Apa Itu Roaming Data? Kenali Manfaat dan Fungsinya di Android

Roaming Data

Apakan dari kalian masih ada yang belum terlalu paham mengenai pengertian roaming data? serta juga belum mengerti apa fungsinya, manfaatnya dan bagaimana cara mengaktifkannya. Jika seperti itu, maka kalian sudah berada di tempat yang tepat karena hari ini admin akan menjelaskan secara lengkap mengenai hal tersebut.

Bagi anak kampung seperti admin, mungkin kata roaming data itu agak sedikit asing saat kita mendengarnya tapi bagi mereka yang sering melakukan perjalanan jauh pastinya sudah sangat mengenal istilah kata tersebut. Hal ini dikarenakan roaming data itu sangat diperlukan oleh mereka yang suka bepergian jauh dari Indonesia.

Istilah roaming ini juga ada di setiap provider yang ada di Indonesia seperti provider XL, Indonsat, Telkomsel, Smartfren, Tri dan provider lainnya. Masih belum jelas dengan kata roaming? Mari lihat pembahasan berikut.

Apa Itu Roaming Data?

Roaming data adalah salah satu jenis layanan yang disediakan oleh provider yang akan memungkinkan kalian untuk bisa tetap terhubung ke layanan internet ketika sedang berada di luar area atau di luar jangkauan layanan provider yang kita pakai.

Cara kerja dari layanan roaming ini yaitu dengan menggunakan layanan jaringan internet yang dimiliki oleh provider lain yang ada di tempat kalian berada saat ini.

Sebagai contohnya itu seperti:

Anggap saja admin sendiri merupakan seseorang yang menggunakan satu layanan provider yang ada di Indonesia dan menggunakan layanan tersebut setiap hari untuk mengakses aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

Suatu hari, admin diajak pergi berlibur keluar negeri oleh keluarga. Ke Perancis misalnya. Karena kebetulan juga kalau hari itu merupakan hari libur dan akhirnya kami sekeluargapun pergi berlibur kesana.

Sesampainya di kota Perancis, admin ternyata mendapatkan sebuah masalah dimana provider yang admin gunakan itu sinyalnya mendadak hilang dan tidak bisa digunakan. Nah, hal tersebut terjadi dikarenakan lokasi dari provider yang admin pakai sudah berada di luar jangkauan area yang mereka miliki.

Tentu saja ini akan membuat kita tidak bisa terhubung dengan layanan internet untuk mengakses sosial media seperti Instagram, Facebokk dan lainnya. Serta sangat tidak memungkinkan juga untuk kita mencari penyedia layanan jaringan di kota tersebut.

Jadi, disinilah layanan roaming data itu berfungsi untuk membantu kita dalam mengatasi masalah yang sudah admin sebutkan diatas tadi.

Provider seluler yang admin gunakan di Indonesia itu akan bekerja sama dengan salah satu layanan seluler yang ada di kota Perancis. Dengan begini, kita sebagai orang Indonesia yang menggunakan layanan roaming dari provider Indonesia masih bisa tetap terhubung dengan layanan internet meski sedang berada jauh dari tempat kelahiran kita.

Apa Kegunaan Dari Roaming Data?

Apa Kegunaan Dari Roaming Data

Apa kegunaan dari roaming data? Seperti yang sudah admin jelaskan diatas tadi kalau roaming data itu dapat membantu kalian saat berada di luar jangkauan layanan servis dari provider yang kita gunakan.

Tapi untuk saat ini, layanan roaming tidak hanya bisa digunakan sebatas untuk bisa tersambung dengan layanan internet saja lho. Karena ada banyak sekali manfaat yang akan kalian rasakan saat menggunakan layanan roaming.

Nah, berikut beberapa manfaat lain yang akan kalian dapatkan saat menggunakan layanan roaming ketika berpergian keluar negeri:

  • Kalian masih bisa mengirim SMS dengan nomor HP yang digunakan.
  • Kalian juga masih bisa mengirim SMS berbentuk multimedia.
  • Kalian tetap bisa menelepon seseorang dimanapun itu.
  • Kalian masih tetap bisa melakukan video call.
  • Kalian juga masih tetap bisa menerima SMS dari orang lain.
  • Kalian akan tetap bisa menerima panggilan masuk dari orang lain.

Berdasarkan informasi yang admin kutip dari Lifewire, saat kalian menggunakan layanan roaming dan mengaktifkan mode pesawat maka semua panggilan masuk kedalam telepon kalian akan disimpan dalam bentuk voice mall.

Berapakah Biaya Roaming Data?

Apa kalian sedang memiliki rencana untuk berlibur dan ingin memakai layanan roaming dan berapa biaya roaming data? Untuk masalah harga paket roaming, tentu itu tergantung dari penyedia layanan provider masing-masing karena setiap provider mempunyai harga yang berbeda-beda.

Tentu untuk harganya sih relatif, hal ini dikarenakan setiap orang mungkin akan memilih paket roaming yang berbeda-beda, apalagi jika itu menyangkut masalah kebutuhan mereka masing-masing.

Namun untuk saat ini ada beberapa provider yang biasanya menyediakan promo paket roaming murah, meski tidak semurah paket data internet yang kita gunakan di Indonesia. Namun jika melakukan perjalanan jauh keluar negeri, tentu membeli paket roaming adalah hal yang wajib untuk dilakukan, agar bisa mengakes layanan internet yang kita mau.

