Ketahui 6 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Tanpa dan Dengan Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi – Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang di Indonesia, hal ini mungkin karena Xiaomi memiliki banyak produk smartphone berkualitas namun dengan harga yang tetap terjangkau.

Smartphone Xiaomi juga terkenal akan banyak fitur yang tersemat didalamnya, salah satu fitur yang saat ini cukup populer adalah fitur hide apps atau fitur untuk menyembunyikan beberapa aplikasi, video, foto ataupun data penting lainnya. Fitur ini sangat cocok untuk kalian yang suka menyimpan data penting didalam ponsel.

Dalam menyembunyikan aplikasi didalam ponsel Xiaomi, kalian bisa menggunakan beberapa cara sederhana dan tentunya cara tersebut sangat mudah untuk kalian lakukan. Kalian juga bisa memilih untuk menggunakan aplikasi atau tanpa menggunakan aplikasi tambahan dalam menyembunyikan aplikasi atau data penting pada ponsel Xiaomi.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Pihat Ketiga

Cara yang pertama ini, kalian bisa menyembunyikan beberapa aplikasi penting yang ada didalam HP Xiaomi tanpa membutuhkan bantuan aplikasi tambahan. Tapi perlu kalian ketahui kalau cara ini hanya berkerja pada HP Xiaomi yang menggunakan sistem antarmuka MIUIĀ  saja bukan untuk pengguna HP Xiaomi yang berbasis OS Android.

Agar tidak terlalu panjang, langsung saja kita simak cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dibawah ini.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Miui 8

Cara yang pertama ini khusus untuk kalian pengguna smartphone Xiaomi dengan antarmuka MIUI 8 dengan ROM China ( Stable Edition ). Selain syarat yang sudah disebutkan tadi, kalian jangan berharap kalau fitur tersebut bakalan ada dalam HP Xiaomi kalian.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian dapat mengikuti caranya di bawah ini.

  • Pertama kalian masuk dulu kedalam menu “Settings” atau “Pengaturan” jika berbahasa Indonesia
  • Setelah itu kalian cari menu “App Invisible
  • Dalam menu itu kalian bisa memilih daftar aplikasi yang hendak di sembunyikan dengan cara menekan “On” dan “Off” untuk menonaktifkannya.

Sampai disni kalian sudah berhasil menyembunyikan beberapa aplikasi penting yang kalian miliki dan jika ingin mengembalikan aplikasi tersebut kalian hanya perlu masuk kedalam menu itu lagi dan menekan “Off” saja.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Miui 9

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi MIUI 9 tentu akan sangat berbeda dengan HP Xiaomi MIUI 8 diatas tadi. Selain berbeda, cara mengaktifkan fitur ini juga cukup panjang dibandingkan dengan antarmuka MIUI 8.

Penasaran? Yuk, kita lihat cara mengaktifkan fitur hide app di HP Xiaomi MIUI 9 dibawah ini.

  • Pertama kalian masuk kedalam menu “Settings” atau “Pengaturan” apabila menggunakan bahasa Indonesia
  • Langkah selanjutnya kalian ketik di kolom pencarian dengan kata kunci “Second
  • Setelah itu akan muncul menu “Second space” dan kalian bisa masuk kedalam menu itu
  • Selanjutnya kalian tekan menu “Turn On Second Space
  • Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai
  • Jika sudah, kalian bisa langsung memberikan pasword dan fingerprint untuk menguci aplikasinya
  • Selesai dan fitur ruang kedua sudah aktif pada HP Xiaomi kalian

Jika kalian hendak menghapus fitur ini, maka kalian bisa masuk kedalam menu “Settings Second Space” dan langkah selanjutnya kalian hanya perlu menekan tombol “Trash Bin” (Tong Sampah) yang biasanya ada di pojok kanan atas.

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Miui 10/11

Bagi kalian yang menggunakan HP Xiaomi dengan sistem antarmuka MIUI 10/11 dan ingin menyembunyikan aplikasi penting yang ada didalamnya, maka dapat mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama kalian masuk kedalam menu “Keamanan
  • Selanjutnya kalian bisa memilih menu “Kunci Aplikasi” biasanya ada di menu paling bawah
  • Berikutnya kalian akan diminta untuk membuat kunci aplikasi, seperti pola atau fingerprint
  • Setelah kalian sudah selesai membuat kunci aplikasi maka tekan menu “Berikutnya
  • Lanjutkan dengan menekan icon “Gerigi” yang ada di pojok atas
  • Scroll kebawah dan temukan fitur “Aplikasi Tersembunyi
  • Setelah aktif kalian bisa memilih opsi “Kelolah Apl Tersembunyi
  • Ditahap ini kalian dapat memilih aplikasi yang hendak di sembunyikan dengan cara menggeser on atau off untuk menonaktifkannya

