Mempercepat Internet Axis Lemot

Cara Mempercepat Internet Axis Lemot Agar Kencang Kembali

Apakah benar Axis gangguan hari ini dan membuat koneksi internet Axis lemot? Mungkin saya rasa itu tidak seperti yang kalian bayangkan. Itu sih menurut saya pribadi ya.

Karena seperti yang terjadi di tempat saya saat ini, kalau Axis itu merupakan salah satu operator yang minim mengalami masalah pada jaringan. Untuk saat ini, internet dari Axis juga masih aman serta cukup cepat untuk digunakan mengakses internet.

Dalam beberapa hari belakangan ini, saya sempat menggunakan jaringan internet dari Axis untuk mendownload sebuah file di internet. Proses downloadnya cukup cepat dan rata-rata speed yang saya dapatkan dari Axis ada di kisaran 3MB/s (dengan IDM).

Lalu apa yang membuat internet Axis lemot?

Sebenarnya itu, lambat dan tidaknya koneksi internet itu bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Jadi, bukan karena Axis sedang gangguan saja yang membuat internetnya lemot. Selain itu, operator juga tidak bisa sepenuhnya kita salahkan saat terjadi masalah ini.

Apa Penyebab Internet Axis Lemot?

Seperti yang saya katakan tadi, kalau sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab jaringan internet lemot. Selain karena memang gangguan dari pusatnya, ada beberapa faktor lain yang membuat kita mengalami masalah tersebut.

Nah, berikut ini ada beberapa faktor lain yang membuat internet Axis di tempat kalian lemot:

1. Faktor Perangkat yang Digunakan

Masing-masing perangkat yang di gunakan itu memiliki kemampuan penangkap sinyal yang berbeda-beda, ya. Sehingga tidak heran kalau di satu HP internet dari Axis kencang, sedangkan di HP lainnya internet Axis malah lemot.

2. Faktor Tempat Kita Berada

Mungkin masih banyak dari kalian yang belum tahu, kalau tempat juga bisa menjadi faktor penentu cepat dan lemotnya internet. Tidak percaya? Coba saja kalian pindah ke tempat yang tertutup, seperti di basement. Pastinya sinyal di HP kalian bakalan hilang dan kecepatan jaringan internet akan menurun.

3. Faktor Cuaca

Selain tempat, cuaca juga bisa menjadi faktor penentu kecepatan sinyal di tempat kalian. Misalnya saja saat hujan lebat. Pastinya jaringan sinyal di lokasi kalian akan hilang dan membuat jaringan internet mengalami gangguan. Hal ini juga sering terjadi di tempat tinggal saya.

4. Pengaturan yang Tidak Tepat

Pengaturan yang saya maksud ini lebih ke pengaturan jaringan pada HP. Meski sebenarnya pengaturan jaringan itu sudah di atur secara otomatis, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kesalahan. Nah, kesalahan inilah yang bisa membuat internet di HP menjadi lemot.

5. Faktor Sistem Pada HP

Selain karena salah pengaturan, sistem pada HP juga bisa menjadi penyebab internet mengalami masalah. Untuk kondisi ini, nanti akan saya jelaskan secara lengkap dan spesial hanya untuk kalian.

Cara Mempercepat Internet Axis yang Lemot

Mengatasi internet Axis yang lemot itu sebenarnya bisa kalian lakukan dengan mudah, karena hanya perlu:

  1. Manfaatkan Fitur Airplane Mode
  2. Periksa Pengaturan APN Axis Pada HP
  3. Cari Lokasi atau Tempat yang Lebih Terbuka
  4. Coba Ganti Pengaturan Jaringan di HP
  5. Refresh Jaringan Axis pada HP
  6. Paksa Berhenti Aplikasi yang Menggunakan Internet
  7. Hubungi Customer Service
  8. Tunggu Sampai Normal Kembali

Dengan menerapkan beberapa cara tersebut, internet Axis yang sebelumnya lemot pasti akan kencang kembali seperti dulu.

Untuk lebih jelas, kalian bisa menyimaknya di bawah ini:

1. Manfaatkan Fitur Airplane Mode

Cara mengatasi Internet Axis yang lemot pertama ini dapat kalian lakukan dengan memanfaatkan fitur Airplane mode yang ada di HP.

Mungkin dari kalian beranggapan kalau fitur tersebut hanya diperlukan ketika sedang sibuk dan tidak ingin diganggu oleh notifikasi yang keluar dari beberapa aplikasi. Padahal masih ada loh manfaat lain yang bisa kalian dapatkan dari fitur tersebut. Salah satunya adalah untuk memperbaiki jaringan internet Axis yang lemot.

