Cara Menggabungkan Foto ke Video

Cara Menggabungkan Foto ke Video Dalam Satu Frame di Android

Selamat datang sobat setia Kampung Gadget, kali ini saya ingin membagikan kalian sebuah rangkuman informasi yang pastinya penting. Nah, informasi ini adalah cara menggabungkan foto ke video dalam satu frame di Android dengan bantuan sebuah aplikasi.

Karena seperti halnya di komputer atau laptop, pada HP Android juga tidak di sediakan secara bawaan sebuah fitur untuk menggabungkan foto dengan video. Jadi, kita harus menginstall lagi sebuah aplikasi tambahan di dalam HP Android yang akan digunakan.

Untuk saat ini juga sudah ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan jika ingin menggabungkan foto dengan video dalam satu frame. Meski begitu, tidak semua aplikasi itu mempunyai fitur yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Nah, agar kalian tidak bingung memilih aplikasi yang gratis serta memiliki fitur menggabungkan foto dan video dalam satu frame, maka di sini saya sudah menyiapkan sebuah aplikasinya. Aplikasi ini juga masih saya gunakan sampai saat ini. di mana namanya adalah Inshot.

Cara Menggabungkan Foto ke Video Dalam Satu Frame di Inshot

Mungkin dari kalian ada yang bertanya, kenapa menggunakan aplikasi Inshot? Karena aplikasi ini gratis dan mempunyai banyak fitur serta merupakan aplikasi Android yang sampai saat ini masih saya gunakan.

Jika kalian tidak terlalu berminat menggunakan aplikasi ini, maka bisa mencoba aplikasi lainnya. Karena seperti yang saya katakan tadi, kalau ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk menggabungkan foto dengan video.

Meski terdapat banyak aplikasi, namun saya pribadi lebih suka menggunakan Inshot. Karena yang jelas, aplikasi ini mudah untuk kita operasikan serta tidak memiliki watermark. Jika kalian berminat, maka bisa melanjutkan menyimak ulasannya di bawah ini.

1. Install Aplikasi Inshot di HP

Langkah pertama yang paling penting untuk kalian lakukan adalah mendownload aplikasi Inshot di perangkat Android yang akan digunakan.

Seperti aplikasi Android lainnya, kalian bisa mendapatkan aplikasi Inshot di Google Play Store yang ada di HP Android. Nanti kalian hanya perlu mengetikkan nama “Inshot” di kolom pencarian, lalu menginstall nya seperti biasa.

2. Jalankan Aplikasi Inshot

Setelah kalian sudah berhasil menginstall aplikasi Inshot pada HP, maka langkah selanjutnya kalian bisa langsung membukanya.

Jika sudah berhasil terbuka, maka kalian biasanya akan langsung di suguhkan dengan tiga menu pilihan. Menu ini meliputi Video, Foto dan juga Kolase. Masing-masing menu tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda, tapi di sini kalian bisa memilih menu Video saja.

3. Cari Video yang Akan di Edit

Sekarang kalian akan di minta untuk mencari video yang tersimpan pada HP yang ingin kalian edit menggunakan aplikasi Inshot.

Pilih saja satu buah video yang menurut kalian paling unik untuk di gabungkan dengan foto nantinya. Jika sudah menemukannya, kalian tinggal tap menu Centang di pojok kanan bawah layar.

4. Atur Rasio Pada Video

Setelah kalian menekan centang tadi, maka sekarang kalian akan di bawa ke halaman edit. Pada halaman ini kalian bisa menentukan rasio sesuai media yang akan kalian gunakan untuk upload hasil editan nantinya.

Misalnya jika kalian ingin upload hasil editan ke IG, maka rasio yang cocok untuk video kalian adalah 1:1, tapi jika untuk Youtube, maka rasionya adalah 16:9 atau lebih.

Atau agar kalian tidak perlu repot memilih rasio, maka bisa menggunakan rasio aslinya saja. Nantinya hasilnya akan mengikuti rasio dari video asli yang kalian miliki.

5. Gabungkan Foto ke Video

Jika sudah menemukan rasio yang sesuai untuk video, maka sekarang saatnya kalian untuk menggabungkan foto ke dalamnya.

Untuk menambahkan foto kedalam video, kalian hanya perlu menekan menu (+) yang ada di pojok kiri layar HP kalian. Setelah menekan tanda +, kalian akan melihat dua pilihan menu lainnya, di sini pilih saja menu Video / Foto.