Setelah fitur itu aktif dan kalian ingin menggunakan aplikasi yang sudah tersembunyi maka caranya dengan kembali ke menu home dan letakan dua jari kalian di tampilan home yang kosong lalu geser secara melebar. Setelah itu akan muncul pola pasword dan masukan pola atau sidik jari yang sudah kalian buat tadi. Maka secara otomatis aplikasi yang kalian sembunyikan akan tampil.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Memang tidak semua HP Xiaomi mempunyai fitur hide app, tapi meski begitu kalian juga masih bisa menyembunyikan aplikasi penting yang dimiliki. Caranya itu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat kalian download secara geratis di Google Play Store.

Jika dilihat, ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan layanan hide app. Tapi tidak semua dari aplikasi tersebut aman untuk kalian gunakan, karena ada beberapa yang sengaja dibuat untuk mengambil data penting yang ada didalam HP korbannya.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena berikut ini Kampung Gadget sudah menyediakan beberapa aplikasi yang pastinya terpercaya dan aman untuk kalian gunakan.

1. Menggunakan Aplikasi Apex Launcher

Aplikasi pertama yang bisa kalian gunakan untuk menyembunyikan data penting yang ada pada HP Xiaomi adalah Apex Launcher. Aplikasi ini dapat kalian instal secara geratis di Google Play Store yang sudah ada didalam ponsel Xiaomi.

  • Pertama-tama kalian instal dulu aplikasi “Apex Launcher
  • Jika sudah maka jalankan aplikasi “Apex Launcher
  • Masuk kedalam menu “Settings” yang ada didalam aplikasi
  • Pilih menu “Hidden Apps
  • Selanjutnya kalian bisa langsung memilih aplikasi yang ingin kalian sembunyikan dengan cara mencentangnya satu-persatu
  • Setelah cukup kalian bisa menekan opsi “Hidden Apps

Maka dengan secara otomatis, aplikasi yang sudah kalian pilih tadi akan hilang di menu home. Untuk membukanya kalian bisa masuk kedalam aplikasi “Hidden Apps” dan memilih aplikasi yang akan dibuka.

2. Menggunakan Aplikasi Hide Apps

Hide Apps juga salah satu dari beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk melindungi data penting yang ada didalam ponsel Xiaomi. Selain ukuran dari aplikasi tersebut yang tidak terlalu besar, keamanan yang disuguhkan aplikasi ini juga tidak perlu kalian ragukan.

Nah, jika kalian berminat menggunakan aplikasi ini, maka dapat melihat cara lengkapnya dibawah ini.

  • Hal yang pertama tentu kalian wajib menginstal aplikasi “Hide Apps
  • Jika sudah, buka aplikasi “Hide Apps” yang telah didownload tadi
  • Setelah aplikasi terbuka, pilih menu “Apps
  • Pada menu ini kalian dapat memilih beberapa aplikasi yang mau di sembunyikan dengan cara menekan ikon “Mata” yang ada di sebelah aplikasi
  • Selanjutnya kalian tekan tombol “Home” dan gunakan “Hide Apps” sebagai Launcher

Pada step ini, semua aplikasi yang sudah kalian pilih akan hilang pada menu home dan untuk membukanya kalian bisa masuk kedalam aplikasi tadi.

3. Menggunakan Aplikasi Microsoft Launcher

Aplikasi terakhir yang bisa kalian gunakan untuk menyembunyikan aplikasi penting yang ada didalam ponsel Xiaomi. Seperti halnya aplikasi yang disebutkan diatas, Microsof Launcher juga bisa kalian download secara geratis di Play Store.

Dalam menggunakan aplikasi ini juga tidak terlalu sulit, karena caranya juga hampir sama dengan cara diatas tadi.

  • Tentu kalian harus menginstal aplikasi “Microsoft Launcher” terlebih dahulu
  • Setelah berhasi menginstalnya, maka buka aplikasi “Microsoft Launcher
  • Berikutnya kalian tekan “Titik tiga” yang ada pada menu utama saat membuka aplikasi tersebut
  • Selanjutnya kalian hanya perlu memilih aplikasi yang ingin di sembunyikan dan tekan opsi “Hide

Maka secara otomatis aplikasi yang sudah kalian pilih tadi akan hilang di menu home dan saat kalian ingin menampilkan aplikasi itu tadi, kalian hanya perlu masuk kedalam menu setting pada aplikasi Microsoft Launcher.

Baik, mungkin cukup sekian dulu informasi tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi yang bisa admin hadirkan dan nantikan juga tips keren seputar gadget lainnya hanya di Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.