Cara Flash Samsung J1 Ace

Cara Flash Samsung J1 Ace SM-J110G Tanpa PC atau via Odin

Cara Flash Samsung J1 Ace – Hampir semua ponsel Android sering mengalami masalah pada sistemnya, begitu juga pada Samsung J1 Ace. Di mana banyak pengguna HP Samsung J1 Ace ini mengeluhkan beberapa masalah yang sering terjadi, salah satunya bootloop.

Perlu kalian ketahui juga kalau saat sebuah ponsel mengalami bootloop, biasanya ini sudah mengarah pada kerusakan EMMC di dalamnya. Apalagi saat kalian menyalakan ponsel, biasanya akan mengarah langsung ke odin mode. Meski melakukan flashing pada HP yang EMMC nya mengalami kerusakan, umumnya tidak akan berakibat fatal. Tapi hanya saja flashing yang kita lakukan bisa mengalami kegagalan atau berhasil namun tidak seperti sebelumnya.

Oleh sebab itu, untuk melakukan flash pada HP Samsung J1 Ace, ada baiknya kita memakai file firmware pecahan yang biasanya terdiri dari 4 file. Dengan begitu, kemungkinan mengalami kegagalan saat melakukan flashing bisa di tekan, meski tidak sepenuhnya.

Cara Flash Samsung J1 Ace SM-J110G Via Odin

Untuk cara flash pertama ini kita akan menggunakan batuan Odin untuk menginstall ulang firmware yang ada di dalam HP Samsung J1 Ace. Prosesnya agak sedikit rumit, dan jika memungkinkan kalian bisa meminta batuan seseorang yang sudah ahli dalam hal ini.

Namun jika tidak, kalian masih tetap bisa melakukan flash menggunakan Odin dengan mengikuti tutorial yang sudah saya siapkan di bawah.

Bahan-bahan Untuk Flash Samsung J1 Ace SM-J110G

Sebelum mulai melakukan flash, kalian wajib menyiapkan beberapa bahan agar proses flashing bisa berjalan dengan lancar. Bahan-bahan tersebut berupa:

Selain itu, jika memungkinkan kalian dapat melakukan backup terlebih dahulu pada data yang tersimpan di dalam HP Samsung J1 Ace. Ini untuk mencegah agar data yang kalian simpan tidak hilang saat proses flashing berlangsung.

Jika kalian belum tahu caranya, maka bisa membacanya di artikel saya sebelumnya tentang cara backup data penting di Android.

Langkah Flash Samsung J1 Ace SM-J110G via Odin

  1. Install terlebih dahulu Samsung USB Driver yang sudah kalian download tadi.
  2. Berikutnya Install juga Odin Flashtool. Jika sudah, klik kanan pada file .exe dan pilih run as administrator.
  3. Sekarang ekstrak dulu file firmware yang sudah di download.
  4. Jika sudah, matikan HP Samsung J1 Ace kalian terlebih dahulu.
  5. Setelah itu, tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Home + Volume Down secara bersamaan.
  6. Apabila kalian melihat tampilan warning, maka abaikan saja. Silakan lanjutkan dengan menekan tombol Volume UP agar bisa masuk kedalam mode download.
  7. Kemudian, kalian bisa menghubungkan HP Samsung J1 Ace ke PC atau laptop dengan kabel USB.
  8. Usahakan HP Samsung terdeteksi dengan benar, ya.
  9. Lanjut ke Odin, pastikan pada bagian Auto Reboot dan F. Reset Time sudah tercentang, ya.
  10. Masih dalam software Odin, silakan kalian cari file firmware Samsung J1 Ace pada bagian AP. Umumnya akan di tandai dengan ekstensi MD5.
  11. Jika semua sudah sesuai, kalian bisa klik menu Start.
  12. Proses flash akan berlangsung dengan otomatis, pastikan kalian tidak utak-atik software Odin, ya.
  13. Nantinya jika berhasil, HP Samsung J1 Ace kalian akan melakukan reboot secara otomatis.

Proses reboot biasanya memakan waktu yang sedikit lama, jadi kalian harus sabar menunggunya.

Cara Flash Samsung J1 Ace SM-J110G Tanpa PC

Selanjutnya jika kalian tidak mempunyai bahan-bahan yang cukup untuk melakukan flash via odin, maka mungkin bisa menggunakan cara ini. Di mana kalian tidak perlu menyiapkan banyak bahan seperti di atas tadi, karena kita akan melakukan flash langsung menggunakan HP Samsung J1 Ace.

Bahan-bahan yang perlu di siapkan

Melakukan flash langsung dari HP Samsung J1 Ace, kalian juga wajib menyiapkan beberapa bahan-bahan. Namun di sini bahan yang perlu kalian siapkan tidak sebanyak seperti cara yang pertama tadi. Karena kalian hanya perlu menyiapkan:

  • SD Card.
  • Baterai HP terisi 80% (tidak boleh kurang).
  • File Firmware J1 Ace SM-J110G (download di atas).

Di sini, jika memungkinkan kalian wajib untuk melakukan backup terlebih dahulu agar nanti data penting yang tersimpan pada HP tidak hilang.

Langkah Flash Samsung J1 Ace SM-J110G Tanpa PC

  1. Langkah pertama kalian bisa simpan file firmware yang sudah di download di kartu SD. Simpan di luar folder dan jangan di ekstrak.
  2. Lalu matikan HP Samsung J1 Ace kalian.
  3. Hidupkan dengan menekan tombol Power + Home + Volume Down secara bersamaan.
  4. Selanjutnya kalian bisa masuk ke menu Wipe Data atau Factory Reset terlebih dahulu dan pilih Yes.
  5. Sekarang tunggu terlebih dahulu sampai selesai.
  6. Jika sudah, kembali ke menu awal dan pilih opsi Install zip from SD Card. Kemudian cari file firmware yang sudah di simpan pada SD Card.
  7. Apabila sudah ketemu, pilih opsi Yes.
  8. Terakhir kalian bisa menunggunya sampai prosesnya selesai dan jika berhasil maka HP Samsung J1 Ace akan melakukan reboot otomatis.

Penutup

Bagaimana, apakah kalian mengalami kendala saat melakukan flash pada Samsung J1 Ace di atas? Jika iya, mungkin bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini. Saya akan berusaha untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang kalian alami.

Untuk saat ini, mungkin itu saja sedikit tutorial yang bisa saya rangkumkan tentang cara flash Samsung J1 Ace tanpa PC dan via Odin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.