Cara Flash Coolpad E501

Cara Flash Coolpad E501 Mode 9008 Via YGDP Tool

Cara Flash Coolpad E501 – Sama seperti halnya dengan ponsel Android merek lainnya, di mana HP Coolpad juga bisa mengalami masalah. Namun masalah yang biasanya terjadi di setiap HP Android akan berbeda-beda, meski tipe dan merek HP yang digunakan sama.

HP Android memang sudah dikenal sejak lama sering mengalami masalah, termasuk juga pada ponsel merek Coolpad. Namun beberapa masalah yang terjadi tidak dapat kalian atasi dengan hanya melakukan reboot saja, lho. Ini karena ada beberapa masalah yang harus di atasi dengan cara yang terbilang ekstrim serta membutuhkan keahlian dalam melakukannya.

Caranya itu adalah dengan melakukan flashing atau sering juga di sebut dengan menginstall ulang sistem firmware yang ada di HP Coolpad.  Sehingga masalah yang sedang terjadi, seperti bootloop / mentok di logo, lupa pola, mati sendiri, restart terus menerus sampai dengan HP yang mati total biasanya bisa teratasi.

Bahaya Melakukan Flashing di HP Coolpad E501

Sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai cara flash HP Coolpad E501 mode 9008, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Hal yang penting ini berhubungan dengan resiko atau bahaya melakukan flashing pada HP Coolpad. Bahaya yang mungkin bisa terjadi seperti:

  1. Garansi resmi HP Coolpad akan hilang.
  2. Timbul masalah baru jika kalian salah melakukan flashing.
  3. HP Coolpad bisa mati total jika salah memasang firmware.

Selain beberapa bahaya yang saya katakan di atas, mungkin masih ada yang lainnya lagi. Jadi sebaiknya kalian yakinkan dulu diri sebelum melakukannya. Karena jika sudah terlanjur, kalian akan sulit untuk mengembalikannya ke semula.

Tidak hanya itu saja, jika kalian masih pemula atau baru belajar melakukan flashing, maka sebaiknya untuk meminta bantuan orang yang lebih ahli. Hal ini tentu untuk mencegah hal yang tidak kita inginkan terjadi pada HP Coolpad yang kita miliki.

Bahan-bahan yang Perlu di Persiapkan

Untuk melakukan flashing pada HP Coolpad, tentu kalian juga harus menyiapkan beberapa bahan yang penting. Karena tanpa adanya bahan ini, kalian tidak akan bisa melakukan flash dan kemungkinan akan terjadi kegagalan. Bahan-bahan yang perlu kalian siapkan adalah:

Selain itu, kalian juga wajib tahu kalau proses flash ini akan menghapus seluruh pengaturan dan data penting yang ada di dalam HP Coolpad Sky E501. Sehingga jika memungkinkan, ada baiknya kalian melakukan backup terlebih dahulu pada data yang di simpan.

Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan, seperti hilangnya data penting yang kalian simpan pada HP. Jika kalian belum tahu caranya melakukan backup, maka bisa membacanya di artikel saya sebelumnya tentang cara backup data penting di Android. Di sana terdapat banyak pilihan cara yang bisa kalian coba dan pastikan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Flash Coolpad E501 Mode 9008 Via YGDP Flashtool

Seperti yang sudah saya singgung di atas tadi, jika kalian masih pemula sekali dalam melakukan flash, ada baiknya untuk meminta bantuan orang yang sudah ahli. Namun jika tidak memungkinkan, kalian juga bisa mencobanya dengan lebih teliti. Ikuti tutorial yang saya jelaskan di bawah dengan hati-hati dan sesuai prosesnya ya, agar tidak terjadi kesalahan saat proses flashing.

  1. Langkah pertama ekstrak dulu file Firmware yang sudah di download.
  2. Berikutnya ekstrak juga YGDP Flashtool.
  3. Sekarang kalian install dulu Android USB Driver pada komputer atau laptop yang akan digunakan.
  4. Lalu buka folder hasil ekstrak YGDP_Setup_V5.00. Di sana kalian cari file YGDP.exe dan klik kanan lalu pilih Run as Administrator.Flash Coolpad E501 Mode 9008
  5. Jika software sudah terbuka, sekarang kalian bisa pilih opsi Developer lalu klik login.
  6. Apabila diminta untuk memasukkan password, maka gunakan 369 atau 9527.
  7. Kalian akan melihat beberapa tampilan software YGDP jika sudah berhasil login. Namun di sini kalian pilih menu Config.                     
  8. Sekarang akan terlihat menu Download Configuration dan silakan cari file firmware yang sudah kalian ekstrak sebelumnya. Setelah ketemu, kalian dapat langsung tap menu Open.
  9. Selanjutnya klik menu Apply yang ada di bagian bawah jendela Download Configuration.
  10. Tunggu sampai file berhasil dimuat ya.
  11. Sampai di sini, matikan dulu HP Coolpad E501 kalian. Kemudian tekan Volume Up sambil menghubungkan ponsel ke PC dengan kabel USB.
  12. Jika muncul notifikasi Download and Install the Package, maka silakan tekan tombol volume Up.
  13. Apabila sudah terhubung, sekarang kalian tap menu Call 2 lalu klik Start.
  14. Setelah berhasil, maka akan di tandai dengan kolom Cell yang menunjukkan proses flash sedang berlangsung.
  15. Tunggu sampai persentase mencapai 100%.
  16. Terakhir kalian dapat melepas kabel USB dan hidupkan ponsel seperti biasa.

Biasanya untuk proses ini akan membutuhkan waktu 15 menit agar HP Coolpad bisa kembali menyala seperti semula. Jadi silakan kalian bisa menunggunya sampai benar-benar hidup kembali.

Manfaat Melakukan Flashing Pada HP Coolpad E501

Selain bahaya yang bisa kalian alami saat melakukan flash pada HP Coolpad E501, tentu dibaliknya itu ada sebuah manfaat. Manfaat ini akan kalian rasakan apabila proses flashing bisa berjalan dengan baik tanpa ada masalah yang muncul.

Beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan, seperti:

  • Masalah Bootloop pada HP Coolpad akan hilang.
  • Error dan juga bug yang ada sebelumnya akan bersih.
  • Virus dan malware yang sebelumnya menyerang HP akan musnah.
  • Masalah pada beberapa aplikasi di HP Coolpad E501 juga akan di perbaiki.
  • Lupa pola dan password juga akan teratasi.
  • Performa HP Coolpad E501 akan kembali normal.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seperti yang saya katakan tadi, manfaat ini akan kalian rasakan apabila proses flash pada HP Coolpad E501 berjalan dengan lancar. Jika tidak berhasil, kemungkinan beberapa masalah baru akan muncul pada HP Coolpad yang kalian gunakan.

Penutup

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya rangkumkan untuk kalian tentang cara flash Coolpad E501 Mode 9008 via YGDP Flashtool. Semoga dengan tutorial di atas bisa membantu kalian yang sedang ingin melakukan flashing pada HP Coolpad.

Seperti biasa, jika ada hal yang ingin kalian tanyakan berhubungan dengan pembahasan di atas, maka bisa menghubungi saya atau menuliskannya di kolom komentar.

Selamat mencoba dan semoga sesuai dengan harapan, ya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.