Untuk menemukan harga yang lebih jelas, kalian bisa langsung menghubungi pihak provider yang digunakan, karena harga paket roaming bisa berbeda-beda setiap munggunya. Jadi yang paling bisa menentukan kepastian harganya itu adalah provider sendiri.

Apakah Roaming Data Wajib Diaktifkan?

Apakah roaming data wajib diaktifkan? Tentu jawaban yang tepat adalah menanyakan kediri kalian masing-masing, jika kalian memiliki rencana untuk melakukan perjalanan keluar negeri maka mengaktifkan paket roaming adalah hal yang wajib tapi jika kalian hanya pergi ketempat yang tidak jauh atau masih ada dalam jangkauan layanan provider yang digunakan maka paket roaming tidak perlu kalian aktifkan.

Wajib dan tidaknya kalian mengaktifkan paket roaming itu tergantung juga dari kebutuhan diri kalian masing-masing saat ingin melakukan perjalanan keluar negeri.

Cara Mengaktifkan Roaming Data

Cara Mengaktifkan Roaming Data

Setelah kita sudah melihat mengenai apa yang dimaksud dengan roaming dan kegunaan paket roaming  maka untuk selanjutnya admin akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara mengaktifkan roaming  data.

Dalam mengaktifkan roaming data, admin akan membaginya menjadi dua bagian karena cara mengaktifkan roaming di Android dan iPhone itu sedikit berbeda.

Mari, langsung saja kita lihat cara lengkapnya di bawah ini:

1. Cara Mengaktifkan Roaming Data di Android

Pertama admin akan menjelaskan kalian tentang bagaimana cara mengaktifkan data roaming  di Android dan caranya juga sangat mudah sekali. Cara mengaktifkan roaming data di Android adalah berikut ini:

  • Pertama kalian masuk kedalam menu “Pengaturan” atau “Settings” jika menggunakan bahasa Inggris.
  • Setelah itu kalian cari menu “Kartu SIM“.
  • Jika sudah, kalian pilih opsi “Roaming Data“.
  • Terakhir aktifkan menu “Roaming Data“.

Nah, setelah roaming sudah aktif, maka jangan lupa untuk merestat ponsel yang kalian gunakan. Hal ini bertujuan agar paket roaming yang kalian daftarkan bisa digunakan dengan baik nantinya.

2. Cara Mengaktifkan Roaming Data di iPhone

Untuk kalian pengguna iPhone sebenarnya untuk mengaktifkan roaming tidaklah sesulita seperti yang sudah kalian bayangkan. Berikut cara mengaktifkan roaming data di iPhone:

  • Pertama kalian masuk kedalam menu “Settings“.
  • Lalu kalian pilih opsi “Cellular Data“.
  • Setelah itu kalian pilih lagi “Cellular Data Options“.
  • Terakhir kalian aktifkan menu “Data Roaming“.

Masih sama dengan langkah diatas, setelah berhasil mengaktifkannya kalian juga wajib melakukan restat terlebih dahulu.

Cara Mematikan Data Roaming

Selain admin memberikan kalian bagaimana cara mengaktifkan paket roaming, disini admin juga akan membagikan kalian sebuah cara untuk menonaktifkan paket roaming di Android dan juga iPhone.

Bagaimana cara mematikan data roaming? Yuk, kita simak cara lengkapnya dibawah ini.

1. Cara Mematikan Data Roaming di Android

Selain proses mengaktifkannya yang sangat mudah, cara mematikan data roaming di Android juga sangat mudah sekali untuk dilakukan, Caranya seperti berikut:

  • Langkah pertama kalian buka menu “Pengaturan“.
  • Lalu kalian cari menu “Jaringan & Internet“.
  • Selanjutnya kalian cari “Jaringan Seluler“.
  • Terakhir gulir kebawah pilih opsi “Roaming” dan tekan “Off“.

Maka dengan begitu roaming data di hp Android kalian sudah tidak aktif lagi.

2. Cara Mematikan Data Roaming di iPhone

Untuk menonaktifkan roaming di iPhone juga tidak sulit untuk dilakukan, karena berikut langkah-langkah mematikan data roaming di iPhone yang bisa kalian ikuti.

  • Pertama kalian masuk kedalam menu “Pengaturan“.
  • Setelah itu cari menu “Celluler Data” atau “Mobile Data“.
  • Berikutnya kalian cari lagi menu “Sellular Data Options“.
  • Terakhir pilih “Off Data Roaming“.

Maka dengan begini data roaming di iPhone kalian sudah berhasil di nonaktifkan.

Bagaimana, apakah kalian sudah mengerti tentang roaming dan apa manfaat serta cara mengaktifkannya? Pastinya sudah ya!

Seperti yang sudah admin jelaskan tadi diatas, kalau fitur ini akan membantu kalian ketika ingin melakukan perjalanan jauh keluar negeri. Selain itu kata roaming juga bisa kalian temukan di setiap smartphone, namun tidak bisa kalian gunakan kalau belum mengaktifkan paket roaming dari provider.

Nah, untuk saat ini mungkin cukup sampai disini saja ulasan yang bisa admin berikan untuk kalian seputar pengertian roaming data. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian mengenai kata roaming.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.