Mengenal Notch Pada HP

Mengenal Notch Pada HP

Mengenal Notch Pada HP – Semakin hari, teknologi terus mengalami perkembangan dan pembaharuan, salah satunya pada teknologi komunikasi. Tidak hanya pada komponennya saja, tapi desain smartphone juga ikut mengalami perkembangan sampai saat ini.

Hal tersebut kemungkinan didasari oleh minat dan kebutuhan setiap orang terhadap sebuah desain dari smartphone. Sebagai contoh, di mana ukuran layar yang awalnya kecil sekarang sudah mempunyai dimensi yang lebih besar serta panjang.

Selain ukuran layarnya, masih ada beberapa desain lain pada smartphone yang juga mengalami pembaharuan. Salah satunya itu ada pada bagian atas layar yang sekarang ini sudah mengusung desain bezelless. Serta mendapat sebuah tambahan yang juga sering di sebut dengan nama Notch.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya istilah Notch ini mulai populer ketika iPhone X resmi muncul di pasaran.

Meski sudah populer, namun ternyata masih banyak yang belum paham atau mengerti mengenai Notch yang ada pada Smartphone. Jika kalian salah satunya, bisa langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Notch Pada HP?

Notch adalah sebuah desain berbentuk lekukan yang ada di bagian atas dari smartphone. Banyak kalangan pengguna smartphone yang juga menyebut Notch ini dengan sebutan poni hitam.

Dengan adanya Notch, tampilan dari sebuah smartphone juga menjadi terlihat lebih berbeda dari generasi sebelumnya.

Yang mana pada awalnya desain smartphone itu juga sudah mempunyai bezel sehingga membuatnya berbentuk seperti bingkai. Namun dengan penambahan Notch, desain layar pada smartphone menjadi terkesan full screen.

Oleh karena ini juga lah yang membuat banyak vendor smartphone menggunakan desain Notch pada produk mereka. Terutama setelah iPhone X yang berhasil menjadikan desain Notch pada HP populer sampai saat ini.


Baca Juga : Cara Atasi Layar HP Blank Hitam atau Putih


Apa Fungsi Notch di HP?

Setelah mengetahui apa itu Notch pada HP, mungkin dari kalian ada yang bertanya tentang fungsinya.

Nah, Notch sendiri tidak hanya sekedar tampilan saja, namun desain Notch yang ada pada HP itu juga memiliki fungsi. Saya rasanya fungsi Notch pada HP juga cukup penting.

Secara garis besarnya, Notch pada HP itu memiliki fungsi untuk membuat layar smartphone tampak lebih luas. Walaupun begitu, desain Notch tidak menghilangkan komponen yang sudah ada. Misalnya seperti kamera depan, sensor dan lainnya.

Oleh karena itu, dengan memakai desain Notch akan memberikan sedikit ruang hitam di bagian atas layar. Gunanya untuk menempatkan komponen-komponen tersebut.

Selain itu, dengan memakai desain Notch juga bisa menjadi penanda agar penggunanya tidak tertukar saat membedakan mana layar bagian atas dan mana yang bawah.

Kekurangan Adanya Notch Pada HP

Kekurangan Adanya Notch Pada HP

Setelah melihat fungsinya, tidak lengkap apabila kita tidak melihat kekurangan yang ada pada desain Notch.

Sama dengan komponen maupun desain lain yang ada pada sebuah smartphone, di mana desain Notch juga mempunyai kekurangan.

Kekurangan dari desain Notch akan terlihat ketika kalian menggunakan HP untuk menonton video ataupun streaming dalam keadaan full screen. Karena akan ada bagian video yang terpotong oleh Notch.

Tidak hanya pada video saja, namun saat kita bermain game juga bisa terganggu oleh desain Notch. Di mana di beberapa game, control game yang ada di dalamnya menjadi sedikit terhalang.

Walaupun seperti itu, rata-rata HP zaman sekarang ini juga sudah menerapkan desain Notch. Namun ketika HP di gunakan untuk aktivitas full screen (seperti bermain game ataupun menonton film), maka bagian layar yang ada di sekitar Notch akan otomatis nonaktif.

Hal tersebut akan membuat aktivitas full screen yang di lakukan penggunanya tidak menjadi terganggu ataupun terpotong. Tapi tidak semua vendor HP yang memakai desain Notch menggunakan sistem tersebut, ya.

Teknologi Layar HP Selain Notch

Selain Notch, masih ada beberapa desain variasi layar HP lainnya yang mengusung tema bezelless. Namanya Punch Hole dan Water Drop.

Penasaran? Selengkapnya akan saya jelaskan di bawah ini, ya.

1. Punch Hole

Untuk yang pertama ada desain layar yang bernama Punch Hole. Seperti namanya, di mana HP yang menggunakan Punch Hole ini mempunyai desain yang mana di bagian layar atas terdapat sebuah lubang kecil.

Jika membahas dari segi desain, Punch Hole ini akan membuat layar HP terlihat lebih luas di bandingkan dengan Notch. Hal ini juga akan membuat aktivitas di dalam HP menjadi lebih nyaman.

Hanya saja, tidak semua vendor HP menggunakan desain Punch Hole untuk produknya. Karena saat ini hanya ada beberapa vendor yang menggunakan desain Punch Hole pada produknya.

Seperti Samsung di Galaxy S10 Plus dab Galaxy A71, Realme di produknya yang bernama Realme 6 dan lainnya.


Baca Juga : Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian


2. Water Drop

Selanjutnya ada desain layar selain Punch Hole dan Notch yang bernama Water Drop. Untuk desain layar Water Drop ini kita akan melihat adanya sedikit ruang hitam pada bagian atas layar, tepatnya di tengah-tengah.

Fungsinya adalah untuk menempatkan komponen kamera depan pada sebuah smartphone.

Namun, apa bedanya dengan Notch? Bedanya itu, ruang hitam pada desain Water Drop lebih kecil serta bentuknya juga menyerupai tetesan air. Sedangkan untuk Notch sendiri memiliki ruang hitam yang jauh lebih luas dan bentuknya menyerupai poni rambut.

Untuk desain Water Drop ini tergolong lebih banyak di pakai oleh vendor smartphone. Seperti Huawei P30 Pro, ZTE Axon 10 Pro, iPhone X, Oppo F9 dan masih banyak lagi.

Penutup

Perlu kalian ketahui kalau desain Notch pada HP ini sampai saat ini masih tetap di gunakan oleh vendor smartphone. Ini juga termasuk dengan desain Water Drop serta Punch Hole.

Mungkin hanya sampai di sini saja sedikit penjelasan yang dapat saya rangkumkan untuk kalian mengenai apa itu Notch serta fungsi dan kegunaannya. Semoga dengan informasi ini bisa menambah wawasan kalian serta menjawab rasa ingin tahu kalian terhadap Notch.

Jika ada pertanyaan atau ada masalah yang di alami seputar smartphone, silakan tuliskan pertanyaan tersebut di kolom komentar.

Sampai berjumpa di pembahasan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.