juga sangat mirib dengan siaran di radio yang sering kita dengarkan.

Hanya saja, podcast itu kontennya dapat kalian rekam, publish dan juga bisa di edit berkali-kali sesuai keinginan. Hal tersebut tentu karena podcast itu berbasis di internet atau platform khusus yang menyediakan podcast.

Sehingga tidak sama seperti radio ya, meski prinsipnya hampir serupa, namun ada beberapa perbedaan di dalamnya. Salah satunya seperti yang saya jelaskan tadi itu ya, hehe.

Sejarah Awal Kata Podcast

Sebenarnya kata podcast ini pertama kali di usulkan oleh seorang jurnalis yang bernama The Guardian, Ben Hammersley pada tahun 2004 lalu. Kata podcast sendiri adalah sebuah singkatan dari “Play on demand” dan juga “broadcast” dan pada akhirnya di adaptasi oleh salah satu produk Apple, iPod dan aplikasi Apple Podcast.

Di awal memang podcast ini hanya di rancang untuk keperluan iPod dan Mac saja. Namun ketika podcast mulai booming di tahun 2007 lalu, akhirnya podcast mulai terus di kembangkan lagi. Sehingga sampai saat ini, semua orang yang ada di seluruh dunia bisa menikmati podcast melalui platform tertentu.

Sedangkan untuk di negara Indonesia, podcast mulai di kenal sejak tahun 2012 lalu dan mulai populer di tahun 2020 sampai sekarang.

Mengenal Jenis-jenis Podcast

Tentu tidak sama seperti radio, di mana podcast memiliki banyak jenis konten di dalamnya yang bisa di nikmati oleh orang-orang. Berikut beberapa jenis-jenis podcast:

1. Podcast Interview

Untuk yang pertama itu ada podcast yang bertemakan intervew. Di dalam jenis podcast yang satu ini akan ada seorang host dan narasumber atau tamu yang akan di wawancarai. Tema wawancara yang ada pada podcast ini juga banyak dan tergantung dari orang yang mengadakannya.

Pada umumnya sih tamu yang akan di undang ke dalam acara podcast wawancara itu adalah seorang tokoh terkenal atau orang yang sedang viral. Selain itu bisa juga mereka yang memiliki pengetahuan tertentu yang tidak banyak orang memilikinya.

Jenis podcast wawancara ini lebih sering di buat oleh para content creator.

2. Solo Podcast

Jenis podcast yang kedua ini sebenarnya lebih cocok untuk mereka-mereka yang mempunyai pengetahuan dalam hal-hal khusus dan ingin membagikannya ke orang lain.

Solo podcast juga merupakan jenis podcast yang di mana seorang host akan menyampaikan informasi atau sebuah opini secara langsung ke pendengarnya. Selain itu, tidak jarang juga beberapa host podcast ini menyediakan sesi tanya jawab untuk para pendengarnya.

Hanya saja podcast ini jarang di gunakan oleh orang-orang yang sudah terkenal untuk berbagi pengalamannya secara gratis.

3. Multihost Podcast

Seperti nama dari jenis podcast ini, di mana multihost podcast itu di bawakan oleh lebih dari satu orang host di dalam sebuah acara.

Salah satu kelebihan jenis podcast ini dari yang lain adalah pembawaannya itu lebih santai, asyik dan diskusinya yang di sampaikan juga jauh lebih menghibur. Oleh karena itu, jenis podcast ini lebih banyak di gunakan oleh creator populer di beberapa dunia, seperti di Indonesia.

Platform Podcast yang Terkenal

Bagi kalian yang mungkin sangat ingin mendengarkan podcast, sebenarnya tidak sulit kok. Karena saat ini sudah ada beberapa platform khusus yang menyediakan konten podcast untuk penggunanya.

Meski ada banyak, namun di sini saya hanya akan membagikan tiga jenis platform penyedia podcast yang paling populer saat ini.

