Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Instagram Tidak Bisa Memuat Efek – Mungkin dari kalian yang tahu kalau Instagram itu merupakan aplikasi sosial media yang cukup populer di berbagai kalangan. Mulai dari kalangan remaja sampai orang dewasapun mempunyai akun Instagram pribadi.

Nah, hampir sebagian besar pengguna Instagram sekarang ini lebih banyak menggunakan fitur story. Karena dengan fitur story, kita dapat membuat sebuah status cerita sesuai keinginan. Nantinya status di Instagram yang kita buat akan bertahan selama 1 hari.

Sama seperti aplikasi status lainnya, di Instagram story juga sudah di sediakan berbagai efek yang dapat digunakan. Efek ini mempunyai banyak fungsi, salah satunya untuk mempercantik status yang akan kita buat.

Namun sayangnya terkadang efek pada story di IG tersebut bisa saja mengalami masalah-masalah tertentu. Salah satunya yang sering terjadi, ialah efek yang tidak bisa dimuat meski koneksi internet stabil.

Apa Penyebab Tidak Bisa Memuat Efek di Instagram?

Untuk ciri-ciri ketika efek di Instagram mengalami gangguan itu dapat di sebabkan oleh dua hal.

Pertama, seperti gambar yang saya tampilkan di atas, efek yang seharusnya muncul hanya menampilkan icon loading saja.

Kedua, pada saat kita memilih sebuah efek, mala yang muncul sebuah pesan notifikasi “Tidak dapat memuat efek”. Dan efeknya juga tidak tampil, meski sudah di refresh.

Sedangkan untuk penyebabnya sih ada beberapa, mulai dari:

  1. Masalah pada koneksi internet yang sedang di gunakan, misalnya tidak stabil.
  2. Koneksi internet yang di pakai memang sedang gangguan.
  3. Adanya bug di dalam data aplikasi Instagram.
  4. File cache Instagram yang sudah penuh.
  5. Aplikasi Instagram memang sedang ada gangguan server.

Secara umum, faktor koneksi internetlah yang sering menjadi penyebab efek di Instagram tidak dapat dimuat. Tapi terkadang juga ada faktor lain, namun sangat jarang terjadi.


Baca Juga : Mengenal Fitur Close Friends di Instagram


Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Dalam mengatasi masalah seperti ini, tentu kita harus melihat faktor penyebabnya terlebih dahulu. Karena dengan cara itu, kita akan lebih mudah dalam menentukan solusi untuk mengatasinya.

Jika sudah, berikut ini ada beberapa solusi yang bisa kalian coba lakukan.

1. Paksa Berhenti Aplikasi Instagram

Cara yang paling mudah dan sederhana pertama untuk mengatasi masalah efek di Instagram tidak muncul adalah dengan melakukan force stop atau paksa berhenti aplikasinya.

Cara ini memiliki tujuan untuk me-refresh aplikasi Instagram yang sedang bermasalah agar dapat kembali normal. Biasanya sih sangat efektif untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi di aplikasi Instagram.

Begini cara force stop aplikasi Instagram:

  • Pertama buka dulu Pengaturan pada HP kalian.
  • Lalu cari menu Daftar Aplikasi atau Pengaturan Aplikasi.
  • Selanjutnya cari aplikasi Instagram.
  • Pilih aplikasinya dan tekan menu Paksa Berhenti.
  • Akan muncul notifikasi peringatan, pilih saja Paksa Berhenti.
  • Selesai.

Apabila kalian sudah selesai melakukan force stop pada aplikasi Instagram, silakan coba periksa kembali aplikasinya. Jika masalah pada efek yang tidak muncul masih terjadi, maka bisa langsung menggunakan cara selanjutnya.

2. Bersihkan File Cache Instagram

Sama seperti aplikasi lainnya, Instagram juga menyimpan file cache dalam jumlah tertentu pada penyimpanan. Dalam beberapa kasus, file cache tersebut memang cukup bermanfaat, tapi terkadang juga bisa menjadi pemicu timbulnya beberapa masalah.

