Mengenal Format SVG

Mengenal Format SVG Serta Kelebihannya

Mengenal Format SVG – Pada format gambar secara umum, seperti PNG dan JPG misalnya. Saat kita zoom akan terlihat kotak-kotak kecil yang tersusun pada gambar dan ini di sebut dengan istilah pixel.

Meski kebanyakan seperti itu, namun bukan berarti semuanya ya. Karena ada juga format gambar yang tidak memiliki kotak pixel tersebut, yaitu adalah SVG. Tidak heran juga kalau format yang satu ini sering sekali di gunakan oleh para desainer grafis zaman sekarang.

Jika dari kalian ada yang sering melihat format ini dan penasaran seperti apa format SVG ini. Maka kalian bisa langsung menyimak pembahasan ini sampai akhir, ya. Karena tidak hanya pengertiannya saja, tapi di sini saya juga akan menjelaskan kelebihan format SVG.

Yuk, kita simak bersama-sama.

Apa Itu Format SVG?

SVG adalah sebuah singkatan dari Scalable Vector Graphics. Di mana merupakan salah satu jenis dari format grafis yang tersusun dari sebuah teks XML (Extensible Markup Language).

Dari teks XML inilah yang nantinya akan tergambar sebuah bentuk, garis, titik dan atribut grafis lainnya. Bagi kalian yang belum tahu, format SVG ini sebenarnya sudah ada sejak dari tahun 1990-an. Pada saat itu format ini di kembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Hanya saja pada tahun 2017, format SVG ini mulai di kenal dan populer di beberapa kalangan, terutama di Indonesia. Untuk alasannya sih cukup simpel, karena tidak adanya pixel serta ukuran file-nya relatif lebih kecil untuk di upload ke internet.

Alasan Menggunakan Format SVG Pada Gambar

Mungkin banyak dari kalian yang masih bertanya-tanya tentang, apa saja alasan kenapa kita harus menggunakan format ini. Agar tidak terus-terusan penasaran, maka berikut akan saya jelaskan secara lengkap.

1. Gambar Tidak Mudah Pecah

Seperti yang saya katakan tadi, kalau format ini tidak tersusun dari pixel melainkan dari XML. Sehingga hal tersebut akan membuat sebuah gambar tidak akan pecah ketika di zoom. Meskipun kita zoom in gambarnya dari jarang yang sangat dekat sekalipun.

Selain tidak pecah ketika di zoom, menariknya lagi kualitas gambar dari format ini juga akan tetap sama walau kita membukanya di perangkat yang berbeda.

2. Size Gambar Lebih Kecil

Yang kedua, ukuran file gambar SVG juga cenderung lebih kecil. Hal ini juga bisa menjadi salah satu kelebihan tersendiri ketika gambar tersebut ingin di kirim maupun di upload ke internet misalnya.

Contoh perbandingan ukurannya:

  • PNG – 3 MB
  • JPG – 624 KB
  • SVG – 44,6 KB

Sangat jauh berbeda bukan? Jadi format ini akan sangat cocok sekali untuk kalian gunakan saat ingin meng-upload banyak gambar ke internet.

3. Mempunyai Kualitas Lebih Tinggi

SVG sendiri juga merupakan format gambar yang mempunyai kualitas lebih tinggi dari yang lainnya. Selain itu bisa juga di cetak pada berbagai resolusi tanpa harus takut kualitas gambarnya menjadi berkurang.

Hal tersebut tentu karena gambar SVG ini terbuat dari teks XML. Di mana teks inilah yang akan menjadi basis dari gambar yang di tampilkan.


Yuk cek juga penjelasan tentang apa itu format GIF


Cara Membuat Format SVG

Sebenarnya sih sudah ada banyak cara yang bisa kalian lakukan saat ingin membuat sebuah gambar dengan format SVG. Salah satunya dengan membuat desain gambar secara langsung atau dengan cara convert.

Nah, agar kalian lebih memahaminya. Berikut akan saya jelaskan selengkapnya.

1. Dengan Cara Manual Melalui Aplikasi

Kalau kalian sudah bisa mendesain gambar sendiri, maka format ini dapat kalian atur langsung melalui aplikasi desain grafisnya.

Berikut daftar aplikasinya:

  1. Adobe Illustrator (AI)
  2. Method Draw
  3. Infinite Design
  4. Pluma Vector SVG
  5. Inkscape
  6. Dan masih banyak lagi

Selain itu, kalian juga tidak harus membuatnya menggunakan PC. Karena sekarang sudah banyak aplikasi Android yang dapat kalian gunakan dalam membuat sebuah gambar dengan format tersebut.

Pilih saja aplikasi yang mudah dan yang bisa kalian gunakan dengan baik serta lancar dalam membuat sebuah gambar.

2. Dengan Cara Convert

Selain dengan cara manual seperti di atas, sebenarnya kalian juga bisa menggunakan cara convert gambar dari format lain (misalnya format PNG). Hanya saja di tahap ini kita tidak akan menggunakan aplikasi, melainkan memakai bantuan sebuah situs website.

Jika kalian ingin mencobanya, maka berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama silakan buka Browser.
  2. Kemudian kunjungi situs convertio.co.
  3. Lalu klik saja menu Pilih File.
  4. Selanjutnya pilih Gambar yang ingin kalian convert.
  5. Lanjut dengan menekan tombol Open untuk upload gambar.
  6. Sekarang atur format output menjadi SVG.
  7. Kalau sudah, klik saja menu Konversi.
  8. Tunggu beberapa saat sampai proses convert gambar selesai.
  9. Langkah terakhir kalian bisa klik tombol Download untuk menyimpan hasil gambar.
  10. Selesai.

Selain situs yang saya sebutkan, tentu masih ada banyak situs-situs lain yang memiliki fungsi serupa. Misalnya saja seperti Freeconvert, Onlineconvertfree, Anyconv dan masih banyak lagi. Silakan kalian bisa mencoba mencarinya di Google Search.

Penutup

Jika di telusuri, format SVG bisa di katakan saat ini masih tidak banyak orang yang menggunakannya seperti format gambar yang lainnya. Misalnya JPG, PNG atau GIF. Namun dalam kebutuhan tertentu, format yang satu ini sangatlah penting dan di rekomendasikan.

Terutama sih untuk kalian yang memang sedang membutuhkan sebuah gambar dengan resolusi tinggi. Serta ingin gambar yang tidak pecah saat di zoom dalam jarak dekat sekalipun.

Seperti biasa, jika ada yang masih kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan seputar pembahasan di atas. Silakan langsung saja tuliskan pertanyaan itu pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.