Memang bisa? Tentu saja bisa, karena fitur Airplane mode akan membuat sistem  pada HP mencari ulang jaringan yang ada di sekitarnya. Dengan begitu, jika jaringan yang sebelumnya bermasalah maka akan di ganti dengan jaringan yang lebih baik.

Tapi, pastikan jika sebelumnya lokasi kalian sudah tercover oleh layanan dari Axis dengan baik, ya. Caranya dengan mengaktifkan fitur Airplane mode dan tunggu beberapa saat, lalu kalian nonaktifkan kembali fiturnya.

2. Periksa Pengaturan APN Axis Pada HP

Sebenarnya ketika kita sudah memasukkan kartu SIM Card dari Axis ke HP, maka APN sebenarnya sudah di atur secara langsung. Tapi untuk beberapa smartphone, ada juga yang mengharuskan penggunanya untuk mengatur APN di HP nya secara manual.

Untuk masalah seperti ini, maka solusinya tentu kalian harus mengatur APN sendiri di perangkat yang digunakan. Caranya juga tidak begitu sulit untuk kalian lakukan, karena saya akan membantu kalian di sini.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka Pengaturan yang ada di HP.
  2. Lalu kalian cari menu Kartu SIM.
  3. Berikutnya pilih Pengaturan Jaringan.
  4. Tap lagi menu Kartu SIM dan pilih SIM yang menggunakan Axis.
  5. Jika sudah, klik saja menu APN.
  6. Sekarang pilih saja Buat APN Baru (+).
  7. Masukkan APN pada halaman ini.
  8. Terakhir klik Simpan dan Aktifkan APN.

Mungkin di beberapa perangkat android letak pengaturan tersebut akan berbeda-beda, jadi kalian bisa mencoba untuk menyesuaikannya. Untuk APN yang saya gunakan saat mengalami masalah dengan jaringan internet dari Axis adalah ini:

  • Nama APN : Axis
  • APN : Axis
  • Proxy : 10.8.3.8
  • Port : 8080
  • Username : Axis
  • Password : 12345
  • Server : Biarkan Kosong
  • MMSC : Biarkan Default saja
  • Proxy MMS : Biarkan Default saja
  • Port MMS : Biarkan Default saja
  • MMC : 510
  • MNC : 08
  • Autentikasi : PAP
  • Jenis APN : Default
  • Tipe Protokol APN : IPv4
  • Protokol APN Roaming : IPv4

Setelah berhasil memasang pengaturan APN di atas, jangan lupa juga untuk merestart HP Android kalian, ya.

3. Cari Lokasi atau Tempat yang Lebih Terbuka

Seperti apa yang sudah saya singgung di atas tadi, di mana tempat atau lokasi juga bisa menjadi pengaruh sinyal internet di HP bermasalah. Bahkan dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, penurunan jaringan internet di suatu tempat itu bisa mencapai 70% lebih lho.

Oleh karena itu, jika memang di tempat kalian berada saat ini jaringan internet sedang bermasalah, maka coba deh buat pindah ke tempat lain. Pastikan juga kalian pergi ke tempat yang lebih terbuka agar perangkat bisa menangkap sinyal lebih banyak.

Misalnya kalian sedang berada di kamar, maka coba saja pindah ke ruang tamu atau ke teras rumah yang lebih terbuka. Jika masih belum mendapatkan hasil setelah pindah ke ruang tamu ataupun teras, maka barulah kalian pindah lagi ke tempat lainnya (jika memungkinkan).

4. Coba Ganti Pengaturan Jaringan di HP

Cara mengatasi internet Axis yang lemot selanjutnya bisa kalian coba dengan mengganti pengaturan jaringan yang ada di HP. Karena yang pasti, semua smartphone yang ada saat ini sudah dibekali dengan jaringan internet 4G LTE super kencang.

Salah sih tidak, karena pada dasarnya sinyal 4G LTE ini sudah didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan internet penggunanya. Namun, itu akan berfungsi jika di tempat tinggal kalian memang sudah tercover dengan layanan 4G dari Axis.

Jika tidak, maka internet Axis di HP kalian akan lemot. Nah, solusinya tentu dengan mengganti jenis jaringan pada HP ke 3G misalnya.

Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada HP.
  2. Lalu pergi ke menu Jaringan Seluler.
  3. Geser saja ke atas atau ke bawah untuk mencari pengaturan jaringan 3G.
  4. Jika sudah ketemu, langsung saja pilih 3G Only.

