4 Cara Melihat Garansi Hp Xiaomi Resmi atau Distributor Terbaru

Cara Melihat Garansi Hp Xiaomi

Cara Melihat Garansi Hp Xiaomi – Seperti yang kita tahu kalau saat ini sudah banyak beredar ponsel Xiaomi yang tidak memiliki garansi resmi secara penuh. Oleh karena ini, kita harus lebih teliti untuk membedakan ponsel yang memiliki garansi resmi dan garansi distributor.

Selain saat ingin mengklaim garansi distributor yang sulit, ponsel yang non-resmi juga sudah tidak dapat digunakan lagi di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya pemblokiran IMEI yang berlaku untuk seluruh ponsel ilegal.

Untuk kalian yang mempunyai ponsel Xiaomi dengan garansi resmi tentunya tidak perlu khawatir, sebab IMEI ponsel kalian sudah resmi terdaftar di database Kemenperin ( Kementrian Perindustrian Republik Indonesia ). Tapi lain untuk pemilik ponsel Xiaomi dengan garansi distributor, karena tahun ini akan dilakukan pemblokiran IMEI.

Oleh sebab itu, sebelum kalian ingin membeli sebuah smartphone seperti Xiaomi, ada bagusnya kalian lihat dulu apakah ponsel itu bergaransi resmi atau hanya garansi distributor saja.

Untuk mengetahui apakah ponsel yang kita beli itu memiliki garansi resmi atau tidak, bukanlah hal yang sulit. Berikut Kampung Gadget sudah merangkumkan beberapa cara melihat garansi Hp Xiaomi resmi atau distributor.

Inilah Cara Melihat Garansi Hp Xiaomi

1. Melalui Kotak Hp

Cara yang pertama tentu sangatlah mudah, karena kalian juga bisa mengetahui garansi ponsel Xiaomi hanya melalui kotaknya saja. Biasanya ponsel Xiaomi yang mempunyai garansi resmi akan memiliki lebel TAM, sedangkan untuk ponsel Xiaomi yang bergaransi distributor tidak akan memiliki label tersebut pada boxnya.

Bukan itu saja, box dari ponsel Xiaomi resmi juga memiliki sebuah tulisan PT Sat Nusapersada Tbk yang berlokasi di Batam, kepualuan Riau. Lokasi yang tertera itu menandakan kalau ponsel Xiaomi yang kamu beli merupakan produk resmi yang sudah lolos jual di Indonesia.

Sedangkan box ponsel Xiaomi yang hanya memiliki garansi distributor hanya terdapat sebuah tulisan Made In China.

2. Melalui IMEI Pada Ponsel Xiaomi

Selain dari boxnya, untuk melihat apakah ponsel Xiaomi yang kita beli itu mempunyai garansi resmi juga bisa diketahui melalui IMEI yang ada didalam HP. Untuk mengetahui IMEI dari ponsel Xiaomi kita juga tidak sulit dan kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu ponsel Xiaomi kalian
  • Selanjutnya buka aplikasi “Dial Up
  • Setelah itu, kalian langsung ketikan *#06#
  • Terakhir akan muncul nomor IMEI yang ada pada ponsel kalian
  • Catat di sebuah buku no IMEI tersebut

Setelah itu kalian bisa langsung menuju situs resmi dari Xiaomi di http://buy.mi.com/id/registration. Disana kalian dapat memasukan no IMEI tadi untuk mengetahui secara pasti, apakah ponsel kalian adalah resmi atau tidak.

3. Melalui Charger

Cara selanjutnya untuk memastikan apakah ponsel Xiaomi yang kita beli merupakan produk asli atau tidak adalah dengan melihat bentuk dari charger yang kalian dapat saat membeli ponsel tersebut.

Dimana menurut situs resmi dari Xiaomi sendiri mengatakan bahwa, produk yang mereka jual secara resmi di Indonesia akan mendapatkan charger dengan bentuk kaki dua yang sudah umum di Indonesia. Jadi jika bentuk kaki dari charger ponsel Xiaomi yang kalian dapat berbentuk 3 sisi, maka dapat dipastikan kalau itu bukan produk bergaransi resmi.

4. Melalui Situs Resmi Xiaomi

Cara yang terakhir yang dapat kalian lakukan agar bisa mengetahui apakah produk smartphone Xiaomi yang kalian beli itu bergaransi resmi adalah dengan mengunjungi secara langsung situs resminya. Namun kalian harus mengetahui terlebih dahulu no IMEI yang ada pada ponsel Xiaomi.

Setelah kalian sudah mengetahui no IMEI yang ada pada ponsel, maka langkah selanjutnya kalian bisa langsung menuju situs resmi Xiaomi disini. Dalam situ tersebut, kalian harus memasukan no IMEI yang sudah dicatat tadi dan klik selanjutnya.

Secara otomatis seluruh keterangan mengenai ponsel Xiaomi kalian akan tertera di dalam situs tersebut. Jika keterangan yang disebutkan dalam situs tersebut berbahasa China maka dapat dipastikan kalau ponsel kalian tidak mendapatkan garansi resmi.

Mungkin hanya itu saja sedikit ulasan yang dapat Kampung Gadget hadirkan hari ini, semoga ulasan diatas mengenai cara melihat garansi Hp Xiaomi bisa bermanfaat bagi kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.