Setelah itu, kalian bisa langsung mencari beberapa foto yang ada di dalam galeri HP untuk di gabungkan kedalam video. Apabila dirasa sudah cukup, kalian bisa langsung menekan ikon centang yang ada di bawah layar.

6. Edit Posisi Foto pada Video

Apabila kalian sudah berhasil menambahkan foto ke dalam video, maka sekarang waktunya kalian untuk melakukan pengeditan. Di mana kalian bisa menentukan lokasi foto yang di inginkan, atau bisa juga memotong sebagian agar sesuai dengan keinginan.

Untuk melakukannya, kalian bisa menggunakan menu yang terdapat di bawah tampilan dari video kalian. Ada banyak sekali pilihan menu yang bisa kalian coba di sana.

Selain itu, kalian juga bisa menambahkan musik pada video yang di buat. Untuk menambahkannya, kalian bisa tap menu Musik lalu pilih musik yang di inginkan.

7. Simpan Hasil Penggabungan Foto dan Video

Jika semua penyesuaian yang sudah kalian lakukan telah selesai, maka sekarang saatnya kalian menyimpan hasilnya ke dalam memori pada HP.

Untuk menyimpan, kalian bisa menekan menu Simpan yang ada di pojok kanan atas layar HP. Nanti kalian juga akan di minta untuk mencari tempat menyimpan hasilnya, namun biasanya sih akan tersimpan otomatis di galeri.

Selesai, sekarang kalian bisa membagikannya ke sosial media ataupun status di WhatsApp.

Cara Menggabungkan Foto dan Video di Story Instagram

Jika kalian sebelumnya hanya bisa membuat instastory di Instagram hanya dengan foto atau video saja, maka mungkin bisa mencoba tips yang satu ini. Di mana kalian bisa membuat instastory di akun Instagram dengan menggabungkan foto dan video dalam satu frame.

Membuat instastory dengan gabungan foto dan video itu tidaklah sesulit saat kalian ingin membuat swipe up di Instagram. Karena tidak ada syarat khusus untuk kalian membuatnya dan hanya perlu bantuan sebuah aplikasi pihak saja, kok.

Penasaran? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

#1. Langkah Pertama

Pertama-tama kalian bisa mendownload sebuah aplikasi pihak ketiga di Google Play Store yang bernama “Unfold”. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis dan kalian juga hanya perlu mengetikkan Unfold di kolom pencarian lalu mendownloadnya.

#2. Langkah Kedua

Setelah kalian sudah berhasil memasangnya di dalam HP, maka sekarang langsung saja buka aplikasinya. Jika sudah terbuka, tap saja langsung tanda (+) yang ada di bawah layar untuk membuat story di aplikasi Instagram.

Berikutnya kalian akan di minta untuk membuat nama untuk story tersebut dan masukkan saja nama story yang kalian inginkan. Jika sudah, langsung tekan menu Buat Story.

#3. Langkah Ketiga

Langkah selanjutnya, kalian tekan kembali tanda (+) dan akan muncul tampilan template yang bisa kalian gunakan. Pilih saja salah satu yang menurut kalian cocok untuk digunakan pada story Instagram nantinya.

Jika sudah menemukan template yang sesuai, maka sekarang kalian tinggal memasukkan file foto dan juga video di masing-masing bagian template.

Untuk contoh pemasangannya itu kalian bisa melihatnya pada gambar di bawah ini.

#4. Langkah Keempat

Agar tampilannya semakin menarik lagi, kalian bisa menambahkan beberapa teks dan stiker di samping atau di tengah-tengahnya. Untuk melakukannya, kalian hanya perlu menekan ikon pensil yang ada di sebelah kiri bawah layar HP kalian.

Di sana kalian akan menemukan banyak stiker unik dan keren yang bisa kalian pasangkan pada video yang sudah di buat.

#5. Langkah Kelima

Proses terakhir adalah menyimpan hasil editan dari video yang sudah kalian buat. Kalian bisa memilih untuk menyimpannya kedalam memori internal HP atau langsung membagikannya langsung ke story IG.

Penutup

Baik, mungkin itu saja pembahasan yang bisa saya rangkumkan untuk kalian mengenai cara menggabungkan foto ke video. Silakan kalian bisa langsung mengikuti tutorial yang sudah saya rangkumkan secara bertahap di atas. Jika ada hal yang kurang jelas mengenai informasi di atas, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.