Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android

Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android

Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android – Seperti yang kita semua tahu kalau saat ini smartphone sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh orang. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa pun saat ini sudah mempunyai smartphone pribadinya.

Hal ini mungkin dikarenakan perkembangan zaman yang semakin maju, dan membuat teknologi komunikasi ikut mengalami kemajuan. Saat ini, hanya dengan smartphone dan jaringan internet, kita sudah bisa mengakses banyak hal yang di perlukan. Mulai dari mencari hiburan, menyelesaikan pekerjaan sampai mengobrol dengan orang yang berada jauh dari kita.

Namun kecanggihan smartphone Android tidak hanya sampai di situ saja, tapi saat ini juga sudah berbagi internet dengan perangkat lain. Sehingga jika ada teman atau keluarga kita yang memerlukan internet, maka kita bisa langsung membagikannya melalui ponsel.

Meski begitu, ada beberapa masalah yang muncul dari kecanggihan ponsel yang kita miliki. Tentunya membagi koneksi internet (hotspot) ke HP lain akan membuat jaringan internet di ponsel kita melambat. Apalagi jika yang menggunakannya lebih dari dua ponsel, tentu akan banyak sekali dampak buruk yang akan kalian rasakan.

Lalu, adakah cara untuk mengatasinya? Tentu saja ada, caranya dengan membatasi pengguna hotspot di HP Android yang kita gunakan. Dengan begitu, jaringan internet di HP kita tidak akan lambat dan kuota juga tidak akan cepat habis. Cara ini juga akan mencegah HP cepat panas serta daya baterai juga tidak akan cepat habis.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android

Membatasi pengguna hotspot di HP adalah hal yang perlu kita lakukan, apalagi untuk kalian yang memang sulit untuk mengatakan tidak pada permintaan orang lain.

Nah, untuk membatasi pengguna hotspot pada HP Android, kalian bisa melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari cara yang otomatis, manual sampai dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Agar lebih jelas, kalian bisa langsung menyimak rangkumannya di bawah ini.

1. Dengan Cara Otomatis

Bagi kalian yang mungkin tidak ingin repot-repot memilih satu-persatu pengguna hotspot di HP kalian, maka bisa memakai cara ini. Karena di sini kalian bisa melakukannya secara otomatis dan sangat cocok jika pengguna Hotspot HP kalian sudah terlalu banyak.

Caranya seperti ini:

  • Buka Pengaturan pada HP Android.
  • Lalu kalian cari menu Hotspot Pribadi.
  • Setelah itu. kalian pilih Perangkat Terhubung.
  • Berikutnya tap menu Batasi Perangkat Terhubung.
  • Pada halaman ini, pilih batas jumlah perangkat yang bisa terhubung.
  • Selesai.

Sekarang, kalian tidak perlu khawatir lagi kalau akan ada banyak teman yang meminjam hotspot pada HP. Karena dengan mengaktifkan batas pengguna, maka jika sudah mencapai batasnya, pengguna lain tidak akan bisa terhubung meski sudah tahu password dari Hotspot kalian.

2. Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android Secara Manual

Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android Secara Manual

Selain membatasi pengguna Hotspot pada HP secara otomatis, kalian sebenarnya juga bisa melakukannya secara manual. Caranya tentu jauh berbeda dari yang pertama, karena di sini kalian harus memutus (blokir) perangkat secara manual.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Buka Pengaturan yang ada di HP kalian.
  2. Lalu pilih menu More pada bagian Wireless & Networks.
  3. Berikutnya pilih menu Personal Hotspot.
  4. Maka akan terlihat pengguna yang menggunakan hotspot di HP kalian.
  5. Terakhir pilih saja pengguna tersebut dan pilih saja Disable / Blokir.

Dengan begitu, pengguna yang sudah kalian blokir tidak akan pernah bisa lagi terhubung kedalam hotspot di HP kalian.

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan ketika ingin membatasi pengguna hotspot di HP Android adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi.

Jadi, kalian bisa mengontrol semua hal yang berhubungan dengan hotspot pada HP melalui aplikasi pihak ketiga. Sehingga kalian tidak perlu repot-repot membuka pengaturan yang ada di dalam HP seperti cara sebelumnya.

