Cara Mengunci Akun Twitter Lewat HP

Cara Mengunci Akun Twitter di HP agar Tidak Bisa Dilihat Orang

Cara Mengunci Akun Twitter – Bagi yang belum tahu saja, kalau Twitter itu merupakan salah satu aplikasi sosial media yang memiliki banyak fitur di dalamnya. Seperti fitur untuk menghapus follower, menghapus akun Twitter sampai dengan fitur mengunci akun.

Fitur kunci akun yang ada di Twitter, sekarang ini sedang ramai di gunakan oleh kebanyakan orang. Khususnya sih untuk mereka yang memang tidak ingin kalau foto profilnya dilihat oleh orang atau pengguna Twitter lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengunci akun Twitter? Caranya sih sebenarnya sangat mudah, karena fitur ini bisa kita temukan pada halaman keamanan akun. Tapi jika kalian masih bingung, maka bisa langsung menyimak langkah-langkahnya di sini.

Apa Bedanya Akun Twitter Dikunci dan Tidak Dikunci?

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, ada bagusnya kita ketahui dulu sedikit perbedaan antara akun Twitter yang dikunci dengan akun yang tidak dikunci.

Perbedaannya sangat simpel, di mana untuk akun Twitter yang dikunci itu akan mempunyai ikon gembok di samping akunnya. Selain itu, di akun yang terkunci ini semua tweet tidak akan bisa di lihat oleh orang, terkecuali sudah menjadi pengikut.

Sedangkan pada akun yang tidak terkunci, sudah pasti ikon gembok tersebut tidak akan muncul di samping akun. Serta semua pengguna juga bisa melihat isi tweet yang ada di dalam akun tanpa harus menjadi pengikut terlebih dahulu.


Baca Juga : Ukuran Header Twitter yang Pas


Cara Mengunci Akun Twitter

Cara Mengunci Akun Twitter

Secara umumnya, fitur kunci akun Twitter itu bisa kita aktifkan dan matikan sesuai keinginan. Ini karena tidak ada peraturan khusus dari pihak Twitter untuk menggunakan fitur tersebut.

Berikut cara mengunci akun Twitter di HP:

  1. Pertama-tama silakan buka aplikasi Twitter pada HP.
  2. Setelah terbuka, silakan ketuk Foto Profil akun.
  3. Gulir kebagian bawah, lalu tekan menu Pengaturan dan Privasi.
  4. Selanjutnya pilih lagi Privasi dan Keamanan.
  5. Ketuk opsi Audiens dan Penandaan.
  6. Silakan aktifkan toggle pada menu Lindungi Tweet Anda.
  7. Berikutnya buka halaman profil akun Twitter kalian.
  8. Jika sudah terdapat ikon gembok di sebelah nama akun, maka itu tandanya akun sudah berhasil di kunci.
  9. Selesai.

Tambahan:

Apabila kalian berubah pikiran dan ingin menonaktifkan fitur tersebut, maka ulangi saja langkah-langkah yang ada di atas tadi. Nanti setelah berada di halaman Audiens dan Penandaan, silakan geser toggle di menu Lindungi Tweet Anda ke kiri. Maka secara otomatis ikon gembok pada akun Twitter akan hilang.

Manfaat Mengunci Akun Twitter

Pada dasarnya mengunci akun Twitter itu memiliki banyak sekali manfaat. Khususnya untuk kalian yang tidak ingin akun Twitter-nya di lihat oleh orang lain selain followers (pengikut).

Berikut ini 3 manfaat mengunci akun Twitter:

1. Menjadikan Akun Private

Seperti yang saya jelaskan tadi, kalau mengunci akun Twitter itu berarti mengubah aksesnya dari public ke private. Sehingga hanya orang-orang yang mempunyai akses atau teman di Twitter saja lah yang bisa mengetahui semua aktivitas kita.

Sedangkan untuk akun Twitter yang tidak terkunci, maka aksesnya akan menjadi public. Ini artinya semua pengguna Twitter bisa tahu dan melihat aktivitas kita di dalam aplikasi Twitter. Bahkan ini juga berlaku untuk orang yang belum menjadi teman atau followers kita sekalipun.


Baca Juga : Cara Mengecek Shadowban Twitter


2. Membatasi Jumlah Followers

Berikutnya, dengan mengaktifkan fitur kunci akun Twitter, maka secara otomatis kita juga bisa membatasi jumlah followers yang ada di dalam akun kita.

Masing-masing orang tentu memiliki alasannya tersendiri perihal yang satu ini. Tapi yang paling umumnya sih, agar orang-orang yang ingin menjadi followers harus mendapatkan konfirmasi dari kita terlebih dahulu.

Ini juga akan memudahkan kita untuk menyeleksi siapa orang yang bisa menjadi followers kita di Twitter.

Didalam fitur follow juga terdapat menu tolak yang bisa di gunakan. Sehingga jika ada orang yang ingin mengikuti akun Twitter kita, maka di sini kita bisa menolaknya jika di inginkan.

3. Akun Menjadi Lebih Aman

Pada akun Twitter yang memiliki akses terbatas, maka secara otomatis aktivitasnya juga tidak akan bisa di lihat oleh orang-orang. Terkecuali untuk mereka yang sudah menjadi followers kita.

Oleh karena itu, secara langsung maupun tidak langsung, hal ini akan membuat akun kita menjadi lebih aman.

Penutup

Sekian dulu pembahasan tentang cara mengunci akun Twitter di HP Android yang bisa saya rangkumkan hari ini.

Oh ya, mengunci akun Twitter itu bukan berarti mengubah akses ke akun Twitter kita, ya. Hanya saja yang pada awalnya terlihat public, menjadi private. Sehingga membuat semua aktivitas kita di Twitter tidak akan bisa di lihat oleh orang lain, kecuali oleh followers.

Jika masih ada yang kurang jelas atau ada hal lain yang mau di tanyakan, jangan ragu-ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat, ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.