Penting:

  1. Selain karena memang pengaruh dari layanan yang di sediakan oleh Axis di tempat tinggal kalian, dengan pengaturan ini juga cocok jika kalian mengakses internet pada jam-jam sibuk.
  2. Jika dalam beberapa waktu, kalian merasa jaringan 4G sudah kembali normal, maka kalian bisa merubahnya kembali ke semula.

5. Refresh Jaringan Axis pada HP

Jika jaringan internet Axis masih lemot meski sudah mengikuti tutorial di atas, maka kalian bisa mencoba untuk me-refresh jaringan pada HP. Hal ini sebenarnya bertujuan untuk menormalkan kembali sinyal pada HP yang sebelumnya mengalami masalah (gangguan).

Untuk melakukan cara ini, setidaknya itu ada 3 metode yang dapat kalian gunakan. Kalian juga bisa mencoba metodenya satu-persatu jika ingin optimal.

Metodenya seperti ini:

1. Metode Pertama

  • Disconnect akses internet pada HP.
  • Tunggu beberapa menit, 1-2 menit saja.
  • Lalu sambungkan kembali internetnya.

2. Metode Kedua

  • Matikan atau restart HP yang kalian gunakan.
  • Tunggu beberapa saat, baru hidupkan kembali.
  • Buka kunci dan nyalakan mode pesawat.
  • Diamkan beberapa menit.
  • Setelah itu matikan mode pesawat.

3. Metode Ketiga

  • Matikan ponsel kalian seperti biasa.
  • Lalu lepaskan baterai (jika bisa), SIM dan kartu memori.
  • Tunggu saja beberapa menit.
  • Kemudian pasang kembali semuanya.
  • Setelah itu, nyalakan HP kalian.

6. Paksa Berhenti Aplikasi yang Menggunakan Internet

Jika sebelumnya internet Axis di HP kalian lancar-lancar saja, tapi karena memasang beberapa aplikasi, internet malah menjadi lemot. Apabila seperti itu, maka kemungkinan besar yang menjadi penyebabnya adalah sistem yang ada di dalam HP. Ini biasanya di picu oleh beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Solusinya mudah kok, kalian bisa memaksa berhenti (Force Stop) beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dengan begitu, koneksi internet di Axis kalian bisa berjalan lebih baik dan optimal kembali.

Begini caranya:

  1. Pertama-tama buka Pengaturan di HP.
  2. Lalu cari menu Pengaturan Aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang sedang berjalan dan klik Force Stop (paksa berhenti).

Sebelumnya, perlu juga untuk kalian ketahui kalau pastikan memilih aplikasi berjalan yang menggunakan internet saja. Jika di biarkan saja, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga bisa membuat HP lemot ketika digunakan.

7. Hubungi Customer Service

Setelah kalian menerapkan beberapa tutorial di atas, namun internet Axis di HP kalian masih bermasalah, maka kemungkinan ini sumbernya memang dari pusat. Biasanya saja operator Axis sedang memperbaharui sistem atau memang sedang ada kerusakan.

Nah, untuk memastikan masalah ini, kalian bisa mencoba menghubungi customer service Axis dan menanyakan masalah yang sedang terjadi saat ini.

Ada beberapa metode yang bisa kalian gunakan untuk menghubungi pihak operator Axis, seperti:

8. Tunggu Sampai Normal Kembali

Setelah kalian berhasil menghubungi customer service Axis dan menanyakan perihal masalah internet yang lemot, namun pihak Axis menyatakan tidak ada masalah, maka kemungkinan memang di tempat kalian saja yang sedang bermasalah. Mungkin saja ini karena faktor cuaca yang kurang bersahabat.

Solusinya bagaimana? Ya, solusinya tentu hanya bisa dengan menunggu saja sampai internet Axis kembali normal seperti sebelumnya. Biasanya lama dan cepatnya masalah ini selesai, tergantung dari kondisi yang ada di tempat kalian.

Jadi, sabar saja ya.

Penutup

Semua tips yang saya jelaskan di atas itu ditunjukkan untuk semua pengguna operator Axis, jadi siapapun dan di manapun kalian berada bisa menerapkan cara tersebut. Tapi perlu juga untuk kalian ketahui, bila belum berhasil, kemungkinan masih ada salah satu faktor yang belum terpenuhi dari pembahasan di awal tadi.

Untuk saat ini, mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya jelaskan tentang cara mengatasi internet Axis yang lemot agar kencang kembali.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.