Langkah cara membatasi pengguna hotspot di HP Android dengan aplikasi:

1. Download Aplikasi pada HP Android

Langkah pertama yang paling penting untuk kalian lakukan adalah mendownload aplikasi Mobile WiFi Hotspot Manager – Tethering di Google Play Store.

Aplikasi Android ini adalah versi gratis, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendownloadnya.

2. Buka Aplikasi Mobile WiFi Hotspot Manager – Tethering

Jika kalian sudah berhasil memasang aplikasi Mobile WiFi Hotspot Manager – Tethering pada HP, maka sekarang buka aplikasi tersebut.

Pada halaman utama, kalian bisa langsung memilih menu Hotspot. Lalu jangan lupa juga untuk memberikan nama untuk hotspot yang sudah kalian buat.

3. Atur Security Pada Hotspot

Sekarang kalian juga wajib untuk mengatur security pada hotspot yang sudah kalian buat tadi. Pada menu Security, kalian bisa memilih WPA2_PSK.

Fungsinya adalah mencegah sembarangan orang masuk dan menggunakan hotspot dari HP kalian. Berikutnya, kalian juga wajib memasukkan password dan buat password yang sedikit rumit agar tidak mudah di tebak oleh orang.

4. Isikan Jumlah Data Limit Pada Hotspot

Setelah keamanan pada hotspot yang sudah kalian buat sudah di rasa cukup, maka selanjutnya kita akan mengatur jumlah data limit. Ini berfungsi untuk membatasi jumlah data yang bisa digunakan oleh pengguna hotspot di HP kalian nantinya.

Atur jumlah data limit yang kalian inginkan, selain itu tentukan lama waktu pengguna yang bisa memakai hotspot.

5. Aktifkan Hotspot

Apabila semua proses, seperti membuat security, mengatur limit data dan waktu sudah dirasa sesuai, maka sekarang saatnya untuk mengaktifkan hotspot.

Untuk mengaktifkannya, kalian hanya perlu menekan menu TURN ON HOTSPOT saja. Maka secara otomatis hotspot di HP kalian akan aktif.

Dengan membatasi pengguna hotspot serta membatasi data limit serta waktu yang bisa digunakan oleh pengguna, maka kalian akan lebih mudah mengelola kuota internet pada HP.

Cara Membatasi Kecepatan Hotspot

Cara Membatasi Kecepatan Hotspot

Selain membatasi pengguna hotspot di HP, sebenarnya kalian juga bisa membatasi kecepatan hotspot, lho. Dengan begitu, aktivitas kalian di dalam HP tidak akan terganggu meski sedang berbagi internet dengan pengguna lainnya.

Nah, untuk cara ini kalian bisa melakukannya melalui pengaturan yang ada pada HP Android. Tapi, perlu kalian ketahui kalau mungkin di masing-masing HP Android letak pengaturannya akan berbeda-beda. Sehingga kalian bisa menyesuaikannya dengan HP yang kalian gunakan.

Dalam tutorial ini, saya menggunakan HP Xiaomi Mi 10 dan berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama buka Pengaturan pada HP.
  • Lalu kalian cari menu Hotspot Portabel.
  • Berikutnya pilih dan aktifkan menu Batas data satu kali.
  • Sekarang kalian pilih Ukuran dan Saat Terlampaui.
  • Di bagian Ukuran, kalian bisa memasukan batas data yang di gunakan kedalam media hotspot.
  • Untuk bagian Saat Terlampaui, kalian bisa memilih Matikan dan beritahu.
  • Selesai, deh.

Jika sudah, kalian bisa mengaktifkan hotspot pada HP dan membaginya ke teman atau keluarga yang membutuhkan.

Penutup

Jadi, dengan cara membatasi pengguna hotspot yang ada di HP tentu akan membuat kita lebih leluasa mengetahui dan mengolah terkait kuota internet yang di miliki. Karena kita tidak akan pernah tahu, kalau teman yang mungkin meminjam hotspot di HP kita itu menggunakannya untuk mendownload file yang berukuran besar.

Sehingga dengan melakukan pembatasan pengguna dan data limit serta waktu pada hotspot, akan membuat kita merasa lebih tenang dari masalah kuota yang tiba-tiba habis.

Mungkin itu saja sedikit rangkuman tentang cara membatasi pengguna hotspot di HP Android yang dapat saya rangkumkan hari ini. Jika ada hal yang kurang jelas, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.