1. Spotify

Pada awal di buatnya aplikasi Spotify itu sebenarnya di tunjukkan sebagai media streaming lagu-lagu populer. Baik itu lagu lokal sampai lagu internasional yang populer di beberapa negara.

Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, Spotify mulai menghadirkan sebuah fitur di dalam aplikasinya. Fitur terbaru itu adalah podcast.

Bahkan fitur podcast di dalam Spotify itu tidak hanya bisa di gunakan untuk mendengarkan konten-konten podcast dari creator terkenal saja lho. Tapi kalian juga bisa membuat podcast di Spotify secara gratis dan mudah bila ingin menjadi seorang creator.

2. Youtube

Tentu dari kalian sudah tidak asing lagi dengan platform yang satu ini. Yup, Youtube adalah salah satu platform yang menghadirkan berbagai macam konten berbasis video seperti halnya aplikasi TikTok.

Sama seperti Spotify, Youtube saat ini juga sudah menghadirkan fitur podcast yang dapat di gunakan oleh semua content creator. Hanya saja, fitur podcast di Youtube itu tidak terlalu banyak di gunakan oleh content creator-nya.

Bila kalian hanya ingin mendengarkan podcast, makan bisa memakai fitur search yang ada di Youtube. Kemudian kalian bisa langsung mencari konten podcast yang di inginkan. Contoh podcast yang cukup terkenal dan sering trending di Youtube saat ini adalah SULE Channel.

3. JOOX

Sama seperti platform Spotify, JOOX juga awalnya merupakan aplikasi yang menghadirkan konten streaming musik digital. Namun karena seiring berkembangnya waktu, JOOX mulai ikut menghadirkan fitur podcast untuk semua penggunanya.

Untuk fitur podcast yang ada di JOOX itu bisa kalian dengarkan secara gratis tanpa ada batasan. Saat ini juga sudah banyak podcaster di JOOX yang menghadirkan konten-konten menarik setiap harinya.

Kelebihan Podcast

Setelah kalian sudah tahu mengenai podcast secara lengkap dan juga sejarahnya, maka untuk selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit kelebihan dari konten ini. Berikut adalah beberapa kelebihan yang di miliki oleh Podcast:

  1. Dapat kita akses dimanapun asalkan perangkat bisa terhubung dengan jaringan internet.
  2. Ada banyak sekali pilihan tema podcast yang bisa kita dengarkan, mulai dari komedi, wawancara, diskusi dan masih banyak lagi. Intinya kalian bisa menyesuaikan tema yang di inginkan.
  3. Tidak sama seperti halnya radio, karena di dalam podcast itu tidak menayangkan iklan. Meski kita tidak berlangganan di layanan tersebut, tapi setidaknya sangat jarang ada iklan yang tayang di tengah-tengah konten podcast.
  4. Kita bisa mendengarkan podcast dengan lebih fleksibel dari pada radio. Entah kalian mendengarkannya saat ingin berangkat kerja, ketika sedang bosan, sebelum tidur atau dimanapun yang kalian inginkan.

Alasan Kenapa Orang Lebih Suka Podcast

Dari beberapa kelebihan yang sudah saya katakan tadi, biasanya kita sudah tahu penyebab podcast menjadi lebih populer dari pada radio.

Namun jika kalian masih kurang yakin, berikut beberapa alasannya:

1. Sebagai Pengganti Radio

Apabila sebelumnya kalian sangat hobi mendengarkan radio dan merasa bosan dengan konten-konten yang itu-itu saja, maka podcast bisa menjadi penggantinya. Karena sudah pasti podcast bisa di jadikan sebagai pengganti kekinian untuk mendengarkan radio.

Kelebihannya, di mana suara yang di hasilkan oleh podcast itu jauh lebih jernih dari pada radio. Selain itu kita juga bisa memilih sendiri konten-konten yang ingin di dengarkan.