Data cache yang memang sudah menumpuk terlalu banyak bisa mengakibatkan terjadinya errorerror tertentu. Mulai dari lag, aplikasi yang tidak bisa di buka sampai efek yang tidak dapat dimuat.

Maka dari itu, tidak ada salahnya juga untuk menghapus file cache dari aplikasi Instagram.

Cara hapus data cache Instagram seperti ini:

  1. Buka dulu menu Pengaturan yang ada di HP.
  2. Lalu masuk kedalam menu Aplikasi.
  3. Kemudian cari aplikasi Instagram.
  4. Berikutnya tekan menu Penyimpanan.
  5. Terakhir pilih menu Hapus Memori.
  6. Selesai.

Baca Juga : Instagram Tidak Bisa Memuat Kabar Beranda


3. Logout Instagram dan Coba Logi Lagi

Jika masih belum bisa mengatasi masalah Instagram yang tidak bisa memuat efek, mungkin solusi ini dapat kalian coba lakukan. Di mana kalian disini bisa mencoba untuk me-loguot akun Instagram.

Dari pengalaman pribadi saya, cara ini terkadang juga bisa membantu saat mengalami masalah efek yang tidak dimuat pada aplikasi Instagram.

Cara loguot aplikasi Instagram:

  • Silakan buka dulu aplikasi Instagram di HP masing-masing.
  • Kemudian cari menu Profil.
  • Lalu pilih opsi More Option.
  • Lanjut pilih lagi menu Pengaturan.
  • Terakhir pilih Logout.
  • Maka akan muncul sebuah notifikasi, pilih opsi Keluar Sekarang.
  • Selesai.

Sekarang kalian akan langsung di bawah ke halaman login kembali. Silakan coba masuk lagi menggunakan akun Instagram sebelumnya, kemudian periksa lagi efek yang tidak muncul tadi.

4. Gunakan Koneksi Internet Berbeda

Sama seperti aplikasi media sosial lainnya, untuk menggunakan Instagram kita membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika tidak, semua fitur dan fungsi dari aplikasi tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Hal seperti ini juga sering mengakibatkan masalah efek yang tidak mau dimuat pada Instagram. Oleh karena itu, kita wajib untuk memastikan terlebih dahulu koneksi internet yang di pakai.

Untuk memastikan apakah koneksi internet yang kita gunakan sedang bermasalah atau tidak itu bisa di lakukan dengan membuka aplikasi lain. Misalnya saja seperti Youtube atau aplikasi sosial media lainnya.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba ganti kartu yang digunakan. Bisa juga memakai provider yang berbeda dari sebelumnya. Atau bisa juga dengan mengganti jenis jaringan, misalnya dari 4G ke 3G atau sebaliknya.

Jika tidak ada masalah pada provider, kemungkinan berasal dari perangkat yang digunakan. Untuk masalah ini kalian bisa membacanya di artikel saya sebelumnya tentang HP Android tidak bisa konek internet.

5. Unistal Aplikasi Instagram dan Pasang Lagi

Solusi terakhir yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah efek tidak dapat dimuat pada Instagram ialah dengan menghapus aplikasinya. Nanti setelah selesai menghapus aplikasi, kalian bisa memasangnya kembali.

Cara ini bisa menjadi jalan terakhir yang bisa kalian lakukan apabila semua solusi tadi belum dapat mengatasi masalah tersebut.

Di sini kalian bisa menghapus aplikasi Instagram melalui Google Playstore ataupun lewat pengaturan pada HP. Yang terpenting, nanti setelah berhasil di hapus, kalian harus memasang aplikasinya kembali.

Penutup

Mungkin cukup sekian dulu informasi tentang cara mengatasi Instagram tidak bisa memuat Efek yang dapat saya rangkumkan. Saya berharap dengan beberapa solusi di atas bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah tersebut.

Semua solusi yang saya jelaskan di atas tadi, merupakan cara-cara saya sendiri ketika mengalami masalah saat menggunakan aplikasi Instagram.

Nah, jika ada yang masih kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, bisa langsung menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.