Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android

ara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android Dengan Aman

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android – Saat ini Android masih menjadi salah satu sistem operasi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Ini karena fitur-fitur yang di usungnya sangat canggih, sistem operasi miliki Google ini juga menawarkan penggunaan yang mudah di setiap perangkat.

Selain menyajikan tampilan yang keren, sistem operasi Android juga menyajikan banyak sekali jenis aplikasi canggih dan keren. Hal menariknya lagi, di mana hampir semua aplikasi yang tersedia di Android itu bisa kalian dapatkan secara gratis. Sehingga kalian bisa memasang semua aplikasi yang di inginkan kedalam perangkat Android tanpa takut mengeluarkan biaya.

Rata-rata semua aplikasi yang tersedia di Google Playstore itu melakukan update secara berkala, untuk menjadikan aplikasi tersebut lebih canggih lagi. Namun, beberapa aplikasi ada juga yang melakukan update secara otomatis tanpa sepengetahuan kita. Sehingga terkadang kondisi ini sering membuat kita merasa terganggu, apalagi ketika kita sedang asyik menggunakan ponsel untuk bermain game online.

Aplikasi Android yang melakukan update secara otomatis tentu akan menggunakan jaringan internet di HP kita untuk mendownload data yang di butuhkannya. Sehingga kondisi ini sering membuat jaringan internet di HP kita menjadi lemot.

Lalu adakah cara untuk mematikan update otomatis pada aplikasi Android? Tentu saja ada, kalian dapat menonaktifkan fitur update otomatis tersebut melalui Google Playstore atau mengubah file yang ada di dalam aplikasi itu sendiri. Selengkapnya, kalian bisa menyimaknya di bawah ini.

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Playstore

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Playstore

Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui kalau Google Playstore ini merupakan sebuah toko aplikasi resmi dari Google. Di sana kita dapat mendownload berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi sosmed, aplikasi chatting, game dan lainnya. Tentunya juga kalau hampir semua aplikasi yang ada di Playstore itu bisa kita dapatkan secara gratis.

Di dalam Google Playstore sebenarnya kalian juga sudah di sediakan sebuah pengaturan update aplikasi yang di install. Mulai dari update aplikasi secara otomatis, jangan update aplikasi secara otomatis dan update aplikasi otomatis melalui jaringan WiFi.

Nah, untuk mematikan update otomatis aplikasi di Playstore sebenarnya tidak sulit dan kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka Google Playstore yang ada di HP kalian.
  2. Lalu tap ikon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  3. Kemudian pilih menu Setelan.
  4. Tap menu Update aplikasi secara otomatis.
  5. Untuk menonaktifkan, kalian pilih menu Jangan update aplikasi secara otomatis.
  6. Jika sudah tekan menu Selesai.

Dengan begitu, sekarang semua aplikasi yang ada di HP, mulai dari aplikasi bawaan sampai dengan aplikasi yang kalian install sendiri tidak akan lagi melakukan update secara otomatis. Selain itu, kalian juga nanti bisa memilih untuk melakukan update pada aplikasi yang menurut kalian penting dengan cara manual.

Cara Agar Aplikasi Android Tidak Minta Update

Meski kita sudah mengaktifkan fitur jangan update aplikasi secara otomatis, terkadang beberapa jenis aplikasi masih melakukan update tanpa kita ketahui. Biasanya ini berhubungan dengan beberapa aplikasi bawaan dari Google sendiri.

Meski begitu, kalian juga masih bisa menonaktifkan update otomatis pada aplikasi tersebut melalui Google Playstore. Namun caranya tidak sama seperti di atas dan langkah-langkahnya juga sedikit ribet karena kita harus mencarinya satu-satu di setiap aplikasi.

Caranya begini:

  • Buka Google Playstore di HP Android kalian.
  • Kemudian klik ikon garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  • Lalu cari menu Aplikasi & Game Saya.
  • Berikutnya kalian buka salah satu aplikasi yang sering melakukan update otomatis.
  • Setelah terbuka, kalian tap ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Terakhir hapus centang untuk update aplikasi secara otomatis.

Selesai, biasanya sekarang aplikasi tersebut tidak akan lagi melakukan update secara otomatis. Namun kalian masih tetap bisa melakukan update aplikasi secara manual jika menginginkan.

Cara Menonaktifkan Auto Update Aplikasi Game Android

Secara umum, dengan menerapkan cara di atas, semua aplikasi yang ada di HP Android tidak akan melakukan update secara otomatis dan ini juga termasuk aplikasi game. Namun jika memang aplikasi game yang ada di HP kalian masih tetap melakukan update secara otomatis, maka ini mungkin memang karena pengaturan bawaan dari aplikasi game itu sendiri.

Meski sedikit sulit, kalian masih tetap bisa menonaktifkan auto update aplikasi game otomatis di Android. Untuk langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Pertama buka File Manager pada HP Android.
  2. Lalu kalian pilih Penyimpanan Internal.
  3. Setelah itu cari folder Android.
  4. Berikutnya pilih folder Data.
  5. Dalam folder ini kalian cari nama aplikasi game yang melakukan update otomatis.
  6. Setelah ketemu, kalian dapat membuka folder game tersebut.
  7. Kemudian hapus file yang bernama instime.
  8. Selesai, deh.

Jika kalian sudah berhasil menghapus file tersebut, maka sekarang aplikasi game yang ada di HP tidak akan lagi melakukan update secara otomatis.

Namun ada kekurangan yang harus kalian ketahui dari cara ini, di mana kalian hanya bisa melakukannya pada aplikasi game offline saja. Karena untuk aplikasi game online, notifikasi update akan tetap muncul saat game tersebut kalian buka.

Penutup

Perlu untuk kalian ketahui juga kalau penyebab beberapa aplikasi melakukan update secara otomatis itu adalah untuk memperbaharui beberapa fitur yang ada di dalamnya. Selain memperbaiki beberapa fitur yang ada, pembaharuan yang di lakukan juga untuk menambahkan fitur baru yang lebih menarik.

Meski terkadang kita merasa jengkel dengan aplikasi yang melakukan update otomatis, namun sebenarnya itu sangat bermanfaat untuk kita. Karena selain yang sudah saya jelaskan, aplikasi yang sudah di perbaharui biasanya akan berjalan lebih baik di perangkat Android kita.

Baik, mungkin cukup sampai di sini pembahasan yang bisa saya rangkumkan untuk kalian tentang cara mematikan update otomatis aplikasi Android. Semoga dengan informasi di atas bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah yang sedang di alami saat ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.