2. Bisa Didengarkan Kapan Saja

Seperti yang sudah saya katakan tadi, kalau siaran podcast itu bisa kita dengarkan di waktu santai, misalnya saat sedang libur atau ketika istirahat.

Karena di sini kita hanya perlu menggunakan platform yang di inginkan untuk mencari content podcast. Sehingga kita bisa mendengarkannya kapan dan di manapun yang kita inginkan.

3. Banyak Creator Podcast yang Kreatif

Sudah pasti konten yang ada di dalam podcast itu bisa di dengarkan oleh siapa saja dan semua kalangan tentunya. Namun tidak hanya itu saja, di mana konten yang ada di podcast itu lebih cenderung unik dan menarik. Karena kebanyakan content creator yang menghadirkan podcast jauh lebih kreatif.

Hal tersebut sudah pasti akan membuat kita menjadi tidak cepat bosan saat mendengarkan siaran podcast.

Cara Membuat Podcast

Setelah membaca ulasan di atas, sudah pasti beberapa dari kalian ada yang mulai bertanya-tanya. Apakah mungkin kita membuat podcast sendiri?

Tentu saja bisa, asalkan kalian tahu dan paham apa yang harus di lakukan sebelum memutuskan untuk membuat konten podcast pribadi.

Apabila sudah siap, berikut panduannya untuk kalian.

1. Tentukan Tema Podcast

Tahap awal saat ingin membuat podcast sendiri adalah dengan menentukan tema yang ingin di kerjakan. Karena tanpa menentukan tema, podcast yang kalian buat akan susah untuk memperoleh pendengar nantinya.

Oleh karena itu, menentukan tema sebuah podcast adalah hal yang paling penting dan wajib untuk di lakukan.

2. Persiapkan Alat-alat yang Dibutuhkan

Setelah mendapatkan tema podcast yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan beberapa alat pendukung lainnya. Namun pastikan alat-alat yang kalian siapkan itu sesuai dengan tema yang akan di buat.

Sedikit tips buat kalian, ada bagusnya untuk menghindari memakai mikrofon built in pada komputer atau laptop yang di gunakan. Namun pakailah mikrofon yang terpisah dan profesional dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Buat Kontennya

Jika tema dan alat pendukung sudah kalian siapkan, maka langkah berikutnya adalah membuat konten podcast-nya. Sebelum itu, kalian juga bisa menyiapkan sebuah scrip khusus untuk tayangan podcast perdanamu.

Jika bisa, khusus untuk podcast perdananya, kalian bisa membuat konten perkenalan tentang diri terlebih dahulu dan topik apa saja yang akan di bahas nantinya. Penjelasannya juga tidak harus panjang lebar kok, yang penting jelas dan lengkap serta informatif.

4, Gunakan Editing Software

Ada banyak aplikasi penyuting suara yang bisa kalian gunakan, namun saya lebih sarankan memakai Audacity atau Adobe Audition. Kalian bisa memilih salah satu dari kedua aplikasi tersebut sesuai kebutuhan.

Jika ingin software penyuting audio gratis, maka bisa memilih aplikasi Audacity. Namun jika ingin layanan yang lebih fleksibel, kalian bisa memakai aplikasi yang berbayar saja, seperti Adobe Audition.

5. Tambahkan Keterangan dan Upload Konten

Langkah terakhir setelah semua konten podcast yang kalian buat sudah siap, maka saatnya untuk proses upload. Jangan lupa juga untuk menambahkan keterangan pada konten podcast yang kalian buat ya.

Untuk proses upload, kalian bisa memakai layanan thirdparty alis pihak ketiga untuk mengunggah tayangan podcast ke berbagai platform media digital. Misalnya Spotify, SoundCloud atau Youtube.

Penutup

Baiklah, mungkin sampai di sini dulu penjelasan yang bisa saya rangkumkan untuk kalian tentang mengenal apa itu podcast dan bagaimana cara membuatnya.

Jika kalian masih bingung atau ada hal yang ingin di tanyakan, maka bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.